Anugerah Bunda Teladan Apresiasi Bagi Para Bunda dalam Upaya Mencegah Kelaparan Balita

Anugerah Bunda Teladan 2020  W aktu terus berjalan ibarat roda terus berputar. Seiring waktu setiap generasi pasti tergantikan sesuai masany...

Anugerah Bunda Teladan 2020 

Waktu terus berjalan ibarat roda terus berputar. Seiring waktu setiap generasi pasti tergantikan sesuai masanya., dan anak- anak kita saat ini lah yang akan menjadi generasi penerus. Mereka harus dipersiapkan untuk menggantikan generasi saat ini karena mereka jugalah sebagai ujung tombak keberhasilan suatu bangsa. Percaya atau tidak, kecerdasan adalah kunci dibalik keberhasilan. Oleh sebab itu sepantasnya kita sebagai orang tua mengawal tumbuh kembang anak agar mereka mendapatkan nutrisi yang baik demi menstimulasi kecerdasan otak.

"Nggak usah ngomong nutrisi deh, bisa makan saja udah syukur!", sering dengar jawaban begini kan? Memang miris banget, berdasarkan Indeks Kelaparan Global 2019, Indonesia masih mengalami masalah kelaparan yang serius. Faktanya 1 dari 3 balita di Indonesia mengalami stunting. Artinya masih banyak masyarakat Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskin. Bahkan menurut survey yang dilakukan oleh FOI ( Foodbank of Indonesia ) anak –anak pergi ke sekolah dalam keadaan perut kosong sekitar 27% sampai 50%. Sudah dapat dibayangkan, dalam keadaan perut kososng pelajaran nggak bisa diserap dengan baik, dan keinginan untuk jajan saat jam istirahat akan memicu mereka untuk jajan sembarangan. Jika demikian, bagaimana anak-anak dapat belajar dengan baik?


Berkaca pada problem tersebut,  FOI sebagai lembaga nirlaba yang berada di bawah Yayasan Lumbung Pangan Indonesia bergerak aktif untuk membantu kesenjangan pangan di masyarakat. Mereka ( FOI) menjadi penyambung  tangan orang-orang yang berkecukupan banyak dengan masyarakat yang kekurangan (membutuhkan). Agar aktivitasnya berjalan lancar, maka FOI menggaet para ibu dalam kampanye “ Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia “.  Selain para bunda, terdapat juga peran besar para relawan dan yanda  dalam mensukseskan aksi ini.

 


Anugerah Bunda Teladan 2020


Event Virtual Anugerah Bunda Teladan 2020

Pada tanggal 29 Desember 2020, Foodbank of Indonesia (FOI) menutup kampanye Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia tahap 1 tahun 2020, dengan menyelenggarakan acara penghargaan Anugerah Bunda Teladan sekaligus memperingati Hari Ibu yang dilaksanakan secara virtual. Aktivitas ini merupakan apresiasi bagi 3.298 bunda dan yanda, sebagai relawan yang bergerak aktif membuka akses pangan bagi 20.696 balita dalam memerangi kelaparan, terlebih di masa pandemi sekarang. 


Opening acara dilakukan oleh Lenny N. Rosalin, Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak dan juga oleh dewan juri yang terdiri dari Dr. Ira Para mastri Msi Dosen Psikologi UGM, Danang Sasongko Direktur PAUD Institute,dan Prof Dr Ir Ahmad Sulaeman MS, PhD Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi IPB. Dalam sambutannya Lenny N Rosalin mengapresiasi kegiatan ini karena menurutnya status gizi sangat ditentukan oleh asupan makanan yang diberikan oleh Ibu. Ia juga menuturkan bahwa jika anak kita sehat dan hak-haknya terpenuhi maka akan menjadi anak yang hebat dan diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia terbaik untuk Indonesia dan pastinya hal ini tidak luput dari peran Ibu .


Lenny N Rosalin


Founder FOI, Hendro Utomo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada lebih dari 3000 relawan yang telah berpartisipasi untuk membuka akses pangan di 15 kota/ kabupaten di Indonesia. Mereka yang selama ini menjadi ujung tombak FOI dalam memastikan agar anak tidak kelaparan.


Hendro Utomo


Penghargaan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu : Bunda Teladan, Bunda Menginspirasi, dan Lembaga Teraktif. Bunda Teladan adalah penghargaan yang nomasinya telah ditentukan dari FOI pusat berdasarkan keaktifan dan pergerakannya selama ini. Bunda Menginspirasi adalah penghargaan untuk para bunda yang mencalonkan dirinya langsung sebagai nominasi sesuai kriteria yang ditetapkan. Sedangkan Lembaga Teraktif adalah lembaga –lembaga mitra FOI yang mencalonkan lembaganya sesuai ketentuan yang ada. Tema yang diangkat dalam acara penghargaan adalah “ Kasih Ibu : Membuka Akses Pangan Bangsa “.


Meskipun berlangsung secara virtual, acara pun berjalan dengan lancar. Acara ini juga disponsori oleh Susu Bendera yang selama ini ikut berkolaborasi dalam Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia dengan pemberian makanan tambahan bagi balita sehingga semakin terbukanya akses pangan. Semoga penghargaan ini menambah semangat para relawan untuk tetap berperan serta. Yuk, kita dukung terus FOI untuk membuka akses pangan seluas-luasnya.










You Might Also Like

24 comments

  1. Semoga gak da lagi anak2 yang kelaparan ya. Salut deh sama FOI

    ReplyDelete
  2. Jadi ini tentang bunda2 yang berperan aktif dan tanggap terhadap makanan yang disajikan untuk keluarga ya? Salut sekali buat para pemenangnya. Berarti bisa menjadi panutan masyarakat bagaimana memberikan makana terbaik uat anak2nya. Terbaik bukan berarti mesti mahal. Yang penting tercukupi nikmat dan gizinya kan, apalagi sarapan itu wajib kalau di keluargaku, plus minum susu :D

    ReplyDelete
  3. Kok miris juga ya baca data dari survey yang dilakukan oleh FOI, klo anak –anak pergi ke sekolah dalam keadaan perut kosong sekitar 27% sampai 50%. Padahal pemberian gizi penting bgt buat perkembangan otak mereka

    ReplyDelete
  4. kayaknya kau termasuk yang 27% sampai 50% pergi ke sekolah tanpa sarapan terlebih dahulu deh, itu terjadi dari SD sampai Kuliah. Miris, karena itu aku gak mau anakku berangkat tanpa sarapan, ya minimal minum susu

    ReplyDelete
  5. Selain alasan ekonomi, masalah nutrisi ini juga akibat ketidaktahuan. Masih ada orang tua yang menganggap makanan bernutrisi itu harus dari bahan-bahan yang mahal. Padahal enggak juga. Semoga semakin berkurang ya jumlah anak yang kelaparan bila para bunda sudah peduli

    ReplyDelete
  6. Huhuuu, iya Mak, sering banget kata2 itu, "Nggak usah ngomong nutrisi deh, bisa makan saja udah syukur!" sudah bisa makan saja udah beruntung, hiks. Salut sama Aksi 1000 Bunda apalagi dengan adanya pemberian anugerah Bunda teladan.

    Semoga saja penghargaan yang diberikan menambah semangat para relawan untuk tetap berperan serta membuka akses pangan seluas-luasnya.

    ReplyDelete
  7. Semoga nantinya gak hanya ada 1000 Bunda teladan ya. Ibu, orangtua harus tahu bahwa sarapan itu penting, nutrisi juga kudu lengkap. Gak harus mewah kok. Semoga cukup, gitu aja

    ReplyDelete
  8. Semoga makin banyak ya bunda-bunda teladan di Indonesia yang juga peduli dengan asupan gizi anak serta pemenuhan kebutuhan asupan makanan untuk mengimbangi aktifitas anak.

    ReplyDelete
  9. Adanya program ini tentunya sangat membantu banget dan bisa membuat para orang tua supaya sadar pentingnya akan nutrisi ibu dan anak

    ReplyDelete
  10. Halo mba Tuty bener banget semoga semakin banyak hak-hak anak yang bisa diperoleh ya. Dan penghargaan kepada Bunda Teladan ini juga bisa menjadi pilihan ya

    ReplyDelete
  11. Betul banget itu, pembentukan generasi yang hebat dimulai dari keluarga. PEran pemerintah juga turut serta sebenarnya, karena kebutuhan mendasar yaitu ketersediaan pangan pun adalah tanggung jawab dari negara untuk rakyatnya. Jadi kalo negara hebat semoga terbentuk keluarga yang hebat dan terlahir generasi yang hebat pula.

    ReplyDelete
  12. menciptakan generasi hebat memang harus dimulai dari keluarga ya mbak
    mulai dri memberikan makanan bergizi agar anak tumbuh sehat dan kuat
    salut dgn upaya FOI, smg sukses terus kegiatan nya

    ReplyDelete
  13. programnya bagus ya ini bisa menyemangati para bunda untuk selalu jadi bunda teladan yang kreatif. Terutama soal gizi dan nutrisi untuk anak.

    ReplyDelete
  14. Ya sih bener miris banget kalo ngeliat orang tua yang mirkirnya cuma gimana anaknya kenyang tanpa mikirin gizi dan nutrisinya, tapi kadang ya gimana lagi kondisi ekonimi mungkin atau pengetahuan ibu yang kurang makanya sampai begitu, bagus banget nih gerakannya 1000 ibu ya, semoga kedepannya bisa bikin kampanye gini terus secara anak-anak kan penerus kehidupan bangsa jangan sampai nanti kalah dengan global

    ReplyDelete
  15. Aku setuju sekali, generasi hebat itu dimulai dari keluarga karena keluargalah yang mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Asupan yang diberikan menjadi faktor penting sekali untuk tumbuh kembang si kecil.

    ReplyDelete
  16. wah bagus banget ini ya mak gerakanbunda teladannyaaa.. jadi ngajak para ibu buat lebih memperhatikan lagi asupan gizi anak anaknya yaaa.. keren banget nih FOI dan susu bendera!

    ReplyDelete
  17. Kadang di kota besar itu bukan kurang makan sih tapi makannya kurang nutrisi karet milihnya ga pas. Anaknya gemuk tapi ga sehat

    ReplyDelete
  18. Mbaaak memang nyata kalimat "bisa makan aja syukur."

    Jadi teringat temanku yang kena imbas pandemi. Anaknya masih balita, masa' sering dikasih mie, telur aja. Dari segi gizi kurang ya gimana kondisi ekonomi keluarga begini.

    ReplyDelete
  19. Semoga kampanye seperti ini makin banyak jadi makan banyak yang aware sama gizi yah, anak - anak kan penerus generasi bangsa jadi nutrisinya harus bener - bener diperhatikan

    ReplyDelete
  20. Bagus sekali, sebenarnya dengan acara ini, kita menjadi memahami pentingnya menjadi Ibu yang bijaksana dalam memilih segalanya yang terbaik untuk keluarga.
    Semoga kita semua sukses menjadi Ibu Teladan bagi Keluarga.

    ReplyDelete
  21. Aku baru tahu lo Mbak kalau ada Anugerah Bunda Teladan
    Jadinya makin semangat kalau banyak ibu ibu hebat di masa seperti sekarang

    ReplyDelete
  22. Sarapan itu penting banget supaya anak fokus mengikuti kelas di sekolah.
    Prosentasenya gede lho sampai 50%.

    Pernah denger dari temen guru, anak anak itu sering kelaperan ngga sarapan. Terus dikasih duit buat beli sarapan.

    Pernah denger juga, si anak dibekali tempat makan kosong untuk beli sarapan di sekolah.

    Moga gerakan 1000 ibu bisa sampai ke semua lapisan masyarakat.

    ReplyDelete
  23. zero hunger sebenarnya menjadi salah satu indikator SDGs kan kak tuty. tapi banyak banget memang penduduk kita yang kelaparan. ODGJ yang dijalanan misalnya, enggak jelas makan minum mereka

    ReplyDelete
  24. Menarik banget ya eventnya, Anugerah Bunda Teladan yang pastinya pemilihan dilakukan selektif ya, dan semoga eventnya berlangsung terus untuk menginspirasi bunda-bunda lainnya.

    ReplyDelete

Canva Magic Write