CloudX Adalah Aplikasi Virtual Meeting, Selain Zoom yang Sangat Handal Ditengah Pandemi

CloudX Adalah Aplikasi Virtual Meeting, Selain Zoom yang Sangat Handal Ditengah Pandemi G uys , kita sudah memasuki tahun baru nih! Saat per...

CloudX Adalah Aplikasi Virtual Meeting, Selain Zoom yang Sangat Handal Ditengah Pandemi

Guys, kita sudah memasuki tahun baru nih! Saat pergantian tahun kemarin aktivitas apa sih yang sering dilakukan? Liburan? Nongkrong di cafe? Kumpul- kumpul bareng teman dan keluarga? Biasanya gitu sih. Tapi sayangnya kebiasaan itu untuk tahun ini di pending dulu deh ya. Mengingat pandemi masih belum mau pergi dari bumi tersayang. Pasti pada kangen kan dengan kebiasaan normal sebelumnya? Yah, nggak sekadar aktivitas liburan ataupun bersosialisasi aja sih, tapi aktivitas positif  lainnya mulai dari kerja sampai olahraga outdoor juga. Walaupun masih belum bisa beraktivitas normal terutama aktivitas tatap muka dengan leluasa, tapi harus semangat dan terus mancari ide agar tetap berkreasi. Apalagi aktivitasnya dapat meningkatkan perekonomian. Beugh… pasti tambah keceh tuh guys. Loh, loh.. meningkatkan perekonomian bagaimana kalau di rumah aja? Kerja smart pakai aplikasi dong. Nah, mulai penasaran kan?


Work From Home (WFH) dan School From Home (SFH) merupakan seruan dari pemerintah kita sejak awal pandemi. Lantas bagaimana caranya kita bisa terhubung satu sama lain? Misalnya guru dengan murid, atau para pemimpin dengan staff-nya? Syukurnya zaman yang canggih seperti sekarang tidak membuat kita sulit untuk terhubung dengan orang lain. Bentuk komunikasinya tidak hanya lewat suara saja tapi juga bisa dengan menampilkan wajah alias video call. Video call ini dapat dilakukan selama kamu punya tools yang tepat dan tentunya koneksi internet. Canggihnya lagi video call nya bisa rame-rame loh. kalau bahasa bekennya virtual meeting. Nah, biar bisa video call pastinya dibutuhkan aplikasi virtual meeting, tuh!


Work From Home (WFH)

Biasanya yang sering digunakan untuk virtual meeting belakangan ini adalah aplikasi Zoom. Dengan aplikasi Zoom aktivitas bekerja, belajar, talkshow atau bahkan webinar bisa dilakukan secara online. Konferensi videonya dapat dilakukan selama 40 menit untuk 100 orang. Dan aplikasi ini bisa diakses lewat ponsel maupun laptop. Tapi adalah aplikasi WFH selain Zoom yang juga sering dipakai seperti Google Meet, Slack, dan yang terbaru adalah CloudX.



Pengalaman Jadi Host Meeting Menggunakan CloudX


Jadi Host Meeting Menggunakan CloudX

Ngomongin soal aplikasi virtual meeting apakah ada feedback-nya buat saya? Tentu saja ada. Pengalaman saya bermula dari PSBB di masa pandemi Covid 19 ini membuat saya harus berdiam diri di rumah. Awalnya bingung mau ngapain, ujung-ujungnya pegang HP lagi. Saya tuh senang membuat gambar. Sambil rebahan, saya meng-utak-atik Canva sampai akhirnya menghasilkan beberapa gambar ciamik. Makin lama jari jemari saya ketagihan untuk berkreasi. Setiap hasil gambar saya posting di media sosial. Banyak rekan yang bertanya bagaimana cara menghasilkan gambar tersebut. Akhirnya tercetuslah ide untuk membuat kelas belajar Canva yang saya beri nama Canva Creative Class, syukurnya mendapat respon yang baik dari teman-teman. Alhamdulillah banyak yang ikutan. Dan aplikasi virtual meeting lah yang menjadi andalan saat kelas berlangsung.

 
Bincang Kreatif Mengulik Canva
Seringnya melakukan virtual meeting untuk mengajar Canva tentunya mendulang cuan buat saya. Aplikasi virtual meeting yang saya gunakan sebelumnya adalah Zoom. Tapi, sejak ada CloudX saya jadi ketagihan pakai CloudX. Pengalaman saya pakai CloudX ini puas banget, nggak putus nyambung pastinya. 


CloudX Meeting Bincang Canva


Eh, anyway teman-teman sudah tau aplikasi CloudX atau bahkan ada yang sudah pakai? Ok, simak terus ya tulisan saya. 



CloudX Untuk Apa?


Mungkin teman-teman masih ada yang belum familiar dengan CloudX. Apa itu CoudX? CloudX untuk apa? Oke, saya akan coba paparkan mengenai CloudX berdasarkan pengalaman saya menggunakannya. 

 

Bekerja #DiRumahTerusProduktif dengan CloudX

CloudX adalah aplikasi virtual meeting yang diluncurkan oleh Telkomsel sejak akhir 2019 yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat berkomunikasi dan bersosialisasi via online. Telkomsel menawarkan paket langganan CloudX, dimana dengan paket CloudX  ini pelanggan Telkomsel dapat menggunakan CloudX aplikasi selain Zoom untuk melakukan conference meeting hingga 100 partisipan dengan menyewa virtual meeting room sekaligus menjadi host meeting. Nah, yang bisa menjadi host meeting nantinya nomor pembeli paket. Tapi host meeting bisa juga menjadikan salah satu peserta sebagai host meeting saat meeting virtual sedang berjalan. Sampai disini teman-teman sudah mulai paham kan CloudX untuk apa?

 

Terdapat fitur layanan video conference di aplikasi Telkomsel CloudX seperti share screen, whiteboard, dan on-room chat dengan kapasitas maximal 100 orang yang dapat kita nikmati. Jadi kalau sebelumnya kita udah pernah pakai aplikasi Zoom pakai CloudX ini ya sama, jadi nggak khawatir kebingungan saat menggunakan. 

 

Cara Berlangganan CloudX 


Paket langganan CloudX memang spesial untuk pelanggan Telkomsel prabayar seperti simPATI, KARTU As, dan LOOP. Paket aplikasi ini dapat dibeli melalui aplikasi My Telkomsel. Caranya gampang banget kok. Begini caranya:

  1. Download aplikasi My Telkomsel dan registrasi
  2. Masuk ke aplikasi My Telkomsel- klik beli paket - klik internet - klik paket conference – paket langganan CloudX- klik beli – kemudian bayar seperti kita beli pulsa atau LinkAja. Kemudian kita akan mendapatkan SMS dan nomor password
  3. Download CloudX dari App Store atau Play Store, masukkan nomor telepon dan password yang kita terima dari SMS sebelumnya

 

Cara Berlangganan CloudX


Paket CloudX dapat dibeli seharga Rp250.000 (sudah termasuk pajak) dengan masa aktif selama 30 hari, dan sudah termasuk kuota 30GB untuk mengakses aplikasi CloudX, loh! Paket ini hanya bisa dibeli sekali saja dalam satu bulan. Nantinya pengguna layanan akan mendapatkan akses untuk menjadi host meeting di aplikasi CloudX yang dapat digunakan selama 24 jam/7hari selama masa aktif berlaku. Ini menjadi salah satu kelebihan dari aplikasi CloudX dibanding aplikasi Zoom.

 

Oh ya, aplikasi CloudX ini pernah digunakan bapak Presiden Jokowi saat memimpin rapat dengan para menterinya beberapa bulan lalu loh. Salut deh buat Telkomsel. Yuk, virtual meetingnya pakai CloudX aja aplikasi selain Zoom. Pas banget pakai CloudX kalau kamu pelanggan Telkomsel! Aktifkan segera aplikasinya dan nikmati layanannya yaa.










You Might Also Like

26 comments

  1. Uwoww..ada aplikasi baru ya. Mau cobain juga ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, cucok pakai ini udh beberapa kali aku nyobain šŸ˜Š

      Delete
  2. Tadi baca juga mengenai CloudX yang lancar, tidak putus-sambung.
    Oya saya pernah pakai juga dan benar sih ya, gak putus sampai selesai. Eh sempat putus ding tapi karena HPnya yang kepanasan, bukan karena sinyal.

    ReplyDelete
  3. Putus nyambung adalah hal yang bikin sebel, berasa kena prank. Apalagi lagi rame-ramenya ngikutin acara conference, tiba-tiba koneksi terputus. CloudX pastinya lancar jaya ya, so conference pun bisa berjalan mulus.

    ReplyDelete
  4. Wow, asiknya kalau bisa virtual meeting banyak peserta gini sampai 100 orang hehehe rameee :) Dengan CloudX modal 250 ribu kita bisa dapetin 3- GB, amaziiing bener mbak. Udah gitu jadi host meeting juga. Buat silaturahmi keluarga besar oke bgt nih.

    ReplyDelete
  5. Mbak Tuty haaaai apa kabar, Ya Allah lama banget kita gak ketemu. Senengnya aku wkatu itu belanjar Canva juga, keren kamu Mbak. Kapan kapan aku mau ikut kelasnya dong, menggunakan aplikasi cloudX ini. Seru bnaget,

    ReplyDelete
  6. Asik yah virtual meeting pakai Cloudx ini lebih stabil juga yah, saya pribadi belum pernah cobain sih, tapi suami kalau virtual meeting di kantornya suka pakai ini.

    ReplyDelete
  7. asik ya mbak klo pake CloydX ini, bisa virtual meeting sampai 100 orang, uda gitu sinyalnya lancar jaya
    nggak putus nyambung
    wfh pake cloudX ya pasti nyaman

    ReplyDelete
  8. Keren Mbak Tuty, salut dengan kegiatan produktifnya selama pandemi, termasuk berbagi ilmu Canva via virtual meeting. Jika pakai apps CloudX by Telkomsel pasti makin lancar jaya ya, kuota besar, sinyal kuat dan fitur lengkap. Membantu sekali bagi kebutuhan kelas online dan aneka meeting saat ini

    ReplyDelete
  9. wah keren ya Telkomsel bisa mengeluarkan aplikasi virtual meeting kayak gini. klo rapat tiap hari (dan bs lebih dr sekali) enak juga ya pake cloud X. kebetulan aku pengguna telkomsel jugak

    ReplyDelete
  10. memudahkan sekali buat berkomunikasi dan jadi makin produktif selama pandemi dengan aplikasi virtual meeting dari Telkomsel, CloudX

    ReplyDelete
  11. Semenjak pandemi malah makin banyak aplikasi meeting yang bermunculan. Dan sekarang hadir CloudX Telkomsel yang keren. Bisa banget nih buat SFH adik-adikku. Semoga pihak sekolahan mau pakai CloudX Telkomsel ini.

    ReplyDelete
  12. Lihat foto pas webinar di atas, interface CloudX kayaknya persis dengan Zoom ya mba. Jadi ga bakalan kagok deh misalnya menggunakan CloudX nantinya. Oke nih ga perlu putus nyambung setiap 40 menit sekali ya mba.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah dengan adanya Cloudx jadi ngebantu banget buat pertemuan secara online. Semakin produktif :)

    ReplyDelete
  14. Lucu sih ilustrasi artikelnya mbak..pengen cobain CloudX ini biar bisa mengajar kelas online lebih maksimal dan fokus tanpa gangguan sinyal buruk..

    ReplyDelete
  15. Pilihan yang sangat baik nih kalau coba CloudX dari aplikasi MyTelkomsel juga nih mengaktifkannya. Aku jd penasaran juga nih buat pakeee kalo lagi meeting

    ReplyDelete
  16. wah, cloudx sepertinya bisa jadi pilihan kalau tiba-tiba aku harus pulang kampung dan ada meeting. soalnya di sana jaringannya cuma ada telkomsel. kalau pake aplikasi lain sering ga lancar

    ReplyDelete
  17. Aku baru tau aplikasi cloudX akhir akhir ini mbk. Taunya zoom aja hehe. CloudX bisa jadi pilihan untuk yang sering ngadain virtual Class atau meeting

    ReplyDelete
  18. Aku juga senang pas coba CloudX Telkomsel ini
    Lancar
    Suara jernih
    Dan pastinya harga paketannya murah bahkan sekarang ada promonya

    ReplyDelete
  19. wah pas banget nih lisensi zoom saya udah habis masa berlakunya. Bisa nih coba cloudX untuk virtual meeting minggu depan. Tampilannya mirip banget sama zoom ya

    ReplyDelete
  20. Blm pernah pake cloudX ini mba. Sll pake zoom. Tyt bagus jg ya fiturnya n paketannya murah jg. Rekomen buat mak emak mau virtual meet up n pjj nih

    ReplyDelete
  21. Kalau menggunakan CloudX dari telkomsel ini, bisa diintegrasikan ke media sosial juga gak, kak?
    Jadi semacam live dan bisa ditonton lebih banyak orang di luar lingakaran tamu undangan.

    ReplyDelete
  22. wah aku cukup familiar nih sama tampilan cloudX iniii.. tadinya khawatir kl aplikasi baru, bakal belajar lagi cara pakenyaaa, tapi dengan tampilan gini kayanya udah user friendly banget sih ya maaaak

    ReplyDelete
  23. Baru tahu dengan aplikasi ini. Jadi penasaran deh, kepengen nyoba sendiri keunggulannya dari aplikasi yang selama ini. Nanti aku saranin ke teman-teman ah, biar kami nyoba aplikasi ini.

    ReplyDelete
  24. Canvanya bikin aku terpesona nih kak...haha..kece bangett. Wah ternyata jelasin tentang grafis tetep bisa ya leewat meeting online. Apalagi pake cloud x makin asik tuh kelasnya ya kak...

    ReplyDelete
  25. Hadirnya CloudX ini bisa banget jadi alternatif aplikasi virtual meeting selain Zoom ya Mba. Kalau aku lihat tampilannya juga nggak jauh beda, jadi bisa cepat beradaptasi juga. Dan lagi, ini dari Telkomsel yang memang udah terkenal banget kualitas jaringannya. Jadi makin yakin deh kalau virtual meeting pakai ClodX bakalan lancar jaya!

    ReplyDelete