5 Kesalahan Umum saat Menjalani Diet Keto yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

B anyak orang mengaku bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat setelah melakukan diet keto. Ini merupakan testimoni yang cukup menggo...

Banyak orang mengaku bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat setelah melakukan diet keto. Ini merupakan testimoni yang cukup menggoda. Sekalipun diklaim bisa menurunkan bobot tubuh dengan cepat, diet keto sejatinya sama seperti diet lainnya; harus dilakukan dengan cara yang tepat agar bisa menunjukkan hasil yang maksimal dengan risiko kecil.

Sayangnya, tak sedikit orang yang salah menerapkan diet keto ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan meminimalisasi risiko. Yuk, simak kesalahan umum dalam menjalani diet keto ini.


5 Kesalahan Umum Saat Menjalani Diet Keto


Kesalahan saat menjalani diet keto
5 Kesalahan Umum Saat Menjalani Diet Keto 

Diet keto merupakan salah satu cara menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan karbohidrat, namun justru mengonsumsi makanan berlemak lebih banyak. Lemak yang dikonsumsi saat menjalani diet ini bertujuan agar tubuh mengalami ketosis, atau kondisi ketika sumber energi utama tubuh akan didapatkan dari proses pembakaran lemak.


Sayangnya, untuk mencapai proses ketosis itu tak mudah dan butuh waktu. Tak jarang banyak orang berhenti melakukan diet ini lantaran salah langkah dalam melakukannya, sehingga membuat tubuh makin lemas dan berat badan tidak berkurang.


Untuk menghindarinya, perhatikan kesalahan umum saat menjalani diet keto ini:


  1. Tidak melakukan persiapan. Kesalahan pertama yang harus diperhatikan adalah kurangnya persiapan. Sebelum melakukan diet keto, pastikan kamu sudah punya strategi, rencana, dan ide menu yang akan dikonsumsi guna mendukung keberhasilan diet ini. Ada baiknya melakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui menu diet keto untuk pemula apa yang paling tepat untuk kamu. Tak hanya pilihan makanannya saja yang diperhatikan, tapi juga nutrisi yang terkandung dalam tiap menu yang dipilih.
  2. Terlalu banyak makan protein. Mengutip laman Momslyfe, menu diet keto yang disajikan biasanya berpusat pada daging merah, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, keju, dan berbagai produk susu sapi. Makanan-makanan tersebut dipilih lantaran mengandung banyak lemak yang diperlukan untuk melakukan diet keto. Namun, selain lemak, perhatikan pula manakah dari makanan-makanan tersebut yang mengandung protein terlalu tinggi. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung protein demi keberhasilan diet keto dan kesehatan tubuh kamu.
  3. Tidak makan sayur. Aturan utama dalam melakukan diet keto memang mengharuskan untuk lebih sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Tapi, bukan berarti kamu harus mengurangi makan sayur. Nutrisi dalam sayur tetap berperan penting dalam tubuh. Kamu bisa memilih sayur yang rendah karbohidrat, seperti asparagus, brokoli, kembang kol, dan paprika sebagai menu diet keto. Selain rendah karbohidrat, sayuran tersebut juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk tubuh.
  4. Kurang minum air putih dan kurang tidur. Asupan air sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Saat sedang menjalani diet keto, pastikan agar kamu minum air putih lebih banyak karena pola makan ini akan membuat kamu kehilangan banyak cairan dalam sehari lantaran produksi urine yang meningkat. Pastikan juga kamu tidak kurang tidur saat menjalani diet ini. Orang yang kurang tidur biasanya cenderung banyak makan karena tubuhnya membutuhkan energi lebih banyak. Jadi, daripada diet keto yang kamu lakukan sia-sia karena ujungnya tetap makan banyak, pastikan untuk mendapatkan tidur malam yang cukup dan berkualitas.
  5. Kurang mendapat asupan garam. Memang betul kamu harus mengurangi asupan garam saat menjalani diet keto. Namun, pastikan juga kamu tetap mengkonsumsinya dengan jumlah yang lebih sedikit. Pasalnya, tubuh kamu membutuhkan asupan sodium dari garam untuk mengurangi risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada tubuh, seperti penyakit kardiovaskuler.


Nah, setelah mengetahui lima kesalahan umum tersebut, pastikan kamu tidak terjerumus ke dalam lingkaran kesalahan yang sama ya. Semoga diet kamu berhasil!






You Might Also Like

15 comments

  1. Karena diet itu disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing masing ya ka dan ngga bisa disamakan cara diet satu orang dengan orang lain, karena tingkat keberhasilannya juga belum tentu sama.. nah diet keto nih yang paling sering salah kaprah ya.. semoga dengan tulisan ini banyak yang tercerahkan tentang diet keto ya ka

    ReplyDelete
  2. aku pernah baca di salah satu video youtube ataupun artikel diet keto membahayakan kesehatan tubuh karena tubuh tidak mendapatkan kebutuhan nutrisi yang lengkap, but again berhubung aku tidak menjalani diet keto dan jenis diet lainnya jadi have no clue juga. btw thank you buat reviewnya ya

    ReplyDelete
  3. Kadang orang tuh cuma fokus sama hasil akhirnya aja tanpa memperhatikan impactnya ke tubuh. Jadi bener nih harus banyak baca dan cari tau dulu yang bener gimana diet keto yang seharusnya. Biar nantinya selain klnerat badan turun, tapi juga sehat ya.

    ReplyDelete
  4. Aku lagi membiasakan diri untuk mengurangi asupan karbo juga nih kalo nasi putih mengupayakan variasi juga jadi nggak nasi putih melulu. Selain itu juga banyakin sayur, lauk & buah plus air putih,

    ReplyDelete
  5. Diet Keto, saya baru tahu istilah diet Keto ini. Tapi untuk prakteknya, sepertinya sudah familiar banget, yakni mengurangi asupan karbohidrat. Sejak 5 tahun belakangan ini, saya berusaha mengurangi jumlah asupan karbo, dan memperbanyak makan sayur.

    ReplyDelete
  6. Cara diet macem2 banget ya Mbak.
    Aku cuma sekedar tahu aja sama diet keto ini, Tapi belum pernah praktik hihihi
    Aku orangnya suka ga tahan mupeng kalau diet. Bersyukurnya juga cenderung nyantai soal bentuk tubuh. Entah nanti kalau sudah melar banget, mungkin akan terdorong banget untuk diet. Soalnya sejak pandemi ini BBku sudah naik dari sebelumnya. :D

    ReplyDelete
  7. Wahh aku baru tau nih soal persiapan diet keto. Kirain kalo mau mulai ya mulai aja gak harus siapin apa2

    ReplyDelete
  8. Sejujurnya aku pingin banget nyoba diet, terutama sejak setahun lalu. Tapi selalu ragu mana yang cocok sama kebutuhan dan kondisi badan sendiri. Dan mengingat umur juga udah gak muda lagi, diet memang perlu supaya lebih fit dan terhindar dari penyakit. Kalau bisa langsing mah, itu bonus aja :D. Sekarang lagi berusaha ngurangin karbo juga... tapi sesusah itu ya hahaha.

    ReplyDelete
  9. Menjalankan diet itu memang harus hati-hati ya, Mbak. Harus disesuaikan denngan kondisi dan kebutuhan badannya masing-masing. Gak sama untuk semua orang. Kalau salah menjalankan diet malah nanti bisa membahayakan.

    ReplyDelete
  10. Waah berarti emang gak bisa langsung ya. Tubuh bisa langsung kaget. Perlu ada persiapan khususnya tau menu diet keto untuk pemula biar tetep terjaga nutrisi dan cukup asupan gizinya.

    ReplyDelete
  11. Buat yang belum tau duet jeto, pasti ngerasa kok menunya beda dari yang lain hehe. Ngomongin soal diet memang harus banyak persiapan, khususnya buat yang mau jalanin pola diet seperti diet keto. Harus banyak baca, banyak tanya, dan konsultasi juga

    ReplyDelete
  12. Benar sekali kak Tuty.
    Sepertinya aku kurang ilmu dan persiapan saat melakukan diet keto ini. Sehingga lemas dan aku gak kuat masuk minggu ke 2.
    Hiiks~

    ReplyDelete
  13. Bagaimanapun ketika akan melakukan sesuatu perlu belajar ilmunya dl ya mba biar gak kecolongan salah pas prakteknya..

    ReplyDelete
  14. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya kak :D

    ReplyDelete
  15. terjawab sudah. Aku kurang tidur selama ini hehehe

    ReplyDelete