Truecaller Aplikasi Yang Membantu Melacak Panggilan Telepon Masuk yang Tak Dikenal

Aplikasi Truecaller H ai! Hari ini udah berapa kali di telponin marketing kartu kredit, asuransi, penawaran member klub, dll? Wait...


Blokir Nomor Panggilan Yang Tak Dikenal
Aplikasi Truecaller

Hai! Hari ini udah berapa kali di telponin marketing kartu kredit, asuransi, penawaran member klub, dll? Wait, jangan kesal dulu buat kalian yang pekerjaannya seperti yang saya sebutkan mudah-mudahan aja kalian bukan seperti mereka yang saya maksud. Beberapa teman suka marah kalau saya reject telepon masuk dari marketing atau saya langsung spontan dengan jawaban "maaf ya saya nggak berminat".

Well, biasanya respon saya memang akan sedikit galak kalau mereka menelpon saya di jam-jam yang saya anggap nggak pas.  Oke, saya bukan menganggap semua marketing seperti itu dan respon yang saya berikan selalu galak, enggak kok. Selama sopan dan cara menjelaskan benar-benar bikin saya jadi pintar saya malah welcome banget. Yang bikin bete itu kalau marketing yang ngomongnya cepat  belum apa-apa udah bilang mau komfirmasi data yang diajukan padahal nggak pernah ngisi data, kok kayak jebakan batman.

Itu belum seberapa, yang lebih ngeselin kalau nelpon nggak tahu waktu. Gile ya saya pernah ditelpon marketing kartu kredit pas magrib. Padahal azan lagi berkumandang di Masjid yang pas banget di sebelah rumah. Udah dibilangin baik-baik kalau ini Magrib malah ngotot bilang "ini kesempatan buat hari ini aja loh bu, sayang kalau dilewatkan, atau ibu saya hubungi lagi sehabis Magrib ya".  Seperti biasa jawaban saya lagi-lagi "maaf ya..saya nggak berminat".

Biasanya yang bikin kesal mereka-mereka yang pakai nomor seluler bukan nomor kantor, jadi nggak ada di daftar kontak. Mau nggak diangkat takut kalau teman atau klien, ntar dikirain sombong.  Bukannya saya nggak menghargai pekerjaan telemarketing, banyak kok telemarketing yang saya akui cara kerjanya profesional. Malah saya pernah punya asuransi berkat penjelasan telemarketing yang memang mengena penjelasannya dan berhasil mengubah mindset saya tentang asuransi saat itu. 

Saya rasa wajar dan memang menjadi hak saya untuk lebih selektif menerima telpon masuk. Ya, saya juga punya privacy untuk itu. Bersyukur banget saya mengenal aplikasi Truecaller. Anyway ini bukan ngiklan atau postingan berbayar ya, ini benar-benar cuma mau sharing pengalaman menggunakan Truecaller.

Teman-teman udah pada tahu aplikasi Truecaller atau ada yang sudah pakai nih? Saya sendiri sudah pakai aplikasi ini tiga tahun lebih. Awalnya iseng-iseng aja buka-buka Google Play Store terus nemu Truecaller. Sebenarnya saya ini tipe orang yang kepo banget dengan aplikasi-aplikasi yang ada di Play Store. Aplikasi yang bikin saya penasaran dan belum pernah nyoba pasti saya install dan saya coba, kalau nggak bermanfaat langsung uninstall. Begitu juga sebaliknya kalau aplikasi tersebut berguna untuk keseharian saya pasti langsung install. Ya seperti aplikasi Truecaller ini.


Jadi kelebihan dari Truecaller kita jadi tau telepon masuk dari siapa meskipun nomor selulernya tidak ada di daftar kontak kita. Mirisnya lagi banyak nomor selular tidak dikenal yang masuk dari telemarketing, pinjaman online, yang mana para user Truecaller sudah menamai mereka seperti penipu, tukang tagih, dll yang kadang nggak pantas disebut. Mungkin sudah saking keselnya jadilah nama-nama tak pantas itu dilabeli. Nah, kita yang belum pernah memberi nama nomot telepon yang masuk jadi tau nama mereka dan juga tau sudah berapa banyak spam report untuk nomor tersebut. Intinya dengan aplikasi Truecaller kita nggak perlu repot-repot menduga telepon yang masuk dari siapa. Tinggal reject atau nggak perlu diangkat sama sekali. 

Bahkan salah satu nomor kantor penagih kartu kredit pun saya reject. Sebel kan, yang punya tagihan teman saya dan yang dimarah-marahi saya karena dianggap sebagai penjamin yang pernah direferensikan teman saya. Emosi banget! Gantian saya yang marah. Saya nggak merasa pernah di verifikasi mengenai kesediaan saya menjadi penjamin dan sebagai keluarga terdekat. Belum lagi tagihan kartu pasca bayar saudara saya yang nunggak. Saya pun diteleponin karena mereka melihat history panggilan ada nomor hp saya. Duh, orang yang punya tunggakan kenapa saya yang ditanyain. Tau juga enggak tuh orang pakai kartu pra bayar atau pasca bayar.

Sekarang sejak pakai Truecaller saya jadi punya privacy. Saya jadi lebih tenang dengan telepon masuk yang tidak diharapkan. Saya juga bisa blokir nomor yang benar-benar mengganggu dan spam SMS dengan Truecaller. Satu lagi nih, kita juga bisa lacak nomor hp loh. Nyaman, aman dan tentram deh, hehe.. 







You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write