Layanan Swab Test Drive Thru di Rumah Sakit Premier Jatinegara

P andemi Covid-19 belum berakhir. Sudah hampir 45 hari saya tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Bisa dibilang semua kegiatan dilaku...


Pandemi Covid-19 belum berakhir. Sudah hampir 45 hari saya tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Bisa dibilang semua kegiatan dilakukan dari rumah saja. Saya ingat sekali awal diumumkannya virus corona di Indonesia. Saat itu saya sedang liburan ke Semarang bersama suami. Tepat hari ke-2 di kota ini Presiden Jokowi mengumumkan bahwa wabah corona sudah masuk ke Indonesia dan pasien pertama adalah warga Depok. Saya mendengar kabar ini langsung dari televisi, karena ketika ini diberitakan saya sedang menikmati santap malam di Paragon Mal. Sontak saja kami terkejut, begitu juga dengan pengunjung mal lainnya. Seketika beberapa pengunjung terlihat panik, dan benar saja supermarket yang ada di mal langsung kehabisan masker dan hand sanitizer. 

Corona tak hanya berdampak dan membahayakan kesehatan bagi penderitanya, tapi dampak lain yang ditimbulkan adalah perubahan kebiasaan, perilaku bagi setiap orang, juga dampak ekonomi. Beberapa pekerja harus rela dirumahkan atau diberhentikan dari pekerjaan karena banyak pula pelaku usaha atau perusahaan yang bangkrut. Anak-anak pun harus rela kehilangan waktu bermain bersama teman-teman. Saat ini selain kesehatan fisik, kesehatan mental pun harus dijaga. Kita harus bisa menyeimbangkan kehidupan di tengah pandemi. 

Ya, kita semua harus saling bergandeng tangan untuk sama-sama memutus rantai virus corona. Apalagi penyebaran virus tak lagi dari masyarakat yang baru pulang dari bepergian ke luar kota, tapi sudah menjadi transmisi lokal yakni penyebaran dari masyarakat ke masyarakat lokal dan ini sudah banyak terjadi. Maka dari itu himbauan untuk tetap di rumah saja selama tidak ada keperluan darurat atau mendesak sebaiknya dipatuhi. 

Swab Test untuk Mengetahui Seseorang Terinfeksi Covid-19 atau Tidak

Aturan dan himbauan dibuat bukan tanpa tujuan, tapi untuk kepentingan kita bersama untuk mengurangi risiko menulari dan tertular yang disebabkan virus corona. Bisa jadi kita yang merasa sehat-sehat saja ternyata pembawa virus. Bagaimana kita bisa tahu kita pembawa virus atau tidak? Untuk itulah diperlukan swab test. Swab test berbeda dengan rapid test. Rapid test merupakan test awal hanya dengan mengambil sampel darah sedangkan swab test menggunakan sampel lendir yang diambil dari hidung dan tenggorokan. 


Pernah kan kasus beberapa pasien yang melakukan rapid test dan hasilnya negatif kemudian setelah dilakukan swab test ternyata positif. Memang swab test lah yang menjadi hasil akhir pemeriksaan apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak. Pemeriksaan dengan swab test adalah pemeriksaan yang lebih akurat meskipun menunggu hasilnya membutuhkan waktu beberapa hari. 

Beberapa rumah sakit sudah memberikan pelayanan bagi masyarakat untuk melakukan swab test. Tapi protokol untuk pemeriksaan sudah diatur sedemikian rupa agar masyarakat tidak mengantre untuk melakukan swab test dan tidak terjadi penumpukan pasien. Ini dilakukan untuk menekan laju pertumbuhan covid. Salah satunya kebijakan yang dibuat oleh Rumah Sakit Premier Jatinegara

Rumah Sakit Premier Membuka Layanan Drive Thru Swab PCR Covid-19 

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan swab test, RS Premier Jatinegara meluncurkan layanan Drive Thru. Layanan ini diluncurkan agar masyarakat merasakan kemudahan juga keamanan dan kenyamanan untuk melakukan pemeriksaan. Lokasi Drive Thru sendiri berada di samping gedung RS Premier Jatinegara. 

Jadi masyarakat yang pengin swab test dan khawatir ngantre dan terjadi penumpukan di rumah sakit, sebaiknya menggunakan layanan Drive Thru  ini. Adapun keuntungan swab test menggunakan layanan Drive Thru adalah sebagai berikut:

  1. Pasien tidak perlu turun dari mobil
  2. Pendaftaran dan informasi bisa melalui WhatsApp di nomor 082211767690
  3. Hasil Swab PCR Covid-19 akan di email ke alamat email pasien 
  4. Bonus free consultation voucher untuk konsultasi gratis ke dokter secara online atau datang langsung ke dokter untuk konsultasi keluhan apa pun, nggak mesti Covid-19


Untuk penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan keterlibatan semua pihak. RS Premier Jatinegara berkomitmen memberikan pelayanan terbaik. Semoga layanan Drive Thru untuk Swab PCR Covid-19 ini jadi solusi bagi masyarakat yang ingin melakukan swab test tanpa rasa khawatir. 

So, teman-teman jangan lupa untuk tetap jaga jarak sehat ya. Tetap patuhi himbauan pemerintah untuk di rumah saja demi kebaikan bersama dan mengindari virus corona yang masih merebak. Semoga kita semua bisa bersabar agar wabah ini segera usai.










You Might Also Like

40 comments

  1. wah di jatinegara ada drive thru untuk covid-19? baru tau saya, enggak begitu jauh dari rumah. nanti bisa saya kasih info ke teman atau saudara yang membutuhkan nih, makasih infonya ya mba.

    ReplyDelete
  2. Wiiih keren banget. Kalau abis bepergian dari luar kota atau ada gejala bisa langsung ikut tes ini ya. Nggak perlu khawatir takut ke RS. Semoga cepat ada layanan seperti ini di banyak daerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga RS lain juga ada pelayanan drive thru ya.. mungkin dengan berbagai pertimbangan sesuai aturan

      Delete
  3. Nice Info banget nih mbak. Soalnya saya pribadi semenjak COVID 19 ini menghindari banget masuk RS, nah kalau ini kan kita gak perlu masuk RS buat ngecek. Cukup di depan parkir doank.

    ReplyDelete
  4. Efek Corona ini besar banget yaa, Mba. Semoga pandemi ini segera berakhir yaa agar kita semua bisa beraktivitas seperti semula lagi, amiiin 😇

    ReplyDelete
  5. Efek Corona besar banget dan semoga pandemi ini cepat berakhir dan kembali seperti normal. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Good service. Semoga terobosan swab test drive thru ini memudahkan warga untuk test

    ReplyDelete
  7. saya dulu juga langganan di rumah sakit ini dan memang layanannya lengkap, termasuk hasil tesnya sangat terpercaya karena saya beberapa kali tes disini untuk berbagai macam keluhan sakit. dokternya berpengalaman dan asyiknya juga ramah banget. apalagi kini sudah ada layanan drive thru untuk swab test. makin oke deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus ya pelayanannya, mengerti pasien banget

      Delete
  8. Padahal di daerah-daerah tuh kebanyakan menggunakan rapid tes ternyata belum akurat hasilnya. Semoga saja rumah sakit - rumah sakit di Indonesia mengikuti jejak RS Premier Jatinegara untuk memberikan pelayanan terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. lebih akurat pakai swab test

      Delete
  9. Sejak wabah merebak di Indonesia, RS jadi salah satu tempat yang paling dijauhi.. tapi dengan adanya tes swab drive thru ini, jadi sebuah solusi banget ya untuk yang mau test tanpa khawatir terpapar. Informatif sekali mba, terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar nggak berdesak-desakan ngantre di RS

      Delete
  10. keren banget nih programnyaaa, jadinya banyak banget yang bisa terbantu karena praktis yaaa, nggak harus masuk ke rumah sakit

    ReplyDelete
  11. DAh kek mekdi aja Drive Thru, layanan di RS Premier Jatinegara yang makin mempermudah siapa pun yang mau test. Lengkap banget ya Rsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyaah biasa drive thru pesan makanan yak

      Delete
  12. wah semakin praktis untuk mendapatkan layanan kesehatan ya. Solusi sekali supaya tetap di rumah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. physical distancing jadinya testnya nggak perlu turun dari mobil

      Delete
  13. Sis klo mislkn mau periksa tapi ktp drnl luar jkt, misalkan bekasi. Apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak masalah sih mbak kayaknya nggak ada aturan harus pasien asal Jakarta aja

      Delete
  14. Berapa ya biaya utk swab test ini? Bagus juga andai RS lain di daerah2 jg melakuksn hal yg sama sg RS Jatinegara

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di WA langsung aja mbak ke nomor yang tercantum di flyer

      Delete
  15. Wah, masyarakat pastinya sangat terbantukan dengan layanan Drive Thru untuk Swab PCR Covid-19 ini ya.
    Semoga pandemi ini segera usai dan kita bisa melakukan aktivitas seperti biasanya

    ReplyDelete
  16. Langkah yg patut diapresiasi. Semoga tidak hanya RS di kota, tapi juga di daerah bisa mengikuti. Secara di daerah ini banyak yg belum paham, namun wara-wiri dengan dalih mereka sehat

    ReplyDelete
  17. RS Premier ini keren banget memberikan pelayanan yg memudahkan untuk setiap orang yg ingin test swap tanpa turun mobil. Di Medan belum ada mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang nggak semua RS punya pelayanan kayak gini

      Delete
  18. Pendemi gini memang cara terbaik adalah yg dilakukan RS Premier gini mbak lebih mudah dan aman. Semoga layanan Swab Covid ini ada juga di beberapa daerah.

    ReplyDelete
  19. so if we need to go check ourselves, we can definitely go to this hospital yaa mba

    ReplyDelete
  20. Wahh aku baru tahu soal swab test nih Mba. Selama ini cuma tahu rapid test aja.

    ReplyDelete