Solusi Energi Terbarukan dari Baran Energy

S udah siapkah kita dengan transisi energi? Dari energi fosil yang bersumber dari minyak dan batu bara beralih ke energi terbarukan ? Y...


Sudah siapkah kita dengan transisi energi? Dari energi fosil yang bersumber dari minyak dan batu bara beralih ke energi terbarukan? Yups, energi terbarukan menjadi salah satu prioritas negara saat ini. Hal ini pernah diutarakan oleh Presiden Jokowi agar kita nggak tergantung dengan energi yang berasal dari batu bara saja untuk mengatasi krisis listrik. Listrik itu ibarat nyawa bagi industri maupun rumah. Kalau listrik mati dampaknya banyak sekali, kita bakalan marah dan teriak kesal bahkan timeline sosial media pun penuh dengan tumpahan kekesalan dan keluhan soal listrik mati. Ini karena listrik sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, bisa dibilang sudah jadi kebutuhan utama. 

By the way saya ingin bahas soal energi terbarukan sebagai solusi mengurangi biaya listrik yang semakin mahal seiring dengan inflasi. Hari gini siapa yang nggak mau listrik gratis ya kan? Nah, lebih kurang setahun yang lalu saya pernah menulis solusi mengatasi mahalnya tarif listrik. Ya, Baran Energy. Ini yang saya maksud solusi. 



Apa itu Baran Energy? 

Baran adalah Baby Unicorn Indonesia yang memberikan pengalaman baru dalam menggunakan EBT (Energi Baru Terbarukan) yang tidak pernah ada sebelumnya yang menghemat penggunaan listrik 4x lebih murah. Baran Energy adalah inovasi anak bangsa. Founder Baran Energy Victor Wirawan mengembangkan pembuatan alat menampung listrik (energy storage system) dari solar panel dan kemudian dialirkan ke rumah, kantor, industri, atau pertambangan, dll. 

Victor Wirawan (kanan) - CEO dan Founder Baran Energy 

Pertama kali saya mengikuti bincang santai bersama Victor Wirawan setahun yang lalu, Baran sudah memiliki battery pack yang saat itu masih dalam tahap prototype develop. Sekarang Baran semakin berkembang, sudah banyak konsumen yang memesan, bahkan sekarang Baran memiliki pabrik dan memproduksi lebih kurang 20 unit tiap bulannya. Kabar baik lagi dalam 2 bulan kedepan Baran akan memproduksi 20-40 unit per hari, ini merupakan lompatan yang cukup besar. 

Melihat progress yang nyata, ini berarti sudah banyak orang yang membutuhkan dan  menyadari keuntungan memakai Baran Energy, bukan hanya karena renewable energy tapi juga karena lifestyle dalam hal mengonsumsi energi. 

Keuntungan Memakai Baran Energy di Rumah

Baran Energy memiliki 2 jenis paket, yaitu: Baran Package Premium: 234. 000.000 dan Baran Package Accelerate (Ekonomis): 149.000.000. Harga ini sudah all in dan tinggal pakai. Kira-kira apa keuntungan memakai Baran Energy? Saya yakin teman-teman pasti penasaran dan bagaimana hitung-hitungannya kenapa Baran Energy cocok kita gunakan di rumah. 

Baran Premium Package

Jadi benefit yang kita dapatkan dengan menggunakan Baran Energy di rumah antara lain:

Money Saving: dengan menggunakan Baran Energy kita menghemat 4x lebih murah dari biaya listrik yang biasa kita gunakan selama ini. Ilustrasi nya seperti ini:

Biaya listrik + inflasi 20 tahun : 4 = range harga
     Biaya listrik/bulan: Rp900.000,
Biaya listrik/tahun: Rp10.800.000
Biaya listrik 20 tahun: Rp216.000.000
Biaya listrik 20 tahun + inflasi: Rp1.006.766.743.
Dari hitung-hitungan ini didapat biaya listrik kita selama 20 tahun Rp 1.006.766.743. Sementara harga Baran Package yang premium saja Rp 234.000.000, ini berarti 4x lebih murah dari biaya listrik yang kita keluarkan. Itu kalau dibandingkan dengan paket premium, belum lagi kalau dibandingkan dengan paket ekonomis yang jauh lebih hemat. 

No Blackout: tidak akan mengalami pemadaman listrik karena sumber energi tergantung pada baterai. 

No Pollution: udah pasti nggak ada solusi karena memanfaatkan energi matahari, tidak seperti energi fosil yang menghasilkan sisa pembakaran

Low Maintenance

Save the Planet: Baran Energy termasuk teknologi energi yang ramah lingkungan

Baran Property di Ciawi, Bogor

Bincang-bincang bareng Victor Wirawan tahun lalu yang berencana me-launching Baran Property dalam jangka waktu setahun, juga terealisasi sekarang. Baran Property adalah perumahan atau hunian dimana didalamnya sudah menggunakan Baran PowerWall. Dan benar saja guys, tepat setahun Baran Property pun launching di Perumahan yang sedang tahap pembangunan di ADENIUM VILLA'S @The Leaf Boutique Resort, Ciawi, Bogor.

Baran Property 

Saya dan beberapa teman Blogger mendapat kesempatan mengunjungi Baran Property di Ciawi, hunian swaenergi pada hari Kamis tanggal 23 Januari 2020 lalu. Disana kami tak hanya sekadar berkunjung tapi juga ikutan menyaksikan langsung tes powerwall.

Bagaimana Cara Kerja PowerWall? 

PowerWall bekerja dengan memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh sinar matahari yang ditampung oleh solar panel. Sebagian digunakan untuk kebutuhan energi pada siang hari dan sebagian akan disimpan didalam baterai. Kemudian pada malam hari ketika matahari nggak ada, baterai akan mem-backup 100% kebutuhan rumah dan ini juga tergantung kebiasaan bagaimana kita menggunakan energi.
 
Baran PowerWall di ADENIUM VILLA'S @The Leaf Boutique Resort, Ciawi, Bogor
Triharsa Adicahya, CTO (Chief Technology Officer) Baran Energy menjelaskan kinerja PowerWall

Baran PowerWall memiliki kapasitas maksimum 8800 watt hour (Wh). Seandainya kita menggunakan 1000 watt/jam berarti baterai akan mem-backup kurang lebih selama 8 jam, dan seandainya  kita menggunakan energi sebanyak 500 watt/jam baterai akan mem-backup lebih kurang 16 jam. Berapa banyaknya energi yang kita gunakan bisa kita lihat pada indikator.

 Specification Baran Energy
-Max Capacity 8, 8 kWh
-Dimension p 60 x 20 x 100 cm
-Lithium Ion based battery cell (4000 cycle) 
-Modular BMS (Battery Management System) 
-Active cooling designed for tropical climate
-Full stack safety system (Short detection, inertia sensors, etc) 
-Built in IOT system

Meski PowerWall dianggap Power Bank raksasa, tapi desainnya minimalis dan tetap enak dipandang. Jadi bisa ditaruh dimana saja didalam atau diluar ruangan. So, gimana nih pendapat teman-teman mengenai inovasi Energi Baru Terbarukan (EBT) dari Baran Energy? Kalau saya sih mendukung banget. Oh ya, lebih lengkapnya mengenai Baran Energy teman-teman bisa kunjungi http://baran-energy.com ya. 






You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write