Pelatihan Berbasis Kompetensi Solusi Kurangi Pengangguran

T eman-teman, adakah keluarga atau kerabat teman-teman yang masih sibuk mencari kerja tapi tak juga mendapat pekerjaan? Pernah mencoba ...



Teman-teman, adakah keluarga atau kerabat teman-teman yang masih sibuk mencari kerja tapi tak juga mendapat pekerjaan? Pernah mencoba ikutan pelatihan kerja untuk mendapatkan sertifikasi kerja nggak? Saran saya sebaiknya keluarga ataupun kerabat kita yang belum mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan sebaiknya mengikuti pelatihan berbasis kompetensi untuk mendapatkan sertifikat. 

Beberapa waktu lalu saya mengikuti acara Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi yang diadakan oleh BBPLK Bekasi dan Kementrian Ketenagakerjaan RI, tepatnya tanggal 22 Januari 2018 bertempat di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi. Mengikuti kegiatan ini jadi membuka mata saya bahwa pengangguran bisa berkurang kalau saja setiap orang punya keinginan kuat dengan mengikuti peluang yang ada. Salah satunya mengikuti pelatihan kerja yang di support sepenuhnya oleh Kementrian Ketenagakerjaan RI.

BBPLK Bekasi - Luas Area 10 Hektar

Kunjungan Ke Kelas-Kelas Pelatihan
Saya bersama dengan teman-teman blogger disambut hangat oleh Kepala BBPLK Bekasi-Ibu Helmiaty Basri, Kepala Bagian Tata Usaha BLK Bekasi-Ibu Memey Meirita Handayani, Kepala Bidang Penyelenggaran dan Pemberdayaan-Bapak Syafruddin, dan Kepala Bidang Program dan Evaluasi-Bapak Yudi Hermawan. Dalam sambutannya bu Helmiaty mengatakan bahwa pelatihan kerja yang diadakan oleh BBPLK Bekasi merupakan wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan keterampilan sekaligus upaya Pemerintah untuk mempercepat pengurangan pengangguran. Pemerintah mempercepat pelaksanaan program pelatihan berbasis kompetensi ini untuk meningkatkan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Pembukaan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi di BBPLK Bekasi
Saat membuka Program Pelatihan Berbasis Kompetensi, bu Helmiaty mengatakan di depan para peserta yang berjumlah 576 peserta ini agar kegiatan ini dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan pelatihan kerja kepada masyarakat yang membutuhkan keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau pun berwira usaha. Setiap peserta tidak dipungut biaya sama sekali atau free. Jadi manfaat kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin. 

SalahSatu Ruang Pelatihan di BBPLK Bekasi
Seperti kita ketahui di era globalisasi saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Setiap saat perubahan selalu terjadi dalam setiap sektor kehidupan. Apalagi dengan disepakatinya Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN dan juga memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi bersama. Jangan sampai kita tertinggal di negara sendiri. Pemerintah pun menyadari bahwa kunci utama untuk mengatasi permasalahan ketenagakerjaan adalah dengan peningkatan SDM, dimana kita dituntut menjadi tenaga kerja yang kompeten. Bu Helmiaty optimis bahwa dengan adanya pelatihan ini para peserta nantinya dapat sukses dengan skill yang mereka miliki, menjadai tenaga kerja terampil dan dapat diterima oleh dunia industri.

Di Ruang Pelatihan Perhotelan
Peserta BPK tidak hanya dibekali dengan kemampuan teknis atau hard skill saja tapi juga soft skill seperti memberi pembekalan mengenai wawasan industri, etika dan motivasi sebagai kemampuan interpersonal peserta. Harapannya peserta bisa serius mengikuti program pelatihan ini, karena ilmu dan keterampilan yang diperoleh akan menjadi bekal dan investasi di masa depan yang tak ternilai harganya. Sekali lagi kesempatan itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Meskipun program ini gratis bukan berarti semua peserta yang ikut dijamin lulus. Kalau tidak dianggap kompeten sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku mereka belum bisa diberikan sertifikat. Sayangkan kalau sampai nggak lulus. Kegiatan ini juga nggak lama, maksimal enam bulan saja sesuai dengan jurusan yang di pilih.


Pengangguran  dan Dampak Ekonomi

Salah satu sektor yang selalu jadi permasalahan yang harus dihadapi dan ditangapi dengan serius oleh masing-masing negara di dunia adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. Kedua sektor ini saling berhubungan dan sangat signifikan, juga saling ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya. Ketidakseimbangan antara lapangan kerja dan tenaga kerja akan mengakibatkan terjadinya pengangguran dan selanjutnya akan membawa dampak sosial ekonomi dalam kehidupan masyarakat.

Ruang Makan di BBPLK Bekasi
Bicara pengangguran menurut saya karena tidak adanya kesempatan dan keinginan untuk mendapatkan kerja yang tidak sesuai dengan kemampuan. Padahal yang nananya pekerjaan nggak harus jadi orang kantoran. Kalau mau membuka mata banyak peluang yang bisa diraih, asal ada kemauan dan nggak malu atau gengsi. Mental kita harus kuat. Saya lulusan sarjana tapi pekerjaan yang saya idam-idamkan sejak di bangku kuliah nggak mudah meraihnya karena persaingan yang ketat. Tapi saya nggak mau terpaku dengan satu tujuan saja karena banyak peluang lain yang bisa saya lakukan seperti berbisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Intinya jangan malu dan mengeluh, karena kehidupan perekonomian harus terus berjalan. 

Apalagi dengan adanya Program Pelatihan Berbasis Kompetensi seperti di BBPLK Bekasi ini. Kita nggak harus mengeluarkan biaya untuk medapatkan keahlian. Tau sendirikan gimana mahalnya ikutan pelatihan atau worksop di luar sana. Pelatihan kerja seperti ini jangan sampai dilewatkan begitu saja. Jika perlu pubilkasikan dan share ke sanak saudara dan kerabat yang belum mendapatkan pekerjaan. Siap tau peluang kerja justru ada setelah mengikuti pelatihan kerja di BBPLK Bekasi.


Penerapan Program 3R untuk Mewujudkan SDM Berkualitas

BBPLK Bekasi juga turut mewujudkan SDM berkualitas melalui program 3R yaitu Re-Orientasi, Re-Vitalisasi, dan Re-Branding yang nantinya mempersiapkan tenaga kerja terampil berkualitas yang siap bersaing dan siap bekerja. Program 3R ini dibuat agar lebih mudah dan lebih terarah. Mulai dari Pembinaan kejuruan akan lebih mudah dan terarah, pembinaan instruktur akan lebih terarah, peningkatan image Balai Latihan Kerja, Peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan 10 kejuruan unggulan dan terciptanya pusat pengembangan, percontohan dan kejuruan Teknik Manufaktur, Otomotif, Las, Listrik, Elektronika, TIK, Bisnis Manajemen, Fashion Desain, Konstruksi, dan Pariwisata.


Strategi pelaksanaan 3R BLK dititikberatkan pada kompetensi kerja, instruktur dan tenaga kepelatihan, assessment, pembiayaan, kurikulum, materi pelatihan, manajemen dan tata kelola lembaga, juga sarana dan prasarana.



Rencananya pertengahan tahun ini BBPLK Bekasi akan merubah semua landscape yang ada. Seperti membuat photobooth 3D, ruang inovasi untuk pembuatan kartun atau film, tampilan depan yakni lobi akan diubah tampilannya jadi seperti lobi hotel, diharapkan pertengahan tahun sudah ada perubahan dan perbedaan dibandingkan dengan tampilan sebelumnya.


Menjadi Peserta BBPLK Bekasi

Siapa saja bisa menjadi peserta BBPLK Bekasi. Tidak ada batasan apapun untuk bisa berlatih di BBPLK Bekasi. Baik umur, laki-laki atau perempuan, tamatan SD, Sarjana, S2, bahkan yang tidak pernah sekolah pun boleh, yang penting punya kemauan dan kemampuan. Karena kalau kita masuk di jurusan yang ternyata kita tidak mengerti dan tidak mampu mengikuti bagaimana mungkin bisa mendapatkan sertifikat kata bu Hemiaty. Tetapi kalau ada peserta yang selama ini sudah memiliki keahlian atau kemampuan dan memiliki kendala karena nggak punya sertifikat bisa datang ke BBPLK Bekasi untuk uji kompetensi agar mendapat sertifikat.

Jangan khawatir kalau tidak lulus uji kompetensi karena peserta pelatihan akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan lagi sampai mahir. Yang penting ada kemauan dan mau mengikuti aturan yang ada.



Untuk menjadi peserta pelatihan di BBPLK Bekasi bisa melalui registrasi online melalui website www.kios3in1.net/006 atau mengbungi hotline 08159171717 dan 085711070057 atau datang langsung ke BLK Bekasi yang beralamat di Jln. Guntur Raya No.1 Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. Telp: (021) 8841147.



You Might Also Like

19 comments

  1. Meskipun gratis gak semua dijamin lulus ya? Biar gak asal2an dan memanfaatkan kesempatan aja. Jempol.
    Tapi moga2 semua peserta yang terjaring program pelatihan di BBPLK Bekasi emang yg beneran niat belajar supaya jd lbh kompeten di bidangnya TFS ulasan dan informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,meski gratis nggak juga lulusnya di permudah. Harus benar-benar kompeten biar nggak malu-maluin punya sertifikat tapi skill nya nggak kompeten

      Delete
  2. Kompetensi itu untuk tahu sampai sejauh mana Orang yang ingin ikut pelatihan ini bisa menguasai materi. Bagus banget ini. Bisa banget tak kabari ke sodara2 yg semangat nambah keterampilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menguasai materi dan bisa dipraktekkan juga ya kemampuannya.

      Delete
  3. di aceh perlu juga kaya gini, karena rasanya di Aceh lebih banyak penganguran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya mbak di Aceh ada balai pelatihan kerja seperti BBPLK Bekasi ini.

      Delete
  4. kesan pertama sebelum masuk sudah terkesima, pas dengar penjelasan tentang programnya makin kagum,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut ya..nggak cuma hard skill tapi soft skill juga di pelajari di BBPLK Bekasi ini.

      Delete
  5. Kesempatan yang bagus ni, semoga banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk benar-benar belajar apalagi ini gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga kesempatan kayak gini nggak di sia-siakan.

      Delete
  6. Wih tampilan BBPLK Bekasi sekarang aja udah kece, apalgi nanti landscapenya dirubah, kabarnya ada photobooth 3D dan ruang inovasi pembuatan kartun juga ya? Ini mendarik sekali ya inovasinya, beneran kekinian hehe. Nda sabar nunggu perubahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya tambah keren dan membuat peserta semakin bangga ya sudah menjadi jebolan BBPLK Bekasi.

      Delete
  7. Pemerintah udah baik banget ya, membuat pelatihan ini, tinggal yang niat dan mau aja nih, jemput bola supaya tambah skill hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tinggal kemauannya untuk belajar ya.

      Delete
  8. Peluang segini banyaknya belum banyak pemuda pemudi Indonesia yang tahu, hiksss sayang banget padahal kurang apa coba ya? Fasilitas lengkap dikasih uang transport dan akomodasi pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya teh, apa karena masih ada yang merasa gengsi ya.

      Delete
  9. eh ada foto aku ikut pelatihan TIK, heheh. Mantab ya fasilitas pelatihan yang lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe lagi belajar ya kak di BBPLK Bekasi :)

      Delete
  10. Mudah-mudahan manfaat ya. Selamat berjuang. Selamat menjemput rezeki yang halal dan berkah.

    ReplyDelete