Jadi Turis No Worries Cukup Scan QRIS Lebih Praktis

Scan QRIS Lebih Praktis! “ M aaf cik , kami hanya menerima payment cash atau cik bisa pakai kartu kredit!”, begitu informasi seorang SPG o...

QRIS antarnegara

Scan QRIS Lebih Praktis!

Maaf cik, kami hanya menerima payment cash atau cik bisa pakai kartu kredit!”, begitu informasi seorang SPG outlet produk kecantikan yang melayani saya di Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Saya jadi flashback kembali mengingat dialog beberapa tahun lalu saat saya menunggu penerbangan balik ke Indonesia dari bandara Kuala Lumpur.  Ya, saat itu saya menjadi turis di negara tersebut. Siapa yang nggak terhipnotis saat berada di bandara KLIA yang dihiasi dengan deretan toko yang menjual aneka produk layaknya mal. Saya dan suami berjalan melewati setiap deretan toko berhenti sejenak saat melihat ada outlet yang menjual produk kecantikan dari salah satu brand yang biasa saya pakai. “Kebetulan banget nih mas, bedak habis dan ini shade yang cocok ada disini”, ujar saya pada suami. 

Singkat cerita suami mengizinkan untuk membeli. Tapi eh tapi terjadi kendala saat akan melakukan transaksi. Mau bayar cash menggunakan mata uang Ringgit yang saya pegang tidak mencukupi, mau bayar pakai kartu kredit suami membatasi karena selama seminggu di Kuala Lumpur sudah banyak gesek, hehe! Apalagi sebelum berangkat ke Kuala Lumpur kami juga sudah banyak menukarkan Rupiah dengan Ringgit. Saya mencoba bayar dengan kartu debit tapi nggak bisa. Alhasil saya tidak jadi membeli karena ribet dengan urusan pembayaran. Kecewa tapi mau bagaimana lagi, berfikir positif saja mungkin ini cara Tuhan menyelamatkan saya supaya nggak over budget, haha! Padahal dalam hati pengen. “Semoga beberapa tahun mendatang urusan pembayaran sudah semakin canggih, jadi ketika berlibur ke negara tetangga belanja jadi lebih praktis. No worries!”, saya masih mencoba menenangkan hati. 


Solusi Pembayaran Praktis dengan QRIS

Teknologi finansial berbasis QRIS menjadi alat pembayaran paling relate dengan berbagai problem sosial saat ini. Apa itu QRIS? Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau biasa dibaca KRIS merupakan penyatuan berbagai jenis QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. Dengan begitu transaksi jadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. 


Teknologi transaksi secara contactless memberikan ruang nyaman untuk bertransaksi. Tidak seperti pada uang tunai yang beresiko dalam pertukaran, perpindahan dari tangan satu ke tangan lain yang tentu juga membawa kerentanan akan nilai higienis uang tunai. QRIS memberikan tingkat higienis yang tinggi. Dalam perumpamaan sebagai dompet dalam pengertian tempat menyimpan uang secara tradisional. Dompet dalam bentuk digital membuat leluasa penggunaanya ketika bepergian kemanapun. 

QRIS itu membuat urusan pembayaran jadi praktis! Saat ini QRIS tak hanya digunakan untuk pembayaran di toko, restoran, atau mal saja tapi juga sudah bisa di warung, warteg, warkop, bayar parkir, tiket wisata, donasi, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan oleh masyarakat. Jadi cukup satu QRIS suda bisa di scan menggunakan aplikasi pembayaran QR apapun. Yes! Pembayaran dengan QRIS menerapkan prinsip CeMuMuAH. Apa itu Prinsip CeMuMuAH?

  • Cepat. Transaksi real time

  • Mudah. Cukup gunakan Aplikasi Pembayaran Indonesia

  • Murah. Biaya lebih efisien

  • Aman. Pembayaran nirsentuh tanpa media fisik

  • Handal. Transaksi dimana saja dan kapan saja


QRIS Lebih Praktis
Prinsip CeMuMuAH

Siapapun bisa menggunakan QRIS selama memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data juga memiliki akun pembayaran elektronik untuk dapat melakukan pembayaran melalui QRIS.


Jadi Turis No Worries Kini Ada QRIS antarnegara 

Kebayangkan gampangnya transaksi menggunakan QRIS jika bisa dilakukan juga saat kita liburan ke luar negeri? Selain cepat dan kekinian, kita nggak perlu repot-repot nukerin uang ke valas dan bawa-bawa uang tunai. Makanya saya tuh happy banget saat scroll akun sosmed nya Bank Indonesia kalau di negeri jiran sudah bisa melakukan transaksi pakai QRIS. Yups, tepatnya QRIS antarnegara.


QRIS antarnegara adalah sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment). Ini adalah transaksi antarnegara baik oleh turis asing di Indonesia maupun wisatawan Indonesia di luar negeri. Praktis banget jadi kalau kita ke negeri jiran nggak mesti ribet tukar uang, dan transaksi tentunya jadi lebih mudah dan cepat. Dengan penggunaan QRIS antarnegara sebagai fasilitas pembayaran memudahkan wisatawan untuk tidak mengantri saat bayar di kasir, nggak repot cari-cari pecahan uang dalam dompet karena nggak ada kembalian, nggak repot ngeluarin kartu kredit, pokoknya lebih praktis. Cukup keluarin handphone, scan, klik, bayar. Sat set banget!


QRIS Cross Border
QRISnya Satu Menangnya Banyak!

Begitulah teknologi digital, dalam waktu cepat bisa mengubah kehidupan kita. Kehadiran teknologi digital yang terus berinovasi mampu mengubah segala aspek kehidupan. Segala sesuatu yang serba digital sudah menjadi trend saat ini. Kalau kita tidak siap dengan perubahan, jangan baper kalau jadi generasi nggak up to date.


Meski  QRIS Cross Border saat ini secara teknologi baru bisa digunakan di dua negara yakni Thailand dan Malaysia, tentu saja ini merupakan kemudahan yang bisa dirasakan dan mempermudah  wisatawan antar domestik untuk saling berkunjung. Selain itu bisa menarik jumlah wisatawan antar negara tetangga.  


Bagaimana Cara Menggunakan QRIS antarnegara?

Agar saat bertransaksi menggunakan QRIS antarnegara bisa kita nikmati kemudahannya, kita harus memiliki aplikasi perbankan atau jasa keuangan. Setelah memiliki aplikasi baru deh kita bisa bertransaksi menggunakan QRIS. Berikut langkah-langkah menggunakan QRIS antarnegara:

  1. Buka aplikasi pembayaran kemudian klik menu “Scan QRIS”.

  2. Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar dalam mata uang asal, misal saat berada di Thailand dan harus membayar 10 baht.

  3. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah, kemudian akan otomatis terkonversi. Misal dari 10 baht menjadi Rp 4500.

  4. Masukkan PIN, selanjutnya kita akan menerima notifikasi transaksi berhasil dilakukan.

  5. Selesai. Pembayaran dengan QRIS antarnegara selesai dilakukan.

Mengingat teknologi digital saat ini cukup berkembang pesat, satu hal yang perlu diingat sebagai pengguna agar lebih bijak menjaga keamanan data dengan tidak memberikan handphone kepada orang yang tidak dikenal begitu juga dengan tidak sembarangan memberikan data pribadi. Meski teknologi terus berkembang, keamanan tetap menjadi prioritas.

Gimana? Sudah siap dengan QRIS antarnegara? Kedepannya QRIS Cross-Border juga bisa digunakan di Singapura dan Filipina juga loh. Ini merupakan inisiatif Bank Indonesia untuk mewujudkan konektivitas sistem pembayaran dengan bank sentral lain di Kawasan ASEAN yang mendukung pembayaran lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif. Yuk, pakai QRIS! QRISnya satu, menangnya banyak!


Participant of BI Digital Content Competition 2023.










You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write