Menginspirasi Lewat Konten Positif Pentingnya Keberlanjutan Lingkungan untuk Indonesia Lestari

Menginspirasi Lewat Konten Positif di Danone Community Engagement Day 2022 S aat ini pengguna internet semakin meningkat dan semakin banyak ...

Keberlanjutan Lingkungan
Menginspirasi Lewat Konten Positif di Danone Community Engagement Day 2022

Saat ini pengguna internet semakin meningkat dan semakin banyak pula yang berkecimpung menjadi content creator. Apa itu content creator? Well, teman-teman yang belum tau content creator adalah orang yang membuat karya dalam sebuah konten dan menyebarkannya ke sosial media dengan tujuan memberikan manfaat kepada orang lain. Nah, konten apa saja yang bisa bermanfaat agar memotivasi dan menginspirasi orang-orang yang membaca ataupun melihat? Tentu saja konten positif yang bisa menggerakkan orang lain menjadi lebih baik. 


Ngomongin konten yang bermanfaat, 1 September 2022 lalu Danone Indonesia mengadakan Danone Community Engagement Day 2022. Ini merupakan salah satu program yang mempertemukan seluruh angkatan Danone Academy dan dilakukan secara online melalui Zoom. Kegiatan yang diberi nama KIAT (Kelas Intensif Membuat Konten) ini beneran ilmu daging bagi saya dan teman-teman konten kreator lain yakni Bloggers dan Vloggers. Danone Indonesia mengadakan acara ini dengan harapan agar para content creator kedepannya bisa membuat konten yang terkait dengan isu keberlanjutan lingkungan dan masyarakat.


Keberlanjutan Lingkungan
Content creator diharapakan bisa mengajak masyarakat pentingnya penerapan kehidupan berkelanjutan dalam dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari

Tema yang diangkat dalam KIAT di #DanoneCommunityEngagementDay2022 adalah “Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan untuk Indonesia Lestari”, menghadirkan Content Creator Gerald Vincent, Agriculture Manager Danone Indonesia, Budi Rahardjo; Downstream Packaging Manager Danone Indonesia, Annie Wahyuni. 


Keberlanjutan Lingkungan
Narasumber


Danone Community Engagement Day 2022 benar-benar seru! Selain dapat banyak ilmu dan insight dari para narasumber juga jadi semakin bertambah pula keinginan untuk bikin konten-konten positif mengenai pentingnya kesadaran dan kepedulian tentang keberlanjutan lingkungan. Saya ingat banget yang dikatakan Pak Budi Rahardjo kalau saat ini banyak orang bertanam atau bertani tapi tidak merawat dan menjaga ekosistem, masih menggunakan asupan kimiawi berlebih, masih menanam dengan sistem monokultur tidak beraneka ragam. Pak Budi berpesan sebaiknya saat ini kita memanfaatkan lahan dan menanaminya dengan beraneka ragam tanaman. Maka dari itu Danone Indonesia menerapkan prinsip-prinsip Regenerative Agriculture, yakni sebuah gerakan paradigma pertanian dan praktek bertanam.


Prinsip-Prinsip Regenerative Agriculture:

  1. Minim Olah Lahan. Pengolahan lahan yang dilakukan seperlunya saja sesuai kebutuhan tanam, karena pengolahan tanah berlebihan bisa mematikan microorganisme, melepas kandungan C dalam tanah, juga makan biaya.

  2. Soil Protection (Konservasi Tanah). Memakai pupuk organik bisa dengan membuat pupuk sendiri, terasering, strip planting, dll.

  3. Melindungi Air. Kawasan pertanian menjadi kawasan resapan air.

  4. Meningkatkan Biodiversitas. Budidaya beragam tanaman pada suatu kawasan akan menjadikan kawasan pertanian menjadi ekosistem alam yang potensial mendatangkan income bagi para petani.

  5. Keterpaduan Pertanian dan Peternakan. Praktek penggembalaan yang baik akan memicu perbaikan pertumbuhan tanaman, meningkatkan karbon dalam tanah, dan meningkatkan produktivitas lahan penggembalaan, meningkatkan kesuburan tanah dan keanekaragaman hayati.


Pertanian Berkelanjutan
Pentingnya penerapan pertanian berkelanjutan

Jujurly tanpa bermaksud pamer hehe beberapa bulan ini saya juga di rumah sudah mulai menerapkan menanam tanaman di sela-sela media tanam yang masih ada space. Misal di pot bunga besar di sela-selanya saya tanam daun kari yang termasuk susah didapat kalau lagi ke pasar. Kemudian di sekitar pohon mangga saya tanam jahe dan kunyit yang Alhamdulillah kalau mau masak atau bikin bandrek bisa langsung diambil. Ada juga tanaman sereh yang saya tanam di tanah bekas pohon jambu yang sudah mati. Tinggal buat kontennya nih lagi di edit pemirsah.


Pertanian Berkelanjutan
Memanfaatkan lahan di sekitar rumah

Berdasarkan data BPS tahun 2018, sektor di lingkungan untuk pengelolaan sampah dimana masyarakat paling tidak peduli. Masih banyak masyarakat yang belum bijak mengelola sampah rumahnya sendiri, seperti memisahkan mana sampah organik, sampah plastik, sampah kertas, sampah botol. Kita semua pasti tau lah ya gimana sampah rumah tangga. Banyak kemasan seperti kemasan minyak makan, shampo, sabun, botol plastik, dll. Penting sekali untuk kita peduli bahwa sampahku tanggung jawabku.


Danone mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan ekonomi sirkular melalui gerakan #BijakBerplastik yang sudah dijalankan sejak 2018. Menurut Annie Wahyuni, untuk menjaga kesehatan masyarakat dibutuhkan fokus dari berbagai aspek. Nggak hanya aspek bahan pangan saja tapi juga kemasan yang ramah lingkungan dan aman bagi konsumen. Kemasan memiliki diperlukan untuk melindungi manfaat gizi dan kualitas produk Danone dan memungkinkan mereka untuk disimpan, diangkut, dan digunakan dengan aman. Maka dari itu Danone bekerja mendukung pergeseran sistemik dari linear ke ekonomi sirkular.


#BijakBerplastik
#BijakBerplastik

Selanjutnya materi yang paling saya tunggu-tunggu dari Gerald Vincent adalah bagaimana menjadi content creator yang bermanfaat dan tetap konsisten. Gerald sendiri ternyata pernah sampai 9 bulan kehabisan ide membuat konten dan sama sekali tak ada pemasukan alias penghasilan dari kontennya. Dari sini Gerald menyentil para content creator bahwa inti dari membuat konten adalah value. So, sampai saat ini masih terngiang-ngiang quotenya Gerald “Jadilah content creator yang memiliki value bukan hanya mengejar kekayaan semata”. 


Konten Positif
Jadi catatan banget nih!

Semoga ya kita semua bisa jadi content creator yang bisa menyampaikan konten yang bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi orang lain untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat pula. Contohnya menginspirasi masyarakat untuk peduli hidup berkelanjutan baik untuk lingkungan maupun masyarakat itu sendiri. 








You Might Also Like

2 comments

  1. Okey, noted! Jadi konten kreator itu kudu yang punya value dan dapat menginspirasi orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll harus menjadi manfaat untuk orang lain

      Delete

Canva Magic Write