Belanja Online Tetap Aman dan Nyaman Ditengah Pandemi

Belanja Online Tetap Aman dan Nyaman Ditengah Pandemi Pakeet.... D i siang bolong, tiba-tiba ada abang-abang yang teriak di depan rumah sam...

Belanja Online Tetap Aman dan Nyaman Ditengah Pandemi


Pakeet....

Di siang bolong, tiba-tiba ada abang-abang yang teriak di depan rumah sambil megang kotak. ”Yess, pesanan belanja online udah nyampek nih”. Saya yang lagi nyantai di depan TV bergegas lari ke depan rumah buat nyamperin si abang. Saya tuh paling happy dapat panggilan kekgini, heheh.. Hayoo ngaku siapa nih yang sama? Survey membuktikan yah pasti emak-emak nih yang hobby berbelanja online. Benerkan? Eh, tapi suami juga kadang diam-diam suka juga kok belanja online. Tau-tau udah nyampe aja paket.

Ya, beginilah realitas perbelanjaan zaman now. Terlebih masa pandemi Covid 19 sekarang. Belanja online adalah jalan ninja untuk melengkapi kebutuhan di rumah. Saat ini nggak memungkinkan banget buat kita untuk melenggang bebas keluar masuk toko, supermarket atau mall seperti biasanya. Jadi ya pilih-pilih barangnya lewat gawai aja ya. Bersyukur (bukan bersyukur karena Covidnya ya) pandemi terjadi di zaman sekarang yang gadget dan internetnya sudah kenceng alias teknologi sudah semakin canggih. Coba kalau gadget dan internet belum secanggih sekarang, hmm.. pada mati kutu nih kita.

Pandemi sudah lama banget, 1,5 tahun lebih. Jujur kalau nggak ada e-commerce, marketplace atau online shop entah kayak gimana bete nya. Belanja online tuh selain solusi untuk kita yang saat ini di rumah aja untuk memenuhi kebutuhan juga jadi hiburan banget. Meski nggak nge-mall tapi begitu memasuki marketplace atau e-commerce lihat para seller jualannya live dan bisa interaksi langsung dengan pembeli itu seru. Saya termasuk salah satu konsumen yang menikmati keseruan belanja via e-commerce dan marketplace secara live. Kita juga bisa interaksi dengan pembeli lainnya via kolom komen, jadi nambah teman juga.

Trus ditengah pandemi gini sering belanja online apa saja? Banyaaak. Jangan dikira dirumah aja uangnya nggak banyak keluar, justru uang jadi sering keluar hehe. Betul nggak para emak? Saya suka buat list belanja biasanya sebelum belanja online. Yang paling penting prioritaskan terlebih dahulu yang mana kebutuhan. Selama pandemi list belanja online saya berupa bahan makanan, obat-obatan, dan sembako. Paling senang kalau lagi ada diskon, makanya kalau emak-emak megang gawai lama-lama harap maklum aja karena nungguin jam-jam penting dimulainya diskon. Lumayan kan sisa dari diskon bisa beli lipstik, hihi.

Meski belanja online jadi solusi ditengah pandemi saat ini, kita harus aware juga agar tetap aman dan nyaman. Terutama dalam memilih online shop juga memilih jasa kirim barang. Banyak banget kan kejadian yang tidak mengenakkan baik itu penipuan oknum seller maupun jasa pengiriman. Ngomongin jasa pengiriman saya pernah punya pengalaman nggak mengenakkan. Jadi saya pesan Teko Coffee Press untuk suami. Iya, selama pandemi saya dan suami yang biasa suka ngopi di coffee shop jadi koleksi perlengkapan untuk ngopi. Saat beli si Teko Coffee Press saya kecewa banget. Kalau marketplacenya saya percaya banget tapi jasa pengirimnya yang kurang hati-hati. Padahal karena bahannya kaca ini Teko pakai kotak kayu. Tapi saat tiba dan saya buka itu Teko pecah. Kemungkinan karena kesalahan saat packing kayu. Dan saat ini masih proses refund. Kesal, kecewa, sedih, pokoknya perasaan jadi campur aduk. Mengingat itu si Teko udah lama ditungguin.


Tips Belanja Online Agar Tetap Aman dan Nyaman

Bedanya belanja online dengan belanja offline masing-masing ada kelebihan dan kekurangan, resikonya juga beda-beda. Yang penting sebagai konsumen kita harus smart dan cermat. Kalau belanja offline kita bisa langsung ke toko, bisa lihat langsung kualitas produk yang ingin dibeli, lokasi toko nya jelas jadi kalau ada ketidakcocokan dan kesalahan bisa balik lagi menyelesaikan masalahnya karena bisa interaksi langsung dengan penjualnya.

Belanja online sebenarnya seru seperti yang saya tulis diawal, menolong banget di saat mager ataupun situasi pandemi seperti ini. Tapi ya gitu kadang suka khawatir barang yang dikirim di luar ekspektasi. Lalu bagaimana cara berbelanja online agar aman dan nyaman? Berikut tips belanja online agar tetap aman dan nyaman versi saya:

  1. Pilih marketplace atau online shop yang terpercaya
  2. Pilih toko yang banyak pembelinya/ peminatnya
  3. Teliti melihat ukuran produk (biasanya untuk produk fashion ya)
  4. Teliti lihat tanggal kedaluwarsa (untuk produk makanan, minuman, obat-obatan maupun kosmetik)
  5. Baca ulasan mengenai produk maupun penjual
  6. Pastikan nomor penjual aktif dan jelas alamat pengirimnya
  7. Screenshoot nama toko dan percakapan dengan si penjual sebelum transfer uang
  8. Pilih jasa pengiriman barang yang populer, terpercaya, punya track record yang baik

Tips diatas berdasarkan hikmah yang saya petik dari pengalaman tidak mengenakkan saat belanja online beli Teko Coffee Press. Semoga tips ini bermanfaat agar kita nggak kecewa dikemudian hari apalagi kalau sampai kita mengalami banyak kerugian.


TIKI Jasa Pengiriman Terpercaya & Sudah Go Digital

Saat ini jasa pengiriman barang di Indonesia terbilang banyak. Segala jenis pendistribusian barang nggak lepas dari jasa mereka. Aktivitas online shop juga bisa sukses karena adanya support dari jasa pengiriman. Saya sudah lama mempercayakan urusan kirim barang kepada TIKI. Siapa yang nggak kenal TIKI. Jasa pengiriman yang pertama kali saya kenal, bahkan dari zaman teknologi belum canggih alias belum ada digital TIKI sudah terkenal. 

Ngirim paket ke adik pakai layanan standar 3 hari sampai

Saya ingat banget pernah bisnis Bolu Meranti, oleh-oleh khas Medan yang jadi incaran banyak orang baik untuk dimakan sendiri atau untuk buah tangan. Jangan ditanya gimana rasanya yang pasti sing ada lawan. Jadi teman-teman saya di luar kota sering pesan Bolu Meranti ke saya, saat itu belum ada jualan online. Zaman itu ordernya via SMS, dan email. Karena ini produk makanan jadi pengiriman memakai ONS (One Night Service) biar nggak kelamaan di jalan dan sudah pasti ongkos kirimnya beda. Tracking pengiriman udah sampai dimana saat itu juga via telfon ke customer service nya TIKI. Yang pasti TIKI solusi banget buat urusan pengiriman.

Yups, TIKI yang 1 September mendatang memasuki usia 51 tahun benar-benar pionir dalam hal jasa pengiriman. Sampai sekarang TIKI sudah hadir di 66 kota besar di Indonesia, memiliki 500 perwakilan cabang, 4000 gerai, dan 12.000 karyawan. Bahkan saat ini TIKI sudah Go Digital untuk mengikuti perkembangan digital. Sejak hadirnya pasar e-commerce otomatis merubah kebiasaan konsumen dalam berbelanja, ini yang menjadi alasan TIKI untuk Go Digital. Selain itu sejak tahun 2017 TIKI juga sudah mengadakan riset apa saja harapan konsumen kepada jasa kurir. Dan dari hasil riset didapat beberapa poin penting yang menjadi keinginan konsumen, diantaranya:

  1. Aspek kompetitif. Persaingan harga dimana konsumen menginginkan harga atau ongkos kirim yang lebih murah
  2. Cepat dan tepat waktu. Konsumen menginginkan pengiriman yang lebih cepat dan pastinya tepat waktu apalagi paket yang berisi dokumen penting
  3. Paket bisa dijemput tanpa minimal jumlah barang
  4. Adanya sistem pelacakan

Aplikasi TIKI dengan fitur lengkap, nikmati layanan TIKI dalam genggaman

TIKI
juga sudah ada aplikasi untuk memberikan kemudahan akses kepada konsumen untuk bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Benar-benar Go Digital! Dengan adanya aplikasi ini memudahkan kita untuk request jemput paket, cek resi, cek ongkir, dll. 

Produk dan Layanan TIKI

Selama ini saya paling sering menggunakan layanan TIKI One Night Service (ONS). Sebenarnya masih banyak lagi produk dan layanan TIKI yang bisa kita manfaatkan sesuai kebutuhan pengiriman dan berdasarkan harga atau ongkos kirim (ongkir). Berikut produk dan layanan TIKI selengkapnya:

SDS (Same Day Service)
Sampai dalam satu hari. Layanan ini masih mencakup Jabodetabek

ONS (One Night Service) 
Kirim hari ini besok sampai

TDS (Two Days Service)
Kiriman akan tiba dalam waktu 2 hari

REG (Reguler)
Pengiriman standar yang biasa dipakai oleh konsumen, biasanya kiriman akan tiba dalam waktu 3-4 hari

ECO (Economy Service)
Kiriman dengan harga ekonomis

TRC (Trucking Service)
Kiriman dengan berat minimal 10kg

INT (International Service)
Pengiriman keluar negeri dengan harga terjangkau


Ini Alasan Kenapa Kamu Wajib Pakai TIKI

Mobile Apps. TIKI sudah Go Digital, kita jadi dapat kemudahan. Cukup buka aplikasinya kita otomatis  bisa menikmati seluruh layanan TIKI hanya dalam genggaman. 

Cash on Delivery (COD). TIKI memiliki layanan bayar di tempat setelah barang belanjaan online datang. Berlaku untuk beberapa E- Commerce, pembayaran bisa dilakukan saat kurir memberikan barang pesanan atau barang diterima.

Drive Thru. Dengan adanya gerai pengiriman barang ini, memudahkan pelanggan melakukan pengiriman barang atau dokumen tanpa harus turun dari kendaraan. Buka selama 24 jam ( saat ini berlaku untuk Jakarta TIKI Pemuda, TIKI Duren tiga dan TIKI TB Simatupang serta di TIKI Pekanbaru). Dan TIKI sebagai pelopor untuk layanan ini loh.

E- SignatureSudah support tanda tangan digital saat paket diterima

Email Notification. Sebagai pengirim atau penerima akan menerima email pemberitahuan saat saat barang akan dikirimkan dan email pemberitahuan ke pengirim ketika barang telah diterima.

JEMPOL (Jemput Online). Layanan ini berbasis aplikasi yang tentu saja memanjakan banget karena paket bisa di jemput secara gratis dari mana saja dan kemana saja tanpa minimum berat. Pembayaran ongkos kirimnya bisa dilakukan saat kurir menjemput barangnya. Jempol ini oke banget, sangat memungkinkan kita untuk melakukan booking dari manapun sesuai titik lokasi.


JEMPOL (Jemput Online)

Layanan Asuransi. Dengan adanya layanan ini akan membuat pelanggan merasa aman terhadap paket barang/dokumen yang dikirim.

SOBAT TIKI. Ini adalah program membership bagi pelanggan setia TIKI di seluruh Indonesia yang memiliki benefit tentunya.

Packaging. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan dalam pengiriman barang, TIKI menyediakan layanan pengemasan. Jika memerlukan layanan ini tinggal bilang deh ke petugasnya.

Pickup Delivery. TIKI menyediakan layanan penjemputan yang dapat memudahkan dalam pengiriman barang.

PUTARLayanan PUTAR ( Jemput Antar ) ini berbasis WhatsApp untuk memudahkan dalam pengiriman barang dengan waktu antaran maksimal 3 jam ( khusus wilayah DKI Jakarta ). Jadi paket kamu akan sampai di hari yang sama. Ini termasuk layanan terbaru dari TIKI untuk pembeli. 

SERLOKSeller Online Booking. Nggak hanya untuk pembeli (buyer), TIKI juga memberi kemudahan kepada seller C2C (Customer to Customer). Banyak keuntungan menjadi bagian dari SERLOK karena seller akan mendapat profit 18% dari TIKI bahkan bisa bayar ke TIKI H+2. Pengertian banget nih TIKI.

Real Time TrackingBiar pelanggan semakin aman, TIKI menyediakan nomor telepon hotline 1500125 untuk mengecek status pengiriman secara real time.

Sales Counter 24 jam. Gerai-gerai TIKI buka selama 24 Jam di kota-kota besar Indonesia.

SMS resi. Selain email, pengirim dan penerima akan mendapatkan SMS pemberitahuan saat barang dikirimkan dan SMS pemberitahuan ke pengirim saat barang telah diterima.


Semakin Go Digital dan semakin lengkap pelayanan dari TIKI. Kirim barang nggak perlu repot-repot ngantri lagi di gerai karena tinggal manfaatin TIKI online booking aja. Pas banget kn lagi pandemi gini kita harus stay safe. Semoga kedepannya TIKI terus berkembang, semakin memudahkan dan memanjakan konsumen dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada. #PakeTIKIAja #MakePeopleHappy #BeraniBerubah #TIKIID






You Might Also Like

19 comments

  1. tok tok tok pakeet...
    Udah jadi kebahagiaan tersendiri di masa pandemi gini, melihat mas mas pengantar paket yang mengantar belanjaan kita.... bisa nambah imun hahaha
    Salut buat mereka yang berjuang bertemu dengan orang orang, sementara yang lainnya memilih untuk di rumah saja...

    ReplyDelete
  2. TIKI Terus berevolusi untuk tetap competitive di market. Nggak heran kalau usahanya tetap bertahan hingga sekarang.

    ReplyDelete
  3. wah makin lengkap ya mba, jenis layanan di TIKI ini..lebih asyik lagi krn ada agennya dekat rumahku nih..

    ReplyDelete
  4. yang aku suka dari TIKI tuh mereka ga pelit nempelin sticker fragile hahaaa :) kalau ekspedisi lain udah di minta juga iya2 aja, nggak di tempelin, sebal

    ReplyDelete
  5. "Pakeeeet!" Suara kurir memang selalu dinantikan ya, Mbak hehehe. Tetapi, pastinya juga harus cari yang aman dan nyaman baik bagi penjual maupun pembeli. Kalau sama TIKI, saya udah percaya

    ReplyDelete
  6. Keren banget nih sekarang TIKI udah ada aplikasinya. Dengan semakin banyaknya jasa pengiriman, kita pasti pilih yang murah, cepat, aman, dan praktis seperti TIKI ini.

    ReplyDelete
  7. asik niiih jadinya belanja online semkain praktis yaa, aku jujur sih selama pandemic ini emang lebih seneng belanja online tanpa harus repot repot keluar rumah buat nyari barang hihi

    ReplyDelete
  8. KArena pandemi yaa..belanja online ini adalah salah satu hal yang menyenangkan.
    Tapi kekuranganku, kurang bisa memilih toko yang aman. Nah, kalau masalah itu, biasanya suamiku yang bantu melihat apakah tokonya amanah atau engga.
    Kudu diteliti satu per-satu.

    Pun ketika memilih ekspedisi pengiriman saat check out yaa..
    Harus yang harganya terjangkau dan paket aman sentosa sampai tujuan.
    Jadi, pilihannya jatuh kepada TIKI.

    ReplyDelete
  9. Setuju banget kalau saat belanja online harus memilih toko online atau marketplace yang terpercaya. Dan Tiki ini bisa menjadi ekspedisi pengiriman favorit.

    ReplyDelete
  10. Makin salut sama TIKI ya mbak...semakin mengikuti perkembangan jaman demi memuaskan pelanggannya. Saya juga pelanggan setia TIKI sampai sudah kenal sama kurirnya. Bahkan jasa ekspedisi ini jarang dikomplain pelanggannya, karena sistem kerjanya sangat rapi. Bahkan di masa pandemi ini seluruh karyawan juga menerapkan protokol kesehatan...jadi suka deh kirim barang lewat ekspedisi ini

    ReplyDelete
  11. TIKI ini legend banget ya Mba Tuty, dulu aku ikut event Bukalapak yang ngundang Tiki programnya keren-keren, sekarang apalagi bisa jemput di rumah

    ReplyDelete
  12. Aku juga suka lihat reviewnya yang banyak baru memutuskan check out. Menjauhi toko yang ada ulasan pengirimannya sangat lama. Saya sendiri juga kalau mau belanja milihnha jasa pengiriman cepat dan murah, hehe

    ReplyDelete
  13. Aku punya usaha, dan customer saya banyak diluar daerah dan aku sering pake Tiki dlm pengiriman,selain aman juga cepat dan pelayanan prima

    ReplyDelete
  14. Aku sempat kaget saat SDS diganti dengan ONS tetapi tak mengapa karena kebetulan juga enggak terlalu urgent dipakai produk yang saya beli

    ReplyDelete
  15. Tau aja deh kak Tuti, semenjak pandemi ini aku jadi sering banget nih belanja onlen, dan juga jadi jualan online skrg. Dan kirim ini itu juga sering banget pake TIKI

    ReplyDelete
  16. Aku juga paling suka kalau ada yang tereak: pakeeett
    Apalagi kalau paketnya gak beli sendiri wkwkwk
    Asyiknya sekarang bahkan Tiki pun udah go digital ya mbak, tinggal pakai appsnya aja buat melayani antar jemput paket kita

    ReplyDelete
  17. Tiki audah ada sejak lama di kotaku mbak.. Keberadaanya dl setauku hanya untuk pelayanan kirim barang dgn jumlah sangat besar.haha.. Tp beberapa kali nerima paket dari hasil belanja online ternyata pakai Tiki buat beli di syopi juga bisa

    ReplyDelete
  18. nah ini dia niihh aku sangat menghargai kalau kurir juga menjaga diri dengan memakai masker yang benar. kadang ada aja tuh kurir yang gak pakai masker atau ngeroko sambil meyerahkan paket.. itu ngeselin banget si mba

    ReplyDelete
  19. Tiki termasuk pionir ekspedisi di nusantara ya..
    dan masih bisa eksis di antara pesaing-pesaing baru dengan inovasi keren.
    kerens banget

    ReplyDelete

Canva Magic Write