Impian Menikmati Senja di Bibir Danau Sentani Papua

S etuju nggak kalau saya katakan Indonesia surganya kuliner dan destinasi wisata? Pasti pada setuju kan? Ya, kekayaan rempah-rempahnya ...


Setuju nggak kalau saya katakan Indonesia surganya kuliner dan destinasi wisata? Pasti pada setuju kan? Ya, kekayaan rempah-rempahnya membuat Indonesia jadi surga kuliner. Hamparan pulau yang banyak di Indonesia menjadikan Indonesia surga bagi para traveller. Nggak cuma wisatawan lokal aja loh tapi juga wisatawan dunia. Kita wajib bangga, setiap provinsi di Indonesia memiliki akar budaya yang kuat dan ciri khas masing-masing. 

Indonesia memang memiliki kekayaan tak terkira. Dari Sabang sampai Merauke terdapat lebih dari 17.500 pulau dan lebih dari 1.120 suku bangsa. Nggak salah memang Bhinneka Tunggal Ika jadi semboyan bangsa, alat pemersatu rakyat Indonesia. Perbedaan-perbedaan ini justru menjadikan Indonesia kaya budaya, bahasa, dan keanekaragaman. Pantai, bukit, pegunungan, hutan, wisata alamnya luas bertebaran. Itulah kenapa saya cinta banget dan bangga jadi anak bangsa. Saking cintanya saya sampai memiliki impian ingin keliling ke semua wilayah yang ada di Indonesia. 

Papua. Apa yang ada di pikiran teman-teman kalau saya menyebutkan salah satu provinsi yang berada di ujung timur wilayah Indonesia ini? Saya bertanya kepada beberapa teman yang sudah pernah melakukan trip ke Papua apa yang bikin mereka pengin balik lagi ke Papua. Sebagian besar menjawab karena keindahan alamnya.

Yups, Papua memang memiliki kekayaan dan keindahan alam yang membuat wisatawan takjub. Teman saya Reza saat saya tanya apa yang paling dikangenin dari Papua. Jawabnya "keasrian dan beberapa makanannya terutama sagu". Memang di berbagai wilayah Papua sagu jadi bahan dasar untuk makanan. 

Dari dulu hingga sekarang Papua selalu menggoda siapa saja untuk mengunjunginya termasuk saya. Well, saya memang belum pernah ke Papua. Tapi rasa penasaran akan Papua dan keinginan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang Papua asli membuat saya sering mencari tau tentang Papua. Mulai dari membaca artikel tentang Papua di majalah maupun pengalaman teman-teman traveller di blog, juga akun sosial media EcoNusa yang saya ikuti. Indeed, EcoNusa Foundation memang selalu berkomitmen untuk menjaga dan memelihara hutan di timur Indonesia termasuk Papua.

Papua itu Indonesia, tentu saja. Saya ingat tahun 2014 ke Bali dan di hotel saat sarapan kebetulan duduk dekat bule asal Norwegia. Nanya dong dia saya asal mana, saya jawab Indonesia. Kemudian dia nanya lagi apakah Indonesia jauh dari Bali. What? Saya speechless saya yakin dia bercanda masa doi nggak tau kalau Bali itu salah satu pulau di Indonesia. Saya jelasin panjang lebar kalau Bali itu tempat ia sekarang traveling adalah Indonesia, meski sedikit kesal kami pun akhirnya tertawa bersama, menertawai ketidaktahuannya. Makanya saya ingin menegaskan kalau Papua itu Indonesia, tak ingin terulang lagi pertanyaan itu seandainya kaki saya memijak tanah Papua dan masih ada bule yang nanya, hehe! 

Kalau ditanya seandainya ada kesempatan ke Papua tempat wisata mana saja yang ingin saya kunjungi? Tentunya banyak tempat, tapi yang pertama kali tentu saja Danau Sentani. Ya, karena saya suka banget dengan danau. Menurut saya selain melihat gunung dari kejauhan, melihat danau dengan airnya yang tenang juga otomatis memberikan ketenangan. Postingan teman-teman yang liburan dan berkunjung ke Danau Sentani ini bikin saya ngiri setengah mati. 

Benar kata teman saya kalau Papua itu asri. Selain danau dan gunung, saya itu paling suka travelling ke tempat yang banyak pohon dan tanamannya. Makanya kalau ada kesempatan Danau Sentani lah yang akan saya kunjungi terlebih dahulu.

Danau Sentani adalah danau terbesar di Papua. Di tengah danau terdapat gugusan 22 pulau yang dihuni oleh suku asli Sentani, ini unik banget banyak pulaunya. Danau Toba yang pulaunya satu aja udah bikin saya bahagia kalau liburan kesana, apalagi Danau Sentani. Jadi nggak sabar pengin ke Danau Sentani.


Hamparan sabana hijau yang berada disekeliling danau ini bikin suasana hati sejuk dan damai. Pas banget memang dengan arti nama Sentani sendiri yakni "disini kami tinggal dengan damai". Nama yang disematkan pada danau cantik ini pertama kali oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin pada tahun 1898. Harapannya Danau Sentani bisa menjadi tempat yang membawa kedamaian hidup.

Di sekitar danau Sentani juga terdapat bukit hijau bergelombang yang disebut Bukit Teletubbies. Kalau naik pesawat saat mau mendarat di Jayapura bukit indah ini akan terlihat jelas. Danau Sentani yang letaknya memang nggak jauh dari pusat kota ini adalah pemandangan memesona pertama yang kita lihat saat tiba di tanah Papua.

So, Sentani ini ibarat pintu gerbangnya Papua. Pintu gerbangnya saja udah indah gimana dengan wilayah-wilayah yang ada di dalamnya ya. Saya pilih Danau Sentani karena keasriannya, masih banyak pemandangan hijaunya yang bisa bikin mata dan pikiran fresh. "Apalagi kalau menikmatinya dari Kampung Puay", kata teman saya.
Membayangkannya saja saya sudah happy lukisan-lukisan hamparan hijau, pulau, bukit, dan air danau sudah terekam di dalam kepala saya. Cocok banget deh kalau Papua dilabeli "Papua destinasi wisata hijau" . Saya berharap suatu saat saya dan suami bisa menikmati senja di bibir Danau Sentani.

Sebagai penutup saya berharap semoga keasrian Papua tetap kita jaga bersama, sumber daya alamnya juga harus dikelola dengan baik, termasuk menjaga hutan di Papua yang telah lama diberi slogan sebagai Paru-paru Dunia. Jaga hutan berarti kita beradab guys!


Sumber-sumber:
Foto: Reza Siregar (IG: @regarfield)
Infografis: Tuty Queen




You Might Also Like

45 comments

  1. Indah banget ya Danau Sentani ini. Memang banyak wisata alam yang menarik di tanah Papua. Saya pun pengen ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak adem banget liatnya, akupun pengen banget kesana :)

      Delete
  2. Papua emang indah ya mba ada raja ampat ada sentani duh aku juga mupeng deh ke sini...btw eta bule kurang belajar geografi kali yah wkwk kesel juga nyangkain Bali bukan Indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya kesal banget aku sebenarnya waktu si bule nggak tau Bali di Indonesia 😁

      Delete
  3. Ngga salah kalau ada yg bilang Papua adalah sepotong surga yang jatuh ke muka bumi.
    Indaaahhhh buanget!

    ReplyDelete
  4. Papua memang indaaaaahhhhh

    kudoakan dengan sepenuh hati Tuty dan mas Ono bisa menikmati senja di bibir Danau Sentani. amiiin

    ReplyDelete
  5. Ah jadi pengen ke Jayapura juga, mancing di danau Sentani. Pemandangannya bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis ikannya banyak loh katanya.. duh kebayang segernya ikan2 itu ya

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Papua memang sesuatu ya. Kaya Danau Sentani ini yang wow banget. Jadi ingin ke sana juga apalagi aksesnya sudah jauh lebih mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak aksesnya lebih mudah sekarang... aku nabung dulu nih buat kesana :)

      Delete
  8. Setuju banget! Keindahan alam Papua itu luar biasa. Makanya saya pengen banget ke sini

    ReplyDelete
  9. Papua memang unik ya... Pulau terluas yang menyimpan banyak keberagaman dan kekayaan alam.
    Dari foto2nya aja keliatan indah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih banyak hijau-hijaunya, hutannya juga jadi paru-paru dunia

      Delete
  10. Aduh ini cantik banget sih mbak Tuty, aku jadi ingin membuat list perjalanan keliling Indonesia deh. Mudah-mudahan ini virus Corona cepat pergi dari muka bumi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mudah2an Corona segera enyah biar kita bisa jalan-jalan lagi

      Delete
  11. Setuju mba. Indonesia itu syurganya wisata dan kuliner. Apalagi Papua. Tempat yang masih asri, segar, alami dan aduh kayaknya enak ya. Ngomong-ngomong danau sentani itu tetnyata bagus ya mba. Terlihat dari fotonya. Keren pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kata temenku bagus kita bisa lihat pesawat yang take off dan mau landing juga keren banget ya

      Delete
  12. Salah satu wish list saya banget ini Mbak berkunjung ke Papua. Niatnya hanya untuk menyentuh pegunungan Jaya Wijaya dan melihat masyarakat asli Papua dalam keseharian mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah..kalau aku pobia ketinggian mbak jadi nggak berani naik gunung :D

      Delete
  13. Beneran deh, pintu gerbangnya aja sudah indah begitu apalagi dalamannya ya,,,Danau Sentani begitu memesona juga tempat indah di Papua lainnya. Wah, mupeng saya ke sana!

    ReplyDelete
  14. Masya Allah, indah banget ya... Indonesia memang kaya... Pengen deh bisa keliling Indonesia, termasuk ke papua juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin semoga tercapai keinginannya ya mbak

      Delete
  15. Saya juga punya impian menginjakkan kaki di Papua dan melihat keindahan alamnya mbak, apalagi danau Sentani yang sudah sering terdengar di telinga. Bagaimanapun juga Papua itu luar biasa dan bagian dari Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, Papua memang luar biasa makanya harus kita jaga bersama

      Delete
  16. Bagus banget ya ini danaunya pemandangan nya indah banget ya mbak..pengen kesana jadinya....

    ReplyDelete
  17. Wah.. Ternyata papua seindah ini danaunyaa. Jadi pengen kesana. Sukak banget liatnya. Semoga suatu hari bisa kesana deh aku

    ReplyDelete
  18. Kebayang mbak menikmati ikan asap kyk gtui apalagi sama sambel pedes dan nasi anget, sambil melihat pemandangan danau yang biru ya mbak :D

    ReplyDelete
  19. Saat tahu calon iparku bekerja sebagai researcher di Papua, aku sempet kaget. Apa enaknya kerja di sana? Trus dia nyodorin foto2 dia selama di Papua. Masya Allah, bikin mupeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak temenku awalnya shock suaminya dinas di Sorong Papua, lama-kelamaan betah haha

      Delete
  20. Papua emang cantik, dan sekarang pemerintah lagi menggalakan pembangunan disana ya. Aku harap pembangunannya juga nggak berdampak buruk pada alam papua sih. Masalah kita kan sering gitu tuh, daerah yang pembangunannya maju lantas jadi bikin rusak alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga hutan Papua tetap terjaga ya dan semoga masyarakat Papua peduli dengan kebaikan jangka panjang untuk menjaga hutan

      Delete
  21. Papua juga bucket list aku, mba
    Terutama Raja Ampat dan koleganya.
    Papua, I'm coming :)

    ReplyDelete
  22. Hua keren banget ini Papua, next ingin berlibur kesini. Duh beneran indah banget ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. aku liat foto-fotonya aja udh kepingin banget

      Delete
  23. Papua itu kek surga tersembunyi. Alamnya bagus, ya. Buat piknik dan berpetualang, cocok, nih

    ReplyDelete
  24. Aku dulu sering ke Danau Sentani, kangeeen...

    ReplyDelete