5 Cara Maintenance Website Ini Wajib Kamu Ketahui

D i era digital seperti sekarang ini, website menjadi salah satu media yang keberadaannya semakin banyak diminati. Hal ini wajar terjad...


Di era digital seperti sekarang ini, website menjadi salah satu media yang keberadaannya semakin banyak diminati. Hal ini wajar terjadi, mengingat fungsi website yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari sekadar untuk menyalurkan hobi menulis sampai untuk melakukan hal-hal lain yang bisa menghasilkan uang seperti untuk berjualan atau bisnis. Bahkan, digunakan sekadar menyalurkan hobi menulis pun, website ini dapat memberi kita uang jika dimanfaatkan dengan baik dan benar.

Selain itu, media online ini memiliki banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan oleh para penggunanya. Beberapa di antaranya adalah media online mampu melakukan pembaharuan, modifikasi, serta perbaikan konten kapan saja. Hal ini dikenal juga dengan istilah maintenance website. Kabar bahagianya, cara maintenance website bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. 

Sebelumnya apakah teman-teman sudah bisa membuat website dengan baik? Jika belum maka teman-teman bisa mengeceknya disini : cara membuat website dengan mudah dan cepat

5 Cara Maintenance Website ini Patut Dicoba Agar Website Up To Date


Bagi teman-teman yang memiliki website atau mengelola sebuah website, maintenance website merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena hal tersebut akan menjaga situs web kita tetap mudah diakses dan tetap up to date dengan tren terkini, meskipun telah melewati beberapa waktu dari saat peluncuran awal atau pertama kali website digunakan. Lalu, bagaimana cara untuk maintenance website yang baik dan benar? Berikut ini adalah 5 cara maintenance website yang bisa dicoba:

1. Uji Kompatibilitas Browser
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunci kompatibilitas browser. Pastikan bahwa setiap bagian dari website bisa berjalan dengan benar dan lancar pada berbagai jenis browser yang ada. Oleh karena itu, uji kompabilitas ini menjadi hal yang mendasar dan rutin yang perlu kita lakukan. 

Setelah melakukan pengubahan kode beserta isinya, jangan lupa untuk selalu menguji coba website secara teratur. Uji coba ini akan lebih baik jika dilakukan menggunakan sistem operasi yang berbeda. Diantaranya seperti sistem operasi Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Safari, Opera, dan lain sebagainya.

2. Kelompokkan Konten dengan Rapi dan Mudah Diperbaharui
Sebuah website yang telah lama digunakan biasanya akan memiliki banyak konten di dalamnya. Beberapa konten tentu sudah lama atau kedaluwarsa. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin mana konten yang masih relevan dan konten yang sudah usang atau tidak diakses. Dengan begitu, kita akan mengetahui mana konten yang membutuhkan koreksi atau konten yang harus diupdate saat maintenance.


Untuk memudahkan pemeriksaan isi statis dari konten ini, kita bisa mengelompokkannya sesuai dengan kategori yang ada. Hal ini akan sangat membantu untuk mengetahui mana saja konten yang perlu diperbaharui atau konten yang perlu dihapus karena sudah tidak digunakan.

3. Validasi dan Evaluasi Kode Sesuai dengan Standar Web yang Berlaku
Cara maintenance website selanjutnya adalah melakukan validasi dan evaluasi kode sesuai standar web yang berlaku. Validasi ini biasanya dilakukan pada halaman website, terutama saat baru saja melakukan perubahan konten pada website (menambah atau memperbaharui). Validasi tersebut melingkupi optimasi kode styling CSS, mark up HTML, serta melakukan perbaikan pada kode java script.

4. Selalu Tingkatkan Aksesibilitas
Setelah melakukan validasi mark up dengan teknik yang benar ketika proses pengembangan website, biasanya konten pada website dapat diakses oleh pengunjung yang menggunakan teknologi bantu, seperti screen reader. 

Namun demikian, konten yang terus diperbaharui biasanya akan berpengaruh terhadap aksesibilitas website. Oleh karena itu, kita juga perlu melakukan peningkatan aksesibilitas. Salah satunya dengan melakukan evaluasi pada setiap jadwal maintenance. Selain itu perlu juga melakukan uji website dengan menggunakan mobile browser maupun platform terkini, seperti safari untuk IOS dan Chrome untuk android.

5. Tingkatkan SEO
Penggunaan kode semantik yang terstruktur dengan baik, tentu secara otomatis akan memberi banyak manfaat pada SEO. Hal ini berlaku juga ketika menggunakan teknik optimasi biasa. Dengan berjalannya waktu, kombinasi dari aneka teknik optimasi tentu akan meningkatkan peringkat website atau situs website yang kita miliki.


Pada umumnya, optimasi SEO secara on site bisa dilakukan dengan cara melakukan perbaikan terhadap deskripsi meta, frasa kata kunci, serta tag title. Hal ini perlu dilakukan secara teratur, seiring dengan semakin berkembangnya website yang kita miliki. Selain itu, jangan lupa lakukan optimalisasi struktur link internal dan judul pada halaman website tersebut.

Nah, lima hal yang telah diuraikan di atas adalah cara maintenance website yang wajib kita lakukan agar website selalu up to date. Dengan begitu, maka website teman-teman tidak akan ketinggalan zaman. Dengan kata lain, website kita tidak akan usang atau bahkan mengalami kerusakan. Mengingat proses ini sangat penting, maka kita harus melakukan maintenance website secara rutin. Yuk, perbarui website teman-teman agar up to date!



You Might Also Like

28 comments

  1. Sebagai content creator, wajib hukumnya kita paham tentang cara maintenance website ya Mba.
    Makasiii sharing tipsnya. Harus kita praktekkan!

    ReplyDelete
  2. Susahnya kalau mood gampang berubah. Mengelompokkan kategori aja bisa berubah terus heheee. Kadang perlu pendapat teman lain apakah sitemap blog kita sudah memudahkan pengunjung karena kalau nurutin mood sendiri kadang malah kacau & pengunjung bingung

    ReplyDelete
  3. Setahun ini aku males-malesan manage blog, tapi nyesel banget SEO terjun payung. Sekarang harus mulai lagi rajin dan blog aku harus maintenance dari awal. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Maintenance website diperlukan ya, untuk itu butuh penyedia domain/hosting yang terpercaya.

    ReplyDelete
  5. Maintenance ini ibarat kayak merawat isi rumah, ya. Kalau rumahnya nyaman kan pengunjung juga betah

    ReplyDelete
  6. SEO sendiri aku masih belum mudeng mba, udah belajar sendiri eh belajar sama orang tambah puyeng wkwkwk pengen banget terus maintenance biar makin baik perfomanya

    ReplyDelete
  7. Algoritma dari mesin perambah terus diperbaharui ya, mau tidak mau wesite atau blog yang dipunya juga harus menyesuaikan.
    Terima kasih tipsnya mba.

    ReplyDelete
  8. SEO ini yang jadi PR, udah berusaha nerapin sih yang dasar-dasar, cuman memang masih butuh lebih banyak latihan dan belajar lagi.

    Kalau maintenance website saya juga sering sih, minimal seminggu sekali, biar pengunjung nyaman :)

    ReplyDelete
  9. SEO harus terus belajar, nih. Selalu ada perkembangan baru. Maintain web harusnya jadi sesuatu yang menjadi kebiasaan blogger sih.

    ReplyDelete
  10. Nah..ttg SEO nih aku masih awam banget..hehe.. Thx ya mba..semoga bisa menerapkannya utk blogku

    ReplyDelete
  11. Terimakasih sharing ilmunya mbak...secara maintenance website itu perlu ya. Aku kadang suka ngasal aja...ya ngeblog aja...tapi begitu lihat DA turun jadi sedih...kudu belajar ilmu ini biar blog lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih sharingnya mbak...memang sebagai blogger harus bisa maintenance blog dengan baik ya supaya kontennya berkualitas dan blognya bisa diindex google.

    ReplyDelete
  13. Aku tergantung mood nih, kadang lagi rajin label atau kategorinya aku rapiin, tapi akhir2 ini lagi males banget padahal semua itu penting ya buat kebaikan blog juga.

    ReplyDelete
  14. Aku sampai sekarang masih nyerah kalo urusan maintain blog sendiri. Padahal kan harusnya ngerti daleman blognya sendiri.

    ReplyDelete
  15. Makasih tipsnya kakak. Bener banget sih ya, namanya punya website kalau dianggurin aja, jadi bulukan deh. Padahal pembaca selalu cari yang up to date dengan tampilan yang selalu mengikuti trend. Siap untuk jadikan artikel ini bahan to do list

    ReplyDelete
  16. Waduh semuanya berat berat. Karena ga mau ribet dan susah, saya justru pakai jasa buta bantu.hehehe... Tapi kalau yg dikit dikit mah ya bisa saja... sambil tetap bertanya ke ahlinya

    ReplyDelete
  17. Duh, aku masih asal-asalan deh maintenance blog. Moody banget akunya. Dulu waktu awal bikin, aku rajin, sampe belajar sendiri ini itu. Sekarang males banget. Sampe2 mau ganti tamplate aja gak jadi-jadi. Males ngopreknya. Huhu… payah ya.

    ReplyDelete
  18. Biasnaya kalau ada waktunya, tulisan lama saya rombak dan saya seokan. Bertahap, tapi lumayan bisa meningkatkan PV lho :D Yang penting telaten ajalah :D

    ReplyDelete
  19. Dari dulu sampe skrg pengen perbaiki blog tp belum jadi2 huhu, dapetin tips ini jadi balik lg pengen segera maintenance blog,

    ReplyDelete
  20. Belum pernah nih mba uji kompatibilitas dengan berbagai browser. Kirain semua browser tuh sama untuk bisa membuka website apa saja hehehe.. Ternyata harus dicek juga yauntuk maintenance website kita.

    ReplyDelete
  21. aku tuh suka cuek bangeet deh mba sama blog..pokoknya tulis, share, BW dan balik lagi begitu. Padahal banyak yang harus kita lakukan yaaa :)

    ReplyDelete
  22. Sejauh ini memang selalu belajar untuk maintenance website mbak. Salah satunya adalah melalui optimasi blog dengan SEO. Belajar SEO itu mudah2 sulit dan memang harus konsisten ya mbak.

    ReplyDelete
  23. Aku simpan tulisan Mbak Tuty ini ah mau dipahami lebih detail lagi. Ada poin-poin yang saya belum mengerti seperti validasi dll.

    ReplyDelete
  24. Huuuu, tips ini menyadarkanku yang kurang aware sama maintenance blog :(

    Makasih mba sarannya, aku bookmark tulisannya dan segera dicoba šŸ˜

    ReplyDelete
  25. Kelimanya penting banget ya Mba tuty buat website
    apalagi untuk bisnis, beuh nggak boleh main-main
    aku juga lagi pengen punya web untuk bisnis nih

    ReplyDelete
  26. Saya udah lama juga nggak beres2 dan rapi2 blog nih. Sudah perlu juga maintenance blog terutama bagian menu supaya lebih rapi.

    ReplyDelete
  27. Seo ini aku masih belum paham sista ajarin dong supaya blog aku tuh biar friendly seonmantap

    ReplyDelete
  28. Aku jadi ingat ada salah seorang sahabat blogger yang rajin memperbarui konten-konten lamanya agar tetap relevan dan asik dibaca.
    Sungguh butuh effort yang keras yaa...agar blog tetap ramai pengunjung dan tidak ketinggalan zaman.

    ReplyDelete