Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia Bandung yang Memorable

S epertinya tahun ini bakal banyak tulisan tentang Bandung, kalian jangan bosan ya. Soalnya banyak banget momen berharga yang sayang ka...


Sepertinya tahun ini bakal banyak tulisan tentang Bandung, kalian jangan bosan ya. Soalnya banyak banget momen berharga yang sayang kalau nggak di share di blog saya. Termasuk pengalaman berkunjung ke Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia (KAI) yang berkesan banget. Makanya saya pengen sharing tentang Kantor Pusat PT. KAI Bandung ini. 

Pertama kali menginjakkan kaki di gerbang Kantor Pusat KAI Bandung ini saya nggak nyangka kalau bangunan kantor masih bangunan lama dan menjadi cagar budaya. Yups, disini kita akan belajar sejarah lagi tentang perkeretaapian Indonesia. Bicara sejarah Kantor Pusat PT. KAI bisa kita telusuri dari lagu anak-anak zaman dulu yang judulnya Naik Kereta Api. Hayo masih pada ingat nggak? 

hormat bendera dulu di depan Kantor Pusat PT. KAI Bandung

Sejarah Kantor Pusat PT. KAI 

Guys, sejarah Kantor Pusat PT. KAI bisa kita telusuri lagu Naik Kereta Api. Sebenarnya lagu aslinya adalah lagu balada yang menceritakan perjalanan menggunakan kereta api pada masa lalu. Lagu ini sejenis lagu folklore atau lagu rakyat yang nggak diketahui pasti siapa pengarangnya. Tapi yang pasti lagu tersebut diciptakan oleh orang-orang yang tinggal di Batavia dan buat medio akhir tahun 1800an. Lagu ini kemudian mengilhami Saridjah Niung (Ibu Sud) untuk menggubahnya menjadi seperti yang kita kenal sekarang. 

paling dicari kalo gedung lama tuh spot foto kece :) 

Dahulu, satu-satunya jalur menuju Surabaya dari Batavia adalah melalui Bandung (lintas Bogor - Bandung tahun 1881-1884) karena memang jalan pintas melalui Cirebon baru ada tahun 1912 (lintas Manggarai-Cikampek-Cirebon). Saat itu perjalanan dengan kereta malam (Java Nacth Express) belum populer dan belum banyak dilakukan orang. Jadi Bandung saat itu menjadi pitstop atau tempat peristirahatan sementara bagi penumpang yang mau melanjutkan perjalanan ke Surabaya atau daerah Jawa Timur. 

Udah bukan rahasia lagi kan ya kalau Bandung itu kota yang sejuk, apalagi zaman dulu. Nah, orang-orang yang istirahat sementara sebelum melakukan perjalanan banyak yang nginap di hotel, sejak saat itu hotel pun mulai banyak dibangun disekitar stasiun. Salah satunya Hotel Grand National, hotel yang cukup terkenal pada masa itu (tahun 1905). Kemudian pada tahun 1923 kepemilikan hotel berpindah ke Staatspoorwagen (SS) perusahaan milik negara pada masa pemerintahan Kolonial. 

bagian gedung perkantoran PT KAI,  Bandung 

Pada masa itu jalur kereta api juga melayani kegiatan pos dan telekomunikasi hingga saat ini kantor pusat kereta api (kini menjadi PT. KAI), telekomunikasi (kini menjadi PT. Telkom Indonesia) dan pos kereta api (kini menjadi PT. Pos Indonesia) berada di Kota Bandung. 

Okey itu tadi sejarah kantor pusat PT. KAI di Bandung. Lantas ada apa saja di Kantor Pusat PT. KAI? Penasaran kan? Jadi di sana ada Lokomotif TD01, Monumen Kenangan Hormat dan ada Bunker juga. Yups, ada bunker juga disini dan di bunker inilah banyak foto-foto sejarah perkembangan Kereta Api Indonesia. Saya jadi tau sejarah nih, dulu taunya cuma lagu Naik Kereta Api doang. Alhamdulillah udah beneran naik. kereta api dan tau sejarahnya. 







You Might Also Like

35 comments

  1. Anakku demen serba-serbi per-Kereta Api-an Mbaaa
    semoga suatu hari nanti, doi jua dapat kesempatan trip ke sini ama sohib2nya

    ReplyDelete
  2. Wah, jadi kebayang, pegawai yang kerja di kantor pusat PT KAI ini pasti bangga deh punya tempat kerja yang penuh sejarah dan ada kebanggaan sendiri. Gedungnya juga masih asri terjaga ya mba

    ReplyDelete
  3. Baru tahu kalau nama Ibu Sud itu Saridjah Niung.

    Gedungnya jadi cagar budaya KAI ini karena memang berperan besar pada zaman penjajah Belanda dulu ya, untuk transportasi.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sharingnya, Teh. Jadi tau sekarang..
    Tempatnya juga keren dan terawat ya, Teh. Kebayang yang kerja disitu pasti betah dan bangga karena temaptnya penuh dengan sejarah.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sharingnya, Teh. Jadi tau sekarang..
    Tempatnya juga keren dan terawat ya, Teh. Kebayang yang kerja disitu pasti betah dan bangga karena temaptnya penuh dengan sejarah.

    ReplyDelete
  6. Pantesan lagu naik kereta api itu ada liriknya "... ke bandung... surabaya..." rupanya karena di Bandung ada kantor pusat kereta api.

    Bangunannya walau sudah tua tapi tetap kokoh dan terawat ya

    ReplyDelete
  7. Wah, saya jadi tahu sejarah kereta api juga nih. Ntar kalau ke Bandung bisa mampir nih ajak anak-anak. Pernah ke Bandung sekali doang dan kurang lama, hehehe

    ReplyDelete
  8. nggak papa mba, tulis aja ttg Bandung sebanyak-banyaknya, siapa tau saya yg belum pernah kesana, bisa kesana juga. Sepertinya banyak bangunan di Bandung yang bangunan lama ex zaman kolonial ya. Saya suka bangunan jadul yang punya nilai histori gini mba

    ReplyDelete
  9. Gak bosen kok nbak tenang aja, siapa tau aja bisa diajak ke Bandung juga hehehe. Semoga virusnya segera berakhir ya jadi bisa ke Bandung lagi

    ReplyDelete
  10. duhh anak2ku demen banget sama yg berbau kereta api. kudu mampir nih kalo main ke Bandiung :D

    ReplyDelete
  11. Aku sekali ke Bandung langsubg dibuat jatuh hati sama kotanya. Gedungnya oke bangwt buat spot foto haha. Lama banget aku nggak naik kereta, nwxt.. Ajakinbaku naik kereta ke Bandung ya mbk hehe

    ReplyDelete
  12. Aduhh jadi kangen Bandung deh hehe waktu ke Bandung aku ga sempat ke sini padahal kalau kesini bisa dapat konten dan foto ciamik yo mak. Ditunggu ya cerita tentang Bandung lagi hehe.

    ReplyDelete
  13. Jadi kantor pusat KAI Bandung itu dulunya bekas hotel Grand National ya. Bangunan jaman dulu itu pasti tebal ya dindingnya. Aku penasaran nih mbak, lokasi bungker seperti apa, apakah suram gitu seperti umumnya museum?

    ReplyDelete
  14. seru banget bisa langsung main ke kantor pusat PT Kereta Api, wah dulu 4 tahun kuliah di bandung enggak tahu loh ada tempat ini. mau juga ih main main ke kantor pusatnya, hihi.

    ReplyDelete
  15. Ini Bandung Jawa Barat kan?
    Alamatnya di mana?
    Kok saya baru lihat ya. Jadi penasaran 😁😁😁

    ReplyDelete
  16. Wah saya jadi tau sejarah lagu kereta api, kesukaan anak saya, kalau dia udah agak besar dan ngerti, ceritain ah... Makasih sharingnya ya :)

    ReplyDelete
  17. Adem banget kayaknya suasananya. Pasti enak deh kerja di kantor yang suasananya asri seperti kantor pusat KAI Bandung ini

    ReplyDelete
  18. Gaya bangunannya yang jadul jadi berasa time traveling ya mbak, saya udah lama ga ke Bandung soalnya ga ada saudara di sana. Kalo ke sana main ke kantor pusat PT. Kereta api seru nih

    ReplyDelete
  19. Wah sempet jalan-jalan ke kantor pusat PT KAI di Bandung juga ya mbak. Kok suasanannya enaaak hehehe. Aku suka deh kantor dengan model kaya gini, gaya klasik hehehe.

    ReplyDelete
  20. Asyiknya bisa main langsung ke kantor pusat KAI Bandung . Adem banget suasananya

    ReplyDelete
  21. Senengnya bisa main langsung ke Kantor Pusat PT KAI di Bandung. Suasananya enak banget dan instagramable juga tempatnya. Jadi pengen ke situ juga.

    ReplyDelete
  22. Semoga suatu hari bisa menjejak bareng anak ke kantor pusat KAI. Tempatnya terawat dan asri begitu...

    ReplyDelete
  23. Seru banhet. Duh kangen kumpul ama teman teman blogger ya. Kalau datang rame rame di tempat bersejarah ini jadi ada nilai pengetahuan juga

    ReplyDelete
  24. Aku orang Bandung tapi belum pernah berkunjung masuk ke dalam kantor pusat KAI hihi. Seru ya mba jadi banyak pengetahuan tentang sejarah kantor pusat jaman penjajahan Belanda. Aku sih kalau kereta api transportasi terfavorit banget.

    ReplyDelete
  25. Wah.. Seru nih main begini. Aku naik kereta api aja baru sekali mba. Apalagi ke kantornya. Gak pernah.wkkw

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah Indonesia sudah merdeka dan peninggalan gedung-gedung sejarah ini masih terjaga dengan baik. Salut sama arsitektur zaman Belanda.

    ReplyDelete
  27. Oh aku kok ya minim sejarahnya wkwk jadi baru tahu lagu naik kereta api yang emang realnya dulu melalui Bandung yes mba...sebagai orang Bandung Coret belum pernah nih ke sini ahahah

    ReplyDelete
  28. Udah sering lewat depan kantor pusat PT KAI, tapi belum pernah masuk ke dalamnya. Selalu suka dengan bangunan dulu, masih kokoh dan kuat

    ReplyDelete
  29. Banyak bumn yang berpusat di Bandung, selain kai juga Kantor pos dan telkom

    ReplyDelete
  30. Selain kantor pusat PT. KAI Bandung eberapa stasiun kereta api juga mempunyai sejarah unik. Misalnya stasiun Jatinegara, Stasiun Jogja dan Madiun juga nggak kalah menarik. Ambarawa juga tapi memang sudah jadi museum juga ya. Seru nih, jadi kepikiran pengin cari tahu sejarah bangunan lama.

    ReplyDelete
  31. Aku belum pernah mbak ke kantor KAI di Bandung, kalau naik kereta apinya sering banget dulu. Jadi pengen main ke cagar budaya yang satu ini.

    ReplyDelete
  32. Aku belum pernah kesini, wong naik kereta ke Bandung aja terakhir tahun 2010 hahaha katro banget deh aku

    ReplyDelete
  33. Ternyata sejarahnya panjang yah, sqyamg banget di tempat aku tinggal belum ada kereta Api, hiksss, padahal pengen cobain, smoga bisa juga ke sana nantinya

    ReplyDelete
  34. Aku pernahnya kantor KAI di Pasar Turi Surabaya
    Kebetulan ada kakak ipar di sana
    Tapi karena sudah ga bawa kereta lagi jadi jarang maen ke sana

    ReplyDelete
  35. Waah ternyata sejarahnya banyak ya kak. Kalau pulang ke Jawa aku juga suka naik kereta dari Sby ke Tulungagung
    Sayangnya di Kalimantan belum bisa di bangun rel kereta api karena lahan gambut

    ReplyDelete