Peranan Dompet Dhuafa dan Teknologi Digital dalam Mengentaskan Kemiskinan

Ramadan dari Hati Bersama Dompet Dhuafa  D i penghujung tahun 2022 kita dihebohkan dengan pernyataan bahwa tahun 2023 perekonomian akan meng...

Ramadan dari Hati Bersama Dompet Dhuafa 

Di penghujung tahun 2022 kita dihebohkan dengan pernyataan bahwa tahun 2023 perekonomian akan mengalami resesi. Sontak heboh dengan kabar resesi tersebut. Segelintir orang turut nyeletuk "sebelum 2023 aja orang-orang udah merasakan resesi". Ya, banyak orang mengeluh dengan sulitnya perekonomian akhir-akhir ini terlebih lagi karena dampak pandemi. 

Jujurly saya gelisah banget dengan keluhan orang-orang sekitar betapa sulitnya keuangan yang menyebabkan munculnya kemiskinan. Perih rasanya hati kalau melihat fenomena ngemis online, tak peduli usia orang-orang mencari celah bagaimana agar bisa mendapatkan cuan demi bertahan menjalani kehidupan. 

Ramadan sudah di ambang pintu. Kebayang kan bagaimana saudara-saudara kita yang mengalami ketimpangan pendapatan mempersiapkan kebutuhan makan bagi keluarganya tak terkecuali anak-anak yang usianya masih belum memahami bagaimana orang tua memenuhi kebutuhan keluarga. 

Untuk mengentaskan kemiskinan dibutuhkan kepedulian dan adanya kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan lembaga Filantropi Islam seperti Dompet Dhuafa. Saya terbilang cukup lama mengikuti perjalanan Dompet Dhuafa yang membantu mengatasi kemiskinan, dan bagaimana lembaga ini berkhidmat memberdayakan kaum dhuafa. 

Ramadan dari Hati 

Bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh dengan kepedulian dan kebersamaan. Ya, walaupun sejatinya kepedulian dan kebersamaan tak hanya berupa momen di bulan Ramadan tapi setiap hari adalah momen kebersamaan. Alangkah damainya jika momen ini terus-menerus kita lakukan.

Di bulan Ramadan Dompet Dhuafa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih tergerak lagi hatinya untuk melakukan kebaikan. Saling berbagi di bulan Ramadan bisa kita terapkan langsung dengan memberikan bantuan kepada orang-orang sekitar. Agar lebih merata lagi kita bisa menyisihkan rezeki untuk infaq, sedekah, zakat, juga wakaf melalui Dompet Dhuafa. 

Menyambut Ramadan, Dompet Dhuafa mengadakan talkshow "Peran Lembaga & Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengentasan Kemiskinan” yang berlangsung di Tigalima Kopi Menteng, Jalan K.H. Wahid Hasyim, Gondangdia, Jakarta Pusat. Turut hadir dalam talkshow ini Suci Nuzleni Qadarsih selaku Ketua Ramadan 1444H Dompet Dhuafa, Prima Hadi Putra selaku Direktur Komunikasi & Teknologi Dompet Dhuafa, Haryo MojoPahit Selaku GM Komunikasi Dompet Dhuafa, Tira Mutiara selaku peneliti IDEAS, Gaib Maruto Sigit selaku Pemred MNC, Ade Rukmana selaku penerima manfaat Program Desa Tani, Pradwita Ghazali selaku General Manager FreakOut Indonesia, Agung Lesmana selaku Head of Sharia Business Development and Product Solution Bank Jago, dan VADS. 

Banyak sekali insight yang saya dapatkan setelah mengikuti diskusi publik ini salah satunya bagaimana digitalisasi berperan dalam mengentaskan kemiskinan. 

Digitalisasi Mengentaskan Kemiskinan

Saat gempa Cianjur baru-baru ini yang mengakibatkan banyak korban jiwa, di pulau lain juga terjadi bencana yang tak banyak orang tau. Disinilah Dompet Dhuafa berperan dimana menyalurkan bantuan bahkan sampai pelosok. Bagaimana bisa? Tentu saja ini karena hadirnya teknologi digital. 

Tak bisa dipungkiri teknologi digital juga sangat berperan mengentaskan kemiskinan. Digitalisasi merambah semua aspek kehidupan termasuk Dompet Dhuafa. Lembaga Filantropi terpercaya ini menyediakan berbagai layanan digital agar semakin mudah pula masyarakat mengaksesnya.

Dompet Dhuafa bekerjasama dengan berbagai perusahaan platform dan perbankan. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat untuk ber infaq, sedekah, zakat, juga wakaf salah satunya melalui perbankan misal transaksi menggunakan mobile banking atau dengan aplikasi perbankan lainnya. Untuk zakat misalnya, Dompet Dhuafa menyediakan perhitungan zakat berupa kalkulator zakat. Ingin bayar fidyah tapi bingung bagaimana menghitungnya Dompet Dhuafa menyediakan hitung-hitungannya juga. Tahun lalu saya juga membayar fidyah orang tua saya yang sakit melalui Dompet Dhuafa. Alhamdulillah sangat memudahkan banget.  

Harapan saya Dompet Dhuafa semakin solid dan bermanfaat untuk umat. 

 



You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write