Dompet Dhuafa Mengusung Tema Ini Tentang Kita di Jakhumfest 2023

Jakhumfest 2023 S etelah sekian lama berkutat di rumah saja berfokus membersamai orangtua di Binjai Sumut, akhirnya menginjakkan kaki lagi d...

Jakhumfest 2023

Setelah sekian lama berkutat di rumah saja berfokus membersamai orangtua di Binjai Sumut, akhirnya menginjakkan kaki lagi di Jakarta. Mulai menata lagi aktivitas menjadi content creator mengikuti kegiatan offline atau venue visit. Senang sekali 29 Januari lalu bisa bertemu dengan teman-teman yang lama dan baru di keseruan Jakhumfest (Jakarta Humanity Festival 2023) di Pos Bloc Jakarta Pusat. Ini pertama kalinya juga saya bertandang ke Pos Bloc yang lokasinya tidak jauh dari Pasar Baru tepatnya di Gedung Filateli.


Antusiasme pengunjung di panggung utama

Event Jakhumfest rutin diadakan oleh Dompet Dhuafa setiap tahunnya dengan tema yang selalu berbeda, dan tahun ini merupakan event Jakhumfest yang ketiga kalinya dengan tema Ini Tentang Kita. Saya pribadi senang sekali bisa menyaksikan rangkaian acara Jakhumfest 2023, selain menambah wawasan tentang kemanusiaan juga jadi tahu lebih banyak bagaimana giat kerelawanan Dompet Dhuafa. Banyak sekali kebaikan yang bisa dilakukan dengan aksi langsung atau tidak langsung. Tergantung kesiapan kita untuk mengambil peran dimana untuk tetap bersama menjadi bagian circle support system dalam setiap kegiatan kemanusiaan. Dompet Dhuafa yang saya tahu memang sebagai lembaga filantropi yang sudah lama berdiri dan terpercaya dalam menyalurkan dan menjadi garda terdepan dalam setiap aksi kerelawanan.

 

Humanity Exposure

Melalui Jakhumfest 2023 Dompet Dhuafa menyampaikan beberapa prioritas pencapaian dalam aksi kemanusiaanya. Ini Tentang Kita, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap peduli pada korban bencana alam gempa Cianjur. Tetap terus membersamai korban gempa Cianjur hingga pemulihan pasca gempa dan juga mengusung isu Indonesia Mendengar untuk membantu teman-teman tuli untuk membuka ruang disabilitas dalam berinteraksi sosial semakin terbuka lebar. Selama event Jakhumfest 2023 teman tuli selalu hadir dan pengunjung bisa belajar berkomunikasi bersama dan semakin mengenal kebutuhan teman tuli. 


Setiap ada talkshow atau stand up selalu didampingi oleh penterjemah bahasa isyarat

Jakhumfest juga memiliki rangkaian acara yang keren banget untuk diikuti. Ada stand up comedi Komika SUCI X yang menghadirkan Budi, Dwi, Kukuh dan Irfan. Ada juga Humanity Talk, lokakarya, Sound Of Humanity. Pameran Fotografi dari Fotografer Dompet Dhuafa dalam aksi relawan bencana Cianjur. Yang terbaru adalah peluncuran Mobile Podcast sebagai program komunikasi Dompet Dhuafa dengan nama Channel Bertamasya - Bercerita Pemberdayaan Masyarakat. Mobile Podcast Bertamasya didesain berbentuk mobil yang dimodifikasi sebagai studio podcast. Dan bisa melakukan siaran secara real time di lokasi bencana dan siaran-siaran edukasi kemanusiaan yang lebih kekinian. 


Mural bareng Ngakarya

Keseruan acara Jakhumfest 2023 ini ada pada workshop Disaster Virtual Reality Simulation yang dikenakan oleh DMC Disaster Manajemen Center. Setiap pengunjung bisa menjajal VR ini selama acara Jakhumfest untuk lebih mengenal dan mengetahui langkah yang perlu dilakukan ketika terjadi bencana. Melalui VR ini pengunjung bisa lebih memahami secara langsung pengalaman dan penanganan bencana minimal untuk diri sendiri dan juga bisa membantu sesama dalam kebencanaan. DVR simulasi ini juga bisa  dipakai untuk pelatihan para calon relawan, sebab sangat membantu memberikan pengetahuan yang bisa dirasakan langsung untuk bisa melakukan mitigasi bencana.

Pengunjung bisa belajar bahasa isyarat di stand silang.id

Tidak hanya pengalaman mencoba DVRS, talkshow keuangan yang menghadirkan Anisa Steviani juga tak kalah memberikan pencerahan pengelolaan keuangan untuk tahun 2023. Sehingga setelah mengikuti talkshow ini pengunjung juga bisa lebih memiliki self control pada keuangan mereka, terlebih overthinking soal keuangan. Sepanjang acara juga banyak booth keren yang memamerkan pakaian yang memiliki cerita dari para tokoh publik, dan terakhir panggung Sound Of Humanity menghadirkan Chiki Fauzi, Marjinal, The Rain dan Mocca. Dan selama acara ini semua selalu ada penerjemah untuk membersamai teman tuli lho. 

Pojok kenangan

Keren banget deh Jakhumfest. Yuk kita terus sebarkan apapun itu sesuatu yang memiliki kebermanfaatan untuk sesama. Terimakasih Dompet Dhuafa untuk acara keren ini. Tahun depan bikin lagi ya. 








You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write