Tips Meningkatkan Penjualan Produk Via Online

Tips meingkatkan penjualan produk via online G uys , apa nih target kalian setelah longgar dari semua peraturan akibat pandemi Covid-19? Ban...

Kolaborasi
Tips meingkatkan penjualan produk via online


Guys, apa nih target kalian setelah longgar dari semua peraturan akibat pandemi Covid-19? Bangkit yuk bangkiiit, hehe! Saya yakin pasti banyak banget rencana yang sudah disusun sedemikian rupa seandainya pandemi berakhir, ya kan? Saya juga sama kok, banyak banget rencana tapi harus di prioritaskan mana yang mau dijalani terlebih dahulu. Karena kalau terlalu banyak rencana dan pengen dikerjakan semua yang ada hanya tinggal wacana. 


Dampak pandemi salah satunya membuat kita jatuh bangun dalam hal financial. Peraturan selama pandemi yang mengharuskan di rumah saja membuat kita harus putar otak bagaimana melanjutkan usaha yang biasanya offline tapi harus tutup. Bagi yang biasa kerja dari mana saja via online mungkin nggak terkejut dengan kebiasaan baru ini, tapi bagi yang tidak terbiasa kerja online tentu saja harus beradaptasi lagi. Ini lah pentingnya mengikuti perkembangan digital agar tidak tertinggal. Pandemi menjadi hikmah bahwa masih banyak diantara kita yang hanya bisa menggunakan internet untuk bermain sosial media saja tapi tidak memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk menjadikannya peluang, kerja, atau bisnis online. 


Selama pandemi selain mengajar online sebagai Canva Coach di Canva Creative Class dan beberapa platform belajar seperti Merdeka Belajar dan Aksato, saya juga jualan bandrek online. Sebelumnya saya dan suami hanya ikutan bazar from mall to mall di Tangerang. Sebenarnya sebelum pandemi pun saya sudah jualan online tapi nggak begitu banyak penjualan. Saya dan suami saling diskusi gimana cara mendongkrang penjualan. Akhirnya ketemu jawabannya, kolaborasi. 


Yup, bandrek punya saya dan suami di kolaborasikan dengan bolen usaha milik teman suami. Ternyata penjualannya lumayan meningkat dibanding cuma jualan bandrek saja. Ternyata menemukan alasan pembeli untuk membeli dagangan kita butuh usaha ya. Penting banget menambahkan jenis dagangan kita. Bukan hanya minuman bandrek saja untuk dijual. Tetapi butuh sesuatu yang bisa dipasangkan sebagai teman jualan. Begitulah pengalaman berusaha di kala pandemi. 


Tips Meningkatkan Usaha Via Online


Berdasarkan pengalaman saya usaha online saya ingin berbagi tips ala saya bagaimana tetap bisa meningkatkan penjualan produk kita via online. 


Kuasai Digital

Saat ini mayoritas orang-orang beraktivitas online menggunakan internet dan menghabiskan waktunya lebih banyak menggunakan handphone atau laptop untuk bekerja ataupun sekadar cek sosial media. Sudah saatnya juga sebagai pelaku usaha kita harus menguasai digital, dan memanfaatkan internet untuk beriklan. 


Memanfaatkan Sosial Media

Sebisa mungkin kita memiliki akun sosial media khusus jualan produk nggak dicampur dengan akun sosial media pribadi. Kemudian manfaatkan sosial media untuk promosi agar para follower atau pengguna sosial media mengenal produk yang kita jual. 


Tingkatkan Skill

Jangan pernah puas dengan keahlian kita saat ini, terus tingkatkan skill bisa dengan mengikuti workshop public speaking, copywriting, kelas fotografi, kelas desain Canva, dll. 


Kolaborasi

Seperti pengalaman saya yang saya ceritakan di atas kalau kolaborasi itu penting karena bisa meningkatkan penjuala dengan membuat paket jualan produk bandrek saya dengan bolen. Jadi penyuka bolen bisa sekaligus nyobain bandrek, dan penyuka bandrek bisa nyobain bolen. 


Kolaborasi JNE dan Mitra UMKM Pasuruan

Ngomongin kolaborasi saya salut dengan programnya JNE salah satunya JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Pasuruan. JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Pasuruan merupakan kota ke-sepuluh dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia.


JNE Pasuruan
Goll..Aborasi JNE Pasuruan dan Komunitas UMKM Pasuruan

Gelaran webinar yang diadakan oleh JNE tujuannya agar mitra UMKM mampu bersaing di dunia digital. Dengan webinar online diharapkan UMKM di Indonesia, khususnya di Pasuruan dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global.


Menurut Dwi Setyaningsih Branch Manager JNE Pasuruan tren pengiriman di era memang semakin meningkat karena peranan para online shop yang terus berkembang. Maka dari itu kolaborasi antara JNE Pasuruan dengan komunitas UMKM Pasuruan diharapkan terus terjalin dan menjaga potensi dan peluang yang ada di Pasuruan. 


JNE menghadirkan dua pelaku UMKM pada gelaran ini, salah satunya yaitu Muhammad Taufiqi selaku Co-Founder Kelana Scarves. Sebagai sosok yang bergerak di industri fashion, Ia menilai pentingnya memahami social media marketing dan juga trend fashion yang ada di masyarakat, mulai dari belajar marketing dari seperti apa caranya menjual di Instagram, Facebook dan WhatsApp itu seperti apa, selain itu juga belajar social media ads



Hadir pula Haris Prasetyo selaku Owner Qrani Hijab yang bercerita soal perjalanan bisnisnya. Haris percaya bahwa keunikan bakal mudah diingat orang. Makanya belanja di tokonya bisa custom model dan warna apapun. Untuk mendapatkan awareness yang lebih besar, Haris menggunakan Facebook dan Instagram Ads, mempelajari social media marketing untuk meningkatkan bisnis. 


JNE Pasuruan memberikan solusi bagi para UMKM Pasuruan seperti workshop gratis untuk para UMKM Pasuruan, tersedia juga layanan free pick up di berbagai wilayah.

Selain itu, JNE menghadirkan program apresiasi untuk loyal customer seperti member JLC yang dimana para UMKM bisa mendapatkan hadiah menarik, dan promo diskon ongkir. 


Bagus banget ya ide kolaborasinya JNE, semoga program ini terus berlangsung dan menjadi inspirasi buat pelaku usaha lainnya. 







You Might Also Like

22 comments

  1. Memang banyak sekarang pelaku usaha yang berkolaborasi satu sama lain dan ini malah menarik konsumen untuk beli ya.
    Btw sukses buat JNE dengan program-programnya, semoga UMKM juga makin maju.

    ReplyDelete
  2. Dennise SihombingJune 10, 2022 10:03 AM

    Angkat 2 jempol untuk JNE yang peduli dan merangkul para pelaku UMKM di Pasuruan. Sukses untuk keduanya seiring berjalan

    ReplyDelete
  3. pelaku usaha jaman sekarang wajib hukumnya memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membantu memasarkan usahanya ke cakupan yang lebih luas

    ReplyDelete
  4. Kolaborasi adalah salah satu kunci bisnis agar sukses ya mbak. Kolaborasi bisnis antara JNE dan UMKM Indonesia, akan sama membawa keuntungan pada kedua belah pihak. JNE mempunyai customer dan UMKM bisa mengirimkan produknya ke seluruh Indonesia. Kolaborasi yang cakep

    ReplyDelete
  5. Aku setuju dengan kolaborasi bisnis yang mbak Tuty maksud. Aku pernah liat usaha cilok teman kolab dengan usaha coffee shop, pernah pula usaha minuman teh sereh tetangga kolab dengan brand madu. Setelah kolab, pelanggan lebih berminat dan pembelian meningkat. Kolabnya secara offline dulu, mereka gabung tempat. Jadi pas pelanggan datang untuk ngopi, sekalian dah makan cilok dan lainnya. Abis itu mereka jualan bareng secara online. Trik yang jitu menurutku.

    Kolaborasi JNE dengan UMKM pun ga kalah keren. Salut sama JNE tidak pernah henti peduli dan memberikan perhatian pada UMKM. Semoga membuat para UMKM dapat berkembang dan menjadi maju.

    ReplyDelete
  6. Persaingan jaman sekarang disikapi dengan bijak melalui kolaborasi dan kerjasama. Jadi bukan saling menjatuhkan melainkan saling sinergi untuk sama-sama maju.
    JNE selalu mengajak dan mengandeng pihak lain, ini bikin kita bangga loh sebagai konsumennya

    ReplyDelete
  7. Bener banget abis pandemi yg kita rasakan ialah financial yg cukup kacau. Beruntung banget kami masih bisa kembali ke WFO.

    Namun demikian saya pun kepikiran untuk memulai usaha. Ya harus punya sampingan dan menambah penghasilan. Mungkin jualan online memanf tepat nih, dan berkolaborasi dg JNE.

    ReplyDelete
  8. Siapp bangkit dan semangat bergerak pasca pandemi 👌
    Bersyukur bgt karena JNE SANGAT concern dgn pegiat UMKM ya.
    Makin semangattt👍

    ReplyDelete
  9. Seneng banget sama ide-ide JNE karena bantu terutama para UMKM. Kaya kolaborasi ini. Kan ada produk yang dijual single tuh kaya kurang greget. Tapi kalau gabung sama lainnya, jadi lebih oke

    ReplyDelete
  10. Sekarang memang zamannya kolaborasi ya. Masing-masing jadi saling maju. Gak kayak dulu yang fokusnya ke kompetisi. Yang malah bikin saling menjatuhkan. JNE keren nih bisa kolaborasi dengan banyak UMKM di berbagai daerah. Semoga jangkauannya semakin luas. Di berbagai pelosok tanah air pasti banyak nih UMKM yang kepengen kolaborasi dengan JNE juga.

    ReplyDelete
  11. Pengusaha pedagang smuaa terkena dampak ketika pandemi. Insya Allah ya sekarang memasuki endemi semoga seterusnya normal kembali.

    Memang sekarang pada berprosea merangkak naik lagi berbagai upaya salah satunya dengan kolaborasi bagus menurit saya krn produk kita biar byk dikenal

    ReplyDelete
  12. Mengembangkan bisnis online nih harus punya strategi yang kuat, dan mau terus berkembang dengan cara-cara yang baru ya, mbak.

    ReplyDelete
  13. Point penting yang harus di high-light sebagai pengusaha UMKM ini..
    Selain harus terus belajar dan membuka diri untuk berkolaborasi.
    Ini akan semakin mengembangkan sayap-sayap usaha baik dari segi ide maupun mewujudkannya.

    ReplyDelete
  14. Kadang ingin memulai bisnis dengan membuka toko offline, tapi masih ragu-ragu karena banyak saingan sana sini. Mkasiih ya mbak ilmunya. Saya jadi semangat mencari inovasi baru

    ReplyDelete
  15. Kadang ingin memulai bisnis dengan membuka toko offline, tapi masih ragu-ragu karena banyak saingan sana sini. Mkasiih ya mbak ilmunya. Saya jadi semangat mencari inovasi baru

    ReplyDelete
  16. Wah iya juga ya Mbak, berkolaborasi dengan pengusaha bolen membuat pelanggan jadi bisa mencoba keduanya, ya bandrek ya bolen..sungguh membawa keuntungan bagi kedua penjual dan pelanggan.
    Sebagaimana keuntungan yang didapat dengan berkolaborasi bersama JNE demi kemajuan usaha pelaku UMKM di Indonesia

    ReplyDelete
  17. Suka banget sama kolaborasi dari program JNE. Kerasa ya efeknya untuk para pegiat UMKM semakin mudah meluaskan pasarnya. Semoga setelah pandemi ini, geliat UMKM semakin nampak dan ekonomi kembali membaik

    ReplyDelete
  18. Nah kolaborasi ini kadang menjadi kunci majunya bisnis. Kita perlu juga berkolaborasi dengan partner partner strategis. Malah bisnis yang besar juga ga berdiri sendiri loh. Semoga UMKM Indonesia semakin maju yaa

    ReplyDelete
  19. JNE ini padahal besaaaar banget ya tapi masih mau membantu dan kolaborasi UMKM sehingga sama sama semakin maju insya Allah

    ReplyDelete
  20. Aku salut deh dama JNE. Program-programnya selalu menduku para pelaku usaha, khususnya UMKM. Semoga program-programnya semakin banyak ya.

    ReplyDelete
  21. JNE keren terus berinovasi dengan banyak banget pilihan termasuk dengan pengembangan aplikasi dan juga merangkul UMKM. Pokoknya JNE emang TOP, salut deh.

    ReplyDelete
  22. Ikutan bangkit kak. Setelah pandemi banyak hal yang pengen dilakuin. Salah satunya pengen buka usaha online. JNE bagus banget nih dijadikan mitra dalam pengiriman barang. Siiplah.

    ReplyDelete

Canva Magic Write