Sejarah Monumen Kenangan Hormat

di Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia P erjalanan mengunjungi Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia di Bandung awal Februari 2020 l...

di Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia
Perjalanan mengunjungi Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia di Bandung awal Februari 2020 lalu beneran bikin saya jadi senang ngulik-ngulik sejarah. Termasuk sejarah Monumen Kenangan Hormat yang ada di area gedung perkantoran PT. KAI. Kenapa ada monumen ini? Kenapa diberi nama Monumen Kenangan Hormat? Rasa penasaran ini kadang susah untuk bikin saya bersabar sedikit , hihi! 

Kantor Pusat PT. KAI Bandung untuk gedungnya sendirinya pun sudah punya sejarah, maka tak heran kalau bangunan di area ini banyak cerita bersejarah seperti Monumen Kenangan Hormat. Oke, biar nggak penasaran dan biar nambah pemahaman dan wawasan kita semua tentang sejarah saya akan share info yang saya dapatkan setelah sowan ke kantor ini. 

Lima puluh enam tahun lalu, tepatnya pada Jumat 28 September 1962 Djawatan Kereta Api (DKA) saat ini bernama KAI meresmikan sebuah monumen yang diberi nama Monumen Kenangan Hormat. Monumen ini berada tepat di depan pendopo Balai Besar Bandung (saat ini Kantor Pusat Bandung) dan diresmikan oleh Ir. Abu Prayitno selaku Direktur Jenderal Kepala DKA dihadapan ribuan pegawai DKA yabg diperkirakan sekitar tiga ribu orang. Peresmian monumen ini merupakan bagian dari upacara perayaan ulang tahun DKA ke 17.

Hanya boleh berfoto di area depan Monumen Kenangan Hormat, tidak boleh melewati pembatas

Awalnya Monumen Kenangan Hormat adalah monumen milik Staatspoorwagen (SS), perusahaan kereta api Negara saat itu. Jadi untuk memperingati perayaan ulang tahun SS ke 50 dibangunlah monumen peringatan berupa monumen beton yang dihiasi dua buah roda bersayap terbuat dari perunggu. Monumen peringatan diresmikan pada 20 November 1926.

Monumen Kenangan Hormat adalah hasil dari sayembara yang diadakan oleh Perkumpulan Olahraga dan Seni Hiburan Kereta Api (POSHKA). Tujuan pembangunan Monumen Kenangan Hormat adalah sebagai persembahan kepada para pahlawan DKA yang telah gugur dalam menunaikan darma baktinya kepada nusa dan bangsa, khususnya pada DKA. 

Monumen Kenangan Hormat memiliki simbol. Simbol-simbol yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Enam tiang yang menggambarkan adanya 6 eksploitasi (Eksploitasi Timur, Tengah, Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh) di DKA yang keseluruhan ikut serta dalam memperjuangkan Republik Indonesia. 
  2. Sebuah atap di atas tiang-tiang, melukiskan Balai Besar DKA melindungi dan memimpin setiap eksploitasi. 
  3. Gambar pejuang mengenangkan kita semasa perjuangan. Nggak sedikit pegawai DKA yang menjadi pejuang menghadapi serangan lawan hanya bersenjatakan bambu runcing. 
  4. Gambar seorang pemeriksa jalan kereta api yang melambangkan kewaspadaan. 
  5. Lima buah anak tangga menuju lantai monumen. Angka lima sebagai pertanda filsafat negara yang berpedoman kepada Pancasila. 
  6. Tulisan berwarna emas dengan warna dasar hitam di kanan dan kiri monumen. Tulisan di kiri berbunyi "Bunga Pudjaan… Karena kematian adalah mati mulia… Mati dalam menegakkan Negara. Engkaulah kiranja jang disebut orang Bunga Pudjaan Bangsa" sedangkan tulisan di kanan berbunyi "Dipersembahkan kepada para Pahlawan DKA jang telah gugur untuk membela Nusa dan Bangsa". 

Monumen Kenangan Hormat 

Sampai saat ini Monumen Kenangan Hormat masih berdiri kokoh dan menghiasi halaman Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia di Bandung. Monumen ini sebagai tanda penghormatan bagi perjuangan para pendahulu kita. Dan sebagai penghormatan pula saat saya dan teman-teman berkunjung kesini kita nggak diperbolehkan foto-foto di dalam pagar monumen, cukup dari luar saja.

Nah, itu sepenggal cerita Monumen Kenangan Hormat yang saya dapatkan. Semoga para pahlawan-pahlawan kita mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya, dan saatnya kita melanjutkan tongkat estafet perjuangan yang telah dimulai oleh pendahulu kita.



You Might Also Like

30 comments

  1. Namanya unik ya.. Monumen Kenangan Hormat.. Btw, mengenal suatu tempat lengkap dengan mengenali asal-usul sejarahnya pastilah memberikan arti lain dalam kunjungan tsb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak.. berkesan banget jadi tau sejarah

      Delete
  2. Kalau jalan sambil belajar sejarah gini seru kak. Jadi menambah pengetahuan sekaligus refreshing

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi tau bagaimana perjuangan orang-orang sebelum kita 😊

      Delete
  3. Nama monumennya unik Mbak. Sudah selayaknya kita sebagai warga yang baik untuk tidak jas merah ya? (jangan sekali-kali melupakan sejarah).

    ReplyDelete
  4. Monumen Kenangan Hormat ini asri ya mba tempatnya, kalau pandemi selesai aku pingin mengunjungi tempat ini deh 😊

    ReplyDelete
  5. Aku suka banget jalan-jalan sambil tahu sejarah. Seru dan asik, nambah pengetahuan. Kayaknya ini aku masukin wishlist tempat yang ingin aku kunjungin setelah pandemi berakhir hehe 😁

    ReplyDelete
  6. Kantor kereta api di Bandung itu lokasinya di mana sih mbak? Apa deket banget sama stasiun? Baru ngeh ada monumen kyk gtu di sana.
    Jalan2 ke Bandung ngangenin yaaa, usai pandemi moga bisa ke sana lg aamiin :D

    ReplyDelete
  7. padahal ini rute aku banget kalo mau ke rumah mertua, tapi gak mampir dong hehhee jadi rindu Bandung deh. Biar bisa silaturahmi sama mertua

    ReplyDelete
  8. Perusahaan kereta api Negara, Staatsspoorwegen (SS)ini mengingatkan eyangku dulu. seringnya kalo ngomong kereta api itu ya sepur...

    ReplyDelete
  9. Monumen Kenangan Hormat dulunya ada roda bersayap tapi sekarang udah berubah bentuk banget? aku cari-cari di mana yaa rodanya?

    ReplyDelete
  10. Ya ampyuuunn, BANDUNG ini kenapa penuh dgn heritage yg mengesankan banget siihhh
    Jadi mupeng ke BDG lagiii
    Semoga corona segera berakhir yaaa

    ReplyDelete
  11. Namanya beda, unik dan punya cerita tersendiri ya, Mbak. Aku suka lihat-lihat monumen di daerah lain. Rata-rata memang sebagai pengingat perjuangan

    ReplyDelete
  12. aku senang banget jalan-jalan ke tempat yang punya nilai sejarah seperti ini. Adanya monumen ini jadi pengingat ya mbak akan jasa pahlawan yang telah berjuang

    ReplyDelete
  13. Stasiun Bandung memang punya background sejarah yang lumayan kental, sampai ada monumen kayak gini juga. Tapi memang sejarah perkeretaapian di Indonesia lumayan menarik untuk diikuti. Di Jakarta pun sangat menarik melihat perkembangan setiap stasiunnya.

    ReplyDelete
  14. Bangga banget ya pemenang sayembara ini dan karyanya terpilih untuk dibuat, jadi pengingat generasi berikutnya akan perjuangan para pahlawan bangsa..

    ReplyDelete
  15. Namanya unik, monumen kenangan hormat. Aku belum pernah ke kantor kereta api bandung padahal kalo ke bandung ya pasti naik kereta api. Kayaknya mesti nyempetin jalan2 ya kalau nanti ke bandung lagi biar taunya gak cuma stasiun ka - rumah, rumah - stasiun ka aja hehehe

    ReplyDelete
  16. Mungkin kata sepur mengadopsi dari kata Staatsspoorwegen (SS) ini ya, Mak?
    Aku baru tahu lho tentang monumen kenangan hormat ini.

    Btw,
    Aku lihat rumput di depan monumen itu memang gondrong ya, Mak?
    Maaf, seperti luput dari perawatan?

    ReplyDelete
  17. Wah, boleh juga ini kalo ke Bandung. Biasanya jalan-jalan ke tempat wisata, sekali-kali harus wisata sejarah ke PT KAI sambil lihat monumen kenangan Hormat

    ReplyDelete
  18. Astaga bertahun-tahun sering lewat deket kantor KAI malah baru tau ada Monumen Kenangan Hormat ini mbak 😭 sebelumnya aku taunya cuma ada loko uap did depan kantor KAI doang. Hehe
    Kapan kapan kalau ke Bandung aku sempetin mampir deh soalnya aku emang suka sejarah kereta api.

    ReplyDelete
  19. Kapan ya terakhir kali aku main ke tempat yg punya nilai sejarah gini.. Duh, udah lama banget. Apalagi aku blm pernah sm sekali ke bandung. Bnr2 insight baru ini

    ReplyDelete
  20. aamiin monumen yang banyak sejartahnya buat indonesia ya mba
    beruntung bisa jejalan sebelum pandemi dan mengunjunginya <3

    ReplyDelete
  21. Banyak banget sejarah yang bisa kita gali dari perkerataapian di negeri ini. Dari kisah nenek saya saja, saya sudah pernah membuat cerpen tentang kereta api zaman dulu dan ternyata itu seru banget. Apalagi bisa berkunjung ke museumnya.

    ReplyDelete
  22. bagus nama monumennya ya Mba, bagus datangke sana emnang bersama suami, hahaha. berwisat ke museum emnang seru

    ReplyDelete
  23. I love taking a historical trip like this and enjoy all the sceneries as well as the stories.

    ReplyDelete
  24. Wah nama yang unik.. sesuatu yang gak sengaja kita temukan.. bisa jadi menarik dan berkesan ya..Sayang gak bisa lihat bagian dalamnya..

    ReplyDelete
  25. Baru kali ini loh mba saya baca tentang Monumen Kenangan Hormat. Unik juga ya namanya.
    Semoga dengan adanya monumen ini, kita tak pernah lupa pada jasa para pendahulu yang membuat kita lebih mudah di masa sekarang.

    ReplyDelete
  26. Monumen kenangan Hormat ini tersembunyi namun banyak yang tahu yah, makasih sharingnya jadi tau sejarahnya tentang monumen kenangan hormat ini.

    ReplyDelete
  27. gak boleh dekat2...takut ada tangan usil yg coret2 ya. kalau begini kan sampai kapanpun monumen kenangan hormat akan tetap kokoh dan bentuknya jg terjaga

    ReplyDelete
  28. Aku yang orang Bandung kok belum pernah ke sini yaa. hehehe. Keren deh Mbak bisa mengulas tempat bersejarah gini. Btw monumen ini ternyata udah tua juga ya, bahkan ada sebelum Indonesia merdeka

    ReplyDelete

Canva Magic Write