Azza Aprisaufa Memberdayakan Sarjana Lewat Aplikasi

G uys , apa yang menjadi tantangan para lulusan sarjana saat ini? Mencari pekerjaan sesuai bidangnya belum tentu perusahaan sedang merek...


Guys, apa yang menjadi tantangan para lulusan sarjana saat ini? Mencari pekerjaan sesuai bidangnya belum tentu perusahaan sedang merekrut karyawan dalam jumlah besar, kalau pun ada perusahaan yang menerima karyawan belum tentu kualifikasi nya cocok. Ternyata memiliki ijazah perguruan tinggi nggak menjamin lulusan sarjana bisa menjadi pekerja siap pakai. Justru semakin banyak lulusan universitas semakin banyak pula angka pengangguran. Susahnya para lulusan sarjana mendapatkan pekerjaan salah satu penyebabnya karena mereka tidak memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. So kesimpulannya kualitas para lulusan perguruan tinggi banyak yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri. Itulah mengapa para sarjana masih banyak yang menganggur.

Dilema memang jadi lulusan sarjana, saya pernah mengalaminya. Saya lulusan Sarjana Argonomi dari salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Sumatera Utara. Harapan untuk bisa langsung bekerja dan diterima di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sama sekali sirna. Saya malah bekerja di perusahaan yang sama sekali nggak ada kaitannya dengan ilmu yang saya dapat sewaktu di bangku kuliah. Ya, saya bekerja di perusahaan saham milik Malaysia, kemudian berganti bekerja di perusahaan tour dan travel. Kalau ditanya kenapa saya bekerja diluar apa yang saya dapat selama di universitas? Jawabannya karena peluang itu yang ada saat itu. Dan yang ada dalam pikiran saya mungkin memang saya harus belajar ilmu lain diluar ilmu yang saya dapat. Makanya saya bisa merasakan bagaimana perasaan adik-adik sekarang lulusan sarjana yang tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Tapi perlu diketahui selama belum mendapatkan pekerjaan tetap di salah satu perusahaan, saya tetap mencari solusi bagaimana caranya mendapatkan uang. Saya jualan batik titipan teman, membuat kreasi dan menjualnya kembali, pokoknya saya memanfaatkan kekosongan dengan kreativitas. Karena waktu tak akan berulang, prinsip saya setiap waktu dan kesempatan harus benar-benar dimanfaatkan.


Memberdayakan Sarjana Lewat Aplikasi

Ngomongin masih banyaknya lulusan sarjana yang kembali ke daerah dan masih menganggur membuat Azza Aprisaufa anak muda asal Takengon, Aceh Tengah memiliki ide untuk memberdayakan sarjana lewat aplikasiAzza Aprisaufa adalah salah satu Penerima Apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018.  Azza melihat masalah tenaga kerja terutama lulusan sarjana yang belum sesuai kualifikasi, selain itu jumlah lapangan kerja tak sebanding dengan jumlah lulusan perguruan tinggi.

Azza Aprisaufa
Azza sendiri sebenarnya memiliki lembaga bimbingan belajar Saufa Center. Awalnya banyak sekali lulusan sarjana di Takengon yang mengajukan lamaran di tempatnya. Azza nggak bisa menampung semuanya karena keterbatasan tempat. Dari sinilah Azza memiliki ide untuk memanfaatkan teknologi digital. Azza membuat aplikasi pemesanan guru privat dimana setiap orang yang membutuhkan jasa guru privat bisa memesannya melalui aplikasi dimana pun dan kapan pun. Aplikasi ini bernama saufacenter.com.

Saat saya bertanya pada Azza saat malam Apresiasi Astra Untuk Anak Bangsa 9th SATU Indonesia Awards 2018, konsep yang diusung Azza mirip aplikasi transportasi online yang mempertemukan penumpang dan pengemudi. Jujur saya salut dengan ide nya Azza, anak muda di daerah yang memikirkan nasib anak-anak muda lain yang tak kunjung mendapatkan kerja. Harapan saya dan tentunya harapan kita semua semoga banyak anak-anak muda di Indonesia yang terinspirasi dan memiliki ide kreatif seperti Azza.Saya yakin pada dasarnya setiap orang punya potensi, tinggal kita sendiri lah yang membuka diri dan mau melakukan perubahan.


9th SATU Indonesia Awards

Saya senang sekali mendapatkan undangan khusus untuk bisa menyaksikan malam Apresiasi Astra Untuk Anak Bangsa 9th SATU Indonesia Awards 2018 pada tanggal 27 Oktober kemarin di Jakarta Convention Center (JCC). Teman-teman pasti sudah tahu dong ya apa itu SATU Indonesia Awards? Jadi SATU Indonesia Awards merupakan Apresiasi Astra Untuk Anak Bangsa, baik individu maupun kelompok yang memiliki kepeloporan dan idealisme untuk berbagi dengan sesama, anak-anak muda yang memiliki semangat yang sejalan dengan Astra, yang senantiasa memberikan manfaat bagi masyarakat luas di lima bidang yakni: Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Wirausaha, dan Teknologi

Prof Emil Salim dengan Penerima Apresiasi 9th Indonesia Awards  Mohamad Habif Wicaksono (kiri) dan Narman (tengah)


Tahun ini adalah tahun ke-9 SATU Indonesia Awards. Yang bikin seru event ini diadakan bertepatan dengan event IdeaFest. IdeaFest merupakan sebuah festival kreatif tahunan dalam mempertemukan profil-profil kreatif muda lintas industri yang secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 26 Oktober 2018.

SATU Indonesia Awards bekerjasama dengan IdeaFest untuk penyelenggaraan Apresiasi Astra Untuk Anak Bangsa 9th SATU Indonesia Awards 2018, serta Ideatalks yang menampilkan kisah-kisah inspiratif dari para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards. Selain bertepatan dengan IdeaFest, SATU Indonesia Awards juga bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober.



Gloria Jessica di 9th SATU Indonesia Awards 2018
GIGI di 9th SATU Indonesia Awards 2018
Dalam sambutannya, Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto mengatakan kalau 9th SATU Indonesia Awards 2018 ini diadakan seiring dengan semangat 90 tahun Sumpah Pemuda. SATU Indonesia Awards, dan ini merupakan langkah nyata dari Astra untuk berperan aktif berkontribusi meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia.

Pada prinsipnya dimanapun Astra berada selalu berkomitmen untuk memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi CATUR DHARMA Astra, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Harapan Prijono Sugiarto malam itu anak-anak muda yang menyaksikan malam apresiasi SATU Indonesia Awards terinspirasi untuk berkarya dan mengekspresikan karya terbaik mereka.

Tulus di 9th SATU Indonesia Awards 2018 

Penerima Apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018


Selain Azza Aprisaufa ada 6 orang anak muda kreatif lainnya yang menerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2018, mereka adalah:

  1. Nordianto (Kesehatan– Kalimantan Barat) dengan program edukasi kesehatan terhadap remaja usia sekolah
  2. Surya Dharma (Pendidikan – Sulawesi Tengah) dengan program tuntas belajar 12 tahun
  3. Mohamad Hanif Wicaksono (Lingkungan – Kalimantan Selatan) dengan program konservasi tanaman buah asli Kalimantan
  4. Franly Aprilano Oley (Lingkungan – Kalimantan Timur) dengan program pengelolaan karst
  5. Narman (Kewirausahaan – Banten) dengan program promosi dan penjualan kerajinan khas Baduy
  6. Meidy Fitranto & Faris Rahman (Kelompok – DKI Jakarta) dengan program pendirian perusahaan bernama Nodeflux untuk menyediakan teknologi berbasis intelligent video analytics dengan deep learning dan computer vision.

Prijono Sugiarto dan 7 Penerima Apresiasi 9th Indonesia Awards
Para penerima apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018 tingkat nasional ini mendapat dana pembinaan Rp 60 juta dan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra. Hadiah yang didapatkan bisa mengembangkan hasil karya mereka menjadi sempurna. Inilah wujud dari keutuhan sebuah bangsa, semuanya turut memberikan kontribusi positif bagi kebutuhan masyarakat, baik itu melalui Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Wirausaha, maupun Teknologi.

Yuk, kita tunggu anak-anak muda kreatif di SATU Indonesia Awards tahun depan. Memang menjawab tantangan itu tidak harus sempurna tetapi itu sudah merupakan jawaban yang bisa terus dikembangkan. Info lebih lengkap tentang penerima apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018 bisa dilihat di www.satu-indonesia.com/satuindonesiaawards.





You Might Also Like

28 comments

  1. Salut sekali buat anak2 muda yang bisa menuangkan ide2 kreatif mereka.. semog bermanfaat untuk kemajuan bangsa.

    ReplyDelete
  2. Keren banget idenya, Aceh pasti berbangga memiliki anak muda seperti Saufa. MasyaAllah

    ReplyDelete
  3. Banyak juga ya yg diberi penghargaan, dana yg diberikan jg lumayan banget utk mengembangkan ide yg sudah berjalan. Sukses selalu utk anak muda kreatif Indonesia!

    ReplyDelete
  4. Mantap banget anak muda jaman milenial ini mereka memang pantas diapresiasikan :)

    ReplyDelete
  5. Waah Azza keren sekali membuat aplikasi yang memberdayakan sarjana dan memang benar dilema sekali kalau lulus bisa kerja di mana? Mending kalau cocok pekerjaannya kalau nggak sesuai dengan bidang pendidikan juga khan banyak ya

    ReplyDelete
  6. Salut untuk anak2 muda kreatif yg juga menjadi pembuka jalan bagi anak2 muda lainnya. Semoga sukses bersama ya..

    ReplyDelete
  7. Aku suka banget konsep ini:

    "...terinspirasi untuk berkarya dan mengekspresikan karya terbaik mereka!"

    Layak memang Azza juara ya, dia bisa memberikan solusi.

    ReplyDelete
  8. Semoga makin banyak anak-anak milenials yang kreatif seperti ini, biar Indonesia bisa cepat maju di semua bidang, Aamiin..

    ReplyDelete
  9. Pemuda yang menggondol predikat macam-macam di belakang namanya, jangan sampai lengah untuk menikmati keberhasilan yang telah diraih tapi carilah celah untuk mempraktikkannya di lapangan. Kita harus mencari bukan menunggu. So, semangat buat para penyandang gelar kesarjanaan.

    ReplyDelete
  10. keren banget yaa, para penerima Apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018 ini *jempol*

    semoga semakin banyak lagi anak-anak muda yang kreatif dan menginspirasi muncul ke "permukaan" :)

    ReplyDelete
  11. halo mba Tuty, memang aku rasakan skarang susah mencari pekerjaan. Lulusan sarjana banyak tapi pekerjaan yang tersedia jadi terbatas ya. Bagus skali Azza Aprisaufa ini jika bisa maksimal memberdayakan sarjana :)

    ReplyDelete
  12. Seneng banget melihatnya kalau generasi muda pada berprestasi begini. Justru waktu masih muda, harus dimanfaatkan banget untuk menuai prestasi

    ReplyDelete
  13. aku salfok sama style nya tulus, itu sarung apa gimana ya? hehe btw mas azza ini bener bener menginspirasi ya. manteppp

    ReplyDelete
  14. Kereeenn.
    Ini nih yg dibutuhkan oleh mereka yang masih bingung mau ngapain. Cuss yaaa, cek aplikasinya.

    Upsss, saya jg lhoo. Ilmu yg didapatkan di bangku kuliah beda dgn yg diterapkan saat bekerja ini. Meski masih ada sedikit hubungannya juga siih :D

    ReplyDelete
  15. Keren banget ini saufacenter.com dan aku baru tahu setelah baca postingan ini. Kalau sarjana saja banyak yang menganggur lantas bagaimana dengan saya yang hanya lulusan SMK. Huhuhu.

    ReplyDelete
  16. fSelamat untuk semua pemenang ya mba. Luar biasa dan inspiring banget memang ya. Sepintas tapi pemenangnya didominasi laki-laki ya mba

    ReplyDelete
  17. Semoga makin lahir pemuda kreatif dan ga mengandalkan pekerjaan mainstream di Indonesia ini.

    ReplyDelete
  18. Itu yang dapat penghargaan pada keren-keren ya. Masih muda, kreatif, dan terpikir untuk memberdayakan banyak orang ke hal yang positif.

    ReplyDelete
  19. MAkin banyak anak muda kreatif makin maju Indonesia ya. Semoga ada pemenang perempuannya juga di award mendatang

    ReplyDelete
  20. Wah menarik. Senang sekali melihat anak muda yang berkarya menjalankan perannya

    ReplyDelete
  21. Saluut, deh, sama anak muda yang kreatif. Dengan ilmunya bisa menghasilkan sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang banyak. Kereen!
    Semoga ke depannya, semakin banyak lagi anak muda yang kreatif dan bisa bermanfaat untuk banyak orang.

    ReplyDelete
  22. Lumayan jadi solusi
    Banyak banget kan sarjana yang asal kuliah entah jurusan apa lalu kerjanya sedapatnya. Padahal lumayan kalau ilmu2 yg didapat bisa diaplilasikan di kehidupan

    ReplyDelete
  23. Pemuda2 yang keren dan kreatif di jaman digital. Saluuutt...

    ReplyDelete
  24. Astra konsisten nih ngadain award Satu Indonesia. Pengen sih ikutan kalo ada lombanya tapi koq ya ga ada idenya ya

    ReplyDelete
  25. Sukses selalu untuk generasi milenial.
    Semoga inovasi mereka terus berlanjut karena riset itu gak murah dan harus didukung oleh perusahaan besar.

    Salut untuk Apresiasi 9th SATU Indonesia Awards.

    ReplyDelete
  26. Sebagai sarjana tentu mencari pekerjaan akan menjadi dilema tersendiri. Wah pas banget nemu aplikasi ini, pengen coba ah šŸ˜

    ReplyDelete
  27. simple, tapi idenya keren dan bermanfaat banget ya mba...
    bisa membantu orang lain juga :)

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah suka bacanya mbak, semoga setelah ini lahir anak anak muda kreatif yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete