Kondisi Kelistrikan Negara yang Perlu Diketahui

H ello! Apa yang ada di benak teman-teman kalau saya sebut nama PLN (Perusahaan Listrik Negara) . Bagi yang penerangan di daerah nya b...


Hello! Apa yang ada di benak teman-teman kalau saya sebut nama PLN (Perusahaan Listrik Negara). Bagi yang penerangan di daerah nya bagus dan nggak pernah ada masalah seperti mati listrik atau travo bolak-balik kebakar pasti ngasi jempol dong ya untuk PLN. Begitu juga sebaliknya teman-teman yang daerahnya sering mati listrik seperti daerah asal saya Sumatera Utara kalau saya sebut nama PLN langsung deh pada marah-marah "Gila ya PLN disitu mau maghrib dan berbuka puasa mati lampu, sahur mati lampu, mana nasi baru di masak. Mau nya apa sih PLN!" jujur saja ini kalimat yang hampir setiap hari saya dengar kalau lagi nelfon orangtua dan saudara di kampung halaman. Bahkan tak jarang saking kesalnya sumpah serapah pun keluar. "Duh, nggak usah ngomongin PLN deh bikin sakit hati serasa hidup di jaman purba nggak ada lampu, PLN memang nggak adil sama kita-kita yang tinggal di pelosok". Tak ayal lagi singkatan PLN pun jadi plesetan Perusahaan Lilin Negara, dll. 

Kalimat-kalimat keluhan yang saya tulis di atas bukan karangan tapi memang kenyataan. Saya pun turut marah kalau lagi liburan ke rumah orangtua di Pangkalan Berandan, Langkat Sumatera Utara tiba-tiba mati lampu. Siapa coba yang nggak kesal disaat kita lagi seru-serunya ngobrol bareng keluarga, lagi makan malam bareng tiba-tiba mati listrik mati. Asli kesal banget, dan kejadian mati listrik ini nggak sekali dua kali tapi berkali-kali. Untungnya ada emergency lamp! Tau nggak sih, saking seringnya mati listrik sejak kecil tuh saya sudah di wanti-wanti orangtua kalau tidur jangan lupa bawa senter, jadi itu senter di taruh di bawah bantal. Soalnya saya suka terkejut kalau tiba-tiba mati lampu kayak kelelep rasanya. Makanya di daerah saya yang namanya emergency lamp dan senter paling laris manis penjualannya karena sudah jadi kebutuhan.

Kadang saya suka mikir gimana mau maju daerah saya kalau listrik saja masih kekurangan. Orang-orang yang punya usaha pun sering mengeluh karena nombok untuk biaya genset. Sedih deh, jadi ingat jaman kecil di kampung nenek di daerah Aceh yang sama sekali tak ada penerangan, malam hari kampung cuma diterangi kunang-kunang. Seandainya kunang-kunang bisa di ternak mungkin orang-orang udah pada ternak kunang-kunang kali. Jadi curhat, hihi. Untungnya curhatan saya dan teman-teman didengarkan dan ditanggapi langsung oleh Dirut PLN dan jajarannya di acara Buka Bersama Bareng PLN, Kamis 31 Mei 2018 di The Dharmawangsa, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.


Bagaimana Kondisi Kelistrikan di Indonesia?

Acara buka puasa bareng PLN berlangsung serius tapi santai. Saya jadi banyak mendapatkan insight bagaimana sebenarnya kondisi kelistrikan kita. Yups sebagai warga negara yang baik alangkah baiknya pula ikut mencari tahu apa yang terjadi dengan kondisi PLN, mengapa listrik sering mati di daerah-daerah tertentu seperti daerah saya, dan apa langkah yang sudah dilakukan PLN untuk mengatasi defisit listrik. Beneran deh, saya tuh sudah lama menanti-nanti kapan yah PLN mengundang blogger untuk bincang-bincang santai soal kelistrikan. Bersyukur sekali di bulan yang penuh berkah ini akhirnya para blogger dan penggiat sosial media diajak berbuka puasa bersama sekaligus berbincang mengenai kinerja PLN.

Agung Murdifi
Acara dibuka dengan sambutan dari Agung Murdifi Manager Senior Public Relations PLN.  Saya sempat ngakak sewaktu pak Agung bertanya kepada kami, "Apa pendapat kalian tentang PLN? Misalnya PLN itu pelayanannya bagaimana? PLN itu sejenis hewan apa?". Sontak kami semua tertawa. Ya, ini sebenarnya sentilan juga buat saya yang sering kesal sama PLN. Dan pertanyaan yang dilemparkan pak Agung pun bukan tanpa sebab, ini kalimat karena saking seringnya PLN di bully. Hihi! Memang kondisi negara yang mengalami defisit listrik membuat PLN harus berbesar hati menampung keluhan dan amukan masyarakat. Kondisi ini memang dimaklumi karena masyarakat butuh listrik untuk melakukan aktivitas kehidupan. 

Saat ini PLN sudah ada Aplikasi PLN Mobile. "Kita nggak kalah loh dengan Go-Jek", kata pak Agung. Kalau kita sekarang download aplikasi PLN Mobile kemudian aktivasi dan memasukkan nomor ID Pel di rumah kalau suatu saat di rumah kita mengalami gangguan listrik bisa langsung klik PLN Mobile. Jadi manfaat PLN Mobile ini diluncurkan untuk memudahkan kita para pelanggan untuk mengecek tagihan, mengecek history token, penambahan daya, juga komplain kerusakan. Intan Fahdiana Public Relation PLN juga menambahkan saat ini masyarakat nggak jauh-jauh dari teknologi jadi dengan adanya aplikasi PLN Mobile semakin memudahkan masyarakat, sama dengan PLN Contact Center 123 yang memberikan kemudahan layanan listrik kapan saja dan dimana saja.

Aplikasi Mobile PLN
Listrik itu prosesnya berbeda dengan barang. Listrik ini harus dijaga 24 jam, PLN tak pernah tidur begitulah kira-kira kalimat yang tepat untuk menggambarkan PLN. Pak Agung mengibaratkan dengan bus. Misalnya PLN punya kewajiban mengangkut 150 penumpang, dengan kondisi setiap bus memiliki kapasitas 50. Kalau secara matematikanya PLN harus menggunakan 3 bus kan ya? Tapi berbeda dengan hitungan kelistrikan PLN. PLN harus menyiapkan 5 bus, karena kalau listrik tiba-tiba mengalami gangguan dan saat pemeliharaan maka diperlukan cadangan listrik. Kondisi cadangan diharuskan lebih dari 30%. Ini sebagai langkah preventif jika terjadi padam listrik, maka pembangkit tenaga lain dapat menggantikan daya tersebut.

Teman-teman mungkin pernah dengar program 35 ribu megawatt yang diluncurkan Jokowi tahun 2015 lalu. Menurut pak Agung program yang diluncurkan ini dibuat untuk menjawab permasalahan yang dialami warga di pedalaman yang belum mendapatkan aliran listrik, juga daerah-daerah yang mengalami defisit. Selain itu konsumsi listrik per kapita di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Program 35 ribu megawatt dicanangkan untuk 5 tahun sejak tahun 2015. Saat itu Jokowi meminta pemerintah dan BUMN terkait untuk memprioritaskan pembangunan energi terbarukan. Jadi kita bisa memanfaatkan pembangkit tenaga air, angin, juga geothermal agar tidak tergantung terhadap batubara. 

Intan Fahdiana


Bagaimana PLN Meningkatkan Pasokan Listrik?

Muhammad Ali Direktur Human Capital Management PLN memaparkan bahwa kondisi kelistrikan sejak tahun 2017 sudah tidak ada lagi defisit. Defisit terjadi ketika daya mampu kurang dari beban puncak, namun saat ini pasokan listrik telah terpenuhi, begitu juga dengan daerah 3 T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) atau daerah yang dinilai masih memerlukan bantuan dalam berbagai sektor. Kalau kita lihat kondisi kelistrikan nasional tahun 2015 banyak daerah yang berwarna merah (defisit) dan tahun 2017 sudah banyak yang hijau (cukup supply listrik). Kok bisa secepat itu ya PLN meningkatkan pasokan listrik?


Ya, hanya dalam waktu 2 tahun PLN bisa meningkatkan pasokan listrik salah satunya karena PLN bisa membangun transimisi dengan cepat dimana pada tahun 2016 terdapat Perpres yang memudahkan untuk pembebasan lahan dan ini juga memudahkan untuk pembangunan infrastuktur. Sebelum Perpres 2016 pembebasan tanah berlaku NJOP (Nilai Jual Objek Pajak), dimana harga tanah tidak sesuai dengan NJOP bahkan lebih tinggi. Sementara kalau PLN membeli tanah diatas NJOP bisa kena pasal 3 UU Tipikor dimana dianggap memperkaya orang lain. Belum lagi kalau membangun tower di dalam hutan harus mengurus izin. Makanya dengan adanya Perpres memudahkan PLN membangun transmisi lebih cepat.

Kondisi saat ini listrik cukup. Meskipun masih ada keluhan yang masuk karena listrik mati, kondisi ini harus kita pahami ya guys. Karena ibarat mobil yang biasa kita pakai dan dalam kilometer tertentu harus di service dan ada perbaikan begitu juga dengan listrik. Kemudian listrik juga bisa mati karena kondisi alam, misalnya ada nya bencana atau transmisi tertimpa pohon, dsb. Jadi yang namanya gangguan bisa terjadi kapan saja.


Muhammad Ali

Lisa (Listrik Untuk Desa)

Hingga Bulan April 2018, PLN telah melistriki 76.152 desa, atau lebih dari 6.000 desa sejak tahun 2015. Desa-desa yang dialiri listrik memiliki karakteristik berupa akses yang sulit dan juga biaya yang tidak murah. Untuk daerah Papua pemerintah mencanangkan listrik dengan menggunakan air sebagai sumber listriknya. Pembangunan listrik di Maluku dan Papua memakan biaya 100-150 juta per rumah. Namun pembiayaan Maluku dan Papua yang tinggi tidak menghalangi PLN untuk tetap mengaliri listrik di daerah tersebut. Karena semua daerah adalah Indonesia Bumi Pertiwi, maka dari itu Maluku dan Papua juga harus diprioritaskan.

Dalam kurun waktu yang singkat yakni 2015 sampai 2018 desa-desa sudah dialiri listrik oleh PLN. Ini juga karena PLN telah menempatkan masing-masing direktur di 7 pulau. Dengan begitu direktur yang ditunjuk bertanggung jawab atas pulau-pulau tersebut, mulai melakukan survei, melakukan pembangunan sampai dengan menghidupkan. Inilah program Lisa. Yang paling seru itu di Maluku kata pak Muhammad Ali. Karena Maluku itu pulaunya banyak tapi penduduknya sedikit. Di masing-masing pulau tidak semuanya berpenduduk. Jadi kalau PLN membangun listrik di daerah Maluku dan Papua memerlukan biaya yang tidak sedikit. Makanya dilakukan subsidi silang, PLN mengambil listrik dari Jawa dan Sumatera.

Program Lisa salah satu tujuannya adalah agar tahun 2019 Program Papua Terang dapat dilaksanakan. Tapi apakah seluruh Papua bisa diterangi? "Idealnya memang demikian tapi prioritas pada desa-desa yang memiliki kecamatan terlebih dahulu", papar pak Muhammad Ali.

tanya jawab blogger dan Dirut PLN


Energi Baru Terbaharukan

Menurut survey Ease of Doing Business - EODB oleh World Bank, Di tahun 2015 Indonesia menduduki peringkat 78 dalam peringkat kemudahan mendapatkan listrik. Sedangkan, di tahun 2018 menduduki peringkat 38 yang mana merupakan kemajuan pesat bagi Indonesia. Ada 4 hal yang harus dibangun untuk mendapatkan listrik, yaitu membangun pembangkit, transmisi, gardu induk, dan distribusi. Saat ini PLN terus bekerja meningkatkan kapasitas pembangkit, panjang transmisi, dan kapasitas gardu induk untuk memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat, juga kehandalan sistem.

Tidak benar jika saat ini PLN sedang mengalami oversupply akibat surplus listrik. Surplus yang terjadi saat ini merupakan keberhasilan pemerintah untuk menyediakan listrik yang memadai dan handal sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan listrik serta menarik investor untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Saat ini PLN mengupayakan agar harga listrik tetap stabil melalui efisiensi dalam bentuk kerjasama dengan subsidi pemerintah. PLN memanfaatkan sumber daya batu bara dan energi keterbaharuan. Hal ini dilakukan guna memaksimalkan potensi yang dimiliki Indonesia.



Peran Konsumen 

Keseruan lain di acara berbuka puasa bersama PLN adalah dengan hadirnya Dirut PLN Sofyan Basir. Ibarat Bapak dan anak yang sudah lama tek bersua pertanyaan-pertanyaan sebagai tanda keingintahuan bagaimana kinerja PLN pun dilontarkan. pak Sofyan benar-benar terbuka dan sangat rendah hati menerima, masukan maupun keluhan yang disampaikan para blogger dan penggiat sosial media. 

Pak Sofyan mengatakan gangguan-gangguan yang dialami PLN cukup banyak selain musibah atau kondisi alam. Diantaranya tiang-tiang di potong, kabel-kabel listrik dicuri, tembaga-tembaga dipotong, dan ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Kadang kita nggak pernah terpikir separah inilah yang terjadi kenyataannya di lapangan.

Sofyan Basir
Pak Sofyan berharap adanya peran dan kontribusi konsumen juga dalam hal kondisi kelistrikan. Jadi kalau bisa jangan berupa keluhan saja tapi juga laporan, baik itu memberi informasi yang jelas kerusakan listrik yang dialami daerahnya dimana, atau bisa juga memberi informasi seputar perbaikan listrik yang menyebabkan kondisi jalan jadi rusak. Karena galian listrik itu adalah tanggungjawab kontraktor, ada perjanjian antara kontraktor dan PLN agar kontraktor mengembalikan kondisi bekas galian menjadi mulus seperti semula. Pencapaian yang sudah diraih PLN ini juga karena kontribusi masyarakat dengan pemakain listrik yang hemat. Hemat pemakaian listrik juga membantu konsumsi listrik semakin efisien.

Senang sekali bisa menjadi bagian dari para blogger yang diundang oleh PLN di acara Buka Bareng PLN. Banyak informasi dan wawasan yang saya dapatkan. Semoga kita semua bisa memahami bagaimana kondisi kelistrikan negara ini. Bayangkan saja Indonesia yang punya 17 ribu lebih pulau yang semua penduduknya punya hak untuk mendapatkan penerangan yang sama. Kondisi Indonesia yang memiliki banyak pulau harus diimbangi dengan infrastruktur yang baik pula untuk bisa membangun transmisi listrik. So, semoga kita bisa bijak menyikapi kondisi kelistrikan negara kita ya guys.





You Might Also Like

4 comments

  1. Program pemerintah sudah tepat sasaran ya mbak. Sayangnya banyak orang awam yg maunya menang sensiri.listrik naik dikit protes padahal untuk mensubaidi daerah tertinggal kan ya. Thx for share

    ReplyDelete
  2. Tiga tahun tinggal di perantauan, merasakan susahnya mati lampu secara konsisten Kak Syafia hiks. Semoga dengan kenaikan listrik, daerah-daerah yang membutuhkan bisa teraliri listrik dengan maksimal ya Kak.

    ReplyDelete
  3. Ya, walau memang terasa berat si klo listrik mahal. Tapi setelah tau kalau ini demi pemerataan juga, gpp lah ya

    ReplyDelete
  4. Wah, keren deh PLN. Semoga makin banyak daerah yang dialiri listrik dan konsisten mengaliri listrik. Hihi, semoga makin jarang mati listrik

    ReplyDelete

Canva Magic Write