7 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikutan Lelang di IBID

Saya bersama salah satu produk lelang otomotif mobil di IBID Pulogadung G uys , apakah kalian pernah ikutan lelang baik itu titip jual otomo...

Titip Jual Otomotif
Saya bersama salah satu produk lelang otomotif mobil di IBID Pulogadung


Guys, apakah kalian pernah ikutan lelang baik itu titip jual otomotif maupun non otomotif serta membeli barang lelang? Saya sendiri kerap mendengar kata lelang karena adik saya yang bergelut dibidang jual beli motor. Bahkan istilah-istilah dalam pelelangan pun terekam di kepala saking seringnya adik ikutan lelang. Biasanya sih adik ikutan lelang barang-barang perusahaan, sering mondar-mandir menunggu proses lelang. Tapi ya gitu pernah kejadian nitip duit ke temannya untuk bareng-bareng beli barang lelang yang ada duit dibawa kabur. Kejadian ini jadi pelajaran banget sih, kalau mau ikutan lelang mending ikutan langsung tanpa nitip-nitip dan pilih balai lelang yang terpercaya.


Ngomongin balai lelang, akhir Agustus lalu saya berkesempatan mengunjungi IBID - Balai Lelang Serasi di Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur dalam rangka mengikuti event IBID Blogger YouTuber Gathering 2023 menghadirkan narasumber Bapak Daddy Doxa Manurung selaku Presiden Direktur IBID


Titip Jual Otomotif
Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur IBID

Jujurly, ini kali pertama saya mainnya agak jauh ke Pulogadung hehe! Beneran happy karena yang selama ini cuma mendengar sekilas tentang lelang jadi banyak tahu dan menambah wawasan mengenai lelang. Malah jadi merasa tertinggal banget, selama ini tahunya lelang itu ya cuma kendaraan seperti motor, mobil dan alat berat saja. Ternyata barang-barang lifestyle juga bisa di lelang. Teman-teman juga kemungkinan baru tahu kan? 

Tentang IBID

IBID - Balai Lelang Serasi merupakan balai lelang yang berdiri sejak tahun 2007, yang merupakan anak perusahaan PT Serasi Auto Raya (SERA) yang bernaung di bawah naungan Grup Astra. Saat ini IBID sudah ada di 10 cabang yang tersebar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Semarang, Makasar, Banjarmasin, Balikpapan. Selain itu, IBID juga bisa melayani kebutuhan melelang di luar kota jaringan IBID. Sampai saat ini IBID sudah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.


Selain dapat melelang produk-produk otomotif, seperti mobil bekas dan motor bekas, IBID juga bisa melelang barang-barang non-otomotif, seperti alat berat, scrap, dan lifestyle. Untuk mengikuti lelang maupun titip jual melalui IBID dapat dilakukan secara online melalui website atau aplikasi IBID, mulai dari proses registrasi, beli NPL, pengecekan jadwal lelang, pengecekan daftar lot, hingga proses titip jual aset pribadi maupun perusahaan.



Tipe Lelang di IBID

Bapak Daddy Doxa dalam paparannya menjelaskan bahwa sebelum pandemi proses lelang di IBID masih dilakukan secara onsite atau konvensional. Sejak pandemi dan setelah pandemi proses lelang dilakukan secara online atau berbasis digital. Jadi bisnis lelang terus berjalan tanpa harus onsite. 


Produk lelang otomotif berupa motor di IBID Pulogadung


IBID memiliki 3 tipe lelang, yaitu Live Auction, Timed Auction, dan Flash Auction: 

1. Live Auction merupakan lelang secara langsung dan bersamaan di waktu yang sama, dan dapat diikuti oleh seluruh peserta lelang dari berbagai lokasi melalui aplikasi atau website. Lelang ini biasanya dilakukan setiap hari Rabu dan Sabtu untuk di Jakarta, dan untuk di luar kota mengikuti jadwal lelang cabang yang telah ditentukan. Sebelum lelang dilaksanakan, calon peserta dapat melihat objek lelang (unit) secara online dan offline 3 hari kerja sebelum tanggal lelang.


2. Timed Auction merupakan lelang berjangka yang diselenggarakan eksklusif hanya di aplikasi IBID. Setiap unit dilelangkan dengan jangka waktu tertentu, biasanya dalam 1 hingga 3 hari. Selama waktu lelang jika setiap unit masih ada, peserta lelang tetap bisa melakukan penawaran melalui aplikasi hingga waktu lelang berakhir. Saat lelang dilaksanakan, calon peserta dapat melihat objek lelang (unit) secara online dan offline selama lelang berlangsung.


3. Flash Auction merupakan metode lelang online terbaru di IBID yang diadakan secara real time dalam kurun waktu yang singkat (1 - 2 jam) dan dapat diikuti eksklusif melalui aplikasi IBID. Untuk saat ini flash auction di IBID baru dilakukan untuk lelang mobil. Saat lelang dilaksanakan, calon peserta dapat melihat objek lelang (unit) secara online menggunakan fitur live streaming dan bertanya menggunakan live chat.


Cara Titip Jual di IBID
Cara Titip Jual di IBID (Flash Auction)

Kenapa Kamu Wajib Lelang di IBID?

1. Lelang di IBID Mudah, Bisa Diikuti Dari Mana Saja 

Mengikuti lelang di IBID bisa dengan mudah dari mana saja dikarenakan sudah 100% berbasis online yang bisa kita akses melalui 2 platform yakni Website & Aplikasi. 


2. IBID Memberikan Informasi Kondisi Mobil dengan Transparan

IBID telah bekerjasama dengan Astra Car Valuation (ACV) untuk melakukan inspeksi kondisi mobil yang aktual dengan adanya grading untuk eksterior, interior, mesin dan rangka mobil.


Lelang di IBID
Pengecekan kendaraan dilakukan secara saintifik


Lelang di IBID
Inspeksi kendaraan ACV 100% dilakukan oleh para inspektor ahli dan berpengalaman di bidang otomotif yang memahami seluk beluk kendaraan dengan baik

3. Dapat Mengetahui Range Harga untuk Jual/Beli Mobil Via Lelang 

IBID memberikan range harga mobil sesuai dengan kondisi berdasarkan grade ACV kepada pengguna sehingga para pengguna bisa mengetahui kisaran harga jual mobil via lelang dan pengguna bisa menyesuaikan dan mengetahui budget yang diperlukan untuk membeli mobil via lelang.


4. Sistem Lelang Dijamin 100% Bersih & Jujur

IBID menjunjung tinggi hasil lelang yang bersih & jujur, karena IBID telah diawasi oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam naungan Kementrian Keuangan Republik Indonesia. IBID juga memiliki ISO 27001 dalam memenuhi standar internasional mengelola keamanan informasi.


5. Pembayaran Dijamin 100% Aman

Setiap transaksi yang dilakukan di IBID sudah dijamin aman karena sudah menggunakan virtual account dalam melakukan pembayaran deposit NPL maupun pembayaran tagihan pelunasan. Saat ini terdapat 7 pilihan bank yang dapat menjadi opsi (BCA, Mandiri, Permata, BRI, BNI, BSI, & Bank Sampoerna). Selain itu, IBID telah bekerja sama dengan AstraPay untuk melakukan pembayaran deposit NPL. 


6. Banyak Promo Menarik

IBID juga memberikan promo menarik agar peserta lelang semakin untung dalam memiliki objek lelang yang diinginkan karena sesuai dengan tagline IBID "Menang Banyak di IBID"


7. NPL Unlimited

NPL Unlimited merupakan fitur eksklusif yang hanya dapat digunakan peserta lelang dengan member Gold atau Platinum. NPL unlimited saat ini hanya dapat digunakan untuk mengikuti lelang mobil. Dengan menggunakan NPL Unlimited ini, peserta lelang memiliki kesempatan untuk memenangkan sekaligus 5 mobil dalam sekali jadwal lelang tanpa melakukan deposit NPL berulang kali. NPL unlimited ini dapat digunakan selama 6 bulan setelah deposit & dapat diperpanjang maupun dicairkan (apabila tidak ada tunggakan wanprestasi).



Lelang di IBID
Tata Cara Lelang di IBID


Nggak ikutan lelang tapi pengen titip jual aja di IBID? Tenang guysIBID memiliki 2 tipe layanan titip jual yaitu  titip jual otomotif dan titip jual non-otomotif. Fitur ini memiliki 2 metode, yaitu reguler dan eksklusif. Adapun caranya sebagai berikut:


1. Titip jual reguler berbeda dengan titip jual eksklusif, titip jual reguler dilakukan di cabang IBID. Disini teman-teman perlu membawa unit yang hendak dilelang di lokasi pool terdekat. Meski begitu, proses penjualan dilakukan secara terbuka dan transparan. Titip lelang reguler dapat diikuti produk otomotif dan non-otomotif, seperti mobil, motor, alat berat, barang-barang lifestyle (gadget, perlengkapan bayi, hingga fesyen).


2. Titip jual eksklusif atau dikenal dengan istilah Flash Auction. Walau masih terbatas pada mobil layanan lelang ini dapat memudahkan untuk menjual mobil bekas secara cepat, karena dapat dilakukan di lokasi mana saja. Proses lelang pun dilakukan secara online dalam jangka waktu terbatas melalui live streaming di aplikasi IBID. Selain itu, calon penitip dapat memilih apakah ingin melakukan proses inspeksi secara reguler di pool IBID atau eksklusif di rumah.


Apa saja keuntungan yang didapat melalui titip jual barang di IBID? Simak yuk keuntungannya.

  1. Jadwal lelang bersifat fleksibel sesuai pilihan
  2. Unit lebih cepat terjual sebab terdapat 5.000 pembeli aktif di IBID
  3. Khusus Jakarta, proses lelang dapat dilakukan dimana saja (barang yang dilelang melalui flash auction)
  4. Lelang disiarkan melalui live streaming oleh inspektor (barang yang dilelang melalui Flash Auction)
  5. Kondisi unit dapat diketahui oleh calon pembeli, karena didukung oleh hasil inspeksi ACV serta dapat memberikan pertanyaan kepada inspector menggunakan kolom Live Chat;
  6. Pembayaran hasil titip jual dilakukan lebih cepat paling lambat 3 hari setelah pemenang melakukan pelunasan;
  7. Transaksi berlangsung secara aman dan terpercaya tanpa Cash on Delivery (COD).


Unduh Aplikasi IBID di Google Play Store atau App Store
Jadi jangan bingung lagi kalau mau ikutan lelang. Proses lelang cukup transparan dan dilakukan via online. Nggak perlu repot-repot nitip teman menunggu jadwal lelang atau melihat barang lelang. Semua bisa dilakukan secara online. Untuk tahu lebih banyak mengenai cara ikutan lelang atau titip jual teman-teman bisa unduh kunjungi www.ibid.astra.co.id atau unduh aplikasi IBID di Google Play Store dan App Store. Ikuti juga akun media sosial resmi IBID di bawah ini.

TikTok       : @ibid_balailelangserasi
Twitter        : @ibid_lelang




You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write