Menjaga Mental Tetap Sehat Karena Mental Butuh Kompensasi

Menjaga Kesehatan Mental S elama pandemi saya sering sekali mengikuti webinar yang bertemakan kesehatan mental dan nggak pernah ketinggalan ...

Plays.org
Menjaga Kesehatan Mental

Selama pandemi saya sering sekali mengikuti webinar yang bertemakan kesehatan mental dan nggak pernah ketinggalan mengikuti update-an instagramnya para psikolog ataupun terapis mental health. Ternyata berdasarkan survei 68% orang depresi akibat Covid-19 (sumber: Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). Yap, pandemi tak hanya mengubah pola hidup, masalah sosial dan finansial, tapi juga kesehatan mental.

Beberapa teman dan saudara ada yang terkena dampak pandemi, mengalami stres karena biasa bekerja tapi harus dirumahkan. Ada yang terpaksa pindah rumah numpang di rumah mertua karena tak sanggup membayar sewa. Ada pula yang stres karena anak harus mengikuti PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) otomatis harus punya hp sementara anak ada 3 dan ketiganya sekolah. Banyak lagi keluhan-keluhan lain akibat dampak Covid-19.

Hobi Desain Membantu Mengurangi Rasa Cemas

Saya sendiri terkadang dilanda cemas dan jenuh selama di rumah saja. Tetapi saya tidak mau membiarkan mental saya sakit karena pandemi. Hati dan pikiran bekerja keras apa yang harus dilakukan, tak bisa cuma berdiam diri. Membuat desain ilustrasi mengandalkan aplikasi desain online sangat membantu saya menghilangkan rasa cemas dan jenuh. Malah semakin hari semakin membuat happy karena yang awalnya mendesain sekadar hobi dan menjadi healing untuk diri sendiri justru menarik perhatian para follower dan ingin belajar juga. Nah, ini namanya hobi jadi rezeki. Dan akhirnya selama pandemi aktivitas saya selama di rumah saja disibukkan dengan mendesain dan mengajar online.


Canva
Hasil utak-atik aplikasi design online, jujur ini healing banget selama pandemi 

Saya pun rajin membuat schedule harian, apa saja aktivitas yang harus dilakukan dari hari ke hari. Kegiatan mengajar online di awal-awal buka kelas mulai dari pagi, siang, dan malam. Sekarang selain mengajar online berdasar request juga disibukkan dengan tawaran mengajar di platform kelas online lain. Jadi kegiatan mengajar online saya batasi seminggu dua kali saja mengingat kegiatan saya harus ngonten juga sebagai seorang blogger dan influencer.


Adakalanya boring juga menyerang bahkan gawatnya jika datang disaat deadline. Teman-teman pasti pernah mengalami hal yang sama kan? Ada baiknya ambil waktu jeda sedikit untuk relaksasi dengan melakukan aktivitas pendek yang terhindar dari pressure deadline. Kalau saya biasanya main game, terus berselancar sejenak ke plays.org mencari game yang ringan dan simpel. Sekadar keluar sebentar dari pikiran yang tegang atau takut deadline yang tidak maksimal. 


Main Game Gratis di Plays.org 

Plays.org adalah fun online game yang menyediakan lebih dari 1000 game online yang bisa kita akses melalui browser atau web secara gratis. Jadi kita nggak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Serunya lagi kita bisa menyimpan game favorit kita. Suatu saat pengen main lagi nggak harus cari-cari karena sudah tersimpan. Nggak hanya main game sendirian, kita juga bisa main game di plays.org bareng anak atau istri/suami. 


Plays.org
Plays.org

Biasa saya tuh suka parno kalau buka website game online karena suka ada iklan berupa konten dewasa, tapi teman-teman jangan khawatir. Di plays.org asli isinya game semua nggak ada iklan-iklanan apalagi iklan dewasa. Jadi aman kalau anak-anak ikutan main game di web ini.


Saya jadi ingat zaman masih kuliah suka banget main game mahjong dan solitaire. Kedua game ini menemani saya mengerjakan skripsi. Loh, kok bisa? Iya, sambil ngerjain skripsi yang penuh dengan data-data lapangan saya main game. Saya ngerjain skripsi di warnet sebelah kos, maklum zaman itu belum punya komputer dan laptop cuma mesin ketik doang. Jadi kalau ngerjain skripsi harus ke warnet. Untungnya bisa sambil main game. 


Plays.org
Game Mahjong di plays.org

Makanya happy banget begitu buka plays.org ada game solitaire dan mahjong. Langsung deh main game favorit, da mahjong paling favorit karena berhasil bikin penasaran dan mumet jadi niat banget harus diselesaikan gamenya. Trus teman nanya dong, “Bukannya makin mumet ngerjain skripsi tapi gamenya mahjong?”. Justru main mahjong melatih otak biar terbiasa mikir. Ya nggak? Hehe!


Yuk, tetap jaga kesehatan mental. Cari kegiatan atau hobi yang membuat kita happy. Bisa bercocok tanam, menjahit, mendesain, atau hobi lainnya. Sesekali nggak ada salahnya main game karena game juga membantu kita melatih fokus dan menambah kreativitas.









You Might Also Like

18 comments

  1. Alhamdulillah selama pandemi malah saya bisa produktif aktif ngeblog, aktif bikin youtube dan menulis buku šŸ¤²šŸ¤²

    ReplyDelete
  2. Sekarang yang namanya kesehatan mental jadi issue yang diperhitungkan ya mbak. Apalagi setelah orang sadar bahwa setiap orang butuh ruang untuk dirinya sendiri

    ReplyDelete
  3. designnya Mak Tuty keren-keren banget, Alhamdulillah nemuin sarana buat stress release ya

    ReplyDelete
  4. Mbak Tuty, cakep-cakep banget desainnya. Kreatif banget dalam mengatur komposisi. Pantasan ya bisa berfungsi healing banget otak-atik desain Canva ini. Aku menikmati gambarnya saja dibuat senang..

    Iya aku pun termasuk yang gelisah tak menentu selama di rumah saja ini, Mbak. Untung punya blog, jadi energi negatifnya diusahakan dibalik jadi positif dengan update blog bisnis maupun traveling :)

    ReplyDelete
  5. Senangnya nemu kegiatan buat healing selama pandemi ya Mba Tuty..keren memang dirimu dengan karya dan berbagi ilmu desain ini. Tambah terhibur juga sesekali dengan main game yang legend banget, mahjong, solitaire dan lainnya di plays...wah, fresh jadinya

    ReplyDelete
  6. Nah iya.. kadang menjalani hobi itu seperti obat ya mbak.. Tai memang desainnya mbak Tuty bagus-bagus sih :D, master canva hahaha. Ada ide nih buat follow akun psikolog, kayaknya gak ada satupun saya follow mbak. Oh ya.. jadi main game gak selamanya jelek ya mbak.. ^^

    ReplyDelete
  7. Aku juga jadi healing dan merasa bahagia liat desain gambar kak Tuty.
    Jadi memang menemukan titik healing seseorang ini bisa dengan beragam cara yaa..
    Kalau bermain di plays.org ..uda pasti bahagia banget. hihii...kadang suaranya aku ilangin, biar anak-anak gak tau kalau mama lagi main.

    ReplyDelete
  8. saat pandemi banyak hobi dan kreatifitas yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan mental ya, mbak. senang rasanya kalau hobinya bisa jadi ladang rezeki.

    btw, aku juga memilih untuk main game pas mulai suntuk atau punya waktu luang. dan plays.org menjadi pilihan karena enggak harus install.

    ReplyDelete
  9. Kesehatan mental itu nggak kalah penting dari kesehatan fisik ya mbak
    Makanya juga harus dirawat, caranya nggak susah ya.
    Main game online di plays juga bisa jadi cara kita merawat kesehatan mental

    ReplyDelete
  10. Hobi itu healing banget ya apalagi saat pandemi , bosan di rumah aja dan banyak khawatir, melakukan hobi jd pengalih perhatian juga

    ReplyDelete
  11. Pandemic, konon blessing in disguise. Yang pandai memanfaatkan momentum, maka akan muncullah potensi-potensi dalam dirinya yang selama ini mungkin terabaikan. Hihi, keren Mak. Terima kaish juga ya sudah mau mengajar di kelas KEB.

    ReplyDelete
  12. Di masa pandemi begini, kerasa banget ya manfaat sehat mental. Sakit mental sedikit, bisa fatal karena bisa kena penyakit penyebab pandemi. Jadinya ya kudu selalu dijaga kesehatannya. Salah satunya dengan banyak-banyak refreshing. Misalnya dengan main games.

    ReplyDelete
  13. Aku gak terlalu suka makn games mbak, apalagi yang ada musuhnya takut hahaha. Tapi kalau cari kesibukan untukmain games ringan plays.org cocok banget memang ini. Buat anak-anak juga bisa sekaligus belajar sambil bermain

    ReplyDelete
  14. iya keren mba tuty jadi sampai bikin kelas <3 kece mbaaa
    aku juga suka di plays anak-anak mainan online macam-macam bisaaaa

    ReplyDelete
  15. Iya bener mental itu kudu dijaga ya mba. Aku sempat stres pas oandemi, mana lagi hamil. Akhirnya semakin mendekatkan diri sama Allah SWT lebih tenang.

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk muridnya mak Tuty di kelas desain canva loh. Hehehe. Memang setiap dari kita perlu punya cara untuk copying stress ya supaya kesehatan mental tetap terjaga.

    ReplyDelete
  17. Pandemi ga jadi halangan ya buat produktif..btw aku juga main loh di plays.org banyak.pilihan game nya, buat anak2 juga banyak game edukatif

    ReplyDelete
  18. Permainan nya sama ih sama aku mbak. Aku juga suka main games di plays jga loh

    ReplyDelete