Berbagai Jenis Makanan Yang Tepat Untuk Anak Kucing

Memilih Makanan Yang Tepat Untuk Anak Kucing  M emiliki peliharaan seperti kucing kadang harus siap dengan kondisi bahwa si kucing akan memi...

Memilih Makanan Yang Tepat Untuk Anak Kucing 


Memiliki peliharaan seperti kucing kadang harus siap dengan kondisi bahwa si kucing akan memiliki anak. Banyak pemilik hewan juga kadang memilih kucing dalam bentuk masih anak untuk dirawat. Anak kucing sifatnya lucu dan menggemaskan memang jadi daya tarik dan pemikat hati. Saya sendiri selama kuliah menjadi anak kos selalu ditemani kucing kesayangan. Tapi bukan perkara mudah untuk memeliharanya terutama dalam hal makanan.


Cara merawat anak kucing tentunya akan berbeda dengan merawat kucing dewasa. Anak kucing harus betul – betul diperhatikan aspek nutrisi dan kesehatannya. Mengingat dirinya yang masih rapuh sehingga kita harus menjaganya dengan baik. Dari beberapa tindakan perawatan kucing adalah dengan memberi makanan yang terbaik dan tepat. Dengan jenis makanan yang tepat akan membuat kucing sehat dan baik tumbuh kembangnya. Lalu seperti apa makanan yang tepat untuk anak kucing itu? 



Jenis-Jenis Makanan Anak Kucing

Secara umum kita bisa menemukan makanan khusus anak kucing dipasaran seperti pet shop offline maupun pet shop online.


Namun dari berbagai makanan, biasanya dikelompokkan dalam jenis berikut :


1. Wet Food / Makanan basah

Sesuai namanya wet food adalah makanan yang khusus untuk anak kucing karena tekstur dan kandungan gizi yang cocok bagi kucing. Dengan bentuk yang  gampang dicerna dengan banyak kandungan air membuat saluran kencing lancar namun gizi tetap masuk.


2. Dry Food /Makanan Kering

Selain makanan basah makanan kering bisa dipilih untuk anak kucing karena lebih banyak dipasaran dan cukup tahan lama. Biasanya makanan ini berupa daging yang telah diolah dengan cara tertentu.


3. Makanan Mentah

Makanan mentah masuk dalam kelompok makanan anak kucing walau tidak semua anak kucing dapat makan makanan jenis ini. Biasanya makanan ini berupa ikan, daging, bahkan tulang.


4. Makanan Berprotein Rendah

Makanan berprotein rendah baik diberikan untuk anak kucing agar mencegahnya terkena penyakit ginjal. Makanan dengan protein rendah namun banyak air bisa dipakankan untuk kesehatan pencernaan si anak kucing.


Makanan di atas ialah makanan anak kucing yang bersifat umum, namun secara khusus untuk jenis anak kucing berikut makanannya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya simak poin berikut:



Jenis Makanan Untuk Kucing Umur Satu Bulan

Pada usia kucing 1 bulan jelas anak kucing belum lepas dari induknya sehingga makanan yang diberikan tidak boleh serampangan. Pemberian makanan yang benar dilakukan supaya mencegah kucing dari sakit atau mati. Adapun makanan yang bisa diberikan ialah sebagai berikut :


1. Bubur, Makanan Halus atau Wet Food

Sama pada poin sebelumnya, karena anak kucing baru 1 bulan tidak bisa mencerna makanan kasar berikanlah makanan halus. Makanan halus bisa berupa bubur, makanan yang dihaluskan, atau makanan Basah. Khusus untuk ini perhatikan pula nutrisinya seperti kalsium, vitamin, dan asam amino seperti Omega 3 dan 6


2. ASI atau Susu Anak Kucing

Bukan hanya bayi manusia saja yang butuh air susu ibu (ASI), anak kucing pun wajib mengonsumsi ASI untuk kesehatannya. Apabila kesulitan memberikan ASI dari induknya anda bisa memberikan susu khusus dengan alat khusus seperti botol anak kucing atau popet 



Jenis Makanan Untuk Anak Kucing Kampung

Selain kucing biasa dan kucing berumur satu bulan, kucing kampung pun harus diperhatikan makanannya. Biasanya karena kucing kampung biasa makan sembarangan padahal jelas membahayakan membuatnya tidak diperhatikan.  Untuk memberi makan anak kucing kampung bisa berupa jenis makanan berikut:


1. Nasi Yang Dicampur

Berikan nasi yang sudah dicampurkan dengan daging halus atau ikan. Cobalah untuk mencapur 25 persen nasi dengan daging 75 persen. Pastikan pula teksturnya cukup halus untuk dikunyah.


2. Tempe

Bila memiliki tempe pemilik anak kucing bisa mengganti nasi dengan tempe. Untuk komposisinya tidak jauh berbeda yakni 25:75 persen.


3. Daging atau Ikan

Daging atau ikan adalah favorit kucing kampung kebanyakan. Oleh sebab itu berikan daging terbaik dan pastikan diolah dahulu dalam keadaan matang untuk menghindari bakteri yang berbahaya bagi pencernaannya.



Bagaimana Memilih Makanan Anak Kucing Yang Tepat?

Walau jenis makanan anak kucing di atas cukup bervariasi, namun anda juga harus memilih makanan yang tepat untuk peliharaan anda. perhatikan hal – hal ini sebelum membeli makanan kucing, yakni sebagai berikut:

  • Pilih makanan yang mudah didapatkan, jangan memaksakan diri  mencari bahan yang tidak ada di pasaran atau tidak cukup dengan budget yang anda miliki.
  • Pilih jenis makanan sesuai kebutuhan dan jenis kucing. Jangan terlalu kurang atau berlebihan.
  • Perhatikan jenis makanan sesuai umurnya, karena tiap tingkatan umur nutrisi yang dibutuhkan juga berbeda. 
  • Konsultasikan pada dokter hewan atau pet shop untuk memilih makanan tersebut.


Designed By Tuty Queen
Cat Lover


Nah, buat kalian pecinta kucing jangan lupa perhatikan asupan makanan sekaligus nutrisi kucing kesayangan kalian ya.









You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write