Donasi Ultra Voucher Melalui Relawan Siaga Berupa Pengisian Tabung Oksigen

V irus Covid-19 belakangan ini seakan menjadi momok yang mengerikan bagi kita.  Bagaimana tidak, virus tak kasat mata ini sudah hampir 2 tah...


Virus Covid-19 belakangan ini seakan menjadi momok yang mengerikan bagi kita.  Bagaimana tidak, virus tak kasat mata ini sudah hampir 2 tahun berdiam di bumi tercinta. Datang dari negara tirai bambu yang sampai sekarang kita tak tahu pasti penyebab kemunculannya. Yang pasti kini virus Covid-19 mengacaukan seluruh dunia. Fokus kita sekarang bukan mikirin bagaimana dan kenapa virus ini bisa muncul, tetapi bagaimana kita mematuhi protokol kesehatan kita dan keluarga kita tidak tertular Covid-19. 

Ngeri banget, benar-benar tak pandang bulu nih virus ini. Bisa menyerang siapapun yang imunitasnya lemah terutama yang paling dikhawatirkan adalah lansia dan orang dengan penyakit bawaan atau komorbid. Virus ini bisa mematikan tergantung dari daya tahan tubuh seseorang. Ada pula yang baik-baik saja walau sudah terpapar virusnya. Oleh sebab itu, agar tidak tertular dan menularkan ke orang lain, sebaiknya jangan keluar rumah jika tidak terlalu penting. Namun jika terpaksa, pastikan saat keluar rumah selalu gunakan masker, jaga jarak sekitar 1 meter dari orang lain, rajin mencuci tangan minimal 20 detik. Yang paling penting jaga pola makan, serta pikiran agar imunitas tidak kendor. Lalu apa yang harus dilakukan jika sudah terpapar virus? Segera cari bantuan medis jika mengalami gejala serius. Orang dengan gejala ringan yang dinyatakan sehat harus melakukan perawatan mandiri di rumah. Rata-rata gejala akan muncul 5–6 hari setelah seseorang pertama kali terinfeksi virus ini, tetapi bisa juga 14 hari setelah terinfeksi. Nah, ini adalah informasi dari satgas Covid ya semoga bisa menjadi acuan.


Dampak Covid-19 semakin hari semakin mengkhawatirkan. Tabung oksigen untuk para penderita Covid yang benar-benar membutuhkan semakin langka. Yang bikin miris lagi banyak masyarakat yang kena “panic attack” sehingga rela antri membeli oksigen untuk berjaga-jaga kalau-kalau mereka yang terkena virus. Tapi tindakan ini justru menyebabkan pasien yang benar-benar emergency kekurangan oksigen.


Situasi yang meresahkan ini menjadikan Ultra Voucher terpanggil untuk bekerjasama dengan Relawan Siaga dengan memberikan bantuan untuk mengisi 1100 tabung oksigen bagi para pejuang Covid yang membutuhkan. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara online melalui Zoom pada tanggal 22 Juli 2021 yang dihadiri oleh manajemen Ultra Voucher dan Ketua juga beberapa perwakilan dari Relawan Siaga. Sebelum saya ceritakan bagaimana prosesi penyerahan bantuan dimana saya juga ikut hadir sebagai blogger, yuk kita simak dulu sekilas tentang Ultra Voucher dan Relawan Siaga.


Tentang Ulta Voucher

Ultra Voucher adalah platform di bawah naungan PT Trimegah Karya Pratama Tbk, perusahaan teknologi yang bergerak di industri voucher belanja/gift card baik berupa fisik maupun digital. Berdiri pada tahun 2014. Perseroan ini berperan sebagai generator voucher yang disebarluaskan kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Ultra Voucher menjadi platform yang digunakan untuk mendistribusikan voucher ke konsumen.


Ultra Voucher merupakan sebuah aplikasi dan features pelengkap atau supporting dari berbagai platform, perusahaan dan bank digital. Per Desember 2020, total downloader aplikasi Ultra Voucher sudah lebih dari 200.000 baik di perangkat android maupun iOS. Di mana terdapat lebih dari 10.000 pengguna yang melakukan transaksi setiap bulannya. 



Saat ini, Ultra Voucher telah menjalin kerja sama dengan 300 brand dan lebih dari 40.000 outlet di seluruh Indonesia. Adapun merchant yang bekerjasama dengan Ultra Voucher saat ini dari berbagai segmen, yakni :

-Beauty & Relaxation

-Department Store

-E-Commerce

-Entertainment

-Food & Beverage (F&B)

-Hotel & Travel

-Accessories & Jewelry

-Lifestyle

-Investment, dan lain-lain.


Tentang Relawan Siaga

Relawan Siaga berdiri 10 November 2019 dan sudah terdaftar di Kemenkumham sebagai ormas yang bergerak di bidang sosial. Anggotanya terdiri dari pensiunan prajurit Angkatan Darat yang bersama sama bergabung di Relawan Siaga. Dalam paparannya, Ketua Umum Relawan Siaga Agus Sutomo mengatakan setiap ada bencana di pelosok nusantara relawan siaga berusaha hadir untuk membantu saudara-saudara kita yang mengalami musibah. Kegiatan kemanusian yang lain juga banyak dilakukan. Seperti saat terjadi bencana di Jakarta, Sukabumi, Majene, dll, Relawan Siaga berkolaborasi dengan teman-teman yang mau bekerjasama. Selain itu, Relawan Siaga saat ini mengusahakan alat-alat bantuan Covid.



Konsep awalnya Relawan Siaga adalah sumber daya manusia militan berjiwa kemanusiaan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Relawan Siaga putra disebut SIAGAWAN sedangkan Relawan Siaga putri disebut SIAGAWATI. Dari kondisi dampak Corona, Relawan Siaga terpanggil untuk melakukan apa saja yang penting bisa menolong. Yang paling emergency adalah kebutuhan oksigen. Semua kelimpungan karena oksigen langka sekali hampir semua di RS. Oleh karena Relawan Siaga ingin membantu masyarakat yang terkena Covid dan butuh tabung oksigen mendesak. 


Penyerahan Donasi Ultra Voucher kepada Relawan Siaga

Penyerahan donasi Ultra Voucher sendiri dilakukan secara simbolis oleh Riky Boy Permata, Direktur Ultra Voucher kepada Ketua Umum Relawan Siaga Letjen TNI (purn) Agus Sutomo, disaksikan oleh manajemen Ultra Voucher dan perwakilan  pengurus pusat dari Relawan Siaga. Ia mengatakan pihaknya siap berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Program CSR Ultra Voucher sendiri fokus pada meringankan kebutuhan masyarakat disaat tertentu.




Ultra Voucher memberikan bantuan dengan cara melakukan pengisian tabung oksigen selama 15 hari, dimana setiap harinya akan mengisi tabung oksigen berukuran 1m3. Dengan demikian, total tabung yang akan diisi dari dana Ultra Voucher sebanyak kurang lebih 1.100 tabung oksigen ukuran 1m3. Seluruh tabung yang sudah berisikan oksigen ini nantinya akan diberikan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Relawan Siaga.


Sandiaga Salahudin Uno aka Sandiaga Uno selaku Ketua Dewan Pengawas Relawan Siaga saat sesi Zoom melalui rekaman video mengatakan bahwa pandemi belum selesai jadi kita harus saling bantu. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Relawan Siaga dan Ultra Voucher yang sudah memberikan bantuan serta doa bersama untuk kebaikan bersama. Ketua Umum Relawan Siaga juga turut berterima kasih kepada Ultra Voucher dan semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi para penyintas Covid-19 dan harapan kita semua tentunya dunia terutama Indonesia segera pulih dari Covid-19.



By the way,  setelah ikutan Zoom di acara penyerahan donasi ini saya jadi tahu kalau Ultra Voucher sangat concern dengan program donasinya. Tak hanya memberikan donasi untuk pasien Covid-19, mereka juga concern berdonasi untuk Lumbung Pangan  seperti:

- Program berbagi paket sembako

- Lets Qurban : optimalisasi ibadah qurban secara syari

- Nutri Santri : program pemenuhan kebutuhan makanan bernutrisi pondok pesantren yang darurat akan kebutuhan pangan bernutrisi.

- Program Wakaf

- Ramadhan Gemilang

- Taman Cendekia

- Gathering Santri

- Sejuta Kurma, dan 

- Food Care


Alhamdulillah banyak banget ya program donasi Ultra Voucher. Semoga saja programnya berjalan lancar dan menjadi penggerak bagi para donatur lainnya untuk mensejahterakan bangsa sendiri.



You Might Also Like

17 comments

  1. Mantab jiwa ULTRA Voucher!
    Banggaaa banget ada korporasi yg begitu semangat mengalokasikan dana CSR utk penanganan pandemi covid ini.
    semoga berkaahh dan makin kece ya, UTRA Voucher!

    ReplyDelete
  2. Pastinya banyak yang akan merasa terbantu dengan program donasi ultra voucher ini yah mbak. Baca berita di media online sedih banget rasanya banyak yang membutuhkan tabung oksigen, tapi susah didapatkan

    ReplyDelete
  3. senangnya kalau ada banyak platform atau gerakan yang bergerak ke aran sosial yang bermanfaat untuk orang lain, semoga sukses utk PT trimegah sekaligus Ultra Voucher ya

    ReplyDelete
  4. Kegiatan sangat bermanfaat dan membantu masyarakat yg terdampak covid, apalgi berbagai RS mulai langka stock tabung oksigen

    ReplyDelete
  5. wah pasti banyak yang terbantu dengan adanya campaign donasi ultra voucher ini ya apalagi kita sempat kekurangan tabung gas kan ya

    ReplyDelete
  6. Wah ini sih kolaborasi yang keren banget ya antara Ultra Voucher dan Relawan Siaga. Insya Allah makin banyak yg terbantu ya..

    ReplyDelete
  7. Memang ngeri ya covid ini, baca berita-berita RS penuh, kehabisan tabung oksigen sehingga banyak pasien covid yang membutuhkan tidak tertangani, duh sedihnyaaa.
    Btw aku baru tau tentang Ultra Voucher ini. Pastinya akan sangat bermanfaat sekali donasi yang diberikan oleh Ultra Voucher ini.

    ReplyDelete
  8. Masyaallah bagus banget program donasi dari Ultra Voucher ini bisa membantu pasien Covid 19

    ReplyDelete
  9. Keren banget ada program donasi kaya ultra voucher ini. pastinya sangat terbantu sekali bagi sedang membutuhkan tabung gas. selain itu programnya banyak juga ya. Makasi infonya, sukses terus ya...semoga bermanfaat bagi masyarakat yg membutuhkan

    ReplyDelete
  10. ALhamdulillah keren nih ada program seperti ini kolabarasi keren yang sangat bermanfaat yah... Jadi sarana memperbanyak bekal di akhirat nanti ...

    ReplyDelete
  11. Aaiisshh salut banget sama Ultra Voucher, dngan program donasi vocher membantu banget mereka yang membutuhkan.
    Semoga berkah buat semuanya dan sukses atas kolaborasinya.

    ReplyDelete
  12. Aku baru tau loh mba soal Ultra Voucher ini, padahal kontribusinya udah banyak ya untuk masyarakat. Semoga donasi untuk pengisian oksigen ini sangat membantu para pejuang covid yang memang membutuhkan banget.

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah dengan begini bisa tahu makin banyak orang baik dan orang yang peduli yaaaaaaaa

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah, insya Allah ini akan sangat bermanfaat bagi para pasien, apalagi belakangan ini kan pengisian tabung oksigen tuh lagi mahal-mahal nya yak.

    ReplyDelete
  15. Kagum banget dengan program yang dilaksanakan.
    Semoga bisa kontinyu membantu banyak orang. Terutama kini di saat pandemi banyak orang yang kesulitan oksigen. Ada pun harganya menjadi menjulang.

    ReplyDelete
  16. Sebuah gerakan kemanusiaan yang patut dicontoh semoga ketersediaan oksigen segera terckupi dan para pejuang negatif jumlahnya berkurang semangat Indonesia

    ReplyDelete
  17. Program ini keren banget untuk membantu masyarakat untuk pengisian tabung okaigen. Pasalnya jaman pandemi ini banyak sekali yg membutuhkan oksigen terkhusus yg terpapar covid.

    ReplyDelete