Green Jobs Meniti Karir Sekaligus Menjaga Bumi

Meniti Karir Green Jobs  P ernah kebayang nggak dengan kehidupan kita yang akan datang? Apakah kita sudah peka dengan dinamika perubahan yan...

Meniti Karir Green Jobs 
Pernah kebayang nggak dengan kehidupan kita yang akan datang? Apakah kita sudah peka dengan dinamika perubahan yang terjadi? Perubahan gaya hidup, perubahan sosial, apalagi perubahan iklim. Yups, perubahan iklim atau biasa disebut Climate Change. Saya pernah nonton siaran televisi luar dimana ada seorang anak belasan tahun mogok sekolah karena ia ingin semua orang berperang melawan perubahan iklim yang terjadi bersama-sama. Anak tersebut sampai menangis membayangkan masa depannya karena sekarang saja sudah banyak bencana alam yang terjadi karena perubahan iklim. Terharu banget, aksi anak tersebut banyak diikuti oleh anak-anak sekolah di belahan dunia lain. 

Memang sudah seharusnya kita bergandengan tangan mempersiapkan bagaimana kehidupan di bumi 10 atau 15 tahun yang akan datang dan seterusnya.  Bagaimana generasi selanjutnya menjalani kehidupan jika dampak perubahan lingkungan semakin buruk. Anak-anak muda sekarang sebaiknya lebih peka dengan perubahan agar bumi ini tidak semakin parah dengan kerusakan. Mempertahankan kelestarian bumi agar tak semakin dipenuhi dengan limbah, sampah juga emisi gas yang merusak lingkungan dan memperbesar bencana alam. Ini menandakan tantangan kita dalam menghadapi persoalan lingkungan semakin berat. Pekerjaan rumah kita banyak, kita harus bersama-sama sadar dan peduli demi keberlangsungan hidup. 


Green Jobs, Pekerjaan Ramah Lingkungan

Beberapa tahun terakhir topik Green Jobs atau pekerjaan ramah lingkungan menarik minat di berbagai sektor ekonomi seperti akademisi, pemerintah dan bisnis, sehingga menciptakan banyak definisi untuk pekerjaan ramah lingkungan.


Teman-teman sudah pernah mendengar istilah Green Jobs? Beberapa negara sudah menerapkan Green Jobs atau pekerjaan ramah lingkungan. Green Jobs merupakan pekerjaan yang layak dan baik untuk lingkungan, dimana pekerjaan ini nggak hanya menghasilkan uang tapi juga membantu memulihkan lingkungan dan melawan perubahan iklim. 


Kita sering mendengar dan melihat bagaimana usaha segelintir orang untuk melakukan gaya hidup hijau atau green lifestyle. Selain itu going green juga menjadi tren di kalangan konsumen, bisnis, pemerintah, dan hampir semua sektor lainnya. Usaha-usaha untuk going green ini termasuk di dalamnya mengganti energi fosil yang menghasilkan emisi gas yang dapat merusak atmosfer dengan energi terbarukan, mengurangi polusi air, polusi udara, juga upaya perkantoran yang menerapkan LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) yakni sistem sertifikasi green building yang sudah diakui internasional. Dan beberapa perkantoran di Indonesia sudah menerapkan sistem ini loh. 


Beberapa penyebab terjadinya perubahan iklim 
Saya mau share sedikit nih teman-teman, yang pasti masih berhubungan dengan Climate Change. Saya pernah nonton acara tentang ilmuwan yang meneliti gas metana yang dihasilkan dari emisi gas yang terdapat di dalam salju. Kemudian beliau menghidupkan api menggunakan korek api ke salju tersebut yang menimbulkan kobaran api. Ternyata salju tersebut terdapat gumpalan berwarna putih dan ini merupakan gas metana. Kalian pernah nonton juga nggak? Saya beneran merinding nontonnya. Asli ini lebih horor dari film horor.


Makanya saya senang sekali kalau setiap negara menerapkan Green Jobs. Apalagi Indonesia negara tercinta yang akan memasuki bonus demografi dimana jumlah penduduk produktif lebih besar sekitar 70%. Adik-adik generasi penerus sudah saatnya mempersiapkan diri dengan perubahan. Jadikan tantangan untuk memerangi perubahan iklim jadi peluang. 


Apa Saja Lapangan Pekerjaan yang Berkaitan dengan Green Jobs? 

Skill Green Jobs 

Green Jobs bisa berupa pekerjaan dalam bisnis yang menghasilkan barang atau jasa yang melestarikan sumber daya alam dan bermanfaat bagi lingkungan.  Atau bisa juga pekerjaan yang memperbaiki proses produksi agar lebih ramah lingkungan atau melestarikan sumber daya alam. Lebih singkatnya peluang kerja untuk Green Jobs ini terbagi menjadi 2, yaitu:

  1. Menciptakan produk atau jasa ramah lingkungan
  2. Mengoptimalkan atau meningkatkan metode produksi yang ada agar lebih ramah lingkungan

Beberapa artikel yang saya baca mengenai Green Jobs, paparan artikel yang di posting oleh iSustainableEarth semakin menambah wawasan saya mengenai karir di bidang ini. Jadi menurut iSustainableEarth karier ramah lingkungan yang berfokus pada penciptaan produk ramah lingkungan atau penyediaan layanan dibagi menjadi lima kelompok.  Pengelompokan ini bertujuan agar membantu kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dan menemukan pekerjaan ramah lingkungan yang sesuai dengan setiap segmen. Adapun pengelompokan ya sebagai berikut: 

  1. Efisiensi Energi. Kelompok pekerjaan ramah lingkungan efisiensi energi berfokus pada produk dan layanan yang menyediakan penggunaan energi yang efisien. Karier ramah lingkungan di grup ini juga akan menciptakan peralatan, bangunan, dan mobil hemat energi di antara bidang lain yang meningkatkan efisiensi energi.
  2. Daur ulang dan penggunaan kembali, pengurangan polusi dan pengurangan gas rumah kaca. Lebih fokus pada metode pengendalian polusi, daur ulang bahan dan pembuangan limbah berbahaya.
  3. Energi Terbarukan. Pekerjaan energi hijau bekerja untuk menghasilkan energi dari sumber terbarukan.  Sumber energi terbarukan termasuk listrik, panas atau bahan bakar yang diproduksi dengan cara terbarukan.  Sumber-sumber tersebut adalah biomassa, panas bumi, angin, matahari, gas TPA, tenaga air, laut, dan bahkan limbah padat perkotaan.
  4. Kepatuhan lingkungan, pendidikan dan pelatihan dan kesadaran publik. Karier hijau di bidang ini akan membantu menegakkan perlindungan lingkungan dan undang-undang, mendidik dan memberikan pelatihan kerja ramah lingkungan atau meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan.
  5. Konservasi Sumber Daya Alam. Memilih pekerjaan ramah lingkungan dalam kelompok konservasi sumber daya alam akan memberi kesempatan untuk bekerja dengan bidang-bidang seperti kehutanan berkelanjutan, pertanian organik, pengelolaan lahan dan konservasi air, tanah atau satwa liar.

Karir Hijau

Dari pengelompokan di atas teman-teman tentu sudah bisa menentukan dan mempersiapkan keahlian apa yang harus teman-teman miliki agar teman-teman tidak kikuk saat beberapa perusahaan mencari pekerja atau karyawan yang layak sebagai pekerja ramah lingkungan. Yakinlah, saat ini sudah banyak perusahaan yang berinvestasi dalam program keberlanjutan. Jadi jangan sampai ketidakcocokan keterampilan menjadi hambatan utama dalam usaha sustainable life dan green economy

Menurut United Nations Environment Programme, green economy adalah 

perekonomian yang rendah karbon (low carbon economy) atau tidak menghasilkan 

emisi dan polusi lingkungan, efisiensi sumber daya alam (resource efficient), dan 

berkeadilan sosial yang berkaitan dengan income per capita dan kemiskinan (socially 

inclusive)

Sudah siap untuk menjadi pekerja ramah lingkungan? Please, jangan cuma melihat Green Jobs sebagai sebuah tren. Tapi sebagai salah satu upaya untuk keberlangsungan hidup kita di muka bumi. Environmental Sustainability.






You Might Also Like

33 comments

  1. Berarti perusahaan/ industri baik rumahan hingga besar mesti memerhatikan limbahnya ya? Sebisa mungkin bisa didaur ulang sehingga menghasilkan produk bernilai tinggi dan ramah lingkungan. Semoga Green Jobs bisa berkesinambungan agar lingkungan alam tetap terjaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu mbak, semua sektor usaha harus bertanggung jawab dengan limbah yang dihasilkannya

      Delete
  2. jenis pekerjaan yang cukup bijaksana bisa mengambil hasil dengan mendapatkan pundi rupiah tapi juga sekaligus menjaga lingkungan

    ReplyDelete
  3. Siap sih, aku juga mulai mengenalkan green jobs ke anakku
    karena dia kan generasi masa depan, harapannya dia nanti bisa bekerja di bidang green jobs,biar mendapatkan pendapatan yg layak dan ikut menjaga kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  4. Idenya keren banget nih, sekarang banyak kan pelaku usaha yang memanfaatkan daur ulang. Sepertinya harus didukung supaya makin dikenal.

    ReplyDelete
  5. Memang sangat menarik green jobs ini. Karena apa yang terjadi di bumi saat ini, kebanyakan karena ulah manusia. Semoga dengan semakin banyak generasi muda yang peduli dengan green jobs, bumi juga tetap terjaga

    ReplyDelete
  6. Semoga program green jobs ini makin luas diketahui masyarakat ya. Saya sendiri juga baru tahu ada istilah green jobs ini.

    Dan sepertinya green jobs ini perlu juga dikenalkan pada anak-anak sejak dini, biar mereka punya kepedulian terhadap lingkungan dan saat dewasa nanti memilih jenis-jenis pekerjaan green jobs sebagai mata pencahariannya

    ReplyDelete
  7. Siap gak siap, aslinya kita harus melakukan green jobs dari sekarang. Dari hal-hal kecil, bisa dimulai memanfaatkan limbah untuk hal yang lebih bermanfaat. Semoga ke depan, masa depan anak-anak kita cerah. Bukan hanya tentang financialnya saja tapi juga lingkungan yang memadai.

    ReplyDelete
  8. Baru ngeuh banget deh dengan Green Jobs ini. Iya juga ya, ternyata selama ini kita gak aware dengan pekerjaan kita yang ternyata berefek buruk terhadap bumi. Semoga dengan semakin tahunya akan hal ini, semakin banyak orang yang mulai beraksi dengan memilih Green Jobs ini. Demi kelangsungan kehidupan anak-anak dan cucu-cucu kita pastinya.

    ReplyDelete
  9. Bener bngt nih mba akupun lg merintis usaha binaan keset nih dari bahan limbah kaos bekas n kain perca walaupun belum terlalu besar

    ReplyDelete
  10. Mestinya semua pekerjaan akhirnya jadi green jobs ya sebagai bentuk kesadaran kita terhadap lingkungan hidup..

    ReplyDelete
  11. Kalau ada pelatihan kerja ramah lingkungan, aku mau banget deh buat ikutan. Sekarang belum menciptakan, tapi paling tidak aku sendiri berusaha untuk go green. Kudu belajar peduli sama lingkungan

    ReplyDelete
  12. peluang yang harus digaungkan di genarasi muda kita nih bukan cuma dapat pekerjaan yg layak tp juga menjaga bumi untuk keberlangsungan semua ya mba.

    ReplyDelete
  13. Bener mbaa.. bukan hanya tren tapi harus dilakukan terus menerus ya mba utk melindungi bumi supaya nggak rusak. Kewajiban manusia utk menjaga alam

    ReplyDelete
  14. Harus dipersiapkan sejak dini yaa untuk masa saat ini, diperkenalkan istilah grren job

    Menyanyangi bumi, untuk kita semua ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, di beberapa negara sudah mencari karyawan yang kriteria nya sesuai untuk Green Jobs

      Delete
  15. dengan green jobs ini nggak cuma meniti kariri, mendapat penghasilan, tapi juga melestarikan bumi ya mak tuty.. semoga makin bnyak nih yang mau ambil peran dalam green jobs ini di masa depan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mak, generasi muda kita bisa beradaptasi dengan perubahan dan peluang kerja

      Delete
  16. Bumi makin tua, kalau semua org cuek pd maslah lingkungan gak tahu deh apa jdnya bumi ini kelak ya mbak.
    Suka sama kempen2 kek gini yg menyarankan org2 utk mulai melakukan aktivitas green jobs. Perubahan sekecil apapun yg menyangkut lingkungan pasti akan sangat bernilai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kita harus siap dengan perubahan dan tantangan sebisa mungkin jadi peluang

      Delete
  17. istilah green jobs ini baru tahu sekarang nih, ternyata bagus yah pekerjaan yang sayang dan lindungi bumi kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nggak cuma dapat cuan ya tapi kebaikan untuk lingkungan

      Delete
  18. Senang sekali deh kalau semakin banyak orang-orang yang melakukan green jobs inim sudah pasti bumi akan tambah happy ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti bumi semakin baik dan kita semua semakin nyaman ya dan semoga bencana alam berkurang

      Delete
  19. Literasi mengenai Green Jobs ini bagus sekali.
    Anak muda kini sangat kreatif dan semoga juga menciptakan lapangan kerja yang merupakan kategori Green Jobs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me too mbak, berharap semakin banyak peluang Green Jobs dan seimbang juga dengan skill generasi kita

      Delete
  20. I am interested to know more about the green job and I believe those will be the perfect for the future

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semoga semua sektor sadar dan peduli dengan dampak lingkungan

      Delete
  21. Saya pribadi mendukung banget untuk temen-temen yang sekarang sedang mempersiapkan diri masuk dunia kerja untuk lebih memperhatikan aspek lingkungan dari pekerjaan yang nantinya ditekuni. Kalo misal bikin usaha di bidang fashion, misalnya, harus diperhatiin banget dari segi bahan sampe limbah pembuangannya. Dengan begitu sektor green jobs juga akan makin luas jangkauannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agreed.Setiap sektor harus sudah memikirkan dampaknya untuk lingkungan.

      Delete
  22. Banyak Ternyata ya bidang usaha yang bertepatan dengan. Green Jobs ini ya mba Dan bisa kita ambil bahkan bisa menciptakan sendiri Peluang kerja sambil menyelamatkan lingkungan sekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kita bisa menciptakan peluang sendiri. Banyak juga startup yang sudah bermunculan yang bergerak di bidang energi terbarukan

      Delete
  23. Di desaku juga ada daur ulang sampah plastik menjadi berbagai macam kerajinan. Termasuk green job bukan ya kalau seperti itu?

    ReplyDelete

Canva Magic Write