Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

R amadhan sudah tiba, makanan apa yang paling ditunggu-tunggu saat berbuka?  R amadhan selain bulan yang ditunggu-tunggu karena di bula...

Philips

Ramadhan sudah tiba, makanan apa yang paling ditunggu-tunggu saat berbuka? 

Ramadhan selain bulan yang ditunggu-tunggu karena di bulan ini penuh dengan pahala yang berlimpah, juga ada momen lain yang dinantikan dengan suka cita. Ya, momen berbuka puasa bersama, sahur bersama, dan yang nggak ketinggalan hunting kue di pasar yang biasanya cuma di jual di bulan Ramadhan. Tradisi berburu aneka kue saat Ramadhan nggak cuma diminati oleh umat muslim yang berpuasa saja loh, teman-teman saya yang non muslim juga suka berburu aneka kue. Tapi memang sih, kayaknya bahagia banget karena kue-kue kampung seperti masa kecil dulu kadang suka muncul, siapa coba yang bisa nahan untuk nggak beli, jarang-jarang loh.

Saya sendiri kalau berbuka sukanya beli jongkong, bubur sumsum, kolak, dongkal. Duh kalau dideretin satu-satu ujung-ujungnya jadi banyak apalagi menjelang berbuka semua pengen di beli, kalau kata ibu saya ini namanya lapar mata. Tapi memang benar, setelah berbuka baru makan 2 sampai 3 potong kue rasanya sudah kenyang hehe. Sebenarnya nggak boleh terlalu berlebihan juga sih, karena belum tentu tubuh bisa nerima semua yang kita makan.

Bubur Sumsum
salah satu menu favorit berbuka Bubur Sumsum

Seperti yang dikatakan mbak Rita Ramayulis DCN, M.Kes seorang nutrisionis pada saat acara talk show Ramadhan Sehat Bersama Philips 15 Mei 2017 lalu di Ayana Mid Plaza, Jakarta. Acara ini diadakan sebagai bentuk dukungan Philips untuk meningkatkan gaya hidup sehat dengan menjaga kesehatan mulai dari rumah. Menurut mbak Rita perkembangan ilmu gizi sampai saat ini sangat pesat sekali. Kalau dulu kita sering mendengar istilah you are what you eat, tapi sekarng berkembang menjadi you are what your grand mother eat. Jadi bagaimana kita hari ini tergantung dengan apa yang nenek kita makan. Intinya dari istilah ini kita harus berhati-hati mengonsumsi makanan, karena itu berguna buat kita sekaligus untuk keturunan kita juga nantinya.


Pola Makan Sehat Selama Puasa

Mengetahui dan memahami kebutuhan gizi tubuh dapat membantu kita menerapkan gaya hidup sehat, termasuk saat berpuasa. Mbak Rita juga memaparkan secara komplit bagaimana sebaiknya pola makan sehat selama puasa. Dalam ilmu gizi membiarkan tubuh tidak makan selama 14 jam, akan terjadi peristiwa detoksifikasi dalam tubuh. Dalam keadaan normal sebenarnya organ dalam tubuh sudah melakukan detokfikisai sendiri, tapi terkadang kita suka lepas kontroldalam mengonsumsi makanan, jadi kita memerlukan juga detoksifikasi yang disengaja atau dikondisikan. Dan puasa merupakan detoksifikasi yang dikondisikan, dimana selama berpuasa kita memberikan kesempatan kepada tubuh selama14 jam beberapa organ pencernaan tidak bekerja dan pada saat inilah terjadi proses regenerasi, pemulihan lambung dan pankreas, beberapa zat yang menghasilkan enzim seperti kantung empedu, juga penurunan radikal bebas.

Nggak ada bedanya sih antara puasa dan tidak puasa. Bukan berarti karena keesokan harinya mau puasa kemudian malam hari makan sebanyak-banyaknya, sebenarnya nggak seperti itu. Karena saat puasa kebutuhan energi lebih sedikit dibanding dengan saat tidak berpuasa dan organ tubuh juga bekerja lebih lamban, ditandai dengan kurangnya basa metabolik red energi yang akan dipakai oleh organ tubuh kita dan cocok dengan jam makan kita yang terbatas. Tubuh kita nggak banyak butuh energi, untuk perempuan butuh 25 kkal dan laki-laki 30 kkal. Lak-laki butuh energi lebih tinggi karena laki-laki lebih banyak komponen ototnya sedangkan perempuan lebih banyak komponen lemaknya. Selain itu umur juga mempengaruhi kekuatan energi kita.

Rita Ramayulis (kedua dari kanan) saat mendemo makanan sehat dan praktis menggunakan produk Philips
Saat berbuka puasa pada prinsipnya yang paling dibutuhkan adalah penggantian cairan dan elektrolit tubuh, ini yang pertama kali harus diganti. Kemudian menaikkan kadar glukosa darah menjadi stabil, karena menjelang berbuka kadar glukosa kita akan rendah jadi harus dinaikkan. Mbak Rita juga menambahkan sesuai hadist Nabi Muhammad kalau berbuka puasa selalu dengan kurma basah, kalau tidak ada kurma basah dengan kurma kering, kalau kurma kering tidak ada biasanya Nabi berbuka dengan air putih. Ternyata  dalam ilmu gizi, satu buah kurma mengandung zat gula glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang sudah berpadu jadi satu, ada serat, ada mikronutrien seperti kalium dan potasium, ada beta karoten dalam bentuk vitamin A. Jadi dalam sebuah kurma terkandung beberapa mineral dan vitamin di dalamnya.

Berbuka dengan teh manis sebenanrnya nggak cocok lanjut mbak Rita. Kenapa? Karena didalam teh manis cuma terkandung sukrosa saja. Seharusnya harus komplit ada sukrosa, glukosa dan fruktosa, karena zat gula yang komplit ini saat masuk kedalam tubuh akan menaikkan kadar gula darah. Sedangkan teh manis saat diminum memang kadar gula darah langsung naik dengan cepat tapi sesudah itu langsung turun. Sebaiknya kurangi teh manis selama berpuasa, dari pada teh manis lebih baik air putih saja.

Well, buka puasa sudah, gula darah pun sudah stabil dan elektrolit cairan sudah kembali. Selanjutnya pola makan malam. Untuk makan malam sebaiknya pakai prinsip piring makanku. Dimana dilengkapi dengan lauk-pauk, buah-buahan, makanan pokok dan sayuran. Menjelang tidur kita juga harus konsumsi selingan atau saatnya snack time, karena saat berbuka dan makan malam kebutuhan kita belum terpenuhi seperti vitamin, protein dan mineral, tapi kalau karbohidrat saat berbuka sudah terpenuhi dengan makanan yang manis. Snacking time sebaiknya perhatikan sumber protein dan sayuran, contohnya omelete yang berisi sayuran, capcay berisi sayuran dan seafood. Jangan pilih makanan berkarbo seperti mie goreng atau mie rebus karena setelah mengonsumsi karbohidrat kemudian kita tidur akan mempengaruhi otak sulit sadar pada saat sahur, pemulihan kesadaran akan lamban.

Kebutuhan Energi dan Zat Gizi
piring makanku

Saat sahur adalah saat kita memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi. Makanan sumber energi yang dimaksud harus dapat dicerna lebih lambat dan bertahap. Tujuannya agar kita lebih lama dalam kondisi kenyang sampai waktunya berbuka. Jangan lupa juga memilih protein yang rendah lemak, karena kalau protein yang tinggi lemak tubuh kita akan berat mencerna nya, akhirnya kita akan cepat lelah. Jika memungkinkan pilih lah karbohidrat yang seratnya tinggi seperti nasi merah. Hindari makanan yang diolah dengan menggoreng atau menumis. Pada prinsip ilmu gizi yang dimaksud menggoreng adalah mengolah makanan menggunakan minyak yang banyak, sedangkan menumis menggunakan minyak yang sedikit. Minyak yang terserap pada bahan yang digoreng memerlukan proses panjang bagi tubuh untuk diolah. Dari pada menggoreng sebaiknya pilih makanan yang mengandung air yang tinggi seperti memasak sop, pilih makanan yang berkuah banyak saat sahur. Kemudian pilih juga buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti melon.

Yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa:
1. Berbuka dan sahur dengan minuman yang sangat manis dan jenis gula hanya sukrosa.
2. Berbuka dengan makanan yang digoreng dan mengandung tepung terigu.
3. Berbuka dengan suhu ruang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
4. Sahur dengan total lemak tinggi.
5. Berbuka dan sahur dengan makanan yang merangsang asam lambung ; pedas, asam, terlalu manis, mengandung kafein.
6. Berbuka dan sahur dengan makanan yang mengandung gas: nangka, kol, duren, sayuran bersert tinggi, minuman berkarbonasi.


Membuat Makanan Sehat dan Praktis Menggunakan Peralatan Dapur Inovatif Philips

Philips  adalah Healtech Company dan selalu berinovasi terus menerus dan mendukung gaya hidup sehat. Pak Yongky Sentosa selaku Head of Personal Health Philips Indonesia mengatakan Philips hadir untuk menjawab kebutuhan kita semua. Seperti kita ketahui bersama bahwa gaya hidup sehat adalah langkah utama untuk menjaga kesehatan. Tujuan Philips menghadirkan produk inovatif adalah untuk mendukung masyarakat yang tinggi mobilitasnya dan memiliki waktu terbatas untuk mengolah makanan dirumah. Dengan adanya Peralatan Dapur Philips kita tetap bisa menjaga kesehatan baik untuk diri pribadi maupun untuk keluarga.

Head of Personal Health Philips Indonesia
Yongky Sentosa
Untuk kebutuhan dapur, Philips hadir dengan  produk-produk Air Fryer yang sangat membantu dalam hal mengurangi kadar lemak karena mempunyai teknologi Rapid Air yang memungkinkan kita menggoreng dengan udara juga produk ini bisa mengatur tingkat kematangan. Philips juga menyarankan masyarakat untuk menjaga stamina yang baik dengan cara mengonsumsi jus setiap harinya. Produk- produk ini cocok banget ya untuk kita apalagi di bulan Ramadhan, jadi deh Masak Praktis Bulan Ramadan.

Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Acara hari itu nggak cuma talkshow saja, tapi juga mbak Rita mempraktekkan langsung cara membuat makanan sehat dan praktis dengan produk inovatif Philips yang cocok dibuat untuk menu berbuka puasa. Para blogger dan media yang hadir juga turut mempraktekkan. Setiap kelompok disediakan produk Philips Airfryer untuk menggoreng dan Blender Philips untuk membuat jus. Pas banget kan bisa merasakan langsung bagaimana menggunakan produk inovatif dari Philips.

Philips Airfryer

Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Adapun menu yang dibuat adalah Bola-Bola Ayam Sayur dan Energizer Juice untuk mengganti cairan dan elektrolit serta menaikkan kadar glukosa darah. Setelah mencoba langsung, saya jadi pengen punya Philips Airfrey nya Philips apalagi di bulan puasa saya bisa Masak Praktis Bulan Ramadan.


Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Setelah demo memasak praktis menggunakan produk inovatif dari Philips, peseta juga ditantang untuk membuat jus pelangi. Kali ini harus dengan kreasi sendiri, jadi nggak ada panduan dari mbak Rita lagi. Hasil kreasi jus para peserta dinilai langsung oleh mbak Rita.

Oh ya, sebelum acara ditutup mbak Rita juga berpesan bahwa keberhasilan puasa seseorang adalah berat badan ideal, dimana yang gemuk berat badan turun jadi ideal, begitu juga dengan yang kurus berat badan naik menjadi ideal. Dengan berpuasa kita akan semakin aktif dan produktif, pemikiran jadi positif, juga emosional semakin baik, ini karena glukosa darah dan tekanan darah kita yang stabil.

Ramadan Praktis
lomba membuat jus

Beberapa kali mengikuti event Philips saya merasa puas, karena selalu mendapat informasi bermanfaat terutama soal kesehatan. Bagaimana gaya hidup sehat sangat mempengaruhi kesehatan diri sendiri juga kesehatan keluarga. Ingat loh teman-teman bagaimana kesehatan kita 15 tahun mendatang adalah karena apa yang kita makan hari ini.


You Might Also Like

26 komentar

  1. pola makan sehat justru bsia terjadi saat bln puasa, krn siang hr gak tergoda nyamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngemilnya jadi cuma malam aja, itu pun kalau nggak kekenyangan karena sudah berbuka ya mbak :)

      Hapus
  2. Iya bener, kadang kita suka lapar mata, padahal kalau sudah makan kurma sama air eh sudah kenyang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, yang ada makanan yang dibeli kadang nggak kemakan ya

      Hapus
  3. Berapa harga air fryer dan blendernya mak? Siapa tau bisa beli dari dapet THR :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang Airfryer sekitar 3jutaan dan blendernya sekitar 700an mak, kalau beli online beda-beda sih harga nya hehe

      Hapus
  4. Soal lapar mata itu bener banget deh ka. kalau lagi hunting makanan buka puasa rasanya semua pengen dibeli. Eh, pas buka mah paling makan cuma sepotong aja. Kadang jadinya mubazir yaa. Harus ngerem nih buat ngga lapar mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya..malah nggak kemakan ya karena udah kenyang deluan

      Hapus
  5. philips air fryer yg warna putih cakep juga ya

    BalasHapus
  6. philips air fryernya keren ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yang warna hitam kecee hehe

      Hapus
  7. Aku sering bgt buka puasa dgn teh manis. Tapi abis baca ini kynya jd lbh prefer juice deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pakai jus aja, yang manis-manis mendingan kurma

      Hapus
  8. Aku naksir berat sama Philips Air fryer mak kayaknya praktis banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis dan sehat mak karena menggoreng tanpa minyak, pengen banget punya yaa

      Hapus
  9. Aku buka puasa dengan air putih dan kurma, tahun ini nambah pakai air kelapa karena memang lagi detoks pakai air kelapa. Tapi mulai memikirkan gorengan nih hari ini.
    Philips Airfryer idaman banget itu. Bentuknya cantik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah detoks pakai air kelapa gimana caranya mbak?

      Iya nih Philips Airfryer memang idaman ibu-ibu banget.

      Hapus
  10. ini alat menunjang konsumsi sehat, ngejus2an yess :)
    bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang support banget memang produk-produk Philips ini :)

      Hapus
  11. Mudah-mudahan bisa terapkan pola makan sehat terus ya

    BalasHapus
  12. Di rumah aku juga pake bleder philips. Merk philip terbukti awet ya mbak tuty.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awet banget memang, ibu saya blender Philips nya udah dari saya SMP masih awet :)

      Hapus
  13. Jus nya sm bola sayur itu bikin neguk liur euy

    BalasHapus
  14. Jadi tahu, bahwa puasa selama bulan Ramadan itu penting banget. Menjaga pola gizi, menjaga asupan yang dimakan, sebaiknya tidak mengkonsumsi teh manis sewaktu berbuka puasa. Lengkap banget dech Mbak sampai dituliskan resep menggunakan Philips Airfryer. Tapi aku belum punya, paling juicer dari Philips aja yang ada...ngejus biar sehat ya, Mbak

    BalasHapus