Sale Stock Indonesia Sandang Untuk Kita Semua

J aman semakin modern, apalagi kalau membahas tentang tren gaya yang setiap tahunnya memiliki pergantian tren sesuai dengan musimnya. T...


Jaman semakin modern, apalagi kalau membahas tentang tren gaya yang setiap tahunnya memiliki pergantian tren sesuai dengan musimnya. Terutama tren fashion wanita, banyak sekali mode-mode pakaian yang terus menerus up to date, belum lagi punya mode yang diinginkan malah sudah keluar mode terbaru. Yang namanya wanita sudah pasti nggak mau ketinggalan dengan tren fashion, wajar saja kalau wanita lah yang sering disebut-sebut sebagai kaum mayoritas penggila belanja. Bagi sebagian wanita yang memiliki duit, setiap keluar tren terbaru bisa langsung dibeli, namun bagi yang lain bisa jadi menunggu diskon. Tetap saja intinya kita adalah kaum yang gila belanja. 

Who doesn't love shopping?! Kalimat ini mungkin sering kita dengar dari beberapa shopaholic. Musim sale atau diskon adalah musim yang paling dinanti-nanti. Apalagi kalau pakaian yang di diskon barang-barang branded, wow langsung deh ditungguin. Tapi ada juga beberapa orang yang tidak terlalu mengikuti aturan gaya apapun. Yang penting bagi mereka pakaian yang dikenakan bisa membuat nyaman untuk sehari-hari dan layak dipakai saat bertemu siapapun, jadi tidah terlalu memperdulikan pakaian yang dipakai sudah sesuai tren apa enggak, dan barang branded atau bukan. Iya sih, setiap orang nggak melulu sama cara berfikirnya. Bahkan parahnya lagi ada juga yang terlalu memaksakan keinginan untuk memiliki pakaian baru yang branded, yang akhirnya malah membuat belanja jadi boros dan amit-amit sampai terlilit hutang. Be a smart shopper!  

Affordable Style
Mbak Nuniek Tirta, Founder Indonesia Lifestyle Digital Influencers (ILDI)
Jujur, saya juga pengen punya pakaian, tas, sepatu dan berbagai aksesori wanita yang branded. Tapi saya tidak mau memaksakan keinginan yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Kecuali kalau saya memang memiliki voucher belanja yang mengharuskan saya untuk belanja di suatu toko atau departemen store yang memang menjual barang branded, ini lain cerita ya, ini saya anggap kesempatan dan rezeki bisa memiliki pakaian branded tanpa mengeluarkan uang pribadi. Kalau saya lebih memilih pakaian yang memang saya rasa membuat nyaman, dan harga yang terjangkau tentunya. Bicara fashion dan harga terjangkau, bulan lalu saya bersama dengan teman-teman yang tergabung dalam Indonesia Lifestyle Digital Influencers (ILDI) sebuah komunitas yang dibentuk oleh Mbak Nuniek Tirta mendapat kesempatan mengunjungi pabrik Sale Stock Manufacture di Cikokol, Tangerang. Berhubung rumah saya masih di kawasan Tangerang, saya berinisiatif langsung datang ke lokasi, jadi tidak berangkat bareng teman-teman lain yang berkumpul di FX Sudirman.

Cikokol, Tangerang
Sale Stock Manufacture, Cikokol-Tangerang
Kalau mendengar nama manufacture dan kalau dilihat dari bangunannya pasti banyak orang yang mengira ini adalah pabrik yang didalamnya hanyalah pekerja dan mesin. Tapi Sale Stock manufacture ini berbeda. Begitu saya masuk kedalam bangunan ini saya merasa surprised sekali, dalam hati saya berkata kalau ini sih bukan pabrik tapi udah kayak kantor-kantor start up yang berkantor di ibukota. Setiap dinding bangunan ini dipenuhi dengan mural. Ruangan yang cukup besar dan terbagi menjadi beberapa ruangan lagi disesuaikan dengan masing-masing aktivitas para pekerja. Suasananya membuat orang yang masuk kedalamnya menjadi betah berlama-lama dan yakin deh, kalau kalian kesini akan memancing kalian mengeluarkan banyak ide kreatif, sesuai gambar-gambar kreatif yang ada di dinding ruangan Sale Stock Manufacture.

di Sale Stock Manufacture
Mural di setiap dinding ruangan Sale Stock Manufacture
Acara kunjungan ke Sale Stock Manufacture Indonesia diawali dengan perkenalan diri masing-masing anggota ILDI dan menginfokan fashion yang dipakai. Karena dress code yang dipakai hari itu adalah Affordable Style yakni gaya fashion dengan harga terjangkau. Ada yang mengenakan pakaian seharga 50 ribuan, tas 40 ribuan dan sepatu under 100 ribu. Ada juga yang memakai pakaian hasil jahitan sendiri. Oh ya, nggak sekadar memamerkan Affordable Style masing-masing saja, tapi juga pihak Sale Stock memberi penilaian siapa yang style paling affordable dan diberikan hadiah voucher belanja. Pokoknya acara hari itu selain mendapat ilmu baru yang memancing kreativitas juga bertaburan hadiah.

foto bareng dengan Mas Lingga danIstri

Sale Stock Indonesia

Sale Stock Indonesia adalah sebuah mobile commerce lokal yang fokus pada fashion. Sale Stock ini brand Indonesia asli yang didirikan oleh Mas Lingga Madu. Berawal dari kecintaannya terhadap sang istri Mbak Aliza Novianti yang suka dengan fashion dan karena pernah merasa tertipu dengan harga baju yang dibelinya untuk sang istri yang baru saja dibeli dan dua hari kemudian harganya di diskon. Bayangkan saja bagaimana shock nya Mas Lingga, baju yang dibelikan untuk istrinya seharga 299 ribu rupiah hanya dalam waktu dua hari sudah turun menjadi 99 ribu. Timbul rasa kesal karena harga yang berbeda jauh. Mas Lingga penasaran kenapa toko tersebut bisa membuat harga seenaknya. Inilah yang membuat Mas Lingga mempelajari mengenai bisnis fashion dan akhirnya Mas Lingga memutuskan untuk berbisnis di dunia fashion tapi dengan harga jujur. Bisnisnya pun dimulai dengan bisnis offline atau rumahan dan lama kelamaan merambah ke online karena banyaknya permintaan konsumen yang nggak cuma di area Jabodetabek saja, tapi juga sampai keluar daerah.

CEO Sale Stock Indonesia
Lingga Madu, CEO & Co-Founder Sale Stock Indonesia
Kata Mas Lingga komponen terbesar harga baju adalah pada buffer desktop, jadi lebih mengurangi risiko. Jadi kalau risiko berkurang tidak mengeluarkan banyak biaya dan harga pakaian yang dijual bisa murah, selain itu kenapa harga di Sale Stock lebih murah, karena tidak ada biaya overhead alias biaya perantara, karena hanya berjualan melalui online saja tidak melalui distributor. Dengan meminimalkan biaya, Sale Stock bisa menjual pakain dengan harga lebih murah.

ruang kerja dan mini kitchen

Visi dan Misi

Sekarang Sale Stock sudah berusia 2 tahun dan di ulang tahun keduanya Sales Stock ikut berkontribusi untuk The Society. Yaitu membagikan baju-baju layak pakai gratis sebanyak 20 ribu potong dengan bis soraya di enam kota di Indoenesia bekerjasama dengan Indorelawan dan Kemensos. Misi Mas Lingga di dunia fashion adalah memberikan akses fashion berkualitas melalui teknologi untuk semua wanita Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. Banyak koleksi yang ditawarkan terutama bernuansa lokal. Fashion yang dulunya sering di sebut kebutuhan sandang, memang menjadi kebutuhan untuk semua wanita. Kebutuhan akan fashion inilah yang dibaca oleh Mas Lingga, ia ingin semua wanita Indonesia bisa secara merata menikmati fashion dan bisa mengurangi kesenjangan sandang antara Indoesia Timur dan Indonesia Barat, ini dibuktikan dengan diberlakukannya free ongkir atau bebas ongkos kirim ke semua daerah. 


Yups, kekuatan Sale Stock ada pada teknologi. Mas Lingga memakai teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mengetahui selera user dan mencatat pergerakan user. Di mode baju yang mana user lama melihat-lihat dan berapa lama user melihat itu semua bisa tercatat di teknologi yang digunakan Mas Lingga untuk Sale Stock. Selain itu tagline Harga Jujur menjadi daya tarik sendiri bagi para konsumen. Mas Lingga mengklaim bahwa produk nya adalah produk berkualitas dengan harga yang tidak mahal alias harga jujur. 

Senang sekali mendapat pengalaman mengunjungi langsung manufacture Sale Stock di Cikokol Tangerang, saya jadi tahu bagaimana proses untuk memulai bisnis fashion, desain sampai pemasarannya secara online. Salut deh dengan Sale Stock bisa mengurangi kesenjangan sandang antara daerah yang satu dengan yang lain. Sale Stock Indonesia Sandang Untuk kita Semua

Berikut foto-foto visit Sale Stock Manufcture 20 November 2016 yang di foto oleh Ono Sembunglango.

ruang design

tempat penyimpanan kain

ruang dengan alat skrining

ruang menjahit
Mas Lingga menjelaskan proses seleksi kain

di ruang design

Mural Charlie Chaplin


ada tas juga
Yuk, be a smart shopper, lebih smart dalam belanja dan jangan mau membayar lebih.

You Might Also Like

24 komentar

  1. Waw. seru ya bisa menengok langsung proses produksinya...
    emang murah2 ya semua produk disini
    saya ngincar juga lho, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...model pakaiannya juga selalu up to date

      Hapus
  2. Wah baru 2 tahun sudah melejit berkah bantuan teknologi ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkat teknologi, harga jujur dan free ongkir ke seluruh Indonesia :)

      Hapus
  3. Whoaa... aku belum pernah beli di salestock,, jadi dari sini cukup tau klo di Salestock mmeberikan visi misi yg sangat mendukung buat shopaholic.. xoxooxox
    TFS buat sharingnya ya mbak.. hhee

    BalasHapus
  4. Aku beberapa kali beli baju di Sale Stock dan emang bagus2 sih kualitasnya TFS :D

    BalasHapus
  5. wahh baru tahu ternyata sale stock sebagus dan seserius ini cara pemasarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup mbak..menurut saya ini sosial banget karena gratis ongkir nya itu loh, wanita-wanita di papua sana pun nggak ketinggalan fashion

      Hapus
  6. Sale Stock emang lebih greget, gak cuma memberikan harga murah, tetapi memberikan akses kepada seluruh wanita dari Sabang sampai Merauke untuk tampil cantik dan gaya. Mantab!

    BalasHapus
  7. Kayaknya pernah denger atau baca tentang Sale Stock. Entah dimana yak? Wara-wiri di timeline FB kyknya. Tapi belum pernah liat sih Mbak, coba ntar ta searching lagi mengenai sale stoke.

    BalasHapus
  8. Aku pernah beli di SS dan bagus <3 Persis sama gambarnya gak tipu2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga jujur, kalau merasa pakaian nggak sesuai gambar dan ada cacat bisa dipulangin juga

      Hapus
  9. yay! thanks for coming and sharing, dear Tuty :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Nuniek, terima kasih juga sudah mengajak saya dan teman-teman ke tempat yang luar biasa bagus ini..:)

      Hapus
  10. Wah bagus banget paribriknya banyak mural,,, pantesan murah ya produksi sendiri dan ga ada buffer produk jadi costnya minim... murah deh,,, harga jujur

    BalasHapus
  11. Sale Stok emang keren banget, udah lekat bagnet sama fashion anak muda saat ini @.@

    BalasHapus