Bayar Dengan Aplikasi UANGKU Belanja Online Jadi Lebih Aman

S iapa yang suka belanja online? Para pria pasti langsung menunjuk wanita. Ya, wanita selalu identik dengan sosok yang doyan belanja. Mu...


Siapa yang suka belanja online? Para pria pasti langsung menunjuk wanita. Ya, wanita selalu identik dengan sosok yang doyan belanja. Mungkin ini memang sudah kodratnya, toh wanita didalam rumah tangga memang jadi seksi keuangan dalam urusan belanja baik kebutuhan sandang juga pangan. Para suami juga selalu menyerahkan urusan belanja pada istri, ya jadi wajar saja kalau wanita itu memang lihai untuk urusan yang satu ini.

Ngomong-ngomong belanja di era digital sekarang ini semua serba online, sampai urusan pembayaran juga dilakukan online. Meski masih banyak juga sih diantara kita yang nggak puas kalau belanjanya nggak langsung ke toko karena bisa melihat dan mencoba barang yang dibeli misalnya baju. Tapi anak-anak muda sekarang sangat kreatif, mereka memanfaatkan sosial media sebagai ajang berbisnis. Produk-produk yang dijual juga sangat unik yang terkadang susah di temui di toko maupun butik. Dan ternyata transaki melalui social shopping lebih banyak dibanding online shopping, karena menurut data 80 persen marketshare dari total transaksi online berasal dari social shopping. Saya yakin social shopping ini akan semakin besar seiring berkembangnya sosial media. Sosial media sifatnya lebih personal touch seperti Facebook, Instagram, Twitter juga Line jadi lebih mudah berinteraksi langsung dengan penjual. 

Jaman sekarang selain era digital juga era generasi milenial yang suka segala sesuatunya serba cepat, serba instant alias nggak pake lama. Ciri-ciri generasi milenial ini diantaranya gemar teknologi, selalu aktif di sosial media dan sangat konsumtif alias doyan belanja, karena kebiasaan generasi milenial inilah mengapa social shopping akan semakin berkembang. Semakin banyak pengguna sosial media maka e-commerce juga semakin besar. Bayangkan saja bagaimana banyaknya pengguna aktif sosial media, nggak cuma bisa online lewat komputer atau laptop saja, sekarang kegiatan online bisa dilakukan menggunakan ponsel. Ponsel yang biasanya berfungsi untuk telfon dan sms sekarang beralih fungsi untuk internet online, apalagi banyak tawaran paket internet murah dari masing-masing operator, akses untuk tetap aktif di sosial media pun jadi lebih gampang.

Selain cara belanja yang mudah lewat sosial media tentu saja cara pembayaran atau transaksi yang mudah akan jadi pilihan pengguna sosial media. Semakin seringnya kasus penipuan belanja online lewat internet, semakin aware pula para pengguna internet dalam hal transaksi online. Sekarang sudah ada sistem pembayaran yang menjadi solusi untuk transaksi belanja online semakin mudah dan aman, yakni sistem pembayaran UANGKU yang membuat proses belanja jadi lebih cepat karena adanya sistem konfirmasi auto real time ke penjual setelah pembeli melakukan pembayaran. Jadi nggak perlu konfirmasi pembayaran lagi dengan cara lama yakni mengirim bukti transfer. Apa itu UANGKU?

UANGKU adalah mobile wallet atau layanan uang elektronik berbasis aplikasi yang diterbitkan oleh PT. Smartfren Telecom Tbk untuk menciptakan akses transaksi keuangan melalui smartphone. Ini adalah sistem rekening bersama (rekber), dimana antara penjual dan pembeli ada UANGKU yang menjadi pihak ketiga dalam transaksi jual beli secara online. Dengan UANGKU transaksi lebih mudah, aman dan antara penjual dan pembeli saking mempercayai, tidak ada unsur penipuan.



Pengalaman saya saat belanja online di Emma Butik yang memang bekerjasama dengan UANGKU untuk sistem pembayaran memang benar-benar sangat mudah. Jadi ceritanya saya memanfaatkan diskon harbolnas. Lagi pengen baju warna soft blue, ketemulah baju yang saya suka di Emma Butik ini. Setelah saya melihat baju ini di instagram nya dan memilih baju yang saya suka saya mengisi form order. Setelah mendapat id order saya langsung menghubungi Whatsapp Emma Butik sesuai nomor yang tercantum dan ternyata yang melyani langsung sang owner mbak Emalia namanya. Mbak Emma menanyakan ke saya mau pembayaran menggunakan apa dan pengiriman via apa? Saya langsung request pembayaran dengan UANGKU, dan mengenai pengiriman ternyata kalau memakai popbox tidak perlu membayar ongkos kirim alias free ongkir, saya pilih dikirim via ekspedisi saja.


Well, setelah deal dengan orderan dan biaya ongkos kirim saya dimintai nomor handphone yang digunakan di UANGKU. Oh ya, di UANGKU nomor handphone kita adalah nomor rekening untuk transaski. Mbak Ema langsung membuatkan payment request UANGKU sebesar 100 ribu. Pas banget, harbolnas kemarin kalau belanja 100rb pakai UANGKU dapat cashback 25 ribu. Saya menerima notifikasi via SMS dari UANGKU bahwa saya mendapat payment request dari Emma Butik sebesar 100ribu. Langsung buka aplikasi UANGKU dan klik payment request, disitu tertera payment pending Emma Butik saya tinggal klik payment saja dan pending payment berubah menjadi paid. Mbak Ema langsung info kalau notifikasi pembayaran melaui UANGKU sudah diterima. Eh, ini masih notifikasi saja, karena sebenarnya pembayaran akan mereka terima kalau barang sudah saya terima.

Jadi setelah barang saya terima, saya masuk lagi ke menu payment request UANGKU dan saya klik release payment sebagai konfirmasi bahwa barang sudah saya terima. Nah, pada proses inilah sebenarnya uang kita baru benar-benar diterima oleh online shop, jadi lebih aman dan kita terhindar dari penipuan karena kalau barang nggak kita terima dan belum kita klik release payment uang sepenuhnya kembali kepada kita. Tapi perlu diingat juga jangan sembarang klik, ntar barang belum diterima malah terklik release payment hehe. Setiap proses transaksi melalui UANGKU kita akan tetap menerima notifikasi via SMS dari UANGKU, malah barang sudah dikirim pun kita akan diberitahu via SMS.


Oh ya, karena saya belanja pada saat harbolnas tiga hari setelah saya release payment cashback 25 ribu nya masuk ke rekening UANGKU saya, lumayan banget untuk beli pulsa.



You Might Also Like

27 komentar

  1. Haiyaah makin dipermudah aja ya Mak transaksi dijaman sekarang, serba simple, praktis dan cepat.
    Aku belom mencoba uangku niy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak praktis dan aman pakai UANGKU

      Hapus
  2. Semakin canggih teknologi semakin mudah saja untuk melakukan aktivitas kita ya
    Emak-emak kek saya nih yang merasa diuntungkan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, yang penting aman bertransaksi :)

      Hapus
  3. Aku hobi banget belanja online, jd kalau tau ada aplikasi2 yg memudahkan proses belanjanya jd penasaran bgt hehehe. Bisa nih dicobaaa :D

    BalasHapus
  4. gampang ya caranya. jadi pengen donlot aplikasi uangku

    BalasHapus
  5. Jadi pengen nyoba nih aplikasi Uangku, mba Tuty

    BalasHapus
  6. sistem pembayarannya persis ala ala belanja di shopee ya mba ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sistem rekber (rekening bersama) yaa

      Hapus
  7. Saya suka banget belanja online. Hihihi... Tapi mulai membatasi. Tahan2.
    Btw mbak.. Saya pernah tuh barang belum diterima udah klik duluan barang sudah terima. Gara2 belanja beberapa barang di toko, salah klik. Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh haha..terlanjur released payment ya :D

      Hapus
  8. Makin keren aja nih sekarang, bisa lah buat dicoba :)
    Pelajari dulu ah :)

    BalasHapus
  9. Waah...ada fasilitas memudahkan buat penggemar belanja online seperti saya hihihi...untung ada UANGKU ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling penting transaksi pakai UANGKU lebih aman juga mbak :)

      Hapus
  10. wah..jadi nggak was2kalau mau belanja online nih sejak ada uangku..semisal rekber ini ya mba tapi pake aplikasi. asik banget ini..cuma mungkin blm terlalu banyak online shop yang pakai ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..mudah2an semakin banyak pembeli yang pengen pembayarannya dengan UANGKu semakin banyak juga OL shop yang menerima pembayaran pakai UANGKU yaa :)

      Hapus
  11. Asyik ya mba. Belanja jadi lebih mudah. Dan ternyata setelah coba aplikasi uangku ini mudah banget penggunaannya. Mana ada pasword untuk setiap transaksi. Jadi lebih aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi lebih aman ya mbak karena pasword nya cma kita aja yang tau :)

      Hapus
  12. Saya jadi baru ngeh, mba. Duit cashback-nya buat beli pulsa aja ya 😁

    BalasHapus
  13. wahh.. ada payment gateaway yg baru ya, klo aku seh masih setia dengan DOKu

    BalasHapus
  14. nahhh gimana gimana asikk euy.. makasih yah udah bertahap ngajarin belanja yg makin gampang biar gak kudet

    BalasHapus
  15. Penasaran nih pengen langsung mencoba aplikasi Uangku :)

    BalasHapus