Sarapan Menjadi Momen Intim Bersama Keluarga

"Togetherness is a very important ingredient in family life" P ernah dengar ungkapan...


"Togetherness is a very important ingredient in family life"
Pernah dengar ungkapan seperti diatas kan? Kebersamaan keluarga itulah yang berhasil menciptakan momen yang memorable dalam hidup seseorang. Sarapan pagi bersama adalah momen yang sangat penting dalam sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Sarapan merupakan salah satu perihal penting dalam mewujudkan gizi seimbang. Sarapan membekali tubuh dengan sebagian kebutuhan gizi harian yang diperlukan untuk belajar, berfikir, bekerja dan melakukan aktivitas fisik. Kebiasaan sarapan yang teratur dan bergizi harus ditanamkan karena memberi manfaat besar, seperti kedisiplinan, serta membiasakan diri mengontrol asupan makanan dan minuman dan minuman bergizi yang diperlukan untuk stamina tubuh.

27 Februari lalu saya menghadiri acara  Bulan Sarapan Sempurna yang diadakan oelh Frisian Flag. Acara ini digelar sebagai upaya untuk mensosialisasikan pentingnya membiasakan keluarga menyantap sarapan bergizi setiap hari dan melengkapinya dengan segelas susu kental manis Frisian Flag. Susu kental manis Frisian Flag Gold diperkaya dengan 9 vitamin dan 5 mineral. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Mrs. Ramjeet Kaur Virik Marketing Manager Frisian Flag Indonesia. Mengapa sarapan itu penting? Selain sebagai bekal untuk semagat pagimu, untuk menambah asupan gizi juga sarapan sempurna akan membangun keluarga yang kuat, kata Mrs. Ramjeet. Caranya kita sebagai ibu usahakan untuk membuat sarapan sempurna, dan buat resep masakan yang berbeda setiap harinya. Dengan sarapan bersama keluarga, anak juga meniru cara orang tua nya menjadi terbiasa untuk sarapan bersama, dan nantinya kalau dia besar dan berkeluarga dia akan melakukan hal yang sama kepada keluarganya, ini contoh positif mengajari anak dimulai dari apa yang dilakukan orang tuanya.
Ramjeet Kaur Virik - Marketing Manager Frisian Flag Indonesia
Southeast Asian Nutrition Survey (SEANUTS), studi multisenter mendalam yang digagas FrieslandCampina di 4 negara, termasuk Indonesia, meneliti status gizi pertumbuhan, pola makan, dan asupan gizi anak-anak berusia 6 bulan sampai 12 tahun. Di Indonesia, studi ini dilaksanakan bekerjasama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI). SEANUTS menemukan bahwa hanya 1 dari 10 anak Indonesia usia 2-12 tahun yang mempunyai kuantitas sarapan yang cukup dengan kualitas yang baik. Proporsi anak di kelompok umur 9-12 tahun memiliki kuantitas sarapan yang tidak cukup, lebih banyak dibanding kelompok umur 2-8 tahun. Anak perempuan menunjukkan kuantitas sarapan tidak cukup, lebih banyak dibandingkan anak lelaki. Sedangkan dari segi kualitas, proporsi kualitas sarapan anak kelompok usia 6-9 tahun adalah paling rendah dibanding anak dari kelompok. Isu rendahnya kuantitas dan kualitas sarapan masyarakat Indonesia inilah yang menginspirasi Frisian Flag untuk menggelar kampanye Bulan Sarapan Sempurna.

Acara ini juga dihadiri DR. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGk Spesialis Gizi Klinis, menurut Dr. Samuel sarapan itu penting untuk kebutuhan karbohidrat otak, makanan sehat harus ada 4J yaitu Jumlah, Jenis, Jadwal, Jurus Masak.  Makan itu harus sesuai kebutuhan, pilih makanan sehat atau snack yang sehat. Saat sarapan kadar gula dalam darah meningkat, siap dipakai sehari-hari untuk beraktifitas. Sarapan sehat menjadi  sempurna apabila ditambah dengan minum susu, karena sumber energi pada susu lengkap ada lemak, protein, vitamin dan mineral. Pada tubuh seseorang yang normal setelah tidur 8-10jam, tubuh membutuhkan sumber energi. Yang menarik dari Susu Frisian Flag ini vitaminnya lengkap untuk kebutuhan energi. Waktu sarapan terbaik menurut Dr. Samuel adalah antar ajam 6 sampai jam 9 pagi. Ragam bahan pangan dengan porsi kalori dan komposisi gizi seimbang termasuk asupan vitamin dan mineral, penting untuk dipahami dan diterapkan agar sarapan lebih bergizi dan bervariasi, dan siap menjadi bekal semangat pagi. Membiasakan sarapan pagi akan melatih disiplin, juga mengontrol kebiasaan makan, sehingga terhindar dari segala penyakit. Dengan sarapan kita jadi fokus dalam aktivitas sehari-hari baik di sekolah maupun di kantor.

DR.dr.Samuel Oetoro, MS, SpGk - Spesialis Gizi Klinis
Dr. Samuel juga menyarankan agar mengosumsi susu sebaiknya jangan dimasak karena kandungan gizinya akan rusak. Kemudian kalau sudah dibuat sebaiknya susu segera dikonsumsi jangan dibiarkan karena kalau lebih dari 4 jam susu sudah tercemar atau terkontaminasi bakteri yang meghasilkan pembusukan. Susu menjadi asama rasanya.

Roslina Verauli, MPsi. Psi - Psikolog Keluarga
Psikolog Keluarga Roslina Verauli MPsi. Psi, mengatakan kebersamaan adalah sumber kekuatan anggota keluarga. Secara psikologis setelah sarapan apa saja yang didapat selain gizi, tentunya kebersamaan keluarga di meja makan ada "intimate moment" semua anggota keluarga terkoneksi. Makan keluarga merupakan ritual yang meningkatkan psychological-wellbeing anggota keluarga. Ketika ngobrol sama anak, tanpa disadari kita sudah membuka wawsan pengetahuan kepada anak. Momen sarapan bersama ini memenuhi kebutuhan biologis, stimulasi ( pendidikan dan nilai-nilai), dan psikososia,l anak siap bersosialisasi. Orang tua berperan sebagai Social Model, ternyata anak paling suka meniru apa yang dimakan orang tua, bagaimana orang tua makan dan menikmati, anak akan memperhatikan. Menurut riset kalo ingin memperkenalkan makanan baru pada anak perlu percobaan 8-12 kali. Jadi orang tua jangan bosan terus memperkenalkan sarapan sehat penuh gizi kepada anak, jangan karena anak tidak suka kemudian tidak dibuat lagi sarapan sehat yang bergizi. Bu Roslina menyarankan agar orangtua membuat weekly monitoring, libatkan seluruh keluarga, nikmati keakraban dengan  keluarga. Anak yg bahagia ready to learn, ready to socialize

Bagi keluarga Ari Untung dan Fenita, quality time bersama keluarga itu dimulai dari usaha mereka sebagai orang tua. Kegiatan mereka yang cukup sibuk kadang sangat sulit untuk bisa kumpul bersama keluarga. Tapi dengan sarapan inilah saat-saat penting karena semua jadi komplit, selain menambah asupan gizi, juga momen kumpul dengan keluarga punya semangat yang berbeda. Kebersamaan keluarga Fenita Ari pada saat sarapan bersama anak-anak jadi momen curhat, sharing mengenai kegiatan masing-masing. Karena sudah terbiasa sarapan pagi bareng keluarga, kalau sarapan masing-masing serasa ada yang hilang kata Fenita.


#sarapansempurna


KAMPANYE BULAN SARAPAN SEMPURNA

Susu Frisian Flag menggelar kampanye Bulan Sarapan Sempurna mulai 1-31 Maret 2016. Kampanye ini mengajak masyarakat membiasakan sarapan bergizi dilengkapi segelas susu kental manis Frisian Flag. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan mendaftarkan diri mulai 1 Maret 2016 di www.bulansarapansempurna.com yang dapat diakses via ponsel dan mengisi buku harian tentang sarapan sempurna di akun masing-masing. Unggah foto dan update status Anda setiap hari dan dapatkan kesempatan memenangkan hadiah harian berupa voucher belanja bagi 10 akun buku harian paling seru, hadiah mingguan berupa 7 breakfast table bergaya bagi 7 akun buku harian paling menarik, dan hadiah utama berupa ‘pengalaman sarapan keluarga fantastis’ bagi 3 keluarga dengan akun buku harian terbaik. Pemenang hadiah utama akan diumumkan pada akhir April 2016. Untuk mengetahui informasi terbaru tentang serunya Bulan Sarapan Sempurna masyarakat dapat bergabung di laman :

Facebook Frisian Flag Indonesia 
Instagram @susu.frisianflag Twitter @SusuFrisianFlag 
dengan tagar #sarapansempurna.



 

You Might Also Like

10 komentar