Food Culture Food Court Dengan Atmosfir Jepang Modern

Minggu 20 Maret 2016 , saya dan teman-teman blogger menghadiri acara Bloggers Gathering Bersama A...

Minggu 20 Maret 2016, saya dan teman-teman blogger menghadiri acara Bloggers Gathering Bersama AEON Mall BSD City. Mall yang dibuka pada tanggal 30 Mei 2015 ini merupakan mall pertama dari AEON Mall di Indonesia. Ini bukan kali pertama saya mengunjungi AEON Mall, sudah tidak terhitung jumlah kunjungan saya, wajar saja karena mall ini tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya. Pertama kali kesini saya sangat takjub dengan fasilitas food court dan restoran yang begitu banyak, bahkan saat ini merupakan yang terbanyak di daerah BSD yakni sebanyak 140 toko. Terdapat Food Culture yaitu food court dengan 21 restoran dengan variasi makanan yang berbeda dari Jepang hingga cita rasa Barat. Kemudian Cafe Street, area yang memiliki teras yang terbuka dan Ramen Village restoran yang khusus menyajikan ramen. AEON Mall BSD City memiliki 280 toko diantaranya toko-toko yang memang baru pertama kali di Indonesia dan toko yang berasal dari Jepang. Dengan konsep for your smart living AEON Mall menyediakan kebutuhan makanan dan pakaian dalam satu tempat, mempersembahkan pengalaman berbelanja yang menarik. One Stop Service !

Chef Rohmidi From Little Tokyo Restaurant
Istilah surga kuliner ala Jepang sangat cocok disematkan kepada mall yang satu ini, sesuai dengan tagline nya From The Heart Of Japan. Begitu memasuki lantai dasar saja kita akan menemukan bermacam-macam restoran dengan fokus makanan Jepang dan restoran dari Jepang. Dan betapa happy nya saya dan teman-teman blogger karena kali ini kami diberi kesempatan untuk lebih mengenal Food Culture lebih dekat. Disini kami diajarkan bagaimana cara membuat sushi juga cara mengolah ikan salmon. Mulai dari cara membersihkan duri sampai cara mengolah ikan salmon. Ternyata memotong ikan salmon memerlukan teknik menyayat dan tidak dilakukan sembarangan, karena mempengaruhi rasa dan kualitas ikan. Ikan salmon ini pilihan ikan terbaik loh! Karena didalamnya terkandung Omega-3 yang kegunaannya berperan penting menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah karena membantu menurunkan kadar lemak dan kolestrol jahat. Selain itu Omega-3 juga memiliki efek anti peradangan. Wajar saja kalau harga ikan ini lumayan mahal apalagi bagian perut bawahnya atau salmon belly.
Sashimi
Chef  Rohmidi dari restoran Little Tokyo memperagakan kepada para blogger cara membuat sashimi. Chef Rohmidi juga menjelaskan kalau pada saat ingin membuat Sashimi dan ternyata ikan salmon tidak ditemukan di pasar ataupun supermarket, kita bisa mengganti ikan salmon dengan ikan kembung berukuran besar atau bisa juga dengan ikan kakap. Sashimi ini berupa irisan ikan mentah segar yang disajikan dengan cuka Jepang dan wasabi. Mendengar harus dimakan mentah sempat enggan mencoba karena saya memang belum pernah makan Sashimi khawatir masih amis. Tetapi karena teman-teman mencoba, saya cuma mencicipi sedikit saja, ternyata amis nya hilang karena dimakan bersamaan dengan cuka Jepang dan wasabi.

Pak Nico perwakilan management AEON Mall BSD City, menyambut gembira kehadiran para blogger. Ia berharap acara blogger gathering seperti ini rutin dilakukan dengan tujuan agar terjalinnya hubungan yang lebih akrab. Pak Nico juga memaparkan bahwa Food Culture menghadirkan sajian otentik khas Jepang. Restoran-restorannya bertema Jepang, dan 90 persen makanannya berasal dari Jepang. Jadi untuk para pengunjung yang pernah ke Jepang dan merindukan kuliner Jepang bisa mengunjungi Food Culture, karena semua makanan Jepang ada disini. Selain restoran Jepang ada 2 restoran yang bukan Jepang yaitu Mexican Food dan Asian Food.

Nico, Management AEON Mall BSD City
Di akhir acara para blogger dibagikan voucher untuk menikmati makanan yang ada di Food Culture masing-masing senilai 100 ribu. Girang sekali.... karena dari awal acara saya sudah celingak celinguk penasaran dengan masakan Jepang. Akhirnya saya membeli Unagi Hand Roll di Litlle Tokyo Sushi. Padahal pengennya Sushi, berhubung sudah sering makan Sushi saya memutuskan mencoba makanan lain. Saya langsung ingat yang di katakan Pak Nico kalau di Food Culture ini ada restoran Mexico juga. Langsung saja saya telusuri dan saya menemukannya, nama restorannya adalah Jesse El Pollo, wah liat penampilan para karyawannya saya langsung ingat telenovela hehe. Saya memesan  Wet Burrito dan Chip & Salsa di restoran ini. Kalau Unagi nggak jauh beda rasa nya dengan Sushi yang biasa saya makan. Nah kalau Wet Burrito terus terang baru kali ini merasakannya. Wet Burrito ini terbuat dari tortila (flat bread) gandum sebagai pembungkus yang diisi dengan nasi, daging dan sayuran, persis arem-arem. Menurut penjelasan salah seorang karyawan Jesse El Pollo, Burrito biasanya digulung kemudian dimasak dengan dibungkus kertas atau aluminium foil tapi karena ini Wet Burrito jadi tidak dibungkus karena disajikan bersama siraman kuah. Dan menu yang satunya Chip & Salsa ini adalah keripik jagung yang dimakan dengan saus khusus.

menu yang saya pesan di Food Culture
Puas rasanya bisa menikmati beberapa makanan di Food Culture. Masih banyak menu-menu lain yang wajib dicoba, ada 21 restoran disini berarti masih banyak lagi yang harus dikunjungi. Sebagian teman-teman mungkin masih ada rasa khawatir untuk makan di Food Culture, seperti bagaimana status halal atau tidaknya makanan disini. Memang disini belum ada sertifikat halalnya, tetapi kita bisa menanyakan kepada karyawan restoran sebelum kita membelinya. saya melihat masing-masing restoran menempelkan tulisan No Pork di dinding restoran mereka. Tapi agar lebih yakin teman-teman bisa menanyakan langsung. Mudah-mudahan kedepannya segera ada sertifikasi halal.

Food Culture dan  Outdoor Area
Di Food Culture ada area outdoor nya juga loh, cocok sekali untuk tempat nyantai bersama keluarga, meeting dengan rekan bisnis atau gathering seperti acara blogger gathering kali ini. Bagian outdoor yang berupa lorong dengan hiasan berbagai ornamen menjadi bagian menarik karena dimanfaatkan sebagai spot untuk foto-foto, keren ! 

Little Tokyo Bakery, Takoyaki, Sakura Juice
Santapan kuliner khas Jepang memang menawarkan menu-menu menarik, Sushi, Sashimi, Udon, Tempura, Kagoshim-ma Wagyu Beef dan banyak lagi. Nah untuk teman-teman yang belum ke AEON Mall BSD City dan penasaran dengan makanan Jepang yang ada di Food Culture, berikut peta lokasinya.


You Might Also Like

11 komentar

  1. Aku sekarang jadi suka sushi, mba. Kalau sashimi nggak terlalu minat. Hihi. Wah, tampatnya kece banget ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku suka banget Sushi..tempatnya kece mbak, cocok buat nyantai

      Hapus
  2. Kalau tinggal di kota besar gini enak ya, ada aja acara gathering buat blogger. Btw aku penggemar berat makanan jepang nih.. Aduh bikin laper liatin makanan2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Pipit, terima kasih sdh mampir..mdh2an di kota nya mbak ada gathering spt ini juga nanti ya... Saya penggemar Sushi mbak, dan syukurnya Mall ini nggak begit jauh dari rumah.

      Hapus
  3. lihat gambarnya saja sudah laper saya
    salam sehat

    BalasHapus
  4. jadi laparrrr liatnya nih, pengen makan sushi dll juga. Oke deh, ini jadi acuan buat kuliner berikutnya.., makasih mba Tuty!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip mbak Zata, cobain juga wet burrito nya

      Hapus
  5. Wow pasti lezat tuh rasanya ya mbak ?

    BalasHapus
  6. Saya tertarik dengan buah-buah segar hmmm gimana kalo dipindahin kerumah saya yah wkwk, memang sih, jepang mempunyai banyak sekali makanan yang ENAK dan saya betah di sana, jadi pengen balik lagi

    BalasHapus