Monday, March 25, 2024

Grebek Kampung Ramadan Bersama LPM Dompet Dhuafa di Kampung Kebon Kelapa Serpong

Grebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa
Grebek Kampung Ramadan Bersama LPM Dompet Dhuafa

Ramadan adalah bulan penting dalam kalender Islam, yang diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai waktu berpuasa, berdoa, introspeksi diri, melatih diri untuk menahan hawa nafsu, meningkatkan ibadah, beramal saleh, dan masih banyak lagi amalan-amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadan. Meskipun fokus utama Ramadan adalah pada disiplin diri, pertumbuhan spiritual, dan memperbanyak taubat kepada Allah, Ramadan juga menekankan pentingnya menjaga kebersamaan dengan sesama. 

Selama bulan suci ini, umat Islam berkumpul untuk berbagi makanan sebelum matahari terbit (sahur) dan setelah matahari terbenam (buka puasa), menumbuhkan rasa kebersamaan dan solidaritas.  Melalui tindakan amal, kasih sayang, dan empati terhadap orang lain, orang-orang beriman berusaha untuk memperkuat ikatan mereka dengan keluarga, teman, dan komunitas Muslim yang lebih luas, dengan mewujudkan nilai-nilai kebaikan, kemurahan hati, dan cinta satu sama lain.  


Ramadan sebagai pengingat akan pentingnya berhubungan dengan orang lain, saling mendukung, dan membangun hubungan harmonis berdasarkan rasa saling menghormati dan pengertian. Biasanya kegiatan buka bareng dan sahur on the road selalu menjadi momen di bulan Ramadan. Kegiatan ini dilakukan individu, kelompok ataupun komunitas untuk berbagi makanan untuk saudara-saudara muslim yang membutuhkan. 


Grebek Kampung Ramadan 

Grebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa
Musholla Al-Mukhlisin Kampung Kebon Kelapa Serpong 
Alhamdulillah saya bisa mengikuti momen berbagi di bulan Ramadan ini dengan masyarakat lewat kegiatan Grebek Kampung Ramadan bersama LPM (Lembaga Pelayanan Masyarakat) Dompet Dhuafa di Kp Kebon Kelapa (Purna) Rt 001 Rw 002 Kelurahan Serpong Kecamatan Serpong - Kota Tangerang Selatan pada hari Sabtu 23 Maret 2024 lalu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan dan memberikan pengalaman bagi masyarakat. Lebih kurang ada 400 KK di Kampung Kebon Kelapa (Purna) dimana sebahagian besar mata pencaharian masyarakat adalah pedagang. 

Beberapa Kegiatan Grebek Kampung Ramadan di Kampung Kebon Kelapa, Serpong

Grebek Kampung Ramadan diadakan di area Mushola Al-Mukhlisin. Kegiatan dimulai dari jam 8 pagi di awali dengan bersih-bersih Mushola dilakukan oleh warga. Pembukaan kegiatan Grebek Kampung Ramadan sendiri dilakukan jam 1 siang setelah waktu Zuhur. 

Pesantren Kilat 

Kegiatan pesantren kilat bertujuan memberikan edukasi keagamaan kepada anak-anak diselingi dengan games yang berkaitan dengan agama seperti tantangan menebak ayat, juga hafalan ayat pendek. Kegiatan ini dipandu oleh kakak-kakak dari tim LPM Dompet Dhuafa.


Grebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa
Pesantren Kilat bersama tim. LPM Dompet Dhuafa di Musholla Al-Mukhlisin Kampung Kebon Kelapa Serpong 

Cek Kesehatan Gratis 

Kegiatan selanjutnya adalah cek kesehatan gratis oleh tim LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa Warga bisa cek kesehatan gratis berupa cek gula darah, tekanan darah, dan asam urat. Tim LKC Dompet Dhuafa juga memberikan vitamin kepada masyarakat yang ikut cek kesehatan. Alhamdulillah warga begitu antusias memeriksakan kesehatan mereka. Saya pun ikut memeriksakan cek kesehatan, dan hasilnya asam urat saya normal tetapi tekanan darah dan gula darah masuk kategori rendah.


Gerebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa
Cek Kesehatan Gratis bersama tim LKC Dompet Dhuafa 

Mitigasi Bencana

Setelah cek kesehatan gratis kegiatan selanjutnya mitigasi bencana yang diadakan setelah Ashar. Mitigasi bencana ini dipandu oleh tim DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa. Tujuan mitigasi bencana untuk memberikan edukasi kepada warga terutama bapak-bapak dan ibu-ibu agar tidak panik ketika terjadi bencana dan pertama kali harus melakukan tindakan apa agar selamat dari bencana. Misal jika terjadi gempa bagaimana cara yang tepat melindungi diri. Kemudian saat terjadi gas bocor yang menimbulkan kebakaran apa yang harus dilakukan, bagaimana cara yang benar memadamkan api. Jujurly saya pun jadi nambah wawasan ternyata selama ini yang meledakan bukan tabung gas tapi karena gas bocor. Menurut tim DMC Dompet Dhuafa tabung gas sendiri nggak meledakkan tapi justru gas nya yang dapat menimbulkan api. Tim DMC Dompet Dhuafa juga memberikan kesempatan kepada warga untuk praktek langsung cara memadamkan api. Meskipun kegiatan ini diutamakan untuk para orangtua tapi anak-anak yang menyaksikan juga turut mendapatkan edukasi. 


Grebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa
Mitigasi Bencana bersama tim DMC Dompet Dhuafa 

Dongeng Ceria

Dongeng Ceria dibawakan oleh Bunda Shofa dari Kampung Dongeng Indonesia. Anak-anak tampak senang mengikuti kegiatan ini. Selain membuat anak-anak happy dan mendapatkan edukasi, kegiatan Dongeng Ceria ini juga bisa memupuk rasa solidaritas anak-anak sejak dini. 


Grebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa
Dongeng Ceria bersama Bunda Shofa dari Kampung Dongeng Indonesia 

Grebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa
Antusiasme anak-anak Kampung Kebon Kelapa Serpong menyimak Dongeng Ceria 

Parsel Ramadan 

Saya bersama teman-teman dan tim LPM Dompet Dhuafa berkesempatan mengunjungi langsung warga yang layak mendapatkan Parsel Ramadan. Kami mengunjungi Ibu Halimatussakdiah berusia 66 tahun yang tinggal seorang diri. Kegiatan sehari-hari berjualan kopi keliling menggunakan kursi roda. Dengan kondisi fisik yang mulai menurunkan Ibu Halimatussakdiah masih tetap semangat mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pada kesempatan ini tim LPM Dompet Dhuafa membagikan sembako juga mukena sebagai Parsel Ramadan. 


Gerebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa
Berbagi Parsel Ramadan

Ceramah

Menjelang berbuka kegiatan selanjutnya adalah mendengarkan ceramah oleh Ustadz Ahmad Muhajirillah. Ceramah singkat ini membahas pentingnya memanfaatkan momen Ramadan yang hanya setahun sekali ini dengan meningkatkan ibadah dan memohon ampunan. 


Gerebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa
Ceramah oleh Ustadz Ahmad Muhajirillah 

Buka Bersama 

Kegiatan Grebek Kampung Ramadan ditutup dengan buka bersama, dimana kami menikmati kue dan masakan ibu-ibu warga setempat yang sejak siang sudah mempersiapkan masakan bersama-sama. 


Gerebek Kampung Ramadan
Ibu-ibu Kampung Kebon Kelapa Serpong bergotong-royong memasak untuk buka puasa bersama

Gerebek Kampung Ramadan
Mengolah minuman untuk berbuka puasa bersama

Saya senang sekali bisa turut serta dalam kegiatan Grebek Kampung Ramadan bersama LPM Dompet Dhuafa di Kampung Kebon Kelapa. Ini menjadi momentum agar kita lebih peka dan saling peduli kepada sesama. Sedangkan bagi masyarakat Kampung Kebon Kelapa sendiri kegiatan Grebek Kampung Ramadan ini menjadi pengalaman baru dalam mengisi kegiatan Ramadan.


Gerebek Kampung Ramadan
Parsel snack dibagikan ke anak-anak saat berbuka

Semoga kegiatan ini menjadi berkah dan menjadi manfaat untuk kita semua. Aamiin.






No comments:

Post a Comment