Tips Meningkatkan Diri Selama Ramadhan

Tips Meningkatkan Diri Selama Ramadhan  Marhaban ya Ramadhan… A lhamdulillah bulan Ramadhan sudah di depan mata. Kurang lebih 1 Minggu lagi ...

Internet Provider
Tips Meningkatkan Diri Selama Ramadhan 


Marhaban ya Ramadhan…

Alhamdulillah bulan Ramadhan sudah di depan mata. Kurang lebih 1 Minggu lagi umat Muslim yang beriman di seluruh dunia akan menjadikan ibadah puasa sesuai perintah Allah SWT. 


Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa, bulan penuh ampunan dan dilipat gandakan pahala dari amal baik yang dilakukan. Sebagai umat muslim sayang rasanya bila kita menyia-nyiakan waktu yang hanya datang sebulan dalam setahun ini dengan berdiam diri saja. Sambil fokus beribadah, ada baiknya meng-upgrade diri selama bulan Ramadhan dengan hal-hal yang bermanfaat yang bisa dilakukan dari rumah. 


Untuk menunjang aktivitas selama bulan Ramadhan saya sudah berniat memanfaatkan waktu mengembangkan diri lagi, hitung hitung ibadah sambil menjalankan ibadah. Tentu saja dengan memanfaatkan internet cepat IndiHome. Apa saja nih yang bisa dilakukan untuk membangun diri selama Ramadhan? Begini nih secuil tips dari saya.


1. Membaca dan Belajar Al-Qur'an Bersama Anak


Membaca Alqur'an dan tadarusan salah satu cara meningkatkan diri di bulan Ramadhan 

Puasa tidak sekedar menahan lapar dan haus. Namun juga melatih kesabaran dan menahan diri dari nafsu termasuk nafsu ghibahin orang, hehe. Jadi daripada berghibah nambah dosa, mending dipakai buat baca Al-Qur'an atau tadarusan sekaligus ngajak anak baca Al-Qur'an bersama.


Di dalam Al-Qur'an menyebutkan bahwa bulan puasa juga merupakan bulan Al-Qur'an. Dimana apabila kita dapat mengkhatamkan Al-Qur'an selama bulan Ramadhan maka selain pahala yang berlipat ganda, 60 ribu malaikat juga akan mengaminkan doa-doa kita. Alhamdulillah sering dengar sendiri ceramah ustadz di televisi sesudah sholat subuh jadi banyak nambah ilmu agama lagi. 


Nah, buat mengkhatamkan bagi yang sudah lancar membaca Al-Qur'an 

selama sebulan puasa mungkin bukan hal yang sulit. Lantas bagaimana dengan yang terbata-bata alias belum lancar atau bahkan belum pandai baca Al-Qur'an? Selama tidak malas belajar, tenang saja. Allah Maha Baik. Pahala belajar Al-Qur'an selama bulan Ramadhan akan dilipat gandakan.


Belajar Al-Qur'an bisa dari mana aja. Seperti saya walaupun sudah lancar baca Al-Qur'an namun tetap ingin belajar seperti memperdalam ilmu tajwidnya agar lebih pakem. Dengan memanfaatkan IndiHome by Telkom Indonesia maka saya bisa belajar kapan pun. Saya biasanya sering buka YouTube. Alhamdulilah video yang diputar nggak macet-macet dan belajar ngajinya jadi nyaman. Pasti udah pada setuju ya kalau internet cepat IndiHome super stabil. 


2. Mendengar Ceramah Agama


Manusia adalah makhluk yang tak sempurna dan nggak luput dari dosa, baik yang disengaja maupun tidak sengaja. Oleh sebab itu mendengar ceramah agama dari ustadz atau ulama juga penting sebagai vitamin jiwa buat kita. Selain itu, aktivitas ini juga dapat meningkatkan dan membangun diri kita menjadi lebih baik. 


Nah, lagi-lagi karena kebaikan teknologi, sekarang kita dapat mendengar ceramah agama lewat gadget dengan gampang. Saya biasanya sih liat di YouTube atau Instagram Reels. Kalau buka YouTube tinggal cari aja mau cari ceramah tentang apa  Enaknya lagi bisa mendengarkan ceramah sambil aktivitas lain seperti membersihkan rumah, masak dan lain-lain. Pastikan pakai IndiHome aja biar internet cepat, nggak pakai ngadat. Kira-kira penceramah favorit kalian siapa nih?


3.Belajar Menu Masakan Baru untuk Sahur dan Buka Puasa


Semangat belajar masak nyobain menu baru

Sebagai ibu rumah tangga mempersiapkan menu sehat juga penting agar kuat selama berpuasa. Memasak makanan buat keluarga juga merupakan ibadah. Biasanya saya suka cari ide-ide menu makanan dari google atau YouTube. Resepnya banyak banget mulai dari cara buat kue, puding, mie, bubur, lauk pauk, dan lain-lain. Kayak tahun lalu saya belajar cara buat puding lumut dari internet. Menu-menu lain juga sudah saya coba dan Alhamdulillah hasilnya lumayan dan keluarga juga suka. Happy banget sekarang kalau pengen buat masakan apa tinggal searching google ataupun YouTube. Ilmu masaknya jadi nambah deh. Cukup modal gadget dan internet cepat. Ngomong-ngomong sahur nanti mau masak apa nih?


Selamat menjalankan ibadah puasa ya.  Semoga kita bisa istiqomah, sehat dan lancar menjalankan ibadah puasa.





You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write