JNE Content Competition, Bentuk Dukungan Untuk UMKM Lokal

JNE Content Competition Dukung UMKM Lokal B etapa dalam setiap kesulitan itu selalu ada kemudahan yang menyertai. Dalil ini memberikan sesua...

JNE Content Competition
JNE Content Competition Dukung UMKM Lokal


Betapa dalam setiap kesulitan itu selalu ada kemudahan yang menyertai. Dalil ini memberikan sesuatu yang nyata mengiringi setiap nafas kehidupan untuk selalu menjadi makhluk yang optimis sepanjang jalan perjalananya. Sebab itu perubahan yang terjadi pada kehidupan selalu berlalu dan terjadi begitu saja, seperti tak terjadi sesuatu apapun. Hebat! Entah berapa banyak manusia saat ini yang sedang mengalami himpitan dari bencana global yang bernama pandemi, bencana yang datangnya dari alam, dan belum lagi bencana yang lain yang datangnya dari perubahan teknologi. 

Laju disrupsi terus menggerus aspek-aspek konvensional yang selama ini kadung menjadi sesuatu yang biasa dilakukan. Pandemi dan disrupsi terus menghimpit sesuatu yang konvensional mendorong pada sesuatu yang baru. Sesuatu yang bisa terus hidup dalam pandemi dan disrupsi. Pilihan-pilihan untuk terus menjalani kehidupan dengan pola hybrid menjadi berbagai hal yang dilakukan banyak orang. Satu hal tetap menjalani konvensional satu hal lagi memasuki dunia digital untuk beriringan. Tak terkecuali bagi penjual gorengan, gado-gado, es cendol sekalipun. 

Usaha Kecil-Kecilan Jualan Hasil Desain

JNE Content Competition
Utak-Atik Desain Jadi Cuan

Pandemi menambah kreativitas sebagian orang untuk lebih kreatif lagi mencari sumber rezeki. Karena sekali kita surut kita justru ketinggalan, termasuk saya pribadi. Pandemi membuat saya memutar otak mencari ide agar dapur tetap ngebul. Mulai dari jualan bandrek, saya juga membuka kelas online mengajar desain ilustrasi menggunakan aplikasi Canva. Saat pertama kali buka kelas sekitar bulan September 2021 peminatnya lumayan banyak, dan sampai sekarang rutinitas mengajar desain online masih saya lakoni.


Selain mengajar desain aplikasi online, saya juga menjual hasil utak-atik desain secara online. Awalnya saya menawarkan hasil desain seperti yang baru-baru ini saya tawarkan yakni kalender 2022 melalui jalur pribadi kepada teman-teman dan kerabat dekat. Kemudian perlahan-lahan melalui platform online.


JNE Content Competition
Contoh Desain Kalender

Berbeda lagi dengan desain-desain pesanan atau custom. Alhamdulillah masih ada saja beberapa teman yang order desain buat tugas anak sekolah, logo, standing banner, menu, dll. Beruntung sekali kita sudah berada di titik kehidupan dengan teknologi yang mumpuni. Orderan pekerjaan bisa dilakukan via online, begitupun dengan pengiriman. Desain dalam bentuk fisik biasanya hasilnya saya kirimkan melalui jasa pengiriman. Jujurly, sebagai pelaku usaha kecil-kecilan sangat terbantu dengan adanya jasa pengiriman dan saya yakin pelaku UMKM yang lain juga merasakan kemudahan yang sama.


Salah Satu Cara JNE Dukung UMKM Melalui JNE Content Competition

Saya juga teman-teman semua bisa turut mendukung pelaku usaha seperti saya dengan membeli produknya. Tanpa kita sadari dengan kita membeli produk-produk UMKM baik itu penjual gorengan dekat rumah, minuman kopi kekinian, atau produk lainnya kita sudah membantu roda perekonomian agar tetap berputar. Selain itu kita juga sudah membantu para UMKM untuk tetap bertahan dan bangkit di tengah pandemi yang belum berkesudahan dan penuh ketidakpastian.


Belanja produk UMKM juga semakin mudah. Kita bisa belanja secara online lewat marketplace atau sosial media seperti instagram hanya melalui ponsel. Tinggal pilih barang, bayar, dan pilih jasa pengiriman yang terpercaya. Happy banget pastinya nungguin paket di rumah, rasanya pasti deg-degan kayak nungguin pacar, hehe!


Teman-teman juga bisa berikan dukungan kepada UMKM dengan mengikuti JNE Content Competition 2021. Yups, JNE Content Competition 2021 masih diperpanjang nih guys sampai dengan 31 Januari 2021. Untuk syarat dan ketentuan bisa teman-teman cek di bawah ya.


JNE Content Competition
JNE Content Competition


Syarat dan Ketentuan JNE Content Competition

JNE Content Competition 2021 berupa kompetisi menulis, foto, video, juga desain. Nah, teman-teman bisa ikuti semuanya atau pilih salah satu kompetisi yang paling ingin diikuti. Berikut syarat dan ketentuan kompetisi menulis JNE Content Competition.

Syarat:
  • Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi terlebih dahulu di Kompasiana.com

  • Akun yang sudah tervalidasi akan diprioritaskan menjadi pemenang.

  • Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain

  • Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana

  • Setelah tayang, Tim Moderator akan memberlakukan kunci artikel pada artikel lomba Anda. Setelah dikunci, Anda tidak dapat melakukan perubahan apapun pada artikel tersebut. Hal ini diberlakukan demi menjaga sportivitas para peserta.

Ketentuan:

  • Tema: JNE Bersama UMKM untuk Indonesia

  • Kompasianer diminta untuk menuliskan tentang pengalaman bagaimana JNE berkontribusi menunjang kebutuhan gaya hidup di era digital, selain juga mendukung bergulirnya roda perekonomian Indonesia pada level mikro (UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty, dsb) dengan menjembatani kebutuhan stakeholders (konsumen, marketplace, fintech, dsb).

  • Periode: 6 Desember 2021 - 31 Januari 2022

  • Tulisan minimal 500 kata dan tidak lebih dari 1.500 kata

  • Dalam setiap konten, peserta wajib menyebutkan keyword: JNE

  • Peserta wajib mencantumkan label JNE31tahun dan JNEMajuIndonesia

  • Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak dapat diikutkan dalam kompetisi ini

  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

  • Apabila terjadi kecurangan, maka pihak penyelenggara berhak menganulir pemenang atau mengeluarkan pihak yang bersangkutan

  • Pemenang akan diumumkan paling lambat 14 hari kerja setelah periode lomba berakhir

HADIAH:

Juara 1 Rp 5.000.000

Juara 2 Rp 3.500.000

Juara 3 Rp 2.000.000


Dengan mengikuti JNE Content Competition kita juga turut mengedukasi pembaca tulisan ataupun follower kita di sosial media agar turut mendukung bangkitnya UMKM Indonesia. Yuk, tuangkan ide kalian di JNE Content Competition 2021.





You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write