HP Kamu Hilang? Tenang, Coba Lacak dengan 4 Cara Mudah ini!

S martphone yang hilang karena berbagai penyebab memang kerap membuat si pemiliknya menjadi badmood . Apalagi kalau di smartphone ter...

Smartphone yang hilang karena berbagai penyebab memang kerap membuat si pemiliknya menjadi badmood. Apalagi kalau di smartphone tersebut terdapat banyak data dan file penting. Duh, ini pastinya bisa bikin kita stres ya kan, karena memikirkan data kita yang ada di smartphone tersebut. Akhirnya jika tidak ditemukan mau tidak mau harus beli HP baru untuk memenuhi kebutuhan.

Namun, nggak ada salahnya lho untuk mencoba melacak HP yang hilang dulu. Kali saja HP yang hilang bisa ditemui kembali, kan? Memang bagaimana sih cara melacak HP yang hilang? Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa cara sederhana untuk melacak HP hilang yang bisa kalian coba berikut ini.

Melacak HP dengan Akun Khusus

Cara satu ini berlaku untuk pengguna HP yang memiliki teknik pengaman dari pabrikannya. Seperti Samsung ID, iCloud dan Mi Account. Berikut masing-masing caranya:

1. Samsung ID
Untuk melacak ponsel Samsung yang hilang dapat mengunjungi situs Samsung Find My Mobile, lalu sign menggunakan ID ponsel yang hilang. Jika sudah, setujui seluruh legal information yang dibagikan oleh Samsung setelah itu klik Agree. Berikutnya Samsung Find My Mobile bakal memberikan lokasi terakhir keberadaan ponsel kita, mengetahui sisa baterai serta informasi jaringan yang tersambung. Kontrol ponsel dapat dilakukan dengan cara mengunci perangkat, bunyikan alarm atau hapus data.

2. iCloud
Cara melacak iPhone yang hilang, coba kunjungi situs iCloud pada sebuah browser di komputer. Kemudian, sign in with Apple ID pada ponsel yang hilang tersebut. Skip Two-Factor Authentication lalu pilih opsi Find My iPhone dan hapus data kalau HP sudah ditemukan serta masuk kan ponsel dengan Lost Mode.

3. Mi Account
Bagi pemilik HP Xiaomi yang hilang, kamu bisa mengunjungi situs Mi Cloud di internet untuk melacak HP tersebut. Setelah itu, sign in with Mi Account lalu masukkan data sesuai ponsel yang hilang beserta password. Langkah selanjutnya, pilih opsi Find Device dan aktifkan fitur Lost Mode ketika HP ditemukan.

sumber: bixbux. com

Melacak HP dengan Email

Dengan cara satu ini, para pengguna Gmail bisa memprotect akun google serta mengunci ponselnya. Untuk caranya, para pengguna wajib login dengan akun Gmail-nya dulu di browser. Setelah itu, pilih ikon kotak untuk mendapatkan info akun yang dimiliki oleh si pengguna. Kemudian, tekan kolom pencarian lalu ketik “Find Your Phone”. Langkah berikutnya, pilih menu Find your Phone serta pilih ponsel yang hilang di list perangkat tersambung dengan akun Gmail. JIka sudah, isi password buat verifikasi dan tekan next. Pada tahap Find your Phone, kamu pilih opsi locate yang bakal mengalihkannya ke Find My Device. Fitur ini, dapat mengunci dan mengamankan akun Google yang ada di HP Honor yang hilang. 

captured by tuty queen

Melacak HP dalam Kondisi Mati

Google Maps ini bisa digunakan untuk melacak keberadaan HP yang hilang, terutama dalam kondisi mati. Caranya kita harus membuka aplikasi Google Maps di ponsel untuk melacak, lalu tekan ikon garis tiga di bagian pojok kiri atas. Kemudian, masukkan akun ponsel yang hilang dengan opsi add account. Selanjutnya, ketuk ikon hamburger sekali lagi dan pilih Your Timeline. Proses pelacakan segera dimulai. Setelah itu, pilih ikon kalender untuk melihat lokasi ponsel kalau sudah hilang dalam beberapa hari, terutama kalau ponsel mati.

sumber: merdeka. com

Melacak HP dengan Google Find My Device

Google Find My Device atau Android Device Manager juga dapat dijadikan alternatif untuk melacak ponsel yang hilang. Untuk caranya, pertama-tama pastikan aplikasi Google Find My Device sudah terinstal di ponsel yang hilang. Lalu, masuk menggunakan akun Gmail pada ponsel pelacak dengan sign in as guest supaya bisa masuk ke ponsel yang hilang. Layer perizinan bakal muncul. Kemudian izinkan aplikasi mengakses lokasi ponsel dengan tekan “Allow”. Setelah itu, segera datangi lokasi HP berada dengan mengandalkan ikon berwarna hijau yang tersambung ke Google Maps. 

Aplikasi Google Find My Device 

Menemukan kembali HP yang hilang memang menjadi hal yang diinginkan oleh banyak orang. Apalagi saat ini harga HP semakin melonjak yang membuat kita harus mengeluarkan banyak budget untuk mendapatkan handphone yang diinginkan. Harga HP Realme saja bisa kisaran Rp 1 juta hingga 10 jutaan. Maka tak heran, jika ponsel hilang karena berbagai penyebab membuat si pemiliknya stres dan badmood seharian. Semoga dengan cara-cara di atas, ponsel kita atau ponsel kerabat yang hilang bisa segera ditemukan, ya.




You Might Also Like

53 comments

  1. Huh, eman stress banget MAk HP ilang tuuh, ku beberapa kali karena keteledoran sendiri hahhaaa.
    Jadi kesel sendiri, tapi ga balik lagiii juga..
    Baiklah nanti mah tak nyobain tips2 ngelacaknya aah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mak kadang saking paniknya kita nggak tau ya mau ngapain

      Delete
  2. Nice sharing mba, berguna banget ini kalo amit-amit smartphone kita hilang, pastinya bakal uring-uringan seharian sih, bete karena data dan file penting itu loh yang susah untuk didapatkan kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastiii.. secara kita simpan semua di hp ya

      Delete
  3. Makasih tipsnya, mak

    Pernah hp ilang tahun 2012.

    Sedih banget krn baru bbrp bulan dibeli.

    Waktu itu pernah nyoba ngelacak jg pk yg akun samsung tp ga nemu.

    Mungkin waktu itu belum secanggih sekarang.

    ReplyDelete
  4. Saya pernah sekali mengalami hp hilang gara-gara dicopet. Deg-degan dan lemes banget udahannya. Gak kepikiran untuk melacak begini. Udha pasrah aja, deh.

    Pastinya gak pengen kejadian lagi. Tetapi, setidaknya sekarang jadi tau gimana melacaknya kalau hp sampai hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener.. kadang kita memilih pasrah ya soalnya nggak tau mau ngapain lagi :)

      Delete
  5. Dulu kusering hilang hp waktu masih jaman nokia, haha. Tapi skg duh amit-amit, jangan sampe. Memangb skg banyak aplikasi yang memudahkan melacak kondisi HP hilang tsb.

    ReplyDelete
  6. Aku paling sering melacak dwngan Find My iPhone app mba.. tapi memang posisi harus hidup dan online

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau malingnya lebih pinter repot juga yaa hehe

      Delete
  7. Lah iya, belum daftar ke akun produsennya. Bukan harganya kalau aku sih walaupun nangis juga kalau ilang. Tapi yg utama data2 pribadi didalamnya. Kalau dicopet atau dicuri bagus juga ketemu orangnya sekalian jadi bisa digaplok hahahaaa. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadaaawww.... mau laahh ikutan gaplok buuu... :)) Sangar tenan iki.

      Iya, kalau hapenya sendiri sih masih bisa dibeli lagi ya mba. Tapi data-data di dalamnya itu loh yang bikin nangis kejer kalau sampai ilang.

      Delete
    2. nah iya Mbak Lusi bukan masalah harga sih yang plaing berharga itu justru data2 didalamnya

      Delete
  8. owalaaahh, baru tahu aku mba
    ternyata bisa banget ya ngelacak hp yg hilang
    makasiii tipsnya

    ReplyDelete
  9. hikks, saya udah 2x kehilangan HP Mbak dan itu bener-bener buat bad mood deh, hikkss.
    ini caranya tuk HP Samsung dan MI aja ya? Vivo gimana ya *dulu HP kedua yg hilang itu Vivo, hikkss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba daftarkan ke produsennya mbak atau pakai cara menggunakan email juga bisa

      Delete
  10. Dulu pernah kehilangan HP, tapi bukan smartphone sih. Semoga jangan sampai deh. Deg-degan karena banyak data dan lainnya kan. Tapi ini tips harus dicatat juga. Kalau dulu aku nyoba yang pakai email

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya malingnya canggih2 ya.. temenku suaminya kehilangan hp dan terlacak hp itu dijual ke Roxi

      Delete
  11. Nggak enak bgd kehilangan hp, seriusan. Makasih ya mbk sdh share beberapa pilihan menemukan lokasi hp yang hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hilang hp bikin bete pastinya mengingat data2 penting dan histori percakapan penting disitu semua

      Delete
  12. Aku baru tahu ini mba. Pernah sekali kehilangan hape tapi ga mau lagi deh. Hiks. teryata ada banyak kemudahan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jangan smapai kejadian kehilangan hp yaa mudah2an dilindungi selalu kita semua

      Delete
  13. Langsung auto nyimpen tutorial ini. Nyobain instal google find my device. ;)


    Iya loh mba, henpon itu kan udah kayak separuh nyawa. Urusan bisa berabe kalau sampe lepas dari genggaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak uniek berantakan urusan kerjaan

      Delete
  14. Akhirnya ada yang bahas emang hilang hp apalagi kondisi mati susah ya mbak. Makasih informasinya Emang bermanfaat banget

    ReplyDelete
  15. Makasih mbak, sharing ini bermanfaat banget dan aku save. Karena kemarin hape hilang beserta powerbank nya karena ada yang ngambil. Wah langsung cari nih pakai google.

    ReplyDelete
  16. Biasanya orang bakalan pasrah aja sewaktu kehilangan hape, padahal masih banyak cara supaya bisa melacaknya ya...
    Makasih tipsnya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena saking paniknya nggak tau lagi mau ngapain ya

      Delete
  17. Wah berguna banget ini sharingnya. Langsung bookmark. Semoga aja sih gak ngalamin hp ilang ya. Tapi setidaknya buat jaga-jaga aja. Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  18. Tapi dengan catatan HP yang dicuri kudu hidup dan online kan ya, mba?
    Ternyata, masing-masing brand punya kiat ya.
    Cool!

    ReplyDelete
  19. Wah aku baru tahu loh cara-carany begini mba, tapi kalau suami aku suka pakek kalau hpnya ketinggalan atau diumpetin anak-anak wkwkwk...tpi beneran aku ga tau sedetail ini siih caranya

    ReplyDelete
  20. Aku pernah nyobain yg find my device. Ini sih hrs diterapin ke suamiku pelupa soal hp:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya kadang kita yg lupa naruh dimana

      Delete
  21. Aku pernah ilang HP mak Tuty akhirnya pakai Google Find my device , Alhamdulillah ketemu ternyata di rumah juga hehehe.

    ReplyDelete
  22. Bbrp kali kehilangan hape ya diikhlaskan haha ternyata bisa ya dilacak. Ini berguna terutama buat org yang aktivitas atau hidupnya ada di hape itu terutama yang suka nyimpen dokumen penting di hape ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak kita dong mak, semua kerjaan ada di hp haha

      Delete
  23. Wah jadi tau gimana cara melacak hp yang hilang, bahkan dalam kondisi hp mati. Makasih banyak buat informasinya mbak. Bisa dipraktekkan nih kalau hp hilang, eh nggak pengin juga sih hp hilang ya hehe. Tapi kalau nyelip sih sering bnaget, aku suka lupa naruh hp *kebiasaan jelek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kadang lupa naruh juga bikin panik ya :)

      Delete
  24. Thank you banget infonya Mbak, akutuh baru tau kalo samsung id bisa buat ngelacak. Aku kira itu fitur di produk apple ajaa haha

    ReplyDelete
  25. Ternyata bisa ya melacak hp yang hilang dari akun google, tapi kalau hp kondisi mati bisa juga mba?

    ReplyDelete
  26. bisa mbak pakai maps seperti poin terakhir diatas

    ReplyDelete
  27. Aku pernah banget kehilangan HP. Dan karena HPku OPPO, aku disarankan ke OPPO center.
    Dibantu melacak, tapi qodarulloh, si HP sudah dalam kondisi mati. Dan posisi terakhirnya tahu gak, kak...dimana?
    Di deket rumah aku doonk...
    Sedih banget, pokonya...kayak orang putus cinta.
    Subhanallah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun dekat rumah.. semoga dapat pengganti yang lebih baik yaa. Amiin

      Delete