Dukungan Anak Indonesia Bersama SiDU untuk Atlet Asian Games 2018

P erhelatan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Nggak sabar pengin mendukung para atlet  biar semangat berlaga. Mudah-mudahan sep...


Perhelatan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Nggak sabar pengin mendukung para atlet  biar semangat berlaga. Mudah-mudahan seperti harapan Presiden Jokowi ya agar Indonesia bisa masuk 10 besar. Kalau kata Menpora Imam Nahrawi "Ini kandang kita Bung, kita harus juara!" Duh, dengar dukungan-dukungan berupa kata-kata semangat gini rasanya merinding banget, soalnya seluruh rakyat Indonesia pastinya berharap sebagai tuan rumah atlet-atlet kita bisa mengharumkan nama bangsa.

Kamis, 26 Juli 2018 lalu saya bersama teman-teman blogger menghadiri gelar wicara yang diadakan oleh APP Sinar Mas dengan mengangkat tema Dukungan Anak Indonesia untuk Atlet Asian Games 2018. Gelar wicara ini diadakan di Auditorium Wisma Menpora, yang dihadiri oleh siswa-siswi dari 100 sekolah dasar di Jabodetabek. Turut hadir dalam acara ini Menteri Pemuda & Olah Raga Indonesia Imam Nahrawi, Wakil Direktur Bidang Pendapatan INASGOC Cahyadi Wanda, APP Sinar Mas Consumer Business Unit Head Sovan K. Ganguly, Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal, Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, dan Indonesian Basketball Athlete Vincent Kosasih.


kanan-kiri : Vincent Kosasih - Cahyadi Wanda - saleh Husin - Menpora Imam Nahrawi - Jonni Mardizal - Sovan K. Ganguly
Dukungan dan semangat Asian Games 2018 diberikan oleh semua lapisan rakyat Indonesia termasuk anak-anak yang masih duduk di Sekolah Dasar. Untuk menumbuhkan semangat Asian Games 2018, APP Sinar Mas melalui merk buku tulis unggulnya Sinar Dunia (SiDU) yang merupakan mitra dalam mendukung pendidikan anak Indonesia terpanggil untuk mengumpulkan dan menyalurkan tulisan-tulisan dukungan dari ribuan anak-anak sekolah untuk para atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Beberapa siswa-siswi dari 100 sekolah dasar di Jabodetabek

Ayo Menulis Bersama SiDU!

Program penulisan surat dukungan ini merupakan bagian dari program Ayo Menulis Bersama SiDU yang sudah berjalan di banyak sekolah di Jabodetabek dan berbagai kota dengan mengumpulkan ribuan tulisan anak-anak, yang mana program ini memang menitikberatkan pada menumbuhkan kebiasaan menulis pada anak-anak untuk meningkatkan kompetensi di berbagai bidang. Sovan K. Ganguly  memaparkan SiDU percaya bahwa menulis di atas kertas memiliki tiga manfaat utama yakni membangun kompetensi anak, yaitu meningkatkan kecerdasan, daya ingat, dan kreativitas. Menulis juga dapat menyalurkan sisi emosional anak secara positif. Inilah yang melatarbelakangi SiDU untuk meluncurkan gerakan nasional ‘Ayo Menulis Bersama SiDU!” pada September 2017.

Siswa-siswi menulis dukungan untuk para atlet Asian Games 2018 di Wall of Hope
Seiring dengan kepedulian SiDU untuk meningkatkan kompetensi siswa Indonesia, SiDU juga mengintensifkan gerakan nasional tersebut sejak April 2018 dengan mengikutsertakan dan melibatkan 20.000 murid dari 100 sekolah dasar di Jabodetabek. Modul baru gerakan ini mencakup pemberian buku latihan menulis untuk anak, serta pendampingan anak secara intensif bersama orang tua dan guru. Di dalam buku terdapat berbagai topik menarik untuk memancing minat menulis anak, mulai dari mengenal diri sendiri hingga perhelatan Asian Games 2018 dan bagaimana peran Indonesia sebagai tuan rumah.

Pemberian penghargaan kepada 10 siswa-siswi dengan tulisan terbaik dari APP Sinar Mas
Sovan juga mengatakan APP Sinar Mas juga turut menggalang perhatian dan dukungan masyarakat lewat peluncuran produk kertas multifungsi dengan kemasan edisi khusus Asian Games 2018. Selain itu APP Sinar Mas juga menyediakan 20.000 rim produk PPC SiDU untuk mendukung kegiatan operasional ajang olahraga terbesar se-Asia ini. Selama lebih dari tiga dekade, SiDU telah menemani kegiatan menulis konsumen mulai dari usia sekolah hingga bekerja melalui berbagai inovasi, produk, dan program edukatif. Lewat inisitaif ini APP Sinar Mas berharap bisa menggalang dukungan bagi pahlawan kita yakni para atlet nasional yang akan berlaga di Asian Games 2018 sekaligus mempersiapkan anak-anak Indonesia menjadi generasi pahlawan berikutnya.



Asian Games 2018 Milik Seluruh Rakyat Indonesia

Menpora Imam Nahrawi saat melihat satu-persatu isi tulisan siswa-siswi di Wall of Hope beliau merasa terkesan. Menurutnya banyak pesan yang mendalam dari tulisan anak-anak tersebut. Surat-surat dan tulisan yang memberikan dukungan kepada para atlet menunjukkan bahwa Asian Games  2018 bukan hanya milik INASGOC dan pemerintah saja, tapi milik seluruh rakyat Indonesia. Menpora mengajak seluruh rakyat Indonesia agar terlibat dalam sejarah besar bangsa yakni event Asian Games 2018. Karena belum tentu lima atau sepuluh tahun yang akan datang Asian Games kembali ke Indonesia.

Menpora Imam Nahrawi mendokumentasikan surat-surat anak-anak Indonesia
Kalau Asian Games 2018 ini sukses  baik dalam penyelenggaraan, prestasi, administrasi, ekonomi, maupun promosinya, Menpora yakin siapa tahu Indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk ajang olah raga besar lainnya seperti Olimpiade, dll. Kita harus bisa menjadi kebanggaan dunia, kita harus bisa mewarnai dunia dan kita harus bisa mengantarkan Indonesia ini berdidir sejajar dengan negara lain di dunia, anak Indonesia pasti bisa!

Sejak sekolah sampai sekarang Menpora masih konsisten menulis, karena menulis sudah menjadi budaya Indonesia
Pada kesempatan yang sama Menpora juga sharing bagaimana kebiasaan menulis yang sudah tumbuh sejak zaman sekolah dulu. Bahkan Imam Nahrawi sejak sekolah selalu menggunakan buku SiDU. Menurutnya buku SiDU merupakan buku idaman anak-anak di zamnnya dulu. Menpora sering menuliskan banyak hal di buku SiDU termasuk perjalanan kehidupannya. Semangat dan inspirasi telah mengantarkan Imam Nahrawi sampai sekarang ini menjadi Menpora melalu tulisan. Menpora berharap agar anak-anak yang hadir di Auditorium Wisma Menpora hari itu agar jangan pernah berhenti menulis. Bila perlu tulis cerita-cerita keseharian agar nantinya bisa dikumpulkan menjadi sebuah buku.

Menpora berharap anak-anak juga bisa menuliskan surat untuk Menpora yang berhubungan dengan kebijakan dan posisi Imam Nahrawi sebagai Menpora. jadi Menpora menginginkan siswa-siswi yang hadir menuliskan "Pesan untuk Menpora Imam Nahrawi". Sebelum menutup sambutannya di Auditorium Wisma Menpora, Imam Nahrawi berpesan kepada para atlet Asian Games 2018 agar nantinya selama bertanding kita harus sportif, jujur, fair play, dan tentunya menjunjung tinggi persahabatan dengan negara-negara di dunia. Asian Games benar-benar momen yang istimewa bagi kita semua.
Sebelum meninggalkan lokasi Menpora foto-foto dulu bareng siswa-siswi yang hadir di Auditorium Wisma Menpora

Kita Harus Bangga Menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal ikut menambahkan kita harus bangga menjadi tuan rumah Asian Games 2018 karena untuk menjadi tuan rumah tidak begitu saja ditunjuk tapi melalui perjuangan-perjuangan yang cukup berat. Setelah terselenggaranya Asian Games tahun 1962 di Indonesia baru kali ini kita menjadi tuan rumah lagi, memakan waktu 56 tahun. Stadion GBK adalah sejarah pertama kalinya Asian Games diadakan di Indonesia. Pemerintah dan Kemenpora memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada siswa-siswi yang memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018.

Kita harus bangga karena kita akan kedatangan tamu-tamu dari seluruh negara Asia. Dukungan kepada atlet dan kepada penyelenggara sangat dibutuhkan agar Asian Games 2018 ini berjalan dengan baik. Semoga kita sukses kita menjadi tuan rumah, sukses mendapat medali emas sebanyak-banyaknya. "Atlet-atlet kita adalah pahlawan yang harus kita dukung selalu," ujar Jonni.


Persiapan INASGOC untuk Asian Games 2018

Indonesia Asian Games Organize Comittee (INASGOC) adalah panita utama yang menyelenggarakan Asian Games 2018. Menurut Wakil Direktur Bidang Pendapatan INASGOC Cahyadi Wanda tugas INASGOC mempersiapkan perhelatan Asian Games 2018 dan menyambut 45 negara, 17.000 atlet seluruh Asia dan 5000 media yang akan datang. INASGOC telah mempersiapkan segala sesuatunya. Cahyadi juga mengatakan pentingnya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dalam menyukseskan Asian Games 2018.

INASGOC mengapresiasi inisiatif APP Sinar Mas melalui SiDU untuk menggalang dukungan masyarakat hingga ke tingkat siswa-siswi sekolah dasar. Harapan INASGOC semoga momentum Asian Games 2018 dapat memperkuat semangat nasionalisme bangsa ini, khususnya generasi muda, untuk senantiasa mengharumkan nama Indonesia.

Saat ini kirab obor atau yang kita kenal dengan Torch Relay sedang berputar menuju kota-kota besar Indonesia. Ada 54 kotayang akan disinggahi untuk menyebarkan bahwa Asian Games adalah untuk Indonesia, bukan hanya untuk Jakarta dan Palembang saja. Yang paling penting lagi Cahyadi Wanda menjelaskan kalau hampir semua venue sudah siap dipakai. APP Sinar Mas juga memiliki kontribusi yang sangat besar salah satunya dengan mendukung fasilitas Bowling Center Jakabaring di Palembang. Ini adalah salah satu Bowling Center terbaik di dunia. 


Tanggapan Para Atlet Mendapat Dukungan Berupa Surat dari Anak-Anak Indonesia

Vincent Kosasih  atlet nasional Indonesia cabang bola basket yang hadir di gelar wicara Dukungan Anak Indonesia untuk Atlet Asian Games 2018, mewakili rekan-rekan atlet yang berlaga di Asian Games 2018 menyampaikan bahwa membaca surat dukungan dari anak-anak Indonesia di program ‘Ayo Menulis Bersama SiDU!’ menginspirasi para atlet untuk semakin bersemangat mengharumkan nama bangsa. Dukungan masyarakat ini menjadi motivasi utama para atlet untuk berjuang sebaik-baiknya di Asian Games 2018.

Vincent Kosasih bersama para siswa-siswi dan guru yang hadir di gelar wicara  Dukungan anak Indonesia untuk Atlet Asian Games 2108


Yuk kita dukung para atlet berlaga di Asian Games 2018, nonton langsung aja lebih seru kali ya!




  

You Might Also Like

5 comments

  1. Omaygat tingginya si kosasih itu, pasti perpaduan orang China dan Sunda heehe,
    Dari SD Sidu selalu nemenin saya belajar sampe anak saya TK, bukunya enak bikin tulisan cakep

    ReplyDelete
  2. Keren ya Sidu dukung Asian games..btw itu vincent ganteng banget yakkk ����.

    ReplyDelete
  3. Wow..keren banget siDu..menumbuhkan semangat kepedulian kpd anak2 utk mendukung atlet-atlet Indonesia

    ReplyDelete

Canva Magic Write