Tips Agar Si Kecil Tidur Nyenyak dan Bebas Dari Nyamuk

P ara ibu pasti pernah panik ketika anak terbangun di malam hari dan tiba-tiba nangis, kadang bikin khawatir. Semua orang tua pasti p...


Para ibu pasti pernah panik ketika anak terbangun di malam hari dan tiba-tiba nangis, kadang bikin khawatir. Semua orang tua pasti punya rasa khawatir yang sama. Bisa jadi anak kita memang tidurnya kurang nyaman dan menyebabkan tidurnya jadi kurang nyenyak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua agar bisa membuat bayinya tidur dengan nyenyak di malam hari, seperti dikutip dari The Baby Book karangan William Sears dan Martha Sears:

  • Bantulah bayi memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. Cobalah untuk memberi makan bayi setiap 3 jam sekali di siang hari.
  • Gendonglah bayi pada siang hari. Meningkatnya frekuensi kedekatan dan keakraban meningkatkan ketenangan dan bayi yang tenang pada siang hari cenderung tenang juga pada malam hari.
  • Kenyangkan bayi sebelum tidur. Usahakan untuk menyusui bayi hingga kenyang sebelum tidur dan saat bayi terbangun di malam hari. Kenakan baju tidur bayi yang tepat.
  • Cobalah untuk menggunakan berbagai baju tidur bayi untuk melihat baju apa yang dapat membantunya tidur lebih tenang. Umumnya bayi dapat tidur lebih baik jika bajunya terbuat dari bahan katun.
  • Rebahkanlah bayi di tangan ibu. Kehangatan tangan ibu bisa memberikan sentuhan tambahan yang dibutuhkan bayi untuk membantunya tertidur sambil memberikan tepukan lembut di punggung atau bokong bayi. Lepaskan tangan secara perlahan agar tidak membangunkannya.
  • Buatlah tempat yang tenang untuk tidur bayi. Umumnya bayi bisa membiasakan diri untuk tidak terjaga dengan suara-suara yang sering didengarnya, tapi akan terbangun jika mendengar suara yang mendadak atau mengagetkannya. Tentukan temperamen bayi di malam hari.
  • Setiap bayi berbeda temperamennya, ada bayi yang bisa menenangkan diri sendiri tapi ada juga yang merengek saat bangun. Jika cepat menghampiri bayi sebelum benar-benar terbangun, maka lebih mudah untuk menidurkannya kembali. Orangtua tidak bisa memaksa bayinya untuk tidur.

Setelah tips di atas kita lakukan tentunya kita juga  harus cari solusi lain agar anak tidur nya nyenyak. Kalau malam yang kadang bikin tidur terganggu apalagi kalau bukan nyamuk. Belum lagi suaranya yang kedengaran mondar-mandir di kuping, ngeselin banget. Kalau kita yang dewasa udah paham banget kan cara menghajar nyamuk hehe, nah kalau si kecil paling cuma bisa nangis. Tapi bukan itu saja sih yang jadi masalah, saya justru khawatir kalau nyamuk dibiarkan tanpa dibasmi si kecil jadi sakit. Kan banyak tuh jenis nyamuk yang bawa sumber penyakit. Seperti jenis-jenis nyamuk di bawah ini:

  • Nyamuk Aedes : Ciri--ciri Nyamuk Aedes berwarna belang hitam putih pada badan dan kakinya, biasanya menggigit pada awal pagi dan waktu senja, berkembang biak dalam air jernih yang bertakung, sama ada di dalam atau luar rumah.
  • Nyamuk Anopheles : Jenis nyamuk yang satu ini dapat membawa wabah penyakit malaria. Nyamuk ini aktif di waktu malam untuk menghisap darah dan juga bertelur. Nyamuk anopheles biasanya berkembang biak di kawasan air yang mengalir dan disinari matahari.
  • Nyamuk Mansonia: Nyamuk ini merupakan pemawa kepada penyakit Filariasis ataupun biasa dikenali sebagai penyakit Kaki Gajah. Nyamuk Mansonia biasanya aktif dan bertelur di waktu malam.
  • Nyamuk Culex: Nyamuk ini ini bisa meyebabkan penyakit Ensefalitis adalah sejenis penyakit saraf yang menyebabkan terjadinya peradangan akut otak. Nyamuk Culex ini juga aktif dan bertelur pada waktu malam. Nyamuk Culex berkembang biak di air yang kotor dan tidak mengalir. 


Mengetahui jenis-jenis nyamuk yang berbahaya dan menyebabkan penyakit, tentu kita harus waspada.


Untuk mencegah keluarga dan anak-anak kita terhindar dari penyakit berbahaya yang di sebabkan oleh nyamuk, sebaiknya kita membiasakan keluarga kita untuk terlindung dari gitian nyamu. Gimana caranya ya? Seperti yang dikutip dari alodokter.com kita dapat mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan kita dengan beberapa cara:

  • Pasang kasa antinyamuk pada jendela.
  • Gunakan obat semprot anti nyamuk
  • Pakai kelambu pada sekeliling tempat tidur
  • Raket listrik antinyamuk
  • Kuras dan bersihkan tempat-tempat penampung air seperti bak mandi, kolam renang, akuarium, vas bunga, atau tempat minum hewan piaraan di rumah secara teratur.
  • Bersihkan rumah dan halaman dari tumpukan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Tempatkan wadah-wadah yang sedang tidak terpakai dalam posisi tertelungkup agar tidak menjadi penampung air.
  • Pastikan septic tanks tetap tertutup rapi dan tidak bocor.
  • Bersihkan genangan air pada talang atap rumah Anda.
  • Taburkan larvasida sebulan sekali untuk membunuh jentik nyamuk, terutama pada tempat-tempat yang sulit dikuras seperti tandon air dan bak mandi.
  • Pengasapan/fogging dapat dilakukan petugas di sebuah area (perumahan, sekolah, perkantoran) sesuai daur hidup nyamuk untuk mencegahnya berkembang biak  
Yang menjadi bahan pertimbangan bagi kita tentunya apakah cara-cara seperti di atas efektif dan nyaman untuk keluarga apalagi anak-anak kita. Kalau kita pakai Obat Anti Nyamuk bakar atau semprot  tentu saja ini sangat riskan efek jangka pendek nya bisa menyebabkan anak kita mengalami gangguan pernafasan, batuk, sakit kepala.  Trus kalau pakai Obat Anti Nyamuk dalam bentuk olesan ini lebih khawatir lagi karena pasti pakai bahan  kimia yang langsung di pakai ke kulit dan meresap ke dalam kulit tidak aman untuk kesehatan bisa-bisa kulit menjadi iritasi, panas dan perih. Sedangkan efek jangka panjang kalau kita memakai jenis pengusir nyamuk seperti yang saya sebut diatas secara continue tentu sangat tidak baik untuk kesehatan keluarga dan si kecil saya. Saya terus mencari tau Obat Anti Nyamuk apa yang tepat untuk keluarga saya.

Kebetulan sekali sewaktu saya ke supermarket saya menemukan Baygon Liquid Elektrik Anti Nyamuk dan Dual Power. Ternyata Baygon Liquid Elektrik ini sangat praktis penggunaannya dan memberikan perlindungan dari nyamuk hingga 45 malam tanpa harus mengganti isi ulangnya setiap hari. Yang bikin senang lagi saat menemukan Baygon Liquid Elektrik ini cocok sekali untuk dirumah, karena tanpa asap, tanpa repot, tanpa nyamuk.  Karena tanpa asap jadi nggak khawatir mengganggu pernafasan dan perih dimata. Kemasannya berbentuk botol, nggak kahawatir tangan atau kulir bersentuhan langsung dengan bahan aktif yang terkandung di dalamnya.


Baygon Liquid Elektrik


Akhir nya saya memilih Baygon Liquid Elektrik terbaru yang Dual PowerKelebihannya ada tombol khusus yang bisa mengatur pemakaian sesuai kebutuhan. Misal nya kalau kita merasa jumlah nyamuk banyak kita bisa menggeser tombol ke tanda (+) sedangkan kalau jumlah nyamuk sedikit  tinggal geser deh tombolnya ke tanda (-) . Listrik yang di gunakan juga cukup hemat hanya 3 Watt

Berikut  Petunjuk Pemakaian Baygon Liquid Elektrik di Pict yang saya buat:

Untuk cara pasang yang benar Baygon Liquid Elektrik agar ini adala:

  • Jangan di pasang secara miring atau terbalik
  • Letakkan alat pemanas sesuai aliran angin untuk melindungi tidur
  • Pastikan pemanas tdk tertutup oleh perabot dan tidak lebih tinggi dari tempat tidur
  • Nyalakan pemanas 30 menit sebelum tidur
  • Gunakan Baygon Liquid Elektrik bersamaan dengan Pemanas Baygon Liquid Elektrik karena penggunaan dari merek yg berbeda akan menghasilkan temperatur panas yg berbeda
  • Ketika digunakan untuk pertama kali biarkan pemanas menyala selama 1 jam
  • Rata2 umur produk adalah 2-3 tahun , apabila pemanas melebihi umur normal dan isi ulang tidak berkurang setelah penggunaan berturut2, ganti lah denga alat yg baru.
Apabila isi ulang sudah habis , kita tinggal beli Refill nya aja, berikut cara mengganti isi ulang Baygon Liquid Elektrik:

Oh ya yang paling saya suka pakai Baygon Liquid Elektrik ini meski menggunakan listrik jadi nggak repot karena tanpa kabel, bentuk nya ramping jadi rata gitu di dinding gak khawatir terjangkau oleh anak2 . Aromanya juga lembut dengan tiga pilihan: Reguler (Pine Scent), Lavender, dan Natural Eucalyptus Scent. Saya pakai yang Reguler suka dengan wangi nya yang sangat lembut.

   
 Udah gak khawatir lagi deh dengan Nyamuk...



   

You Might Also Like

2 comments

  1. Eike juga pake ini mak tidur nyenyak banget deh tanpa nyamuk..��

    ReplyDelete
  2. @kurnia amelia ... bebas asap juga mak

    ReplyDelete

Canva Magic Write