Dengan RHB TradeSmart Trading Saham Jadi Mudah Cepat dan Cerdas

D ulu kalau dengar kata saham saya langsung tutup mata tutup telinga. Entah kenapa rasanya malas banget mempelajarinya, dan memang nggak ...



Dulu kalau dengar kata saham saya langsung tutup mata tutup telinga. Entah kenapa rasanya malas banget mempelajarinya, dan memang nggak mau tahu. Karena anak muda seperti saya saat itu menganggap saham hanya untuk para pejabat atau orang-orang yang uangnya nggak tahu mau dikemanakan lagi. Jadi saya rasa belum pantas lah ngurusin saham, gaji saja pas-pasan konon pula main saham. Tapi ini cerita jaman masih muda baru lulus kuliah trus kerja dengan gaji yang masih hitungan anak training alias masa percobaan, trus ada yang nekad ngajakin investasi saham. Langsung deh ditolak, yang pertama kali saya pikirin mau investasi saham mana cukup dari gaji seadanya.

Sekarang kalau bisa flashback lagi rasanya pengen berinvestasi saja di jaman itu. Duh, seandainya waktu itu sudah investasi saham sekarang pasti sudah merasakan manfaatnya. Ya, investasi itu sebenarnya penting untuk mempersiapkan kehidupan kita di masa yang akan datang. Karena manfaatnya untuk jangka panjang, baik untuk diri sendiri maupun untuk  keluarga. Tuh kan, nyesalnya belakangan sih memang, hehe.

Well, meskipun sempat menyesali karena tak menghiraukan pentingnya berinvestasi, bagi saya nggak ada kata terlambat untuk belajar instrumen investasi saham. Apalagi saat ini teknologi semakin canggih, kita bisa leluasa mempelajari segala sesuatunya secara online atau melalui internet. Nggak perlu repot-repot ngikutin workshopnya atau ikutan kelas khusus. Dan good news nya lagi nih sekarang mau bertransaksi saham via aplikasi juga bisa. Jadi tambah  mudah kan?  Anak muda jaman sekarang mana suaranya. Enak banget loh jaman kalian ini belajar saham nggak rumit, nggak kayak jaman tante dulu ((ciee TANTE)).

Bursa Efek Indonesia
Jadi beberapa hari yang lalu saya menghadiri grand launching RHB TradeSmart With ARO  di Bursa Efek Indonesia. Btw udah lama banget pengen masuk ke gedung ini akhirnya kesampaian juga. Puas-puasin lihat-lihat sekeliling. Oh ya, berdasarkan data BEI saat ini investor yang aktif di Indonesia hanya berjumlah 600.000 SID (Single Investor Identification), dan angka ini sangat minim jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Beerdasarkan data Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) juga menunjukkan bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia akan pasar modal dan tingkat utilitas produk pasar modal masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lainnya di Asia. 

Padahal kalau dilihat dari populasi masyarakat Indonesia serta banyaknya jumlah emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, peluang kita sangat besar untuk pertumbuhan industri pasar modal. Karena kondisi inilah Bursa Efek Indonesia menggerakkan kampanye Yuk Nabung Saham untuk mengajak masyarakat mulai mengenal dan berinvestasi di pasar modal secara rutin dan berkala. Tujuannya nggak cuma fokus pada penambahan jumlah investor baru tapi kampanye ini berupaya menanamkan kebutuhan berinvestasi di pasar modal, yang secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah investor aktif di Indonesia.





Aplikasi RHB TradeSmart With ARO

Oke kembali ke RHB TradeSmart, ini adalah aplikasi perdagangan saham mobile pertama di indonesia dari RHB Sekuritas yang dilengkapi dengan fitur in-app yang disebut ARO (Assisted Robo Optimization). ARO membantu para investor dan trader mengambil keputusan mengenai transaksi saham mereka. Bapak Alpino Kianjaya, Direktur Perdagangan dan Anggota Bursa pada sambutannya di launching RHB TradeSmart memaparkan bahwa dengan adanya aplikasi ini akan semakin banyak user atau investor yang akan melakukan transaksi dan beliau berharap jumlah investor semakin meningkat nantinya. Aplikasi ini merupakan inovasi yang membuat siapapun bisa bertransaksi saham dengan mudah, cepat, dan cerdas, dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi RHB TradeSmart With ARO akan memudahkan investor melakukan transaksi baik jual maupun beli, karena aplikasi ini dengan fitur ARO nya akan memberikan notifikasi sinyal real time kepada user. Jadi user nantinya bisa tahu saham maa yang memberikan sinyal positif atau tepatnya kita jadi tahu saat yang tepat untuk transaksi jual dan beli di perdagangan bursa.




Aplikasi TradeSmart With ARO diluncurkan oleh PT THB Sekuritas Indonesia. RHB Sekuritas merupakan bagian dari RHB Banking Group yang merupakan satu grup layanan finansial terintegrasi terbesar di Malaysia yang hadir di 9 negara ASEAN serta Hongkong dan China. Menurut Mr. Chan Kong Ming, Presiden Direktur PT. RHB Sekuritas Indonesia RHB Sekuritas mengandalkan layanan berbasis teknologi untuk memastikan memberikan layanan terbaik untuk setiap investor. RHB TradeSmart With ARO dihadirkan untuk memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi di saham.

Bagi investor pemula aplikasi ini juga bisa menjadi pembelajaran mengenai fitur-fitur saham tertentu, dan bagi investor yang sudah berpengalaman ARO jadi panduan lanjutan tentunya. Baik investor besar atau investor kecil akan menerima notifikasi yang sama pada saat yang sama pula, jadi setiap orang punya kesempatan yang sama untuk meraih keuntungan.


Selain fitur notifikasi yang real time perdagangan dan transaksi efek secara online, Fitur ARO juga memiliki opsi pelayanan seperti ARO Signal yang berisi saham-saham yang hari itu menjadi trending di pasar dan mendapat trading signal BULL, HOLD dan BEAR, jadi user bisa tahu apa yang lagi HOT di pasar. Kemudian ARO Library yang berisi indikator  dan parameter tambahan yang lebih detail mengenai saham yang mendapat notifikasi, sehingga para trader dan investor bisa memiliki trading plan yang lengkap agar dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan bertransaki. Selanjutnya ARO Technical yang berisi parameter tambahan Automatic Support dan Resistance untuk membantu pengambilan keputusan dari trader terhadap sinyal rekomendasi ARO, ini dapat dijadikan panduan antrian beli maupun antrian jual, juga panduan harga support ataupun resistance saham secara otomatis tanpa harus membuka chart yang kompleks. 


Talkshow Bersama Duta RHB TradeSmart

Saat grand launching aplikasi THB TradeSmart With ARO, hadir juga Merry Riana. Teman-teman pasti sudah pada tahu kan siapa Merry Riana? Kalau saya sih langsung ingat Mimpi Sejuta Dolar. Yups, mimpi seujuta dolar yang jadi kenyataan.  Menurut Merry uang itu harus dikelola, dengan informasi dan perencanaan yang baik bisa mengurangi risiko. Pada umumnya ketakutan masyarakat berinvestasi saham adalah karena menganggap risiko yang terlalu tinggi. Padahal sebenarnya risiko muncul karena kurangnya pengetahuan kita dengan produk investasi itu sendiri. 

Berinvestasi saham itu mendatangkan keuntungan yang sangat besar dan risikonya bisa di manage kata Merry. Makanya bagi yang masih awam tentang saham Aplikasi RHB TradeSmart With ARO cocok banget di install. Aplikasi ini nggak ribet, fitur-fiturnya mudah di pahami dan smart. Sesuai dengan tagline nya Easy, Quick dan Smart. Anak-anak muda yang ingin belajar dan ikut berinvestasi aplikasi ini recommended banget apalagi menurut data BEI per tahun 2016 semakin banyak anak-anak muda yang menjadi investor saham.


ki-ka : Soesilowati Asalim-Merry Riana-Thomas Nugroho
Thomas Nugroho selaku Head of E Broking PT. RHB Sekuritas Indonesia menjelaskan awal mulanya terbentuknya ARO.  Jadi ceritanya berawal saat makan siang, dan kemudian membahas mengenai informasi saham. Seperti kita ketahui selama ini informasi yang terbaik dan tercepat biasanya hanya diberikan kepada nasabah premium saja. Pak Thomas bersama rekan-rekannya mulai mencari ide bagaimana caranya agar semua investor bisa mendapatkan informasi yang sama tanpa membeda-bedakan kelas antara investor premiumdan investor pemula. Nama ARO ternyata memilik arti tersendiri, yakni A untuk All, R untuk RHB, dan O untuk Officer. Jadi ARO adalah All RHB Officer yang memberi makna bahwa RHB mempersembahkan ARO untuk semua investor di Indonesia.


Soesilawati Asalim Head of Retail Equity & Branch Coordinator PT. RHB Sekuritas Indonesia mengatakan kehadiran aplikasi RHB TradeSmart With ARO jangan dianggap sebagai ancaman bagi para sales karena kekhawatiran pengurangan tenaga kerja dimana tenaga sales tidak dibutuhkan lagi, tetapi justru dengan aplikasi ini akan memudahkan sales mendapatkan informasi secara real time dari sinyal yang diberikan oleh ARO. Dan harapan Bu Soesi kepada para trading dan broker agar terus mengikuti training dan workshop untuk menggali sebanyak-banyaknya, agar tidak ketinggalan soal teknologi. Karena mau tidak mau kita harus mengikuti perubahan dari cara trading tradisional ke trading online.


Yuk Mulai Berinvestasi Melalui Aplikasi RHB TradeSmart With ARO


Untuk memulai berinvestasi dengan aplikasi RHB Trade Smart With ARO sebelumnya kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Berikut step-step nya:

  1. Unduh aplikasi RHB TradeSmart with ARO dengan keywords RHB TradeSmart ID di Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Sign-up dengan mengisi data diri dan scan kartu tanda pengenal dengan kamera smartphone melalui aplikasi RHB TradeSmart ataupun melalui website https://rhbtradesmart.co.id/
  3. Buka email untuk melihat password dan username sementara untuk membuka aplikasi.
  4. Proses pembukaan rekening saham, sesuai dengan aturan dari Bursa Efek Indonesia akan dilakukan.
  5. Tunggu verifikasi dari call center untuk melakukan verifikasi data dan proses Know Your Customer (KYC), sembari menunggu nomor dan kode investor dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) dan rekening Dana Investor (RDI) yang dikeluarkan oleh bank-bank ternama di Indonesia.
  6. Dokumen lengkap akan dikirimkan sesuai dengan alamat yang diberikan dari pihak Call Center RHB Sekuritas Indoensia. Tanda Tangani dan kirimkan kembali ke Kantor Pusat RHB Sekuritas Indonesia di Wisma Mulia lt. 20, Jl. Gatot Subroto No.42, Jakarta.
  7. Setelah semua proses verifikasi dan data-data terlengkapi, maka nantinya dalam beberapa waktu kedepan kita akan menerima Investor ID (SID) dan nomor rekening investor (RDN)
  8. Setelah itu user sudah mulai bisa melakukan transfer dana, dan memulai trading saham dengan mudah dengan panduan ARO dimanapun dan kapanpun.

dokumen pembukaan rek individual punya saya..yeay akhirnya

Ada lagi nih good news nya, buat kalian yang menganggap modal untuk investasi saham harus besar, di RHB TradeSmart dengan modal 100 ribu rupiah saja sudah bisa jadi investor. Dan uang 100rb ini juga nggak akan hilang kalau kita belum mulai beli saham, siapa tahu mau belajar dulu ya kan. Semoga anak-anak muda jaman sekarang berani investasi saham ya.  Yuk nabung saham

Untuk informasi yang lebih lengkapi mengenai RHB TradeSmart, bisa tanya-tanya ke Call Center 021 2970 7000, atau kirimkan email keid.support@rhbgroup.com. Atau pantengin sosial media nya ya. Instagram @rhbtradesmartid, Twitter dan Facebook @RHBTradeSmartID.







You Might Also Like

35 comments

  1. Saya mau coba ah, dengan mulai dari Rp.100.000 udah bisa mulai investasi saham ya di RHB? Keren sangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, dan saldonya nggak bakal hilang meski belum beli saham :)

      Delete
  2. Jadi untuk dunia investasi saham itu yang penting latihan, latihan dan latihan ya. Kalau sekedar teori agak susah nampaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul, kalau nggak belajar gimana mau paham ya kan :)

      Delete
  3. Yuk lah investasi saham kali aja bisa kaya Merry riana hehe.

    ReplyDelete
  4. Kemarin nggak ngeh ada Mba Tuti di event ini, maapkan. Meski ada ARO nggak mengurangi penyerapan tenaga kerja, kemarin lega sih denger ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak kita sempat ngobrol yaa..iya nih justru dengan adanya ARO juga memudahkan kerja sales :)

      Delete
  5. Yuk Mbaaa, investasi saham. Ada ARO yang bakal memandu nih! Jadi lebih mudah kita trading saham :D

    ReplyDelete
  6. Belajar saham, tapi ga boleh takut. Harus berani menghadapi resiko. yang penting belajar dulu deh pake aRO hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus berani memulai dan mencoba yaa

      Delete
  7. Jadi mau juga belajar investasi saham,udah download juga....mkch infonya

    ReplyDelete
  8. Kayaknya menarik nih Mbak, aku juga pengen belajar investasi saham tapi males terus mau googling, hehe. Sempetnyoba reksadana soalnya nggak mau susah :D. Kira-kira ini bisa nggak ya kalo mau investasi saham syariah?

    Salam,

    Azzahra Kamila

    ReplyDelete
  9. Trading makin mudah ya pake ARO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ceu..semoga banyak anak muda yang tertarik dan jadi investor ya

      Delete
  10. kalau merry riana aja bilang gampang nabung saham, kenapa kita ngga bisaaaa hihihi apalagi ada aplikasi ini, bikin gampang dapetin realtime info :D

    ReplyDelete
  11. Aku termasuk orang yang ga percaya saham, jauh lebih suka berinvestasi di sesuatu yang berbentuk fisik... Gimana ya..

    ReplyDelete
  12. Aq juga ga ngerti sama sekali soal saham hehehe. Ada aplikasi ini sangat membantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aplikasi ini membantu kita-kita yang nggak paham saham :)

      Delete
  13. Lengkap nih aplikasi trading saham RHB. Pantau mana saham yang oke makin mudah lewat smartphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, ada fitur notifikasi yang real time kita jadi tahu kapan saat yang tepat untuk jual dan beli.

      Delete
  14. syukurlah, dengan aplikasi begini, masyarakat jd tambah melek investasi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, tambah melek dan tambah pinter ngatur keuangan ya mbak

      Delete
  15. Pengen belajar saham ah pakek aplikasi ini. Kali aja bisa beneran. Kali aja ini pintu rejeki. Sapa tau kaaannn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn...iya bener siapa tau rezeki terus mengalir yaaa

      Delete
  16. Menarik nih.. risikonya jadi minim karena selain bisa dipantau terus, juga ada asistensi dari robot ARO yang berikan rekomendasi dan sinyal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinyal apps nya kedip mulu yaa hehe

      Delete
    2. iya..kita jadi tau kapan saatnya beli dan kapan saat menjual :)

      Delete