Suzuki IGNIS Si Mungil Yang Elegan

K alau ditanya mobil idaman saya seperti apa, saya sih sukanya yang sporty, nggak terlalu besar tapi tetap nyaman untuk bepergian. Mungk...

Mobil Genre Baru Keluaran Suzuki

Kalau ditanya mobil idaman saya seperti apa, saya sih sukanya yang sporty, nggak terlalu besar tapi tetap nyaman untuk bepergian. Mungkin karena saat ini masih berdua-duaan aja dengan suami, jadinya belom pengen punya mobil besar. Kalau masih berdua mending yang ukurannya mini aja. Selain itu karena sekarang ini teknologi semakin maju, pengennya punya mobil yang serba canggih, semua tinggal pencet, ibarat robot yang yang diperintah hehe.

Eh, ngomong-ngomong kriteria mobil yang hampir seperti saya inginkan ternyata ada loh. Yups, si mungil IGNIS namanya. Suzuki IGNIS adalah mobil genre baru di kelas Sport Utility Vehicle (SUV), Suzuki menghadirkan IGNIS dengan desain terbaru juga dengan karakter yang unik. Suzuki IGNIS baru saja launching bulan ini tepatnya 17 April 2017. IGNIS ini urban SUV pertama dan berbeda dengan model-model mobil Suzuki lainnya, jadi agak kelihatan out of the box ujar mbak Arviane D Bahar selaku Head of Corp Communication PT Suzuki Indomobil Sales disela-sela sambutannya kepada para blogger yang hadir di Atrium Mall Kota Kasablanka.

Arviane D Bahar
















Mas Emir Reza Isnavi selaku Corporate PR & OBM - Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales menjelaskan mengenai product knowledge IGNIS. Ternyata IGNIS itu ada singkatannya. I (Irit Bahan Bakar), G (Ground Clearance nya tinggi yakni 180 mm), N (New Genre), I (Interior modern dan futuristic), dan S (Sporty).

IGNIS mempunyai 2 tipe yaitu tipe GL dan tipe GX. Untuk pilihan tansmisinya juga ada yang manual dan AGS (Auto Gear Shift), kelebihan AGS sendiri bisa kita gunakan secara otomatis juga manual tanpa kopling. Jadi untuk mengover atau pertukaran giginya tanpa kopling. 

Tipe GL, tersedia dalam 6 pilihan warna yakni Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic, dan Glistering Grey Metallic. Sedangkan tipe GX tersedia dalam 7 pilihan warna, yang terbagi dalam 4 warna single tone, dan 3 warna dual tone. Warna single tone ada Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, dan Glistering Grey Metallic. Untuk tipe GX dual tone ada Uptown Red Pearl & Midnight Black Pearl (bodi merah, atap hitam), Tinsel Blue Pearl Metallic & Midnight Black Pearl (bodi biru, atap hitam), dan Tinsel Blue Pearl Metallic dan Arctic White Pearl (bodi biru, atap hitam).


Emir Reza Isnavi

Eksterior

Kalau dilihat eksteriornya stylish banget, dengan mengusung body Total Effective Control Technology  untuk mendukung keselamatan dan platform baru HEARTECT, berupa struktur baru high-rigid underbody  yang bermaterial hight-tensile steel memungkinkan IGNIS tetap handal digunakan di jalanan offroad. IGNIS menggunakan material bodi yang ringan, ini untuk menunjang lifestyle dan mobilitas di perkotaan. Bahkan dengan desain aerodinamika yang sudah diperhitungkan sangat memungkinkan untuk memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik saat melaju dengan kecepatan konstan.

IGNIS memiliki mesin dengan tipe K12M yang memiliki kapasitas 1.197 cc dengan sistem pembakaran Multipoint Injectio yang menjadikan kinerja mesin jadi handal dan tangguh. Kerennya lagi si mungil IGNIS ini memiliki air intake setinggi 700mm, gunanya agar tetap bisa menerobos genangan air ketika musim penghujan.

IGNIS memiliki lampu LED Projector Headlamps With DRL (Dry Running Light). Llampu ini bisa di stel ketinggian lampunya. Kadang kita suka mengendarai mobil di malam hari dan suka mencari jalan pintas menuju suatu tempat dan melewati gang-gang kecil dimana banyak anak-anak muda berkumpul, nah agar tidak mengganggu dan membuat silau mata pengguna jalan yang lain, LED Projector ini stelannya bisa diturunkan. Demikian pula kalau kita mau jalan keluar kota yang jalannya sangat luas, disini kita stel lampu nya dengan dinaikkan agar cahaya nya menyebar.

Lampu belakang juga berteknologi LED yakni High Mount Stop Lamp, dan Rear Combination Lamps yang didesain begitu rapi. Oh ya, meskipun lampu belakang terbilang terang tapi stop lamp yang dibawanya nggak buat silau. Jadi nggak bakal mengganggu pengendara di belakangnya. Dengan mengusung konsep Clam Shell Bonnet yang stylish dan modern, IGNIS dibuat dengan rancangan grille depan memanjang mencakup lampu utamanya.

Interior


Serunya saya dan teman-teman blogger yang hadir mendapatkan kesempatan untuk mencoba si mungil IGNIS. Wah, puas banget nih jadi kita bisa lihat-lihat interior dalamnya. Tampilan interiornya begitu elegan. Meski kelihatan kecil, ruang kabinnya sangat lega nggak terasa sesak saat berada di dalam.

Dashboard depan dibuat terpisah dengan Head Unit bawaanya. Head Unit Suzuki IGNIS dilengkapi dengan beberapa fitur hiburan, seperti radio dan pemutar musik CD atau USB dengan format MP3 atau WMA. Jadi kita bisa memutar musik favorit selama berkendara. Ada juga fitur lainnya seperti Bluetooth (tipe GX), pengaturan suhu ruang kabin yaitu climate control dan heater.

Semua desainnya dibuat unik dan semua tombol ditampilkan secara digital. Pada setir nya kita bisa lihat Multi Instrument Display (MID), fitur ini informatif banget ada tombol volume jadi saat mengemudi kita bisa mengatur besar kecil suara radio atau MP3 tanpa harus melihat. Ada juga tombol telfon dimana kita cukup tekan tombol ini saat menerima telfon atau ingin menelfon, dan kita bisa melihat pada layar Head Unit siapa yang menelfon kita. Keren ya!

Jok nya juga empuk, dan bagasinya termasuk cukup luas. Saya dan teman-teman saat mencoba driving Suzuki IGNIS merasa nyaman dan jadi betah berlama-lama berada di dalam.



Fitur Canggih

Untuk menunjang keselamatan, Suzuki IGNISsudah dibekali dengan Dual SRS Airbags untuk melindungi penumpang depan juga pengemudi saat terjadi benturan keras dari depan. Untuk mengenadalikan pengemudi mengendalikan kecepatan laju mobil, sudah dibenamkan teknologi pengereman ABS System yang diyakini mampu mencegah terjadinya antiselip pada ban.

Harga si mungil ini termasuk terjangkau karena masih dibawah 200 jutaan. Harga Suzuki IGNIS dimulai dari harga Rp 129.500.000 untuk tipe GL MT, Rp 159.500.000 untuk tipe GX MT dan Rp 169.500.000 untuk tipe GX AGS. Jadi benar-benar naksir nih dengan Suzuki IGNIS. Buat teman-teman yang penasaran dengan si mungil IGNIS bisa ke IIMS mulai tanggal 27 April - 7 Mei 2017 , mumpung bisa test drive juga buat nyobain IGNIS nya.

You Might Also Like

37 komentar

  1. mobilnya modern banget sampai bisa dibuat telepon. Emang ya sekarang tuh nyetir sambil telepon makin banyak yang melakukan padahal bahaya juga. Dengan teknologi ini semoga makin aman dalam berkendara

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mak, bahaya banget nelfon sambil nyetir..kalau IGNIS ini tinggal tekan tombol angkat aja dari setir jadi lemih mudah dan lebih aman tentunya.

      Hapus
  2. ehmm harganya si murah tapi bukan tipe mobil favorit saya. hehe

    salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, thanks udah mampir

      Hapus
  3. Memang ya suzuki itu ga berhenti berinovasi. Selalu saja ada penemuan baru yg akan bikin nyaman pemiliknya. Perlu banget tuh fitur yg ga bikin silau di mata. Sering banget soalnya g nyaman pas kesorot kalo lagi jalan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, kadang orang suka pakai lampu depan yang bikin sakit mata banget

      Hapus
  4. suzuki ignis pendatang baru dikelas mobil harga murah terjangkau. sangat antusias tanggapan dari para pecinta otomotif

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kabarnya di IIMS juga banyak banget yang pengen nyobain :)

      Hapus
  5. murah mahal itu relatif banget ya..tergantung isi atm he2
    mobil imut n kece udah pasti sih...

    BalasHapus
  6. Mobilnya kece banget mbaaa. Aku pengen punya nih

    BalasHapus
  7. Eh...harganya ramah di kantong lhoo..
    Cakeep nya Suzuki IGNIS.

    Pas acara ini, blogger dibolehin test drive kah, mba..?

    Mauuu....nyobak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak boleh test drive..seru :)

      Hapus
  8. Eh muraaah ternyata ya *ngegaya. Kayak punya duit aja saya ini :D*
    Maksudnya saya ga ngira harganya di bawah 200 juta kirain di atas 200 soalna sporty gaya gitu penampilannya. Berarti ini adek Ertiga ya kalau dari segi harga?

    BalasHapus
  9. Aduh kalo liat gambar mobil, bawaannya pengin aja hehehe *lagi belajar nyetir mobil dulu ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik..habis belajar nyetir langsung deh beli mobil baru mbak :)

      Hapus
  10. Jadi inget drama2 korea. Pernah tuh membatin kapan ya indonesia kayak gitu. eh suzuki menjawab. kerren..

    BalasHapus
  11. Waah boleh juga nih jadi referensi calon mobil baru (yang entah kapan belinya) hahaha nabung duluuuu

    BalasHapus
  12. Wow cocok mobil ini buat emak2 antar sekolah anak hehe
    TFS reviewnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok banget maak..ayo beli mak hehe

      Hapus
  13. Wow namanya aja unik ternyata sarat arti.Bersyukur deh jika dikasih ahdiah ultah mobil IGNIS sama suami*ngarep😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin..semoga suami mendengar ya :)

      Hapus
  14. Mungil dan elegan. Pas deh buat keluarga kecil saya haha. Mimpi.

    BalasHapus
  15. Cocok buat babam nih.. nunggu dikasih mas ono akhh

    BalasHapus
  16. Pengen. Harganya masih belum pas di kantong. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabung dulu yaaa ..insyaallah kebeli ya win :)

      Hapus
  17. Mobilnya cakepppppp,,naksir yang warna merahh.

    BalasHapus
  18. baguss sih, tapi mahallllllnyaaa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..semoga ntar bisa kebeli yaa

      Hapus
  19. mobilnya imut dan elegan ya

    BalasHapus