Ekosistem Halal Semakin Maksimal Berkat Kontribusi Bank Syariah Indonesia

Sebagai Konsumen Halal Saya Hadir di Event BSI International Expo 2024  S aat ini halal lifestyle sudah menjadi tren. Masyarakat Indonesia s...

Kontribusi Bank Syariah Indonesia
Sebagai Konsumen Halal Saya Hadir di Event BSI International Expo 2024 

Saat ini halal lifestyle sudah menjadi tren. Masyarakat Indonesia sendiri sudah banyak yang berhijrah ke tren ini. Ya, memang sudah seharusnya kita sadar akan gaya hidup halal dan pentingnya konsumsi dan penggunaan produk halal. Bukan karena alasan keyakinan yang dianut mayoritas umat muslim tetapi karena alasan kesehatan, kebersihan. Sebagaimana makna dari halalan thayyiban yakni sesuatu yang halal lagi baik yang menjadi dasar etika Islam yang mempengaruhi perilaku seorang muslim. 

Halal lifestyle semakin berkembang, tak sekadar dan terbatas pada apa yang dikonsumsi masuk ke dalam tubuh tapi untuk seluruh aspek kehidupannya g dikategorikan halal menurut ajaran dalam Islam. Gaya hidup halal merujuk bagaimana cara menjalani hidup. Mulai dari baju yang digunakan, aktivitas, tingkah laku, minat dan ketertarikan, hingga pilihan produk menabung atau investasi syariah. Disinilah pentingnya sertifikasi halal sehingga memudahkan kita dalam memilih produk untuk dikonsumsi dan untuk aspek kehidupan lainnya. 

Indonesia menuju bonus demografi, ini menandakan akan meningkatnya populasi generasi muda dan kelompok usia produktif, serta meningkatnya pengaruh Muslim Influencers di berbagai platform media sosial, mendorong tren halal sebagai gaya hidup. Ketertarikan akan halal lifestyle tak hanya memikat masyarakat muslim tapi juga non muslim, alasannya karena halal itu pasti sehat dan higienis. 

Kontribusi Bank Syariah dalam Mengembangkan Industri Halal dan Memacu Pertumbuhan Ekonomi Global

Menurut Bapak Bob Tyasika Ananta, Wakil Direktur Bank Syariah Indonesia pada event Seminar Halal Industry Potensial di BSI International Expo 2024 bahwa Bank Syariah dapat berkontribusi terhadap pengembangan Industri Halal melalui tiga jalur utama, yaitu:

1. Pembiayaan

Bank syariah akan fokus mengucurkan pembiayaannya untuk membantu pelaku industri halal agar bisa memperluas usahanya atau memperkuat modal kerja. Sektor halal di Indonesia merupakan sektor yang menjanjikan, dan saat ini halal food masih menjadi sektor terbesar. 

Bob Tyasika Ananta, Wakil Direktur Bank Syariah Indonesia

Berikut sektor halal di Indonesia:

  • Halal Food and Beverages 
  • Modest Fashion
  • Halal Pharmaceutical 
  • Halal Cosmetics
  • Media and Recreation
  • Muslim Tourism

2. Literasi dan Inklusi

84% penduduk Indonesia adalah muslim tapi hanya sekitar 8% nya saja yang memahami keuangan syariah, oleh sebab itu Bank Syariah sebisa mungkin terus memberikan literasi ke masyarakat mengenai produk dan layanan keuangan syariah juga pelaku industri terkait. Bank Syariah Indonesia memiliki program literasi keuangan meliputi workshop dan pengajaran, dengan target audiens mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Pemilihan lokasi pelaksanaan program literasi ini didasarkan pada fokus bisnis dan hasil survei literasi dan inklusi keuangan OJK, dengan target 500 peserta di setiap wilayah. 

Kontribusi Bank Syariah Indonesia untuk Industri Halal
Minat Masyarakat akan Produk Halal di event BSI International Expo 2024 

3. Mempertemukan Supplier dan Buyer untuk Industri Halal 

Kontribusi Bank Syariah Indonesia untuk Industri Halal
Produsen dan Konsumen Produk Fashion Halal

Disini peran Bank Syariah adalah menghubungkan pengguna akhir ke berbagai produk dan gaya hidup halal, menghubungkan merek/produk halal dengan calon mitra bisnis, mempersiapkan dan memberikan peluang bagi merek produk UKM untuk memasuki pasar internasional. Seperti event BSI International Expo 2024 yang berlangsung 20-23 Juni 2024 kemarin. 

Kontribusi Bank Syariah Indonesia
Antusiasme Konsumen pada Wisata Halal di Event BSI International Expo 2024 

Pentingnya Kolaborasi antara Islamic Economic Stakeholder dan Industri Halal

Bank syariah sebagai pelaku industri memerlukan dukungan dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah untuk meningkatkan literasi dan inklusi, serta mendorong optimalisasi pembiayaan syariah di industri halal.

Kolaborasi ini bisa dilakukan dengan berbagai universitas, pemerintah juga dengan pemangku bisnis lainnya agar industri halal semakin berkembang dan potensinya semakin maksimal untuk kesejahteraan umat. 

Kontribusi Bank Syariah Indonesia untuk Industri Halal
Kontribusi Bank Syariah Indonesia Memberikan Peluang Produk UKM Go International 

Event BSI International Expo 2024 kemarin menjadi momen bagi para produsen dan konsumen produk halal. Sebagai produsen tentu saja momen ini meningkatkan pangsa pasar ekspor produk halal Indonesia dan sangat potensial untuk pengembangan usaha, karena pelaku usaha syariah terfasilitasi berkat akses promosi perdagangan dan untuk perluasan akses pasar internasional. Sedangkan bagi konsumen halal event ini menambah literasi, insight dan wawasan mengenai apa saja produk halal dan manfaatnya untuk konsumen sendiri. 

Semoga kontribusi Bank Syariah dalam membiayai dan memfasilitasi bisnis halal dapat membantu meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk halal. 





You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write