Berbagi Kebersamaan di Bulan Ramadan

Semangat Berbagi untuk Kebersamaan R amadan akan segera berakhir, tetapi semangat kebersamaan untuk saling berbagi dan menolong antar sesama...

Semangat Berbagi untuk Kebersamaan

Ramadan akan segera berakhir, tetapi semangat kebersamaan untuk saling berbagi dan menolong antar sesama tetap berlanjut sampai kapanpun. Pada dasarnya silaturahmi tidak dibatasi oleh apapun. Keterikatan batin dalam hidden connection adalah arti silaturahmi yang sesungguhnya. Ramadan memang menjadi bulan penuh rahmat, bulan dijanjikannya pahala berkali lipat. Ramadan bulan istimewa yang didalamnya merupakan pelatihan bagi individu muslim menjadi pribadi yang agung dan luhur budi pekertinya.

Bicara semangat berbagi untuk kebersamaan,  Foodbank of Indonesia (FOI) hadir untuk mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat dan di bulan Ramadan ini. FOI bergerak melalui Gerakan Mereka Butuh Kita (GMBK) untuk membantu korban bencana alam didukung oleh PT. Heinz ABC Indonesia (Heinz ABC) dengan merk ABC yang telah menemani keluarga Indonesia sejak 1975. Gerakan melalui program sosial ini dimulai sejak Ramadan tahun lalu yaitu Gerakan ABC Berbagi Kebersamaan Ramadan dengan Korban Bencana Alam. Ramadan ini donasi sebanyak 110000 paket bantuan pangan telah disiapkan bagi mereka yang terdampak bencana. Bantuan donasi berupa paket bantuan pangan akan disalurkan ke 15 wilayah di pulau Jawa.

Sepanjang Januari hingga Maret 2021 Indonesia mengalami bencana silih berganti, mulai dari banjir hingga gempa bumi. Berdaasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), lebih kurang 800 bencana alam terjadi di Indonesia. Ini tentu saja berdampak bagi masyarakat yang mengalami musibah, baik berupa kerugian materi maupun kehilangan. Foodbank of Indonesia (FOI) sebagai salah satu organisasi sosial yang membantu masyarakat dengan membuka akses pangan pun bergerak secara kolaboratif untuk membantu meringankan beban korban bencana alam. 

Adanya dukungan dari berbagai pihak seperti PT. Heinz ABC Indonesia, PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), serta para relawan di berbagai daerah yang membuat 110000 paket bantuan pangan dapat tersalurkan bagi wilayah Jakarta dan Jawa Timur. Gerakan ABC Berbagi Kebersamaan Ramadan dengan Korban Bencana Alam membantu dalam memastikan ketersediaan paket bantuan pangan.


Lebih kurang 800 bencana alam terjadi di Indonesia Januari-Maret 2021

A
wal April lalu saudara-saudara kita yang tinggal di Kabupaten Malang mengalami gempa yang berkekuatan 6,7 SR. Salah satu desa yang mengalami dampak kerusakan cukup parah adalah Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang dan mengharuskan mereka mengungsi ke Hunian Sementara (Huntara) yang terbuat dari terpal. Tak hanya gempa di Malang, banjir di Probolinggo salah satunya di Desa Dringu juga menjadi perhatian FOI karena banjir setinggi dada orang dewasa ini meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi masyarakat, tempat tinggal mereka terendam banjir dan perabotan rumah mengalami kerusakan. 

Relawan FOI terjun langsung ke lokasi bencana dan menyalurkan donasi secara door to door untuk memastikan donasi langsung diterima oleh masyarakat yang membutuhkan. Alhamdulillah penerima paket pangan dari FOI baik di Kabupaten Malang maupun di Probolinggi merasakan manfaatnya dan merasa bersyukur atas donasi yang diberikan.

Hendro Utomo, founder Foodbank Of Indonesia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak bencana serta menunjukkan dengan semangat kebersamaan dapat memberikan dampak yang besar khususnya bagi mereka yang membutuhkan. Adanya gotong-royong antara lembaga masyarakat, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam kegiatan ini serta pergerakan ribuan relawan yang membantu ribuan korban terdampak bencana alam merupakan modal sosial yang akan membangkitkan kembali saudara-saudara kita sekaligus membangun harapan mereka. Beliau sangat berterima kasih kepada PT. Heinz ABC Indonesia dan JNE serta seluruh relawan yang berjuang tak kenal lelah atas kontribusinya yang luar biasa.


Pemberian Donasi kepada Korban Bencana Alam di Kabupaten Magelang dan Probolinggo

Direktur PT. Heinz ABC Indonesia, Tutur Steven Debrabandere memaparkan bahwa situasi yang menantang terutama di masa pandemi Covid-19 terus terjadi bagi keluarga Indonesia, khususnya di Pulau Jawa yang terkena bencana alam disaat belum berakhirnya pandemi. Untuk itu PT. Heinz ABC Indonesia melalui program Gerakan ABC Berbagi Kebersamaan Ramadan dengan Korban Bencana Alam bersama dengan FOI ingin membantu keluarga Indonesia yang tertimpa bencana di bulan suci Ramadan ini. Ramadan menjadi momen yang tepat untuk melanjutkan komitmen kebersamaan ini, untuk Indonesia yang lebih baik. 

Kita juga dapat berpartisipasi dalam Gerakan ABC Berbagi Kebersamaan Ramadan dengan Korban Bencana Alam ini dengan membeli produk ABC di Alfamart dan Alfamidi. Setiap pembelian produk ABC pada periode 1 April – 15 Mei,  berarti kita turut menyumbangkan Rp. 1000,- untuk berbagi kebersamaan kepada para korban bencana di Pulau Jawa.






You Might Also Like

0 comments

Canva Magic Write