7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli HP

A da beberapa pertanyaan dalam membuat keputusan untuk membeli HP yang patut di jawab oleh diri sendiri, sebelum terlanjur membeli HP ta...


Ada beberapa pertanyaan dalam membuat keputusan untuk membeli HP yang patut di jawab oleh diri sendiri, sebelum terlanjur membeli HP tanpa parameter yang mendukung keputusan kita itu. Sebab terlalu banyak penawaran menarik yang di tawarkan produsen HP. Tentu semua sedikit banyak nya pilihan kita menjadi bingung sendiri. Sejak dari rumah berangkat ingin membeli ponsel A misalnya eh ternyata pulangnya membeli ponsel B.

Nah bagaimana jika beli HPnya secara online? Tentunya dengan cara ini mungkin akan lebih mudah untuk mendapatkan pembandingnya. Meski begitu ada beberapa pertanyaan yang mesti dijawab dulu, kelak mungkin pertanyaan ini membantu kita dalam membuat keputusan untuk membeli gadget yang sesuai dengan kebutuhan kita. 


1. Kebutuhannya apa?

Kebutuhan, seperti apa kebutuhan HP yang ingin kita gunakan?. Karena kebutuhan setiap orang tentu berbeda satu dengan lainnya. Begitupun kebutuhan kita. Begitu banyak gadget yang tersedia di pasaran, namun manakah yang cukup membantu kebutuhan kita? Kalau keinginan si banyak ya, tapi yang terpenting temukan batasan kebutuhan itu. Sebab tidak semua kebutuhan yang kita inginkan tersedia dalam satu HP. Dan juga perlu dingat bahwa HP itu sendiri tetap akan memiliki batasan kemampuannya.


2. Digunakan untuk apa?

Setelah kebutuhan sudah di tentukan, tentu kita akan mengetahui HP akan lebih banyak digunakan untuk apa. Misalnya, lebih banyak untuk membuat report melalui surel untuk mempermudah pekerjaan kita, atau bisa jadi teman-teman suka mengandalkan HP yang ada kameranya. Tak ada salah nya mencatat  kamera seperti apa yang diinginkan ada dalam HP tersebut. Atau teman-teman termasuk seorang yang hoby membuat video maka tentu kita mencatat kemampuan HP yang memiliki aspek rasio kemampuan layar dan audio yang sesuai.


3. Bagaimana spesifikasinya ?

Mempelajari spesifikasi hape terlebih dahulu sebelum membeli adalah cara paling baik. Sebab pengetahuan akan spesifikasi HP akan mendukung pemahaman kita akan batasan yang dimiliki oleh HP. Dengan memahami spesifikasi kita akan mengetahui performa HP tersebut, sampai batas paling update yang dimiliki operating sistemnya. Bandingkanlah dengan HP yang digunakan sebelumnya. Ini cara yang lebih bijak untuk mendukung keputusan membeli HP.


4. Dimana membelinya?

Saat ini terdapat dua cara untuk membeli HP sesuai dengan apa yang kita inginkan. Melalui online atau mendatangi  gerai/counter secara langsung. Kalau melalui online kita bisa pilih-pilih jenis HP, bagaimana pun kita sendiri yang menentukan spesifikasi dan HP seperti apa yang anda inginkan. Sedangkan jika kita mengunjungi gerai secara langsung kita bisa mendengarkan penjelasan pramuniaga yang nantinya memantapkan keputusan kita untuk  membeli HP.


5. Sudah kenalkah dengan fungsi fitur dalam HP ?

Memahami fitur yang ada dalam HP akan membantu keputusan kita untuk memilih HP dengan tepat. Jika sebelumnya HP yang kita gunakan tak mendukung fitur yang diinginkan, tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu fitur itu sudah tersedia atau belum di HP yang ingin dibeli. Banyak fitur-fitur tertentu yang hanya ada tersedia dalam operating system HP tertentu saja.  Misalnya Android dan iOS tentu sedikit banyaknya akan berbeda fitur apps yang bisa diunduh dan dioperasikan.



6. Bagaimana dengan HP yang setara?

Membandingkan HP satu dengan HP lain nggak ada salahnya. Sebab pembelinya adalah kita sendiri. Mengetahui perbedaan antara HP A dengan HP B akan mendukung keputusan kita dalam membeli HP. Temukan perbedaan dan keunggulan masing-masing supaya nanti setelah dibeli kita nggak merasa terganggu dengan penyesalan yang akan muncul di kemudian hari. Karena segala perbedaan dan keunggulannya sudah kita ketahui dan pahami.


7. Berapa budget yang ingin dikeluarkan?

Nah inilah terakhir yang kita tentukan untuk membuat keputusan ketika membeli HP. Sehebat apapun spesifikasi dan kebutuhan akan dikalahkan dengan HP. Hehe. Bagi teman-teman yang nggak terlalu bermasalah dengan finansial mungkin urusan budget juga nggak jadi soal. Namun bagi teman-teman yang memiliki masalah finansial yang terbatas tentu hal ini akan menentukan keputusan membeli HP yang seperti apa, mengingat begitu banyaknya HP dengan keunggulan yang saling berkompetisi. Saran saya sebaiknya cari referensi harga HP di beberapa toko online buat perbandingan harga.


Itulah mengapa 7 hal yang mesti dipertanyakan ini menjadi ulasan saya. Semoga tulisan ini membantu dan bermanfaat bagi teman-teman. Terakhir dari saya, setinggi apapun spesifikasi HP terbaik yang kita miliki tak akan menjadi maksimal jika kita sendiri tak maksimal dalam menggunakannya. Saya jadi ingat dengan istilah ini “man behind the gun” yang patut di renungkan.


You Might Also Like

20 komentar

  1. Mau donkk hape baruu.. Kalo aku yg jadi prioritas adalah daya tampung dan besar RAMnya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya biar banyak nyimpan foto :)

      Hapus
  2. Baca info ini bisa jadi referensi untuk cari HP baru nih..pas butuh karena HP lama dah tua, waktunya dicarikan ganti :D. Makasih Mbak dan salam kenal yaa:). Saya pernah tinggal 5 tahun di Pangkalan Brandan juga lho:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah satu kampung kitaa..eh iya semoga dapat hp sesuai kebutuhannya ya mbak :)

      Hapus
  3. Setuju, dan satu hal yang penting bagiku itu beli smartphone jangan sampe cuma keinginan saja, melainkan bukan kebutuhan. Terkadang setiap keinginan itu belum tentu kebutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul..harus sesuai kebutuhan yaa, kalau keinginan diturutin nggak ada habisnya hehe

      Hapus
  4. Benar sekali kata mbak. Mau beli hape A pulang bawa hape B. Hahaha... Sy pernah mengalaminya. Sedikit kecewa karna termakan promosi. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi mesti lebih bijak lagi milih hape yaa

      Hapus
  5. HPku crashed dan udah 3 hidup tanpa hp. Kalau ga bisa diservis ya beli lagi. HP apa ya mba yang ok buat urusan ngeblog? yang kuat dengan banyak grup chat dan hasil fotonya lumayan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pakai 2 hape say, lenovo dan samsung note 8. Buat yang kuat dengan group chat dan hasil foto bagus plus bisa ngeblog pake Lenovo K4 Note, kalau Samsung Note 8 aku pakai buat design dan kafang buat ngeblog juga :)

      Hapus
  6. Kalau saya dulu beli hp pertimbanganyya yg kameranya bagus, terutama buat datang ke event blogger ya, jdnya enggak perlu nenteng2 kamera berat lg hehe TFS

    BalasHapus
  7. Kalau aku memilih HP itu yang kapasitasnya besar jadi berapa ribu pun foto di hp tetap bisa internetan lancar dan gak cepat hang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya setuju mbak, jadi nggak bolak balik mindahin foto ke kompi yak

      Hapus
  8. Aku kadang pengen beli hp online Mba, karena harganya kok lebih murah daripasa di counter. Tapi suka ragu karena kan nggak bisa melihat dan meraba, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, itu dia hahaha meliaht dan meraba itu penting :D

      Hapus
  9. ujug2 akhirnya yg utama pasti budget dulu deh kalo aku, haha..

    BalasHapus
  10. Mbaaak..pernah nge-blog pakai tab gak?
    Enak gak mbak tuty?
    Saya pakai hp lama-lama siwer mata ini, kalo pakai laptop ribet keluarin kabel, keburu Si kecil ikutan haha..

    BalasHapus
  11. Iniii...bagian dari tugas suami.
    Hiihhii...kalo aku, taunya cuma pingin, mba Tuty.

    Setelah ingin, suami cari refrensi yanh detil, dari mulai harga, spek, garansi, dll.

    Dan gak jarang, berakhir dengan beli HP berbeda dengan keinginan.
    Heuu~~

    BalasHapus
  12. Kemaren2 beli HP karena lihat merknya terlebih dahulu, trus liat banyak teman yang pake dengan tipe tersebut. Tapi kalau sekarang biasanya minta bantuan sama Pak Suami untuk liat detail speknya dan dibandingkan dengan merk yang lain.

    Terkadang kasus saya sama seperti Mba Lendy, setelah dipilihan detail sama Pak Suami ehh yang dipilih saya tetap ajah berbeda dengan yang diiencer.. #Fiuhhhh

    BalasHapus