Cerdas Saat Membeli Mobil Bekas

A khir-akhir ini cuaca benar-benar tak menentu, kadang panas eh tiba-tiba dalam hitungan menit turun hujan. Saya yang sering bepergian me...

Akhir-akhir ini cuaca benar-benar tak menentu, kadang panas eh tiba-tiba dalam hitungan menit turun hujan. Saya yang sering bepergian menggunakan motor dan angkutan umum kadang merasa waswas saat di perjalanan, selain karena cuaca yang sulit ditebak juga karena kenyamanan berada didalam kendaraan umum. Sempat kepikiran pengen punya mobil sendiri, tapi dipikir-pikir beli mobil baru selain prosesnya agak rumit, terus belum tentu bisa langsung disetujui proses kreditnya kalau belinya nyicil. Padahal intinya karena uangnya nggak cukup hehe. Tapi kenapa nggak beli mobil bekas aja ya? Kira-kira aman nggak sih beli mobil bekas? Khawatir juga kan kalau lagi dipakai tiba-tiba mogok atau ada kerusakan yang kita sendiri nggak paham mengenai mesinnya.


Kekhawatiran memiliki used car akhirnya terjawab setelah mengikuti talkshow yang diadakan oleh Mobil123 Portal Otomotif No 1. Talkshow yang mengangkat tema "Mobil Bekas Solusi Kebutuhan Anda" berlangsung di The Hook Restaurant & Bar, Jumat 31 Maret 2017. Acara ini menghadirkan dua orang narasumber yakni Halomoan Fischer, COO Mobil 88 dan  Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia.  Selain itu acara Mobil123 juga kedatangan tamu dari iCar Asia yatiu  Hammish Stone (Chief Executive Officer dari PT iCar Asia) dan Joe Dische (Chief Finance Officer dari PT iCar Asia).

foto: Mobil123, kiri-kanan: Joe Dische - Hendrik Wiradjaja - Halomoan Fischer - Hammish Stone
Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123 dan Oto Spirit dan menjadi moderator di acara siang itu mengatakan mengapa mobil bekas diangkat sebagai tema talkshow kali ini. Menurut Pak Indra mobil bekas sampai saat ini masih banyak diminati, dan kalau kita bicara mobil bekas nggak ada matinya. Iya sih, meski mobil baru ada saja yang diluncurkan tetap saja mobil bekas nggak ditinggalkan. Orang-orang masih banyak memburu mobil bekas dengan pertimbangan budget yang sesuai dengan kantong. Makanya tema event Mobil123 kali ini mengenai mobil bekas agar masyarakat lebih cerdas saat memilih mobil bekas. Di ASEAN, Indonesia termasuk pasar terbesar untuk mobil bekas.

Foto: Mobil123 Indra Prabowo, Managing Editor Mobil123 & Oto Spirit
Halomoan Fischer, selaku Chief Operating Officer COO Mobil88 yang menjadi narasumber  pertama memaparkan mengapa orang memilih mobil bekas? Menurut pak Halomoan orang memilih mobil bekas karena:

Harga lebih murah. Jelas sekali memang perbedaan harga mobil baru dengan mobil bekas, yang angkanya lumayan bagi yang memiliki uang pas pasan.

Kendaraan bisa langsung dipakai. Enaknya kalau beli mobil bekas kita bisa langsung pakai karena begitu dibayarkan mobil sudah jadi hak milik dan bisa langsung jalan. Beda dengan beli mobil baru yang begitu dibayar mobil nggak bisa langsung dipakai, kita harus menunggu dalam hitungan hari bahkan harus indent dalam hitungan bulanan. Belum lagi kita harus menunggu nomor plat, urusan STNK, dan dokumen-dokumen lain. Lama kan!

Tingkat depresiasi lebih rendah. Penurunan harga mobil bekas yang lebih rendah menjadi keunggulan dalam membeli mobil bekas. Biasanya sih ditahun pertama mobil bekas sudah turun harga dan penurunannya lebih besar apalagi di tahun-tahun berikutnya. Dan ini yang membuat konsumen yang ingin memiliki mobil jadi termotivasi untuk membeli mobil bekas.

Foto: Mobil123
 Pasar mobil bekas memang menarik, apalagi harga yang ditawarkan bervariasi. Tetapi sebaiknya kita lebih teliti memilih mobil bekas sebelum melakukan pembayaran. Bagaimanapun yang namanya beli mobil bekas tetap ada risikonya. Apa saja risikonya?

Mobil disita. Disini kita dituntut untuk lebih teliti dan cerdas membeli mobil bekas, karena kalau kita membelinya dari sumber yang tidak dapat di percaya bisa jadi mobil yang kita beli ternyata tersangkut kasus hukum, seperti kasus kriminal, kasus penggelapan. Alhasil mobil bakal disita oleh pihak yang berwenang. Jadi usahan untuk tau history mobil bekas yang kita beli.

Kerugian material. Jangan sampai setelah membeli mobil bekas kita mengalami kerugian material yang lebih banyak. Di cek terlebih dahulu apakah kondisi mesinnya masih oke, pernah mengalami kecelakaan seperti tabrakan atau enggak, pernah mengalami bencana misal terendam banjir yang dapat merusak struktur mobil. Gawat kan kalau pas mobil di tangan kita ternyata banyak biaya perbaikan. Bahkan kalau di jual lagi harganya  bisa jatuh alias semakin rendah.

Ancaman keselamatan. Seperti uraian diatas mengenai kondisi mobil yang kita beli, kerusakan-kerusakan yang tidak kita ketahui bisa mengancam keselamatan kita saat mengendarai mobil bekas yang dibeli.

Tidak bisa Bea Balik Nama (BBN). Karena tidak mengetahu history mobil bekas yang tersangkut masalah hukum, akan susah untuk mengurus Bea Balik Nama (BBN). Mobil bekas biasanya terekam historicalnya, beda dengan mobil baru yang belum ada historicalnya.

Ancaman Pidana 6 tahun. Sesuai dengan pasal  263 dan 264 KUHP dimana akan dilakukan tindak pidana jika ditemukan pemalsuan dokumen. Untuk itu sebaiknya cek juga dokumen nya ke Samsat biar kita nggak tertipu.

Pak Halomoan juga membagikan tips mengenai mobil bekas itu terawat atau enggak di tangan pemakai sebelumnya. Lihat saja isi dalam mobilnya apakah wangi, setirnya masih bagus, kemudian jok mobil juga bersih. Kalau mobilnya bau dan jok juga kotor bekas tumpahan air atau noda lainnya berarti pemakai mobil sebelumnya tidak pintar merawat mobil, ini harus jadi pertimbangan. Di Mobil 88 sendiri salesnya nggak menutupi keadaan mobil bekas yang sebenarnya. Ada beberapacheck point juga yang harus dilalui sebelum mobil dijual, ini demi kenyamanan pembeli.

Foto : Mobil123
Hendrik Widjaja selaku  Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) sebagai narasumber kedua siang itu menjelaskan mengenai visi dan misi AutoSAFE Hyundai Used Car. Visi dari Hyundai AutoSAFE adalah memberikan rasa aman pada pelanggan akan resale value used car HYUNDAI ( trusted and safe). Visi ini lebih meyakinkan kepada konsumer agar tidak khawatir mobil bekas yang dibeli dan jika dijual lagi harganya menjadi jatuh atau lebih rendah. Sedangkan misi dari Hyandai AutoSAFE sendiri adalah: Meningkatkan resale value used car Hyundai, Mendukung Penjualan Kendaraan Baru (Trade In Program), Sebagai price setter untuk harga pasar used car Hyundai, Memberikan pilihan alternatif yang baik bagi konsumen yang menginginkan used car Hyundai.

Menurut Pak Hendrik membeli mobil bekas itu susah-susah gampang, apalagi bagi orang awam. Segmen mobil baru tidak bisa disamakan dengan segmen mobil bekas. Dan nggak selamanya orang yang beli mobil bekas adalah orang-orang yang tidak mampu beli mobil baru. Karena justru orang-orang yang mampu ini membeli mobil bekas kemudian di percantik dan dijual lagi, jadi lebih mengarah ke bisnis.

Di Hyundai AutoSAFE sendiri setiap mobil bekas Hyundai sebelum dijual akan diperbaiki terlebih dahulu dan spare part yang sudah rusak akan diganti dengan spare part asli Hyundai, gunanya untuk menjaga kualitas mobil Hyundai tersebut. Hyundai juga ada penawaran Buy Back Guarantee tanpa batasan waktu, ini keuntungan kalau membeli mobil bekas Hyundai. Pelayanan yang diberikan Hyundai ini diberikan agar konsumen yang menggunakan used car Hyundai nggak merasa tertipu saat membeli mobil bekas di Hyundai. Hyundai selalu menjaga kualitas setiap mobil bekas yang di jual ke pasar.

Terakhir  pak Hendrik berpesan agar lebih teliti beli mobil bekas dari orang lain, harus cek dan ricek, jangan sampai seharusnya untung membeli mobil bekas malah jadi buntung.





You Might Also Like

48 comments

  1. Janagn sembarang beli mobil bekas, semua musti dipertimbangkan dengan matang dan bijak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Agung, dari pada malah merugi yaa

      Delete
  2. AKu pakai mobil bekas, mba. Alhamdulillah nggak ada masalah :). Memang harganya lebih murah daripada beli mobil baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Alhamdulillah yaa..lebaran kalau lagi ngumpul keluarga nggak repot naik angkutan umum mbak 😊

      Delete
  3. Yes! harus cerdas saat membeli mobil bekas!

    ReplyDelete
  4. Asyik yaah kalo ada Buy Back Guarantee. Buyer jadi tenang dan gak cemas. Mantap!

    ReplyDelete
  5. Lengkap deh tulisannya mak.
    Tinggal actionnya aja.Kapan saya antar kang Ono ke Mobil88 nya?

    ReplyDelete
  6. Woow, detail tulisanmu mba, memang kudu pandai pilah dan pilih mobil bekas, dan juga dealernya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pilih dealer yang sudah punya track record yang baik saja biar lebih aman.

      Delete
  7. Nggak ngerti soal otomotif, tapi cukup ngerti sekarang soal mobil bekas ini.
    Harus hati-hati ya pokoknnya, kebetulan mba Lida cocok dan oke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beruntung ya mbak Lida dapat mobil bekas yang historical nya bagus :)

      Delete
  8. Hi mbak Tuty aku baru mampir nih, reportnya lengkap bangeettt...aku juga ada pengalaman mau beli mobil bekas karena budget gak cukup, tapi gagal habis nggak ada yang srek, parnoan juga takut mogok secara gak ngerti mobil hihihihi. tinggalin jejak ah www.aliaef.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak..semoga setelah dengar penjelasan pak halomoan dan pak hendrik jadi nggak waswas lagi ya beli mobil bekasnya hehe

      Delete
  9. udah tau tipsnya nih, tinggal nabung buat belinya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin..semoga lekas terkumpul ya duitnya ris :)

      Delete
  10. Aduh, belum punya mobil nih mbak, masih mobil mainan yang ada. tapi membeli mobil bekas, sebaiknya di dealer resmi aja. Lebih terjamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lekas kebeli ya mobilnya untuk gantiin mobil mainannya hehe

      Delete
  11. rada deg2an memang kalau beli barang second. siap2 dg segala resiko spt yg mba tuty sebutkan di atas.. bahkan barang sekaliber hp sekalipun, ttp aja was2 kalo bekas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, makanya beli di tempat yang bisa dipercaya, punya track record yang baik, apalagi kalau ada buy back guarantee nya jadi lebih tenang.

      Delete
  12. aku beberapa kali juga milih mobil bekas asal bagus dan harganya bersahabat ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan juga history mobilnya bagus juga ya mbak..

      Delete
  13. Mobil bekas kalau kualitasnya dijaga begini, in syaa allah bikin hati tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak..nggak khawatir bawa keluarga naik mobil bekas yang sudah dibeli.

      Delete
  14. jadi makin yakin ya mba buat beli mobil bekas sekarang, asal di tempat yang terpercaya spt mobil88 dan AutoSAFE itu :)

    ReplyDelete
  15. Saya dan suami jg agi kepikiran bei mobi bekas, cuma khawatir gak nemu yg cocok. Bisa jg nih beli mobil lewat mobil88 dan Hyundai autosafe, thx info dan tipsnya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiik..semoga dapat mobil yang cocok yaaa

      Delete
  16. Jadi banyak tahu, udah enggak khawatir lagi ya mbak kalau mau beli Mobil bekas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi dapat informasi yang akurat yaa :)

      Delete
  17. Biarpun bekas tapi kalau belinya ditempat terpercaya rasanya seperti mobil baru pastinya, emang mobil88 tempatnya tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh yuli..nggak was was deh pastinya

      Delete
  18. Jangan sampai, mau untung malah buntung ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas Satto..duh nggak kebayang deh kalo malah rugi:)

      Delete
  19. dapat tips sudah, saatnya kita beli mobilya :)

    ReplyDelete
  20. mantep mbak, lengkap banget artikelnya
    bisa buat referensi kalo suatu saat saya beli mobil bekas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiik..kalo beli mobil ntar ajakin kita jalan ya :D

      Delete
  21. Pasca buka mobil123.com jadi muncul hasrat beli mobil bekas ... banyak pilihannya dan bisa di angsur pula ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..terbantu banget ya buat orang-orang yang membutuhkan mobil

      Delete
  22. Duh kl mau balik nama aja susah, repot dong ya ... mesti teliti deh ya kl beli mobkas :-/

    ReplyDelete
  23. Setuju bangat, membeli mobil bekas kita harus benar-benar cerdas supaya tidak tertipu sama penjual yang nakal.

    ReplyDelete
  24. Skrg mobil bekas ada dealernya, aku rekomen ke bapak ah.. beliau lagi cari mobil bekas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik..semoga bapak dapat mobil yang dibutuhkan yaa

      Delete