Journey Mempersiapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil Bersama Prenagen [Part 2]

S etelah mengikuti rangkaian kelas di Education Center, tepat pukul 9 pagi semua peserta yang ha...


Setelah mengikuti rangkaian kelas di Education Center, tepat pukul 9 pagi semua peserta yang hadir mengikuti talkshow interaktif di dalam ballroom yang ada di The Hall Lt8 Senayan City. Ini acara yang ditunggu-tunggu karena banya narasumber keren yang akan sharing mengenai persiapan awal kehidupan terbaik bagi si kecil.

baca jugaJourney Mempersiapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil Bersama Prenagen [Part 2]




Talkshow interaktif di event PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 dipandu oleh MC kece mbak Sisca Beker juga dibuka dengan tarian Belly Dance dari para penari Jakarta Belly Dance. Sebelum talkshow mbak Sisca mengundang ibu Ade Maizar perwakilan dari PRENAGEN dan Dr. Budi untuk berbincang mengenai 1000 haripertama kehidupan.



Bu Ade memaparkan mengenai 1000 hari pertama kehidupan atau golden age. Semua orang tua pasti punya impian sama yaitu mendapatkan anak yang sehat sempurna. Terkadang ada rasa khawatir yang timbul dari orangtua mengenai tumbuh kembang anak. Rasa khawatir timbul karena kurangnya pengetahuan dan edukasi. Saat terpenting untuk tumbuh kembang anak adalah pada 1000 hari pertama kehidupan dan masa-masa ini adalah investasi yang tidak akan terulang lagi. Pemberian nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan berdampak pada tumbuh kembang anak. PRENAGEN adalah sahabat terbaik bagi orangtua untuk mempersiapkan 1000 hari pertama kehidupan.


Tiga hal penting yang harus diperhatikan para orangtua menurut Dr. Budi dalam proses kehamilan adalah merencanakan, menyiapkan dan menjaga kehamilan. Asupan nutrisi harus baik, zat-zat gizi seperti asam folat, zat besi, zinc, kalsium harus terpenuhi. Pada tiga bulan pertama kehamilan para ibu harus rajin memeriksa kehamilan. Sehat dan bahagia ini poin yg paling panting bagi ibu-ibu hamil. Dr. Budi juga menjelaskan selain mempersiapkan nutrisi, ibu hamil harus persiapkan mental juga.

Mona Ratuliu yang juga hadir turut berbagi cerita mengenai masa kehamilannya. Mona juga selama hamil mengonsumsi PRENAGEN terutama saat mengurangi rasa mual, soalnya Mona kalau hamil suka mual-mual dan rasanya nggak enak banget, apalagi kalau lagi ada kerjaan. Tapi bagaimanapun bagi Mona pengalaman semasa hamil dan memiliki anak adalah momen menyenangkan.

Selanjutnya berikut rangkuman saya selama talkshow dengan 3 narasumber keren di event PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016
Diawali dengan paparan dr. Boy mengenai pernikahan juga hubungan intim suami istri. Pernikahan adalah titik awal rumah tangga tercipta. Dari sisi kesehatan saat pernikahan hubungan intim suami istri adalah untuk mendapatkan keturunan. Setelah melewati masa ini saat yang ditunggu-tunggu adalah masa kehamilan. Tanda awal kehamilan adalah saat paling bahagia bagi para pengantin baru.

Setelah kehamilan trimester adalah momen penting, momen yang perlu diperhatikan dengan baik. Harus lakukan pemeriksaan yang teratur dan berkualitas, karena untuk setiap trimester ada hal-hal penting yang diperiksa oleh dokter.

Mengenai keluhan mual muntah ibu hamil di 4-16 minggu pertama akan dinikmati oleh para calon ibu, ini karena adanya kenaikan hormon. Meski mual muntah dr. Boy menganjurkan agar calon ibu berusaha untuk terus makan agar tidak kekurangan nutrisi. Karena efek yang ditimbulkan karena kekurangan nutrisi adalah kecacatan dan kelainan kromosom dan ini bisa saja terjadi saat kehamilan. Kecacatan terjadi biasanya disebabkan defisiensi asam folat.


Kebutuhan asam folat sebenarnya dipersiapkan saat pra kehamilan. Dampak nutrisi tergantung apa yang kita makan, ada dampak jangka pendek dan juga dampak jangka panjang. Dampak jangka panjang ini harus benar-benar diperhatikan. Makan berlebihan dapat menyebabkan diabetes, jantung, dan penyakit lainnya. Sebaiknya konsumsi nutrisi secara lengkap dan seimbang, kurangi makanan yang berminyak. Selain makanan, minuman juga diperhatikan, minum air 2-3 liter per hari. Menghindari paparan asap rokok juga jadi poin penting selama kehamilan, kemuadian polusi dan pemakaian zat kimia berbahaya. Contoh bahan kimia berbahaya biasanya terdapat dalam kosmetik yang sering para ibu gunakan begitu juga bahan kimia dari cat rambut. Karena asap rokok dan zat kimia bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin bahkan kecacatan.
dr. Boy Abidin juga menyarankan kepada para ibu untuk konsumsi susu yang lengkap nutrisinya, contohnya yang ada pada PRENAGEN. PRENAGEN menyediakan susu terbaik untuk para ibu mulai dari masa pra kehamilan hingga masa menyusui. Ibu yang sedang dalam masa program kehamilan dapat mengonsumsi PRENAGEN Enesis susu ini adalah susu rendah lemak dan mengandung asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, protein dan mikroenkapsulasi zat besi, sumber serat serta Omega 3 dan 6. Susu ini mengandung nutrisi persiapan kehamilan. Sebaiknya, PRENAGEN Enesis ini diminum segera setelah menikah. Kemudian untuk ibu yang sudah hamil, selain nutrisi seimbang dari makanan ibu juga bisa mendapatkan nutrisi dengan mengonsumsi PRENAGEN Mommy Emesis yang merupakan produk unggulan nomor 1 di Indonesia atau PRENAGEN Mommy. Nah, PRENAGEN Mommy Emesis inilah yang dapat mengurangi mual dan muntah pada periode awal kehamilan.  Produk ini mengandung vitamin B6 dan protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi mual muntah di awal kehamilan. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, mikroenkapsulasi zat besi, sumber serat serta Omega 3 dan 6. Sedangkan PRENAGEN Mommy tersedia dalam dua kemasan yakni kemasan bubuk dan kemasan praktis siap minum. Kandungan nutrisinya sangat lengkap. Nggak cuma  kebutuhan pra kehamilan dan kehamilan saja, untuk ibu menyusui PRENAGEN juga menyediakan PRENAGEN Lactomo yang merupakan nutrisi masa menyusui yang manfaatnya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Tidur yang cukup usahakan tidur 6-8 jam per hari ujar dr. Boy, dan lakukanlah aktivitas sewajarnya jangan terlalu berlebihan ujar dr. Boy. Ibu hamil juga disarankan untuk tetap berolahraga yaitu jenis olah raga yang low impact. Olah raga dilatih agar pompa jantungnya lebih kua.t Olah raga renang adalah olah raga yang disarankan, tapi kalau tidak bisa berenang cari alternatif lain dengan jenis olah raga yang bisa dilakukan saja. Kalau senam hamil disarankan di trimester terakhir. Belly dance juga bagus dilakukan pada ibu hamil karena dapat menguatkan otot panggul dan melancarkan proses kelahiran. Nah, ada games juga nih, 5 orang ibu hamil ditantang untuk ikutan belly dance dan 3 orang pemenang mendapat hadiah dari PRENAGEN juga hadiah buku dari Mona.




Pada sesi tanya jawab ada peserta yang menanyakan mengenai dampak kalau dilakukan hubungan suami istri saat hamil. Hubungan intim selama kehamilan diperbolehkan selama tidak ada masalah atau gangguan dengan kehamilan ujar dr. Boy, yang penting ibu harus rajin dan teratur melakukan pemeriksaan kehamilan. Kemudian ada juga yang menanyakan mengenai makan pedas dan minuman dingin. dr. Boy mengatakan itu hanya mitos. Sesi tanya jawab jadi tambah seru karena Mona memberikan hadiah buku kepada para penanya.


Terakhir dr. Boy mengingatkan kepada calon ayah ibu bahwa ibu hamil selain perlu nutrisi makanan, juga memerlukan nutrisi batin. Ibu hamil harus bahagia, berikan kenyamanan pada ibu hamil karena ini berguna untuk psikologis si kecil kelak.


Siapa yang nggak kenal ibu Vera, dikalangan para ayah dan ibu yang suka mengikuti seminar ataupun workshop parenting pasti nggak akan bosa mendengarkan edukasi dari beliau termasuk saya. Bu Vera menjelaskan mengenai psikologis anak yang ditimbulkan saat ibu sedang hamil. Saat calon bunda alami stress emosional berkepanjangan akan menimbulkan risiko keguguran, berat lahir rendah, gangguan pernafasan dan pencernaan, colic, gangguan tidur dan mudah marah. Ibu Vera mengatakan anak yang suka emosi berarti ibunya saat hamil tidak bahagia. Hayo...anak siapa nih yang suka emosi? Bagi ibu-ibu hamil bapak suami jangan lupa ya bahagiakan istri.

Cara menjadi ibu hamil yang bahagia adalah dengan kesiapan para ibu dalam menghadapi kehamilan. Ibu yang siap adalah ibu yang mencari tahu tentang kehamilan dan bayi. Dengan adanya perencanaa akan menjadikan perasaan ibu lebih tentram dan tenang, bebas dari cemas, bingung dan galau. Di dalam psikologi persiapan kehamilan ibarat drama 3 babak. Babak pertama adalah lahirnya individu baru, di babak ini biasanya para ibu mengalami yang namanya morning sickness dan untuk mengatasi morning sickness ini para ibu dianjurkan untuk banyak beristirahat dan melakukan reaksasi. Di sini bu Vera juga mengajarkan para peserta cara relaksasi. Nggak lama cuma butuh waktu 5-10 menit saja, dengan melakukan gerakan ini juga mendengar musik yang membuatenang para ibu bisa lebih relaks jiwa dan raga. Relaksasi membuat kita bahagia, saat kita tak bahagia rasakan momen-momen bahagia yang pernah kita rasakan sebelumnya. Mampu terbuka dan mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan pada suami ini merupakan kebahagiaan dari dalam.


Babak kedua momen terindah selama kehamilan, pastikan ayah memberikan perhatian lebih kepada ibu, sesekali boleh lah memuji bentuk tubuh istri. Usahakan agar istri tetap merasa dicintai, dan babak ketiga mulai masuk persiapan kelahiran, di babak ini ayah dan ibu harus saling support.

Selanjutnya saya dan para peserta lain mendapatkan edukasi dari Ibu Irene F Mongkar. Beliau adalah seorang pakar simulasi anak. Ibu Irene meniupkan terompet saat itu dan membawa perlengkapan seperti  bola-bola, spons, terompet, sikat kamar mandi yang merupakan alat-alat untuk stimulasi anak. Menurut ibu Irene, selama 1000 hari pertama kehidupan si kecil selain nutrisi, faktor yang tak kalah penting adalah melakukan stimulasi terhadap anak. Memberi makan otak nya sama pentingnya dengan memberi makan pada perutnya.

Anak memiliki rangsangan sensorik dan motorik. Rangsangan sensorik terdiri sari kompetensi penglihatan, kompetensi pendengaran dan kompetensi perabaan. Sedangkan rangsangan motorik terdiri dari kompetensi bahasa, kompetensi manual dan mobilitas. Menurut ibu Irene biarkan bayi leluasa bergerak dan tempatkan bayi di tempat yang membuat ia bebas bergerak. Jangan letakkan bayi di stroller, biarkan saja bayi dalam posisinya senyaman mungkin, misalnya tengkurap.

Perlu diketahui, kalau anak banyak bergerak berarti anak tersebut adalah anak sehat. Tahapan gerakan berlari, berjalan, merangkak, merayap, juga bergerak tanpa perpindahan.  Merayap dan merangkak akan meningkatkan konsenstrasi. Merangkak juga akan memperkuat lengan, dan melatih kemampuan menulis. Anak-anak yang tidak merangkak biasanya tulisannya jelek. Tahap merayap dan merangkak tidak boleh dilewati.

Stimulasi kepada anak bisa dilakukan sejak bayi. Misalnya dengan meberikan refleks kepada bayi. Refleks adalah gerakan yang tidak bisa dikontrol. Misalnya bayi diberi refleks kaget untuk melatih pendengarannya. Kalau kompetensi pendengarannya bagus, bayi akan terkejut tapi lama kelamaan menjadi terbiasa. Kompetensi pendengaran adalah kemampuan bayi menangkap bunyi yang bermakna. Begitu juga dengan kompetensi penglihatan dimana bayi mampu menangkap detail dalam sebuah konfigurasi.

Ibu Irene berpesan agar kita sebagai orangtua terus menerus memberikan stimulasi kepada si kecil agar anak tumbuh menjadi manusia seutuhnya yang bahagia, percaya diri dan penuh imajinasi. Jangan pernah menghambat si kecil untuk bergerak, berbicara dan melakukan eksplorasi.  Karena segala sesuatu yang kita ketahui lebih awal akan lebih bagus. Akhirnya kelar juga event PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016, sebelum acara ditutup dilakukan pengumuman pemenang door price,kostum terbaik, juga pemenang yang aktif share di sosial media baik twitter, facebook maupun instagram dengan hashtag #PPEJ2016JKT #PREAGENPeduli #IbuSehatIndonesiaSehat #PRENAGRAM. Masing-masing pemenang mengambil hadiah di meja registrasi. Dan senang banget saya terpilih menjadi salah satu pemenang livetweet di event ini. Thanks PRENAGEN.

Untuk keterangan lebih detail bisa lihat di sini ya:
Facebook :  Prenagen World
Twitter: @PRENAGENWorld
Instagram: @prenagenworld
You Tube: PRENAGENWORLD

You Might Also Like

34 komentar

  1. jadi inget jaman hamil dulu, karena sering mual jadi minum prenagen esensis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, senangnya mama PRENAGEN juga ya mbak Zata

      Hapus
  2. Kudu banyak persiapan ya mak sebelum hamil, setelah lahir juga si baby harus banyak di stimulus juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak..demi tumbuh kembang yang terbaik untuk baby

      Hapus
  3. Aku 3 kali hamil dan melahirkan, dan ketiganya ngga ada yang sama. Emang ya, kehamilan anak pertama, kedua, ketiga dan seterusnya kadang beda. Bawaannya juga beda. Ada yang maboknya parah, ada yang ngga mabok sama sekali. Yang penting sih dibawa tenang aja karena kan psikologis ibu itu bener-bener berpengaruh banget ke jabang bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak uci...meskipun masih jabang bayi tapi antara ibu dan anak sudah punya kontak batin

      Hapus
  4. Lengkap bgt... makasih sharingnya mba... saya ga bs berenang, kalau hamil lg pgn belly dance...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa mbak kata dr. Boy kalau nggak bisa berenang, olah raga yang lain aja :)

      Hapus
  5. Penting banget memperhatikan asupan gizi selagi hamil ya Mba.. Agar si jabang bayi tumbuh dan berkembang dgn sehat hingga saat persalinan kelak..

    BalasHapus
  6. Hehehe, saya menyimak melalui postingan ini sebagai bekal nanti, ternyata beda2 ya mak setiap kelahirannya untuk masa-masa "nyidamnya" dan asupan buat sih dedek diperlukan sejak mengandung ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Titis, dari pra kehamilan meski sudah diperhatikan kandungan nutrisi untuk ibu dan calon bayi

      Hapus
  7. Prenagen itu susu yang saya minum waktu hamil.
    Seneng deh, kalau Prenagen turut peduli terhadap kesehatan ibu dan anak dengan memberikan edukasi semacam ini.
    Harapannya, nggak di Jakarta doang. Ayo, ke daerah, apalagi daerah terpencil, mereka masih butuh banget edukasi semacam ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak...daerah terpencil juga perlu banget dapat edukasi seperti ini

      Hapus
  8. Aku mah minumnya pre agen terus, mulai dr esensis sampai yg buat ibu menyusui....

    BalasHapus
  9. Dulu kukira Prenagen itu susu yang bikin eneg makanya pas hamil nggak minum. Eh ternyata enak euy, sekarang aku minum yang Prenagen Essensis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mak...diriku juga lagi minum Prenangen untuk pra kehamilan :)

      Hapus
  10. Hamil emang mesti care ama janin ya, nggak boleh sedih, makan juga mesti bergizi. Aku dulu pernah minum susu prenagen saat hamil anak kedua

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu hamil harus happy...ini penting banget

      Hapus
  11. Prenagen ini ternyata udah ada dari dulu lho soalnya saya inget dulu Ibu minumnya Prenagen pas hamil adik (saya umur 5 tahun waktu itu). Ibu yang biasanya gak suka susu & suka muntah kalo nyium bau susu akhirnya milih Prenagen karna katanya lebih enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak teman-teman dan keluarga saya juga minum susu Prenangen mulai hamil sampe menyusui :)

      Hapus
  12. Aku dua kali hamil nggak pernah mabok Mba. Sampe dibilang sama bosku dia seneng kalau liat aku hamil. Karena jadi semangat, jadi ceria dan jadi cantik *asek*.
    Ah jadi kangen hamil, tapi si adek masih kecil, wkwkwk.

    BalasHapus
  13. Belly dance bisa buat bumil ya mba, waaah.. mau nyoba. Dulu suka belly krn gerakannya enak n bs ngeluarin keringat banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, malah bagus buat melatih kekuatan otot kata dr.Boy

      Hapus
  14. Oh tahapan trimester itu semperti itu ya Mba,wah berkah banget baca postingan ini. Makasih Mba TUty, artis Monaruliu jarang kelihatan dilayar kaca ya sekarang ini

    BalasHapus
  15. Saat hamil dan awal menyusui dulu aku juga minum prenagen Aku sua yang coklat pakai air dingin Rasanya pas, tdk eneg :D

    BalasHapus
  16. Aku share ke temanku yang lagi hamil ya. Komplit banget, mba.

    BalasHapus
  17. Jadi inget pas hamil dulu. Prenagen ini lumayan terkenal dikalangan ibu hamil ya Mbak. Udah gitu enaknya sekarang ada yang model sekali minum yak.

    BalasHapus