Journey Mempersiapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil Bersama Prenagen [Part 1]

S abtu, 1 Oktober 2016 lalu saya mengikuti event PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 ...


Sabtu, 1 Oktober 2016 lalu saya mengikuti event PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 bertempat di The Hall Lt.8 Senayan City, Jakarta. Acara ini diadakan untuk menyebarkan semangat peduli kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak bagi para calon orangtua di berbagai kota di Indonesia, dan Jakarta adalah kota terkahir. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kampanye PRENAGEN Peduli Ibu Sehat, Indonesia Sehat di tahun 2016 dan juga merupakan bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang sudah memilih PRENAGEN. Para orangtua yang mengikuti acara ini sudah melakukan Pembelian Tiket Online sebelumnya agar bisa mengikuti serangkaian acara yang penuh dengan edukasi.


PRENAGEN Peduli Ibu Sehat, Indonesia Sehat adalah kampanye PRENAGEN di tahun 2016 untuk mendukung program pemerintah dalam menekan angka kematian Ibu melahirkan di Indonesia. Kampanye ini juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian PRENAGEN kepada masyarakat. Bentuk program yang dilakukan oleh PRENAGEN Peduli adalah:
 Acara edukasi terlengkap PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 " Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil" di berbagai kota di Indonesia.
Berbagi jutaan Harapan melalui Wish Card yang tersebar diberbagai outlet di Indonesia.
Berbagi jutaan Harapan melalui #PRENAGRAM.
Program ini memberikan edukasi dan juga mengajak semua orang untuk sadar bahwa nutrisi harus dipersiapkan sejak awal kehidupan si kecil yang merupakan INVESTASI yang tidak bisa diulang lagi bila terlewatkan.
Acara dimulai mulai pukul 07.00 pagi, dan para peserta harus melakukan registrasi ulang terlebih dahulu. Saya hadir lebih awal, karena khawatir jalanan macet, tapi jadi bersyukur juga bisa menyempatkan waktu untuk bertanya-tanya dengan panitia mengenai kegiatan yang dilakukan hari itu. Berhubung waktunya dimulai pagi pastinya para ayah ibu sudah prepare lebih awal untuk menuju The Hall Senayan City. Panitia sigap banget sudah menyediakan snack buat para peserta. Jadi sambil nunggu acara dimulai peserta bisa sarapan terlebih dahulu juga bisa melihat-lihat booth-booth yang tersedia. Oh ya, khusus di acara ini ayah bunda bisa membeli produk PRENAGEN dengan harga khusus. Alhasil banyak banget peserta yang memanfaatkan kesempatan ini dengan belanja susu untuk kebutuhan selama beberapa bulan, baaik susu pra kehamilan maupun susu selama hamil.
area registrasi

Saya salut dengan antusiasme para peserta, terutama para calon ayah dan ibu, pagi-pagi mereka sudah mulai berdatangan. Awalnya masih sedikit lama kelamaan area registrasi dipadati dengan antrian para calon ayah ibu dengan dresscode ungu sesuai dengan tema acara. Tepat jam 07.20 booth-booth untuk kelas edukasi sudah dibuka dan para peserta sudah bisa memilih kelas mana yang akan diikuti, kemudia pindah ke kelain lain agar bisa mengikuti semua kelas. Ada photo booth juga, wall of fame nya lucu banget dan ngegemesin. Kita bisa foto bareng pasangan atau juga bareng si kecil disini kemudian fotonya langsung jadi deh. Seru kan!


Di acara ini ada beberapa kelas edukasi yang bisa diikuti para calon orang tua, diantaranya Interaktif Talkshow bersama dr. Boy Abidin SpOG (K), Roslina Verauli - Psikolog Keluarga dan Irene F Mongkar - Praktisi Stimulasi Anak. Kemudian ada juga Education Center. Ada beberapa kelas di Education Center di event #PPEJ2016JKT ini, diantaranya Kelas Pra Kehamilan yang memberikan materi adalah Dr. Nana Agustina SpOG, Kelas Kehamilan pematerinya Dr. Sigit Pradono SpOG, Kelas Menyusui Bidan Lisma Meliana dan Kelas Nutrisi Sehat ada Chef Eddrian. Masing-masing kelas cukup banyak peminatnya, karena banyak informasi dan pelajaran yang didapatkan disini. Yuk, kita simak apa saja pembelajaran yang saya dapatkan selama mengikuti event PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016.



Bagi pasangan yang sudah menikah pasti sudah merencanakan untuk memiliki anak. Anak menjadi dambaan para orangtua, namun tidak semua orang cukup beruntung untung langsung dikaruniai seorang anak. Dr. Nana pada saat memberikan materi di kelas pra kehamilan menyarankan para ibu dan ayah untuk menghitung masa subur ibu. Penghitungan masa subur sangat penting dalam persiapan kehamilan. Pada saat masa subur lah calon ibu dan ayah sebaiknya melakukan hubungan intim.

Yang perlu diperhatikan kalau ibu ingin hamil hindari stress, karena stress dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin dalam tubuh, dan hormon prolaktin ini dapat menekan kesuburan ibu. Memiliki berat badan berlebih juga dapat menghambat terjadinya ovulasi normal. Kemudian kurangi kebiasaan mengonsumsi junk food, ini bisa menghambat kehamilan karena bisa menyebabkan kelebihan berat badan. Selain itu asam folat juga sangat diperlukan untuk memenuhi nutrisi ibu sebelum hamil. Asam folat harian harus tercukupi, gunanya untuk mencegah kelainan indung telur dan indung telur menjadi berkualitas. Konsumsi 2 gelas susu setiap hari dapat membantu mencukupi asupan asam folat harian para ibu.





Masa kehamilan adalah masa penting bagi ibu untuk memperhatikan tumbuh kembang janin. Terutama dalam memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Pada masa ini adalah masa-masa awal kehidupan yang ditandai dengan tumbuh kembang. Ibu harus cukup nutrisi untuk tumbuh kembang si bayi selama kehamilan. Memupuk perkembangan otak bayi idealnya juga saat bayi masih berada dalam kandungan, bahkan sejak minggu-minggu awal kehidupannya sebagai janin.
Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan memberikan dampak positif bagi perkembangan otak bayi, selain mencegah terjadinya cacat bawaan otak, kandungan nutrisi juga bagus untuk kemampuan kognitif bayi di kemudian hari. Jangan lupa untuk memperhatikan label yang ada pada susu formula untuk ibu hamil, kandungan apa saja yang terdapat di susu dan manfaatnya bagi tumbuh kembang dan otak bayi. Sebaiknya pilih susu khusus ibu hamil yang diperkaya dengan vitamin, DHA, asam folat, zat besi, dan berbagai zat lain yang bermanfaat bagi tumbuh kembang janin. 



Hampir semua ibu pasti punya cerita yang inspiratif, seru, bahkan lucu saat pertama kali menyusui. Saya meskipun belum merasakan yang namanya menyusui, tapi kadang merasakan kebahagiaan para ibu yang mendapatkan kesempatan bisa menyusui anaknya. Kelas menyusi di PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 adalah kelas yang paling banyak peminatnya, nggak cuma para ibu tapi para ayah juga turut serta. Mungkin para ayah merasa perlu mengetahui bagaiman proses ibu menyusui dan bagaimana peran serta ayah saat membantu ibu menyusi.

Bidan Lisna pemateri di kelas menyusui, memberikan informasi dan edukasi mengenai manajemen laktasi dan dan perawatan bayi baru lahir. Bidan Lisna  mengingatkan para ibu bahwa syarat dari menyusui yang penting para ibu harus nyaman dahulu. Kalau ibu nyaman dan dalam kondisi tidak stress maka ASI akan lancar dan anak akan menyusui dengan nyaman pula. Para ibu juga diajarkan cara memegang bayi saat menyusui. Yang mesti diingat telinga, tangan, dan kaki bayi harus sejajar lurus menghadap perut ibu agar menyusui lancar. Jangan jauhkan bayi dari perut tetapi bayi harus didekap. Kita saja orang dewasa kalau makan atau minum dalam posisi leher miring akan merasakan ketidaknyamanan, begitu juga dengan bayi. Kalau posisi bayi tidak pas maka bayi akan merasa sakit saat menelan air susu, selain itu kalau salah posisi puting ibu juga bisa mengalami lecet.

Disini para ibu juga dikenalkan dengan anatomi payudara. Bagian payudara terdapat puting dan aerola. Dan gudang ASI terdapat area aerola bukan pada puting. Makanya saat ibu menyusui yang perlu dipijat adalah bagian aerola, jadi keliru kalau ibu memijat puting. Yang hebatnya lagi gudang ASI ini ibarat pabrik semakin sering kita mengosongkan payudara, maka air susu akan semakin banyak. Selain itu pola menyusui juga harus dibentu dengan melakukan manajemen laktasi 3-4 jam sekali. 



Di kelas Nutrisi Sehat Chef Eddrian mendemokan cara mengolah buah-buahan dan sayur-sayuran untuk dibuat menjadi jus dan makanan sehat yang sangat bermanfaat dikonsumsi ibu sebelum hamil atau pra kehamilan, saat hamil dan saat menyusui. Untuk resep pra kehamilan Chef Eddrian mendemokan cara masak sop cream labu, green smoothies dan avocado toast. Kemudian untuk masa kehamilan ada masakan smoothies pisang coklat, tumis daging paprika dan semur tahu telur. Ynag terakhir untuk masa menyusui Chef Eddrian memasak baby spinach salad, jus daun katuk dan sup pepaya muda.  
Senang banget dapat edukasi di semua kelas yang saya ikuti, tapi ini belum selesai loh. Masih ada keseruan lain di sesi talkshow.  Lanjut yuk Journey Mempersiapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil Bersama Prenagen  [Part 2]



You Might Also Like

28 komentar

  1. Iya masih banyak di antara kita yang belum mengerti dan perduli kesehatan kehamilan apalagi tumbuh kembang anak. Padahal itu salah satu dari faktor untuk menentukan kualitas keturunan.
    Yuk, kita bantu sebarkan.

    BalasHapus
  2. Wah keren yaa kegiatannya iya bener banget asi harus dikosongin biar makin banyak keluar asinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mbak..banyak dapat ilmu di acara ini :)

      Hapus
  3. Waaaaaw lengkap syekaleeeee. Kemarin acara prenagen di Aceh cuma seminar kehamilan sama senam belly doang. Hiks. Mupeng ikut acara beginian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan ntar acara Journey PRENAGEN berikutnya di Aceh ya mbak

      Hapus
  4. Acaranya bagus ya.. Byk pengetahuan penting bagi calon ibu..

    BalasHapus
  5. Acaranya bertaburan manfaat ya. Sangat mengedukasi untuk ibu dan ayah dalam rangka menyambut buah hati mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...banyak calon ayah dan ibu disini, biar jadi ayah siaga :)

      Hapus
  6. Acaranya seru banget mbak. Ada dokter nana juga, obgyn langganannya temen-temenku tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, senang ya dr. Nana ini orang nya tenang banget jelasinnya enak

      Hapus
  7. Serruu banget acaranya.
    Dan pasti bermanfaat bagi ibuibu muda.
    Bdw,
    Aku dl minum prenagen pas hamil.
    Enyaakk soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga minum PRENAGEN untuk calon ibu :)

      Hapus
  8. Acaranya bermanfaat sekali nih buat calon ibu dan ibu2 yg program kehamilan. Prenagen memberi perhatian lebih ya buat hidup lebih berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak makanya senang banget bisa ke acara ini dapat banyak ilmu

      Hapus
  9. Waaah kalau para ayah datang jadi makin senang para istri ya. Salut sama mereka.

    BalasHapus
  10. Wah, cakep acaranya prenagen buat para calon orangtua.
    Jaman saya belum ada kelas kayak gini semua pengetahuan ttg kehamilan didapat dari ibu dan bacaan.
    Kalau ada kelas begini bakal lebih asyik sih belajarnya.
    Karena jadi orangtua tuh perlu banyak bekal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puas banget mbak disini ngobrol sama para dokter, bisa bertanya sepuasnya, apalagi pas manajemen laktasi bermanfaat banget

      Hapus
  11. Aihh mba TUtty, bikin saya pegen cepet menikah trus punya debay.
    Tapi sebelumnya, ilmu seperti ini yang harus-harus saya punyai agar nantinya nggak kelabakan.

    Makasih mba TUty, salam.

    BalasHapus
  12. Prenagen ini sudah sjak lama jadi pilihan utama mengandung anak pertama sampe yang terakhir ketiga kmrin. Tidak ada yang bisa memanjakaan rasa dan bahagia mengalami proses selaama kehamilan jika bukan karena support Prenagen☺😅☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiik...bahagia ya mbak menikmati proses hamil sampai menyusui :)

      Hapus
  13. Lengkap banget kelas-kelasnya. Cocok buat calon orang tua

    BalasHapus
  14. Penting banget untuk membaca ini untuk menyiapkan awal kehidupan untuk anak tercinta.

    BalasHapus