Menjadi Blogger Secara Maksimal

H obi menulis di blog nggak terasa sudah 3 tahun saya geluti. Yang awalnya cuma pengen sekadar curhat, tapi lama kelamaan jadi nyandu pe...

jadi blogger secar maksimal

Hobi menulis di blog nggak terasa sudah 3 tahun saya geluti. Yang awalnya cuma pengen sekadar curhat, tapi lama kelamaan jadi nyandu pengen nulis apa saja. Pertama kali ngeblog yang lucunya cara nulisnya suka-suka saya sama kayak nulis di diary. Nggak peduli dengan singkatan, dimana titik dimana koma, apalagi EYD berantakan banget hehe. Lama-lama setelah blog walking ke blog orang lain, saya jadi malu sendiri, ampun deh ternyata nulis di blog itu bukan cuma buat dibaca sendiri tapi orang lain juga baca dan lihat.

Jujur awalnya untuk ikutan lomba blog atau share tulisan nggak pede, suka nyerah sendiri jangan-jangan ngelihat judulnya aja orang udah malas baca blog saya. Jangan-jangan blog saya isinya nggak menarik, suka galau kata anak sekarang haha. Tapi yang namanya udah suka dengan dunia tulis menulis ya harus move on. Prinsip saya jangan tanggung-tanggung kalau mau belajar, harus benar-benar fokus biar dapat prestasi. Berikut tips saya biar bisa live to the max:

1. Perbaiki Cara Menulis

Kalau mau berubah ya harus siap dikoreksi dan mengoreksi diri sendiri. Terutama cara menulis. Kalau baca blog saya di awal berantakan banget, masih ada kata-katanya yang cara nulisnya kayak lagi sms-an sama teman. Setelah mengikuti workshop menulis beberapa kali saya jadi ngakak sendiri. Saya ingat betul sama pemberi materi waktu itu, kalau menulis ya memang bagaimana cara kita menyampaikannya tetap jadi diri sendiri tapi bukan berarti pake bahasa alay kayak anak sekolah lagi puber.  EYD nya tetap diperhatikan, jangan sampai melenceng jauh, apalagi kalau untuk lomba EYD ini jadi pertimbangan juri juga.


2. Meningkatkan Kualitas Diri

Jangan cepat merasa puas, harus meningkatkan kualitas diri. Caranya saya bergabung dengan berbagai komunitas blog dan menulis.  Terus belajar dari teman-teman yang sudah lama menulis dan ngeblog, sering-sering ikut kelas menulis, dan jangan ragu untuk ikutan lomba blog. Karena pengalaman saya semakin sering ikut lomba blog saya jadi tau kemampuan saya dan kekurangan saya. Justru ini kesempatan untuk belajar mengeksplore diri.

ikutan workshop menulis elegan


3. Konsisten

Menulis memang bagi sebagian orang tergantung mood sih, saya juga pernah gitu tiba-tiba mood menghilang susah banget ngembaliinnya. Jangan kelamaan moodnya hilang balikin lagi secepatnya kata suami hihi. Ntar malah malas dan blog nggak keurus sama sekali. Iya sih, udah fokus pengen jadi full time blogger, udah bayar domain, tapi nggak konsisten nulis, ya sayang banget itu namanya belum konsisten, ibarat punya rumah tapi jarang dirapihin kali ya hehe kan nggak enak lihatnya. Makanya  saya berusaha untuk selalu konsisten menulis, minimal dalam  seminggu 3 atau 4 kali lah soalnya belum berhasil dengan target one day one post.


4. Jaga Kesehatan

Jaga kesehatan penting banget. Kalau nulis kadang suka lupa waktu. Keasyikan nulis suka nggak teratur jadwal makan dan tidur. Apalagi sampai begadang, yang ada saya pernah sakit sampai berhari-hari karena kelelahan. Untungnya saya selalu sedia Theragran-M dan saya konsumsi saat sakit. Theragran-M ini vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Nggak cuma mempercepat penyembuhan, Theragran-M juga sebagai vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.

live to the max

Yang penting untuk tetap sehat harus memaksimalkan waktu berkualitas, jangan cuma duduk berlama-lama tanpa gerak dan kurang minum, karena bakal jadi incaran penyakit. Senyaman apapun itu duduk berlama-lama tetap harus bergerak. Sesekali melakukan gerakan kecil, atau setidaknya meregangkan tubuh.  Nggak lupa konsumsi Theragran-M untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh.  Theragran-M ini mudah didapat, bisa dibeli  di apotik ataupun toko obat. Kalau tubuh fit, kerjaan jadi lancar.

Sesungguhnya dari kesemuanya itu dimulai dari diri sendiri, mau mempraktekkan sedikit ilmu yang kita ketahui saja itu menandakan kita mau berubah. Perubahan yang kecil nantinya akan menjadi perubahan yang tidak disadari akan memperbaiki dan akan menjadi prestasi.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.



You Might Also Like

69 komentar

  1. Aku masih suka begadang dan kacau kalau jam tidur kayanya harus atur jam jam nulis. Tapi paling asik ya malemm hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau malam banyak inspirasi yaa :)

      Hapus
  2. Sepakat, intinya memang mau merubah diri. Penutupnya jadi kutipan buat saya ya. Terimakasih ya. Tetaplah menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pap..agak formal ya bahasanya haha

      Hapus
  3. Wah ga nyangka kalo Mbak Tuty berproses juga ya, aku kira langsung cespleng gini mbak nulisnya, awardnya banyakk, hehe.. Dan proses js pembelajaran berharga ya mbak. Btw, jgn kebanyakan duduk, nah ini noted :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..tetap berproses say awalnya masih nggak beraturan banget, makanya senang ikutan komunitas jadi banyak ilmu dan pembelajaran yang didapat :)

      Hapus
  4. wah, terbukti jitu nih tipsnya :)

    BalasHapus
  5. Perlu dicoba ni.... Moga jd juara

    BalasHapus
  6. rintangan yang paling sulit untuk seorang blogger adalah mood menulis. Apalagi yang udah ngerasa pro, biasanya jadi jarang nulis karena ngerasa sudah puas dengan hasil kerjanya sebelumnya. Kalau saya pribadi, untuk nbalikin semangat nulis biasanya sering blogwalking atau jalan-jalan keluar cari hal yang disenangi. biasanya dengan begitu inspirasi bisa datang, walaupun sedikit cobalah untuk kembangin idenya, soalnya kalau gak dituangin ke tulisan, bisa-bisa hilang lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas, kadang udah mood banget nulis ide udah di kepala tau tau hilang :)

      Hapus
  7. Jaga kesehatan nih yang penting,,klo ga sehat ya ngeblog ga maksimal hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups betul banget mak, sehat itu berharga banget yaa

      Hapus
  8. Aku masih suka malas malasan kalau nulis nih. Hiks. Masih suka teledor juga jaga kesehatan

    BalasHapus
  9. Untuk cara menulis, saya juga terus memperbaiki, karena masih banyak sekali kata kta yang kurang nyambung hingga kurang enak dibaca

    BalasHapus
  10. Baru tau ada suplemen untuk mempercepat penyembuhan, btw itu simbolnya lingkaran biru ya?
    Saya suka nulis tapi ya nggak ngoyo harus nulis setiap hari 1 tulisan. Kadang kalo ada posting yang saya ingin dilihat banyak orang, saya tunda dulu publish next postnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak itu logo biru obat bebas terbatas.

      Hehe iya pernah pengen nyobain one day one post tapi kehabisan ide yang ada jadi bad mood :D

      Hapus
  11. Wah iya jaga kesehatan penting banget ya, jangan sampai sakit gara2 begadang menulis, apalagi saat banyak deadline :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mbak suka lalai nih kalau lagi banyak deadline, maklum deadlinee sejati :D

      Hapus
  12. aku pun konsumsi theragran, karena pernah sakit dan butuh vitamin buat mengembalikan daya tahan tubuh secara cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah pulih ya mak :)

      Hapus
  13. belajar konsisten. Duh, kadang masih seenak-enaknya apdet blog sendiri... hiks...

    Mudah-mudah sih bisa lebih maksimal lagi dalam ngeblog ke depannya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin semoga ya, schedulin aja seminggu berapa kali posting tulisan biar blognya nggak sepi :D

      Hapus
  14. Tipsnya kece banget kaka, aku nih yg blm bisa fokus dan konsisten+disiplin meluangkan waktu buat menulis.

    Mana nda bisa begadang pula...haha, tp emang bener sih ikut bnyak komunitas nambah ilmu, networking jg bikin kita termotivasi.

    Kamu mah sangat menginspirasi ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena dirimu lagi banyak urusan di kantor ya mak, gpp juga yang penting dalam seminggu ada tulisan yoo :)

      Hapus
  15. Noted bngt bagi2 pengalamannya pantesan tulisannya kece dn menang terus nuhun mba,,, good luck y semoga,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak utiee..dirimu juga kece mak

      Hapus
  16. Sebelum puasa kmrn aku bisa konsisten nulis blog tiap minggu... Tp pas puasa gini gagal :(.. Blog baru ke update stlh 2 minggu.. Banyak kerjaan kantor plus acara bukber yg sabtu minggu ini yg bikin blog jd terbengkalai mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya sih kalau lagi banyak urusan kantor apalagi mau cuti lebaran ya kebayang lagi repot-repotnya :)

      Hapus
  17. Sayaa masih sering banget kena writer's block mbaaak. . Hikss susah banget mengendalikannya biar gak dateng" lagi. . Btw makasih sharingnyaaa ya mbak. . Sehat sehaat terus dan makin maksimal ngeblognyaaa :) good luck yaaak. . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mbak..semoga writer's block nya menjauh yaa. :)

      Hapus
  18. Benar kakak, hidup itu harus maksimal
    usaha dan kerja kesar
    karena hasil tak pernah mengkhianati proses

    BalasHapus
  19. Blogger kalau nggak jaga kesehatan memang rawan penyakitan soalnya makan enak mulu sama sering duduk buat ngetik yang berakibat jadi jarang gerak. Jadi memang penting banget buat selalu sadar kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak, berasa banget kalau terlalu memporsir kerjaan, setelahnya baru deh badan pegal-pegal.

      Hapus
  20. Mbaak Tutyy..senangnyaa bisa "menghasilkan" dari nge-blog yaa.. Saya udah 7tahun punya blog..baru Sekarang dapat feelnya
    Hehehe telat banget yaak..ajarin donk mbak biar bisa sekeren Mbak tutyyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah 7 tahun aja ya mbak, hebe gpp juga sih kalo baru dapat feel, cepat atau lambat nggak jadi ukuran sih yang penting tetap ada keinginan untuk menulis ya mbak :). Kalau saya sih kuncinya ya itu tadi jangan suka merasa puas aja karena masih banyak belajar dari blogger blogger hebat lain :)

      Hapus
  21. Konsisten penting banget ya? Krn emang ada pula yg tdk sabar dgn prosesnya, jd mrotoli di tengah jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betull mbak meski konsisten dan sabar :)

      Hapus
  22. Keren seminggu 3-4 kali, segitu aja saya blm bisa. Apalagi one day one post 😅

    Bener bgt, jaga kesehatan memang mutlak sangat penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau one da one post nya saya belum mampu mbak hehe

      Hapus
  23. Wah sepakat banget memperbaiki kualitas tulisan ya Mbk.

    BalasHapus
  24. Masa sih mak tuty kayak alay dulunya? Berarti udah bener2 move on ya, soalnya skrg tulisan emak rapi bin ajaib. Enak dibaca.

    Eh tapi gmn ya kalo nulis itu enakan malem2 emang. Apalagi kalo orang2 udah pada bobo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya awalnya begitu berproses sih sebenarnya..

      Kalo malam tuh banyak timbul ide mak,makanya asik buat nulis :)

      Hapus
  25. Belakangan aku kalah menulis karena alasan kesehatan. Benar sekali betapa pentingnya jaga kesehatan ya, Mbak. Cuma gara-gara sinus aku bisa gagal nyelesein draft. Kan jadi numpuk PR-nya.
    Makasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaga kesehatan mak, semoga lekas pulih yaa

      Hapus
  26. Konsisten. Bagi aku itu yg tersulit mbak. Huhuhu. Kudu usaha ekstra lagi nih. Thx for share ya mbak

    BalasHapus
  27. Konsisten itu penting bgt ya mba.. Kereen bgt bisa 3-4x seminggu.. Semangat terus mba.. :D

    BalasHapus
  28. Balasan
    1. Sama-sama mbak..makasi udah mampir :)

      Hapus
  29. No matter how busy you are, tetap jaga kesehatan mbakkk :)
    Didalam tubuh yang sehat etrdapat jiwa yang kuat biar tetap maksimal ngeblognya :D

    BalasHapus
  30. harus konsisten nulis, itu tuh salah satu tips yang mesti aku jalankan dengan konsisten, he he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mbak Dinaa..tetap konsisten yaa hehe

      Hapus
  31. konsisten ini yg sulit, aku kumat2an ngeblognya dan penulisan juga masih berserakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kedepannya bisa konsisten yaa hehe

      Hapus
  32. Tipsnya nggak ada hal-hal berbau teknis nih? SEO misalnya? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya nih om blom jago SEO, ajarin dong :)

      Hapus
  33. Thanks for sharing, mbak Tuty! Banyak belajar dari mbak nih soal monetizing blog.

    BalasHapus
  34. Artikelnya bagus mbak Tuty, bener banget nih harus memperbaiki kualitas tulisan sama atur jam menulis.

    BalasHapus