Tuesday, September 26, 2017

FWD Life Umumkan Pemenang FWD Hackaton 2017


Menunggu pengumuman pemenang FWD Hackaton 2017 benar-benar bikin deg-degan. Teman-teman yang pernah mampir ke blog saya disini bulan lalu pasti sudah pada tahu apa itu FWD Hackaton 2017. FWD Hackaton adalah ajang kompetisi inovasi teknologi pertama yang diadakan oleh perusahaan asuransi FWD Life yang diluncurkan pada tanggal 4 Agustus 2017 lalu.  Sejak dibuka nya pendaftaran dari Agustus sampai September total ada 286 peserta yang mendaftar untuk ikutan FWD Hackaton 2017. Mereka yang mendaftar ini sebagian besar anak-anak muda dari berbagai daerah di Indonesia dengan ide-ide kreatif inovasi teknologi digital. 

Setelah melalui proses seleksi, FWD Life dan Founder Institute Jakarta akhirnya memilih 12 ide inovasi teknologi digital untuk dikembangkan selama 3 hari yakni mulai tanggal 22 sampai dengan 24 September 2017, dengan total peserta 108 orang. Dan 12 team yang lulus seleksi dan mengikuti FWD Hackaton 2017 adalah Tiny Giant, Karin, Eva, Life, Papua, Fishman, Wakwaw, Instandard, Steel Learn, Libeninety, Amfora, dan Klaim.

ruangan para peserta FWD Hackaton 2017
Senang sekali saya bisa mengikuti kegiatan para anak muda kreatif ini sejak tanggal 22 Sep 2017. Masing-masing team sudah punya jadwal mentoring masing-masing. Tujuan diadakannya mentoring untuk menambah insight bagi para peserta kira-kira aplikasi yang akan mereka buat apa sudah tepat sasaran, dan apakah ide inovasi teknologi digital yang dibuat semakin memudahkan dan membuat nayaman. Karena bagaimanapun ide-ide mereka harus sesuai dengan visi FWD Life yakni mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Jadi masyarakat semakin tahu manfaat asuransi dan kemudahan dalam berasuransi.

FWD Hackaton 2017 merupakan salah satu strategi FWD Life untuk merangkul anak-anak muda kreatif untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dalam menghasilkan inovasi dalam dunia asuransi berbasis teknologi digital, ujar Wakil Presiden Direktur FWD Life, Rudi Kamdani. Beliau juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kompetisi FWD Hackaton 2017. Ajang ini merupakan bhkti bahwa kreativitas generasi muda bisa melahirkan karya-karya teknologi yang inovatif dan memiliki dampak ekonomi, khususnya untuk membantu peningkatan penetrasi asuransi di Indonesia.

para juri

FWD  Life yakin bahwa setiap hari adalah petualangan baru. Melalui berbagai inovasi FWD Life mengajak masyarakat untuk meraih yang terbaik dalam menjalani segala aktivitas dengan memberikan perlindungan yang tepat untuk hidup yang penuh dengan segala kemungkinan. FWD Hackaton 2017 memberikan kesempatan kepada nakan-anak muda kreatif untuk mengubah passion mereka menjadi pendapatan sekalugus menjadi bagian dalam membangun era baru asuransi jiwa digital di Indonesia.

Andy Zain, Director of Founder Institute Jakarta mengatakan bahwa karya teknologi yang dilahirkan membuktikan bahwa FWD Hackaton 2017 merupakan ajang yang tepat dalam mengembangkan inovasi dan terobosan baru di bidang teknologi khususnya di industri asuransi. Andy juga mengatakan ada nilai tambah yang diberikan kepada pemenang, apa itu? Yup, FWD Life akan memberikan kesempatan untuk satunperwakilan tim terbang ke Silicon Valley guna mendapatkan pengembangan bisnis. Wow! Tahukan Silicon Valley? Ini adalah tempat bernaungnya perusahaan-perusahaan raksasa seperti Youtube, Google, Facebook, dan Apple. Jadi pemenang FWD Hackaton 2017 akan berkunjung ke markas mereka.


Rudi Kamdani memberikan plakat kepada para juri

Saat para peserta mempresentasekan inovasi digital mereka, juri secara detail menanyakan bagaimana cara kerja aplikasi yang mereka buat, apa saja benefit yang didapatkan seandainya user memakai aplikasi mereka dan kelebihannya apa saja sehingga user harus menginstall aplikasi ini nantinya. Saya yang ikutan menyaksikan jadi deg-degan, kebayang kalau saya yang berdiri di hadapan juri hihi. Salut deh dengan ide-ide nya mereka meskipun ada beberapa peserta yang langsung di komentari juri aplikasi nya terlalu ribet dan nggak memudahkan untuk orang berasuransi. Hmm, tapi nggak apa-apa sih menurut saya ide mereka itu bisa dipakai di tempat lain. 

Setelah 12 peserta mempresentasekan ide-ide mereka, juri masuk ke ruangan khusus untuk berembuk lagi memilih pemenang yang aplikasinya sesuai dan cocok untuk industri asuransi nantinya. Sebelum juri selesai diskusi, peserta diajak kembali memasuki ruangan mentoring mereka selama 3 hari berturut-turut di Kejora HQ, Wisma Barito Pacific. Mereka bernostalgia dengan teman-teman satu tim dan tim lainnya. Saya yakin ini pengalaman yang sangat luar biasa bagi mereka, apalagi bagi anak-anak muda yang datang dari luar Jakarta. 



#BeraniWujudkan

Akhirnya momen yang ditunggu-tunggu  tiba juga. Semua orang yang ada di ruangan udah pada nggak sabar. Sebekumnya Pak Rudi Kamdani mengatakan bagi peserta yang tidak menang jangan berkecil hati, karena bagaimanapun ke 12 tim yang sudah masuk final sebenarnya adalah pemenang semua. Dan ide-ide peserta yang belum terpilih di FWD Hackaton 2017 bisa dipakai di tempat lain, dan Pak Rudi menyarankan untuk mencari investor agar ide-ide mereka bisa berkembang.




Dan inilah pemenang FWD Hackaton 2017. Pemenang utama adalah tim PAPUA yang mendapatkan 100 juta rupiah dalam bentuk modal usaha untuk mengembangkan ide bisnis mereka. Dan juara harapan dimenangkan oleh tim EVA dan tim LIFE yang masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar 10 juta rupiah. Tim PAPUA yang terdiri dari lima pesera ini berhasil menciptakan sistem teknologi navigasi untuk menemukan rumah sakit dan agen asuransi terdekat menggunakan augmented reality. Tim EVA mengembangkan Chatbot untuk mempermudah proses berasuransi mulai dari informasi produk sampai klaim, sedangkan tim LIFE mengembangkan aplikasi edukasi untuk anak dengan menggunakan permainan. Selamat untuk pemenang FWD Hackaton 2017, semoga FWD Hackaton terus diadakan setiap tahunnya ya.












14 comments:

  1. keren semuanya mak, dan anak2 muda ini anak Indonesia ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak muda kreatif Indonesia..salut ya, semoga anak kita nanti seperti merka ya mak

      Delete
  2. Kreatif banget idenya. Ini nih yang dicari.

    ReplyDelete
  3. Ide idenya luar biasa dan nggak terpikirkan sama skali. Butuh juga kegiatan ini agar selalu ada ide kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, biar ide kreatif mereka tersalurkan.

      Delete
  4. Benar Mba Tuty, itu nunggu pengumuman pemenang benar-benar buat saya juga ikut deg-degan, padahal bukan peserta hahahaha


    Iya, merekaaa keren-keren bangat idenya dan hadiahnya bikin mata melek y Mba hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..justru melihat hadiah di depan mata itu yang bikin tambah semangat yaaa

      Delete
  5. ikut bangga ya kemajuan pengetahuan teknologi di kalangan anak muda itu bener2 luar biasa, semoga selalu digunakan untuk hal2 yg bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak semoga acara seperti ini sering diadakan ya biar ide mereka tersalurkan.

      Delete
  6. Iya, mb Tuti..senang ya. Berasa kita ini jauh tertinggal dari dunia teknologi,tapi Alhamdullilah generasi muda terus maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kita jadi belajar sama yang muda ya hihi

      Delete
  7. Usaha, ikhtiar, doa akan menghasilkan sesuatu ya mba. Semoga tim Papua pembekalanya lancar Dari Silicon Valley

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya bisa ke Silicon Valley, mimpi apa ya :D

      Delete