Bantu Anak Penderita Kanker Melalui Program DonasiKu Alfamart

J ujur saja saya sebenarnya nggak sanggup melihat anak-anak penderita kanker sewaktu berkunjung ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia ...


Jujur saja saya sebenarnya nggak sanggup melihat anak-anak penderita kanker sewaktu berkunjung ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Kamis 19 Januari kemarin. Mereka masih kecil-kecil tapi sudah berjuang melawan kanker. Tapi bagaimanapun hidup harus terus dilanjutkan, usaha meski terus dilakukan untuk kesembuhan anak-anak yang seharusnya menikmati bahagianya masa kecil. Tapi seperti yang kita ketahui bersama yang namanya penyakit kanker nggak bisa diobati secara instan dimana sekali minum obat langsung sembuh. Butuh rangkaian pemeriksaan dan pengobatan juga step-step yang harus dijalani dan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kita harus bergandeng tangan membantu anak-anak penderita kanker, please jangan tutup mata dan tutup telinga ya, hanya dengan uang sisa kembalian belanja di Alfamart yang biasa kita sebut recehan kita sudah berdonasi untuk anak-anak penderita kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia. 

Selama ini saya sering kritis menanyakan uang kembalian di kasir di donasikan kemana dan untuk siapa. Meskipun kadang saya tidak tahu persisnya donasi itu dialirkan kemana tapi saya yakin donasi dari sisa kembalian saya disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan. Sampai akhirnya saya mendengar dan melihat sendiri kemana dan untuk siapa Alfamart menyalurkan donasi dari para konsumen setianya. Ya, konsumen Alfamart masih bisa berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan yang dijalankan bersama YKAKI hingga 31 Januari. Hasil uang kembalian dari para konsumen yang dikumpulkan nantinya akan disalurkan sepenuhnya ke YKAKI untuk men-support operasional 4 rumah singgah anak kanker di wilayah Makasar, Pekanbaru, Semarang dan Malang. 


Alfamart CSR dan Donasi

Program Donasi berbeda dengan program CSR. Kalau donasi memang murni dari sumbangan para konsumen Alfamart yang memang memberikan donasi secara langsung dengan nilai tertentu yang disebut Donasi-Ku Bebas atau memberikan donasi atas persetujuan konsumen saat uang sisa belanja atau kembalian di kasir disebut Donasi-Ku Belanja. Sedangkan program CSR (Corporate Social Responsibility) sendiri Alfamart telah melakukan berbagai tanggung jawab sosial untuk lingkungan dengan melakukan berbagai kontribusi pelatihan dan pendampingan UKM, renovasi warung, program outlet binaan Alfamart, pelatihan ritel bagi pedagang, program pendidikan melalui Alfamart Class, dan beberapa kontribusi lainnya.

Untuk program donasi Alfamart sudah beberapa kali menyakurkan donasi dari para konsumen seperti pengadaan ambulans, renovasi TK/PAUD,  paket perlengkapan sekolah, dan salah satunya Rumah Singgah Kanker. Donasi yang disalurkan ke Rumah Singgah Kanker bertujuan untuk mengadakan fasilitas sementara bagi anak-anak penderita kanker sebagai rumah singgah, dan membantu biaya operasional Rumah Singgah Kanker pada anak.

Pak Nur Rachman selaku Corporate Communication GM SAT menjelaskan rumah singgah dibangun untuk membantu meringankan beban biaya anak-anak penderita kanker serta keluarga pendamping pasien yang tengah menjalani pengobatan rawat jalan maupun rawat inap yang asalnya dari luar kota. Dan keempat rumah singgah di wilayah Makasar, Pekanbaru, Semarang dan Malang telah disediakan dari hasil donasi para konsumen Alfamart. Masing-masing rumah singgah biasanya berkapasitas 24 sampai 32 orang yang terdiri dari pasien dan keluarga pendamping. Tahun ini Alfamart kembali menggalang dana untuk kebutuhan operasional rumah singgah yang sudah ada dan membangun kembali rumah singgah untuk wilayah lain.

Ibu Ira Soelistiyo (baju pink) - Pak Nur Rachman (batik hitam)

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI)

Awal mula berdiri nya YKAKI (baca: ye ka ki) ini adalah ide dari Bu Ira Soelistyo yang juga menjabat sebagai ketua dan pendiri YKAKI. Yayasan ini berdiri sejak 1 November 2016 berdasarkan pengalaman Bu Ira merawat anaknya yang menderita kanker. Bu Ira merasakan betapa sulitnya masa-masa membawa anaknya berobat sampai ke Belanda, mencari tempat tinggal sementara selama berobat sampai biaya transportasi yang dikeluarkan untuk menuju ke rumah sakit sampai akhirnya Tuhan bekehendak lain dan anak Bu Ira kini telah berpulang. Pengalamannya ini lah yang menjadi latar belakan Bu Ira berkeinginan kuat untuk mendirikan YKAKI. Program YKAI disipakan untuk membantu perjuangan para orangtua mendampingi putra-putrinya dalam pengobatan dan perawatan termasuk pendidikannya.

Kerjasama pengumpulan donasi konsumen Alfamart untuk YKAKI sudah terjalin sejak tahun 2014 papar Bu Ira dan sampai saat ini penyediaan 4 rumah singgah telah membantu ratusan anak penderita kanker di berbagai daerah. Peran perusahaan ritel seperti Alfamart memang sangat dibutuhkan untuk dapat menghimpun dana masyarakat sehingga yayasan sosial seperti YKAKI dapat membantu anak-anak penderita kanker di berbagai daerah di Tanah Air.

dengan Bu Ira saat melihat Rumah Singgah yang sedang dibangun




Lokasi rumah singgah dipilih yang jarak nya dekat dengan Rumah Sakit yang memiliki dokter spesialis kanker pada anak di daerah tersebut. Misalnya rumah singgah YKAKI di Jalan Percetakan Negara XI yang saya kunjungi, lokasi dekat dengan Rumah Sakit dan YKAKI juga memiliki sarana transportasi yang juga merupakan sumbangan dari donatur. Suasana lingkungan di rumah singgah ini juga sangat nyaman dan ramah bagi anak-anak sehingga tercipta lingkungan yang sehat, menyenangkan dan baik untuk mendukung kesembuhan anak-anak penderita kanker.
sebelum masuk ke Rumah Singgah cuci tangan dan ganti sandal 
Demi menciptakan kenyamanan dan lingkungan yang sehat, para tamu yang berkunjung ke rumah singgah YKAKI terlebih dahulu mencuci tangan dan menggunakan sandal yang telah disediakan. Ini untuk mencegah masuknya virus atau bakteri, keadaan anak-anak penderita kanker sangat rentan dan mudah tertular penyakit. Makanya saat ingin melihat mereka, kita juga diharuskan memankai masker apalagi kalau kita menderita flu.
kamar tidur untuk anak-anak penderita kanker dan keluarga pendamping
Rumah singgah disini juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana mulai dari tempat tidur, lemari, televisi, perlengkapan masak, juga ada tenaga pengajar dan pengurus harian. YKAKI menyediakan fasilitas belajar melalui program SekolahKu, tujuannya agar anak-anak selama masa pengobatan dan perawatan bisa tetap bermain sambil belajar. Bagaimanapun yang namanya anak-anak pasti akan merasa jenuh bila seharian harus berada di tempat tidur, mereka butuh bermain bersama teman atau belajar dengan guru selayaknya aktivitas anak-anak yang lain.

mainan anak sumbangan dari para donatur
Rumah singgah YKAKI menjadi bukti bahwa sekecil apapun uang yang kita donasikan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan. Uang kembalian belanja konsumen untuk donsasi yang selama ini dikumpulkan oleh Alfamart bisa membantu dan meringankan beban anak-anak penderita kanker terutama para orang tua atau keluarga anak penderita kanker. Bisa kita bayangkan bagaimana kalau rumah singgah ini tidak ada, orang-orang dari luar kota yang ingin berobat ke Jakarta akan menanggung biaya yang cukup besar. Saya sangat bersyukur rumah singgah ini berdiri. Sedikit yang kita beri tapi cukup berarti. Informasi mengenai YKAKI bisa diakses melalui www.ykaki.or.id .

You Might Also Like

36 comments

  1. Asik, alfamaret bar buka di Bengkulu, jadibisa ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mbak semoga kita bisa terus berbagi :)

      Delete
  2. Semoga anak-anak kanker diberi kekuatan dan kesabaran ya.

    ReplyDelete
  3. Mulia banget dukungan ini, ya, Mba. Salut deh sama gerakan Donasiku - Alfamart. Semoga semakin banyak anak2 penderita kanker yang terbantu, ya, Mba. :)

    Sukses untuk Alfamart dan sukses juga untuk para donatur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Alaika..semoga kita bisa terus berbagi yaa

      Delete
  4. Sekecil apapun donasi sangat berarti yaa semoga anak2 itu diberi kekuatan dan segera pulih kembali

    ReplyDelete
  5. Semakin rajin menyisihkan kembalian kita di Alfamart ya,mb

    ReplyDelete
  6. Mba Tuty, smoga upaya membantu anak pengidap menjadi terbantu ya mba. Sedih lihat anak kecil sakit seperti ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin..semoga kita semua ikhlas berbagi yaa

      Delete
  7. Semoga bermanfaat untuk penderita kanker... sukses buat alfamart

    ReplyDelete
  8. semoga bisa membantu anak pengidap kanker dan bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. Sekecil apapun, semoga kita terus bisa berbagi. Dan membantu mereka :)
    sedih melihatnya.. semoga bis terbantu.. aamiin..

    ReplyDelete
  10. Wah, jadi skrg ngga usah suudzon lg ya donasi via alfamart udah jelas disumbangin ke mananya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, sisa kembalian kita untuk membantu adik-adik kita yang menderita kanker

      Delete
  11. Berharap banget makin banyak rumah-rumah singgah seperti ini di kota lainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga ya mak amel biar merata

      Delete
  12. Semoga ke depannya semakin banyak rumah singgah donasiku ya, jd bs membantu banyak orang di berbagai tempat :)

    ReplyDelete
  13. duh kalau lihat anak kena kanker itu gak tau harus ngomong apa, kebayang gimana mereka menahan sakitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kemarin nahan tangis mbak, kalau saya ikutan nangis kasian ortu yang mendampingi, saya cuma bisa berdoa dan berharap keluarga pendamping anak-anak kanker diberi kekuatan dan kesabaran

      Delete
  14. Jadi kl kembalian nya di donasikan, jangan pelit yaaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul om, kadang sisa 200 perak aja pelit ya om hihi

      Delete
  15. makin semangat belanja di alfamart.
    makasih infonya ya mbk, : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak, semoga bermanfaat :)

      Delete
  16. Semoga aksi charity ini berjalan lancar ya, Mba Tuty

    ReplyDelete
  17. nah kalau jelas seperti ini yang berdonasi pun jadi nyaman dan tenang karena donasinya benar2 disalurkan ke yang berhak menerima :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah nggak penasaran lagi kan ya :)

      Delete
  18. Untuk permintaan bantuan biaya pengobatan kanker bagaimana prosedurnya ya kak?

    ReplyDelete