Tips Agar Si Kecil Tidur Nyenyak & Bebas Dari Nyamuk

S aat malam hari tiba2 anak terbangun dan rewel tentu saja kita sebagai orang tua jadi bingung d...


Saat malam hari tiba2 anak terbangun dan rewel tentu saja kita sebagai orang tua jadi bingung dan khawatir apa yg terjadi dengan anak kita. Semua orang tua pasti punya rasa khawatir yg sama. Kita harus mencari solusi agar anak bisa tidur nyenyak dan nyaman di malam hari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua agar bisa membuat bayinya tidur dengan nyenyak di malam hari, seperti dikutip dari The Baby Book karangan William Sears dan Martha Sears:
  • Bantulah bayi memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. Cobalah untuk memberi makan bayi setiap 3 jam sekali di siang hari.
  • Gendonglah bayi pada siang hari. Meningkatnya frekuensi kedekatan dan keakraban meningkatkan ketenangan dan bayi yang tenang pada siang hari cenderung tenang juga pada malam hari.
  • Kenyangkan bayi sebelum tidur. Usahakan untuk menyusui bayi hingga kenyang sebelum tidur dan saat bayi terbangun di malam hari. Kenakan baju tidur bayi yang tepat.
  • Cobalah untuk menggunakan berbagai baju tidur bayi untuk melihat baju apa yang dapat membantunya tidur lebih tenang. Umumnya bayi dapat tidur lebih baik jika bajunya terbuat dari bahan katun.
  • Rebahkanlah bayi di tangan ibu. Kehangatan tangan ibu bisa memberikan sentuhan tambahan yang dibutuhkan bayi untuk membantunya tertidur sambil memberikan tepukan lembut di punggung atau bokong bayi. Lepaskan tangan secara perlahan agar tidak membangunkannya.
  • Buatlah tempat yang tenang untuk tidur bayi. Umumnya bayi bisa membiasakan diri untuk tidak terjaga dengan suara-suara yang sering didengarnya, tapi akan terbangun jika mendengar suara yang mendadak atau mengagetkannya. Tentukan temperamen bayi di malam hari.
  • Setiap bayi berbeda temperamennya, ada bayi yang bisa menenangkan diri sendiri tapi ada juga yang merengek saat bangun. Jika cepat menghampiri bayi sebelum benar-benar terbangun, maka lebih mudah untuk menidurkannya kembali. Orangtua tidak bisa memaksa bayinya untuk tidur.
Setelah tips2 di atas kita lakukan tentunya kita juga  harus cari solusi lain agar anak tidur nya nyenyak tentu saja masalah yg tak kalah penting adalah gangguan Nyamuk , semua orang tua ingin anak nya tidur nyenyak dan nyaman terbebas dari nyamuk termasuk saya.  
Nyamuk itu menurut saya hewan yang paling sok akrab dgn kita dibanding hewan lain kadang ngalah2in hewan peliharaan di rumah.  Saking sok akrab nya bikin kita susah tidur ngejagain dia  terus.Apalagi kalau dia nyanyi2 di kuping kita NGIING NGIING NGIING sumpah deh pengen banget rasanya ngegampar tapi sering gk dapet soalnya dia punya banyak jurus hehe :D

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghindari gigitan nyamuk berikut kita kenali terlebih dahulu jenis-jenis nyamuk dan cara berkembang biak nya .

Ada beberapa jenis nyamuk yang biasa berada di sekitar kita dan jenis-jenis nyamuk ini bisa membawa wabah penyakit kepada kita, di antaranya: 
  • Nyamuk Aedes : Ciri2 Nyamuk Aedes berwarna belang hitam putih pada badan dan kakinya, biasanya menggigit pada awal pagi dan waktu senja, berkembang biak dalam air jernih yang bertakung, sama ada di dalam atau luar rumah.

  • Nyamuk Anopheles : Jenis nyamuk yang satu ini dapat membawa wabah penyakit MALARIA.Nyamuk ini aktif di waktu malam untuk menghisap darah dan juga bertelur. Nyamuk anopheles biasanya berkembang biak di kawasan air yang mengalir dan disinari matahari.

  • Nyamuk Mansonia: Nyamuk ini merupakan pemawa kepada penyakit Filariasis ataupun biasa dikenali sebagai penyakit Kaki Gajah. Nyamuk Mansonia biasanya aktif dan bertelur di waktu malam.

  • Nyamuk Culex: Nyamuk ini ini bisa meyebabkan penyakit Ensefalitis adalah sejenis penyakit saraf yang menyebabkan terjadinya peradangan akut otak. Nyamuk Culex ini juga aktif dan bertelur pada waktu malam. Nyamuk Culex berkembang biak di air yang kotor dan tidak mengalir.  

    Nyamuk selain menyebalkan juga sangat berbahaya bagi kita dan keluarga apalagi bagi si kecil. Kita pasti sangat khawatir dgn bahaya nyamuk yang sering mewabah akhir2 ini yaitu DEMAM BERDARAH , penyakit yang satu ini adalah penyakit yang sangat meresahkan di masyarakat kita. Gejala Demam Berdarah pada anak dan balita tidak selalu muncul , banyak anak2 dengan demam berdarah tidak menampakkan gejala , sebagian anak menunjukkan gejala ringan yang muncul kapan saja setelah  digigit nyamuk Aedes yg terinfeksi. Gejala Demam Berdarah biasanya berlangsung 2 s/d 7 hari . Untuk gejala  Demam Berdarah yg serius yaitu Dengue Shock Syndrome (DSS) dpt menyebabkan shock dan kematian. Oleh sebab itu perlu segera mendapatkan perwatan medis. Kudu hati-hati ya Mom kita mesti aware dan mengetahui gejala2 demam berdarah sejak dini karena gejala demam berdarah ini tidak terduga.

     

    Berikut Gejala Demam Berdarah Dengue:

    1. Mendadak panas tinggi selama 2 - 7 hari, tampak lemah lesu suhu badan antara 38ºC sampai 40ºC atau lebih.
    2. Tampak bintik-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang.
    3. Kadang-kadang perdarahan di hidung ( mimisan).
    4. Mungkin terjadi muntah darah atau berak darah
    5. Tes Torniquet positif
    6. Adanya perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura
    7. Kadang-kadang nyeri ulu hati, karena terjadi perdarahan di lambung
    8. Bila sudah parah, penderita gelisah, ujung tangan dan kaki dingin Berkeringat Perdarahan selaput lendir mukosa, alat cerna gastrointestinal, tempat suntikan atau ditempat lainnya
    9. Hematemesis atau melena
    10. Trombositopenia ( =100.000 per mm3)
    11. Pembesaran plasma yang erathubungannya dengan kenaikan permeabilitas dinding pembuluh darah, yang ditandai dengan munculnya satu atau lebih dari:
    • Kenaikan nilai 20% hematokrit atau lebih tergantung umur dan jenis kelamin
    • Menurunnya nilai hematokrit dari nilai dasar 20 % atau lebih sesudah pengobatan
    • Tanda-tanda pembesaran plasma yaitu efusi pleura, asites, hipo -proteinaemia

    Beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama terhadap penderita demam berdarah yaitu:

    1. Memberikan minum sebanyak mungkin.
    2. Kompres agar panasnya turun.
    3. Memberikan obat penurun panas.
    4. Jika dalam waktu 3 hari demam tidak turun atau malah naik segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas.
    5. Jika tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondiai bertambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka harus dirawat di rumah sakit.
Untuk mencegah keluarga dan anak2 kita dari penyakit berbahaya yg di sebabkan oleh nyamuk ada baiknya kita membiasakan diri melindungi keluarga dari gigitan nyamuk .Kita dapat mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan kita dengan beberapa cara:
  • Pasang kasa antinyamuk pada jendela.
  • Gunakan obat semprot anti nyamuk
  • Pakai kelambu pada sekeliling tempat tidur
  • Raket listrik antinyamuk
  • Kuras dan bersihkan tempat-tempat penampung air seperti bak mandi, kolam renang, akuarium, vas bunga, atau tempat minum hewan piaraan di rumah secara teratur.
  • Bersihkan rumah dan halaman dari tumpukan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Tempatkan wadah-wadah yang sedang tidak terpakai dalam posisi tertelungkup agar tidak menjadi penampung air.
  • Pastikan septic tanks tetap tertutup rapi dan tidak bocor.
  • Bersihkan genangan air pada talang atap rumah Anda.
  • Taburkan larvasida sebulan sekali untuk membunuh jentik nyamuk, terutama pada tempat-tempat yang sulit dikuras seperti tandon air dan bak mandi.
  • Pengasapan/fogging dapat dilakukan petugas di sebuah area (perumahan, sekolah, perkantoran) sesuai daur hidup nyamuk untuk mencegahnya berkembang biak  (sumber : aladokter.com)
Yang menjadi bahan pertimbangan bagi kita tentunya apakah cara2 seperti di atas efektif dan nyaman untuk keluarga apalagi anak2 kita. Kalau kita pakai Obat Anti Nyamuk bakar atau semprot  tentu saja ini sangat riskan efek jangka pendek nya bisa menyebabkan anak kita mengalami gangguan pernafasan, batuk, sakit kepala .  Trus kalau pakai Obat Anti Nyamuk dalam bentuk olesan ini lebih khawatir lagi karena pasti pakai bahan  kimia yg langsung di pakai ke kulit dan merseap ke dalam kulit tidak aman untuk kesehatan bisa2 kulit menjadi iritasi, panas dan perih . Sedangkan efek jangka panjang nya kalau dipakai secara continue  dapat menyebabkan kanker paru-paru dan kanker kulit (dari jenis lotion). Tentu saja saya tidak mau memakai Obat Anti Nyamuk yang mempunyai dampak yang sangat tidak baik untuk kesehatan keluarga dan si kecil saya. Saya terus mencari tau Obat Anti Nyamuk apa yg tepat untuk keluarga saya.

Akhirnya dengan rasa keingintahuan yang cukup besar saya mendatangi Supermarket dan mencari Obat Anti Nyamuk yg sesuai dengan yang saya inginkan dan cocok untuk keluarga saya. Saya menemukan Baygon Liquid Elektrik Anti Nyamuk dan Dual Power .

Cukup lama juga saya berdiri di rak ini dan membaca petunjuk untuk pemakaian Baygon Anti Nyamuk yang bentuk cairan (liquid), biasanya saya memakai Obat Anti Nyamuk listrik berbentuk Mat. Ternyata Baygon Liquid Elektrik ini sangat praktis penggunaannya dan memberikan perlindungan dari nyamuk hingga 45 malam tanpa harus mengganti isi ulangnya setiap hari. Tentu saja Baygon Liquid Elektrik  ini perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk kamar anak, Tanpa asap, Tanpa Repot, tanpa Nyamuk.  Jadi aman dong untuk kesehatan pernapasan dan tidak perih di  mata . Karena kemasan nya berbentuk botol  tidak khawatir tangan atau kulit kita bersentuhan langsung dengan bahan aktif yg terkandung di dalam nya.

Akhir nya saya memilih Baygon Liquid Elektrik terbaru yang Dual Power .
kelebihannya ada tombol khusus yang bisa mengatur pemakaian sesuai kebutuhan. Misal nya kalau kita merasa jumlah nyamuk banyak kita bisa menggeser tombol ke tanda (+) sedangkan kalau jumlah nyamuk sedikit  tinggal geser deh tombolnya ke tanda (-) . Listrik yg di gunakan juga cukup hemat hanya 3 WattSelain itu kelebihan  Baygon Liquid Elektrik ini Efektif mengusir nyamuk, memberi perlindungan terhadap nyamuk terus menerus. Stabil  - bahan wick yg berkualitas tinggi mengatur pengeluaran bahan aktif pengusir nyamuk secara konstan . Nyaman - kita gak perlu repot mengganti isi ulang setiap hari, Baygon Anti Nyamuk Cair Elektrik ini cocok untuk ruangan berukuran 30 m3 , bisa untuk ruang tidur juga untuk ruang santai.

Berikut  Petunjuk Pemakaian Baygon Liquid Elektrik di Pict yang saya buat:

Untuk cara pasang yg benar Baygon Liquid Elektrik agar cara kerja lebih ampuh:

  • Jangan di pasang secara miring atau terbalik
  • Letakkan alat pemanas sesuai aliran angin untuk melindungi tidur
  • Pastikan pemanas tdk tertutup oleh perabot dan tidak lebih tinggi dari tempat tidur
  • Nyalakan pemanas 30 menit sebelum tidur
  • Gunakan Baygon Liquid Elektrik bersamaan dengan Pemanas Baygon Liquid Elektrik karena penggunaan dari merek yg berbeda akan menghasilkan temperatur panas yg berbeda
  • Ketika digunakan untuk pertama kali biarkan pemanas menyala selama 1 jam
  • Rata2 umur produk adalah 2-3 tahun , apabila pemanas melebihi umur normal dan isi ulang tidak berkurang setelah penggunaan berturut2, ganti lah denga alat yg baru.
 Apabila isi ulang sudah habis , kita tinggal beli Refill nya aja, berikut cara mengganti isi ulang Baygon Liquid Elektrik:

Oh ya yang paling saya suka pakai Baygon Liquid Elektrik ini meski menggunakan listrik tapi gk repot krn tanpa kabel ,bentuk nya ramping jadi rata gitu di dinding gak khawatir terjangkau oleh anak2 . Aromanya juga lembut dengan tiga pilihan: Reguler (Pine Scent), Lavender, dan Natural Eucalyptus Scent. Saya pakai yang Reguler suka dengan wangi nya yg sangat lembut.

   
 Udah gak khawatir lagi deh dengan Nyamuk...Bye Nyamuk



   

You Might Also Like

2 komentar

  1. Eike juga pake ini mak tidur nyenyak banget deh tanpa nyamuk..��

    BalasHapus
  2. @kurnia amelia ... bebas asap juga mak

    BalasHapus