Menebalkan Rasa Cinta Indonesia Di Bazaar Indonesia Merdeka

M emperingati hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus setiap tahunnya sudah menjadi tradisi...


Memperingati hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus setiap tahunnya sudah menjadi tradisi bagi setiap masyarakat Indonesia. Berbagai kegiatan pun kita temui sebagai bentuk kebahagiaan dan kebanggaan menjadi anak bangsa yang sudah merdeka. Salah satu bentuk aspirasi anak bangsa yang saya ikuti baru-baru ini adalah dengan diadakannya Bazaar Indonesia Merdeka oleh Yayasan Putik Indonesia Berkarya (YPIB). YPIB adalah Yayasan yang dibentuk oleh komunitas perempuan yang disaat remaja tahun 1975-1988 pernah menjadi finalis Pemilihan Puteri Remaja Indonesia (PPRI) pada event nasional. Setiap angkatan turus berpartisipasi, hanya angkatan 1979 yang kosong menurut informasi dari salah satu anggota komunitas YPIB.  Dan event ini adalah event perdana YPIB.

Press Conference Bazaar Indonesia Merdeka 18 Agustus 2016
Komunitas perempuan ini bukan seperti komunitas arisan yang cuma kumpul-kumpul dan tarik nomor setiap bulannya. Mereka ini berbeda, selain kembali menjalin silaturahmi mereka berinisiatif bagaimana agar bisa berkontribusi untuk masyarakat luas berdasarkan profesi yang mereka miliki di bidang masing-masing. Mantan finalis PPRI ini sebagian besar sudah berprofesi sebagai Dokter, Guru Besar pada Universitas Negeri dan Swasta, Direktur, Pejabat Negara, pebisnis, Profesional Trainer, manager dan berbagai bidang profesi lainnya. Targetnya adalah pengembangan UKM dan pariwisata yang menjadi salah satu sektor unggulan Pemerintah. Saya salut sekali dengan para Putik ini, disela-sela kesibukan menjalan profesi masih saja meluangkan waktu untuk berbagi dan berkontribusi kepada sesama.

sumber foto: Farichatul Jannah - diedit oleh penulis
Para Putik yang tergabung dalam komunitas YPIB ini sangat yakin kalau produk UKM di Indonesia dapat bersaing nggak hanya di pasar lokal tapi juga internasional, selama kita masyarakat Indonesia saling mendukung. Yang terpenting lagi kita semua harus lebih bangga memakai produk buatan dalam negri, dan bangga memakai produk asli Indonesia. Banyak produk-produk UKM yang kualitasnya nggak kalah dengan brand luar. Bahan-bahan yang digunakan juga bahan asli dari Indonesia. Malah saya pernah mendengar artis-artis luar sengaja mengunjungi Bali hanya untuk membeli sepatu hand made asli bautan anak Indonesia. Seperti inilah harapan para Putik, kita mampu mendongkrak UKM di Indonesia. Setidaknya kita sebagai masyarakat Indonesia membantu menyebarkan informasi mengenai produk-produk UKM di Indonesia.


A photo posted by Tuty (@tutyqueen) on

Selain produk-produk lokal, Indonesia juga memiliki banyak potensi lain seperti potensi wisata. Melalui Bazaar Merdeka para Putik juga ingin mempromosikan daerah-daerah yang memiliki potensi wisata di Indonesia. Maka dari itu YPIB menggandeng kementrian pariwisata dalam penyelenggaraan Bazaar Indonesia Merdeka.


A photo posted by Tuty (@tutyqueen) on

Bazaar Indonesia yang berlangsung selama 2 hari yakni 27 dan 28 Agustus di Mitra Terrace, Gatot Subroto Jakarta. Dengan diadakannya Bazaar ini diharapkan membangkitkan semangat para remaja sesuai dengan tema Bazaar yaitu "Yang Muda Yang Berkarya". Selain itu juga kepada para produsen, pewisata, pebisnis dan masyarakat lainnya agar dapat membantu meningkatkan kepedulian terhadap peningkatan kondisi sosial, budaya dan ekonomi masyarakat sekaligus menunjang program Kepariwisataan Pemerintah.



Pembukaan Bazaar Indonesia Merdeka diresmikan oleh Pak Tazbir Abdullah Asisten Deputi Bisnis dan Pemerintahan Kementerian Pariwisata RI, bersama dengan seorang warga badui beliau memukul gendang Badui pertanda acara BazaarMerdeka resmi dibuka. Dalam sambutannya Pak Tazbir memaparkan bahwa Kementrian Pariwisata RI sangat mengapresiasi kegiatan Putik yang telah melakukan tindakan nyata membantu menggerakkan perekonomian Indonesia, khususnya pariwisata Indonesia. Pak Tazbir juga berharap pengunjung yang mendatangi Bazaar Indonesia Merdeka ikut menggalakkan gerakan membeli produk lokal.


A photo posted by Tuty (@tutyqueen) on

Dalam menyelenggarakan event Bazaar Indonesia Merdeka ini, komunitas Putik banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak. Diantaranya PT. Telkomsel, Liputan6.com, Indosiar Visual mandiri, Jak FM, Bank Indonesia, Bank Mayapada, BPJS Ketenagakerjaan, Telkom, PT.Mustika Ratu, Bank Mandiri, PT. Cahaya Mentari Sejahtera, Euro Managemen, dll.


A photo posted by Tuty (@tutyqueen) on

Aktivitas pada event Bazaar Indonesia Merdeka meliputi kegiatan seni, musik, pameran wisata Indonesia, pameran produksi, budaya, kreasi, fashion show dan talk show. Untuk pameran wisata, dihadirkan Pojok Badui. Beberapa warga Badui hadir disini dengan produk-produk buatan mereka. Seperti kain tenun Badui, Batik Badui, madu dari hasil hutan Badui, dan beberapa produk lainnya. Saya suka sekali dengan kain tenunnya. Perempuan Badui tampak membuat kain dengan alat tenun manual nya. Kalau melihat berbagai jenis kain Indonesia yang ada di Bazaar ini, pingin punya semuanya, karena saking banyaknya jenis batik dan motif-motif unik. 



A photo posted by Tuty (@tutyqueen) on



Saya mengikuti Bazaar Merdeka ini di hari pertama yaitu Sabtu tanggal 27 Agustus 2016. Kegiatan di hari pertama diantaranya lomba presenter, lomba band indie dan paduan suara remaja, juga beberapa talk show dari Kemenpar, Euro Managemen, Telkomsel, Beti Milagros, Sritex, Aty Isman dan Chandra-Erly. Untuk fashion show dimeriahkan dengan Fashion Show Putik dari Anne dan Zaskia Adya Mecca. Senang melihat usaha dan semangat para peserta presenter. Meskipun belum begitu lancar tapi memiliki mental untuk berani maju itu terpenting.


A photo posted by Mr Skytriper (@onosembunglango) on

A photo posted by Tuty (@tutyqueen) on

A photo posted by Tuty (@tutyqueen) on

A photo posted by Tuty (@tutyqueen) on

Baazar Indonesia Merdeka menurut saya bukti nyata bahwa kita bangga dengan hasil karya anak bangsa. Dengan memamerkan produk-produk UKM seperti tas, sepatu, berbagai jenis kain dari berasal dari berbagai daerah akan menarik perhatian orang-orang untuk bisa melihat bahkan membeli. Kalau bukan kita yang mempromosikan produk-produk UKM buatan anak Indonesia siapa lagi? Melalui kegiatan Bazaar Indonesia Merdeka diharapkan semakin banyak yang mengenal produk Indonesia, dan UKM di Indonesia semakin berkembang.

You Might Also Like

24 komentar

  1. Wah senangnya bisa ikutan acara yg keren gitu mbak.
    Semoga Putik bisa trs berkimprah utk kemaslahatan umat ya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ini event perdana nya Putik. Amiin, kita tunggu event Putik selanjutnya

      Hapus
  2. Wonderful Indonesia, ragam budaya ragam suku bangsa

    BalasHapus
  3. Aku suka juga jalan-jalan dan lihat produk UKM, apalagi kainnya itu cantik-cantikkkk

    BalasHapus
  4. gatel tangan... liat motif batik yang cantik2.. tasnya juga bikin pengen..hi2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tas nya bagus banget kulit asli, lembut, huhu ngiler banget liatnya

      Hapus
  5. Terima kasih sudah mampir di Bazaar Merdeka yaaa mbak Tuty. Semoga tulisan ini bisa membuka pikiran bahwa banyak cara mendukung UKM dan produk lokal. Datang saja ke pameran sudah sangat membantu yaaa. Semoga bermanfaat acaranya untuk mbak.

    BalasHapus
  6. semoga UKM dan produk lokal terus berkembang dan bisa dicintai

    BalasHapus
  7. Pesona Indonesia gak ada matinya ya Mbak. UKM-UKM yang ada memang perlu didorong terus untuk maju. :)

    BalasHapus
  8. Duh bagus-bagusnya, langsung laper mata. UKM kita gak kalah koq produk-produknya ya. Semoga UKM Indonesia makin berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, semoga semakin maju dan berkembang

      Hapus
  9. waah wastra tradisionalnya kece2 banget mbaa

    BalasHapus
  10. Really wonderful!^_^
    Andai aku tau ada event seperti,pasti aku datang deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, harus mbak jangan sampai terlewatkan hehe

      Hapus
  11. Kalau bukan kita yg bangga akan budaya dan produksi bangsa sendiri. Siapa lagi?

    Komunitas putik, namanya unik seunik kegiatan yg coba dilakukan. Tetap semangat buat komunitas putik.

    BalasHapus
  12. Eh kalo ngomongin bazaaar kok aku inget nya bazar 17 an waktu aku kecil
    yang di jual makanan semua hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..iya trus belanjanya pake kupon kan ya :D

      Hapus