Yuk Datang ke Pameran Pendidikan Islam Internasional IIEE 2017

N ggak   terasa ya   kita sebentar lagi sudah berada di penghujung tahun. Untuk para orang tua pasti sudah banyak yang dipersiapkan t...



Nggak terasa ya kita sebentar lagi sudah berada di penghujung tahun. Untuk para orang tua pasti sudah banyak yang dipersiapkan terutama untuk pendikan anak yang akan memasuki tahun ajaran baru. Saya suka merhatiin kalau sudah masuk tahun ajaran baru baik orangtua maupun anak bingung milih sekolah lanjutan. Apalagi sampai terjadi perbedaan  pendapat antara orangtua dan anak. Orangtua maunya sekokah yang satu anak pengennya sekolah lain. Bingung kan?

Para siswa lagi nganti ikutan games di booth BankIndonesia
Eh tapi supaya nggak bingung nentuin sekolah yang cocok untuk anak mending para ortu bareng anak datang ke Pameran Pendidikan Islam Internasional IIEE 2017 yang sedang berlangsung di ICE BSD. Event ini berlangsung sejak tanggal 21 November dan akan berakhir tanggal 24 Novembe 2017 yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Islam Kemenag. Masih ada waktu buat para ortu yang ingin melihat sekolah, kampus, atau pendidikan pesantren yang cocok untuk anak dan diingini anak.  

Ikutan games di booth BI soal pengetahuan ekonomi syariah. Ayo bu..coba lagi !
Pameran pendidikan yang mengambil tema "Pendidikan Islam Indonesia Untuk Perdamaian Dunia" ini menampilkan berbagai lembaga pendidikan Islam dari dalam dan luar negeri dan ada 200 stand pameran disini. Saya mengunjungi pameran pendidikan di hari pertama. Dan saya salut sudah banyak orangtua yang mengajak anaknya melihat-lihat dan mampir di beberapa booth untuk bertanya soal sekolah maupun kampus, baik mengenai sistem belajarnya maupun kegiatan yang ada di sekolah tersebut.

Pengunjung yang juga warga asing yang sedang bertanya-tanya di booth IAIN Kerinci
Saya sarankankan kalau mau berkunjung kesini agak berlama-lama karena saking banyaknya booth dari berbagai sekolah dan kampus di Indonesia dan luar negeri, biar lebih puas bertanya-tanya dengan pendidikan yang mereka tawarkan juga biaya sekolah ini penting banget biar jadi referensi buat para orangtua. Meskipun pendidikan Islam ya nggak melulu belajar agama, karena banyak program dan jurusan di setiap sekolah. 

Para mahasiswa yang memakai baju adat Jambi di booth IAIN Kerinci
Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Kamaruddin Amin mengatakan Indonesia adalah tujuan yan tepat bagi studi ilmu-ilmu agama. Selain karena model keislaman yang inklusif, Indonesia juga kaya akan lembaga pendidikan Islam bermutu. Selama ini studi islam banyak berkiblat ke Arab dan barat karena mereka telah terlebih dahulu mengembangkannya. Namun dari segi konsep dan mutu Indonesia berani dibandingkan.


Selain itu Pameran Pendidikan Islam Internasional ini diharapkan dapat menyebarluaskan berbagai informasi mengenai khazanah pendidikan Islam di Indonesia kepada pengunjung asing begitu juga sebaliknya. Event ini sebenarnya menjadi bagian dari rencana besar menjadikan Indonesia menjadi sentra pendidikan Islam dunia. Dan dalam jangka pendek pameran ini akan membuat Indonesia menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional sebagai tujuan studi Islam terbaik.



Nggak cuma ada stand pameran saja tapi banyak acara yang akan ditampilkan, akan ada pentas seni pelajar dan mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan Islam terkemuka di Indonesia. Kemudian ada juga Seminar Internasional Tahunan tentang Studi Islam (Annual International Conference on Islamic Studies, AICIS), Deklarasi jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), Seminar Internasional tentang Studi Pesantren, Kompetisi Robotik Madrasah dan Pentas Dongeng Islami PAI.


Seperti pada saat seminar AICIS tanggal 21 November lalu yang mengangkat tema Religion, identity and Citizenship. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Tanah air adalah bagian dari upaya menegakkan agama atau dengan kata lain membela Tanah Air dan menjaga keutuhannya merupakan kewajiban agama, seorang muslim yang baik pasti menjadi warga negara yang baik. 

jadi kangen Medan 
Menag juga mengapresiasi tema AICIS karena dinilai aktual ditengah munculnya berbagai konflik politik di banyak wilayah yang dipicu  oleh keragaman identitas, agama, etnik, budaya dan sebagainya dalam masyarakat. Menag menghimbau tidak sepatutnya ada pertentangan antara agama dan kewarganegaraan. Noted!

Itu tadi salah satu kegiatan yang ada di IIEE 2017, masih banyak acara yang lain yang bisa kita ikuti disana. Oh ya, masuk ke eventi ini free loh ya jadi bebas mau bawa anak atau keluarga sekalian. Malam nanti juga akan ada seremoni pemberian penghargaan guru dan dosen terbaik nasional, mampir yuk.



Saat saya mengelilingi booth saya salut dengan beberapa sekolah yang mendisplay hasil kreatifitas mereka seperti booth UIN Walisongo yang mendaur ulang sampah menjadi produk yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual. Makanya mereka menyebut nya dari sampah jadi berkah. Iya sih, anak-anak disekolah jangan cuma diajarkan teori saja tapi mereka juga harus dipancing untuk bisa mengeleluarkan ide kreatif.


Bu Minsih dari  FKG PAI
Saya juga tertarik dengan booth FKG PAI (Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam). Awalnya saya mengira kerajinan berupa smart book ini dijual karena pingin beli buat ponakan ternyata ini cuma display saja. Saya penasaran dan bertanya kepada Bu Minsih yang kebetulan saat itu sedang stand by di booth kenapa nggak dijual. Ternyata kata bu Minsih ini dipamerkan hanya untuk memberi inspirasi kepada para orangtua kalau anak sebaiknya diajak belajar sambil bermain. Jadi cara belajarnya dengan membuat smart book seperti ini biar mereka nggak jenuh. Smart book ini kalau dibuka isinya ada berbagai huruf hijaiyah, angka, juga huruf aksara. Tuh moms salut banget ya dengan ide nya para guru ini.


Asiiik..aku kuliah disini nanti kata si adek :)

Yuk masih ada waktu satu hari loh, bagi teman-teman yang mau lanjut S2 ada beberapa booth pendidikan yang membuka pendaftaran bea siswa juga, sayang kalau dilewatkan kesempatan baik ini. Buat yang pengen belanja batik ada juga loh hihi tetep ya emak-emak kalau udah lihat batik bawaannya pengen borong.



You Might Also Like

18 comments

  1. Sayang kalau dilewatkan even ini terutama buat yang lagi cari info pendidikan dan beasiswa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..aku hari ini pengen mampir lagi kesana. Hari terakhir ini kan. :)

      Delete
  2. Wah, aku kelewat yang booth story book itu. Kayaknya seru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak di ujung memang mbak booth nya.

      Delete
  3. duh ini even keren banget y mba kudu wajib didatangin buat pemburu beasiswa, pemburu sekolah islam semuanya terfasilitasi numplek disini y mba :) satu hari lagi nih sampe besok y mba mesti buru2 kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak..siapa tau dirimu mau lanjut S2 dengan beasiswa :)

      Delete
  4. Makin penasaran buat dateng kesini. Terutama pengen liat hasil karya mahasiswa dari berbagai daerah

    ReplyDelete
  5. Andai ada sampai hari Minggu, mau deh mampir. BSD dekat dengan rumah ortu. Pamerannya keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa seharusnya sampai minggu ya biar puas :)

      Delete
  6. Semoga setiap tahun pameran pendidikan Islam ini akan terus berlanjut krn membantu bgt org tua yg lg cari sekolah

    ReplyDelete
  7. Waahh...itu kreasi book storynya keren banget. Bener banget si ibu Minsih itu ya..jadi inspirasi ibu2 tuk ngajarin anaknya tp juga sambil bermain.Makadih infonya ya mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah pengen beli awalnya hihi buat ponakan ternyata nggak dijual dan malah diajarin buat sendiri :D

      Delete
  8. utk pendidikan lanjutan selepas SD juga ada ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mbak..ada pondok pesantren jugaa, ayo mbak kesana aja biar puas nanya2.

      Delete
  9. Takjupppp ama karya karya siswanya yang keren banget. Kreatif banget ya bisa olah sampah jadi produk bernilai ekonomis

    ReplyDelete
  10. eh mau tanya harga smart book, ternyata nggak dijual ya :D
    idenya kreatif, bikin orangtua muter otak nih untuk bikin mainan edukatif :D

    ReplyDelete