IWIC 11 Digital Nation : Yuk Tuangkan Ide Kreatifmu

I WIC 11 . Nggak terasa IWIC  ( I ndosat Ooredoo  W ireless  I nnovation  C ontest) akan diadakan untuk yang ke 11 kalinya. Saya masih i...


IWIC 11. Nggak terasa IWIC  (Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest) akan diadakan untuk yang ke 11 kalinya. Saya masih ingat sewaktu mengikuti launching IWIC 10 tahun lalu, dan jujur saja itu pertama kalinya tahu kalau Indosat Ooredoo punya program keren seperti ini padahal sudah 10 tahun hihi. Saya salut dengan ide nya Indosat membuat event seperti ini karena memberi kesempatan dan peluang kepada anak-anak muda Indonesia mengembangkan dan menyalurkan ide kreatifnya untuk menciptakan aplikasi. Jadi anak-anak muda kita jadi semakin termotivasi untuk terus belajar, apalagi era digital saat ini kalau kita tidak terus memicu diri untuk berkembang maka kita akan tertinggal. Biar Indonesia bisa sejajar dengan internasional dan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia nggak cuma sebagai user saja tapi juga bisa jadi creator.

Saya beberapa kali mengikuti kegiatan anak-anak muda saat event Hackaton yang diadakan asuransi. Awalnya saya mengira IWIC ini sama dengan Hacakaton, ternyata serupa tapi tak sama.  Dan Indosat Ooredoo nggak cuma mengadakan IWIC saja tapi juga mengadakan Hackaton yang berlangsung selama 2 hari yakni hari ini 17 November-18 November 2017. So, apa bedanya IWIC dan Hackaton?  Kalau IWIC adalah lomba ide aplikasi mobile (mobile apss). Sedangkan Hackaton adalah lomba membuat aplikasi mobile dalam waktu yang lumayan cepat yaitu dalam waktu 24 jam.  Jadi bedanya pada ide dan waktunya.

Baca juga: IWIC Ke 10 Change The World



Apa Itu IWIC?

IWIC merupakan ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang wireless yang secara konsisten diadakan dan pertama kali di Indonesia diadakan oleh Indosat Ooredoo. Tujuan IWIC diadakan untuk menumbuhkan dan menemukan minat-minat baru generasi muda Indonesia di dunia digital, sekaligus sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan para generasi muda yang memiliki talenta digital seiring dengan perkembangan tren penggunaan aplikasi mobile. IWIC sendiri pertama kali diadakan tahun 2006, dan pada saat itu peserta nggak begitu banyak karena pada saat itu orang-orang belum begitu melek teknologi. Kalau sekarang peminatnya cukup banyak, bahkan bukan dari Indonesia saja. Sejak tahun lalu pendaftaran juga untuk peserta dari berbagai negara, tujuannya biar generasi muda Indonesia yang memiliki talenta bisa bersaing dengan pemain global.

Setiap tahunnya IWIC diadakan selalu mengangkat tema berbeda. Tahun lalu IWIC 10 mengangkat tema Change The World dengan harapan banyaknya aplikasi mobile yang diciptakan bisa memudahkan kehidupan masyarakat Indonesia juga dunia. Dan IWIC 11 tahun ini mengangkat tema Digital Nation. Ini sesuai dengan visi Indosat Ooredoo untuk menjadi perusahaan digial terkemuka di Indonesia. Dan kompetisi IWIC 11 bertapatan dengan usia Indosat Ooredoo yang ke 50, dan di usia yang memasuki setengah abad ini Indosat Ooredoo ingin kembali menegaskan komitmennya mewujudkan Indonesia Digital Nation. IWIC 11 juga melakukan rangkaian kegiatan roadshow dan gathering komunitas, hackaton dan bootcamp menjelang grand final IWIC.

Baca juga: Women In Digital Era With Indosat Ooredoo


Kategori Kompetisi IWIC 11

Program IWIC 11 untuk kategori kompetisinya nggak jauh beda dengan IWIC 10 tahun lalu. Adapun kategori kompetisi yang bisa diikuti yaitu: Kategori Kids & Teens, Beginner, Professional dan Women & Girls. Kategori-kategori yang disebutkan tadi akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Entertainment, Utility, Media (social media, chatting, ebook) dan juga Special Needs. Para peserta bisa membuat ide dan aplikasi untuk sistem android, iOS dan Windows Mobile.



Kenapa Harus Ikut IWIC?

Pastinya untuk mengembangkan talenta yang ada pada diri. Selain itu ide yang kita punya akan dikenal oleh masyarakat luas. Jadi ibarat menulis kalau punya ide sayang kalau nggak dijadikan artikel dan di publish. Begitu juga dengan ide kreatif di bidang digital. Di IWIC 11 nantinya para peserta akan bertemu langsung dengan para ahli yang tentunya peserta akan mendapatkan bimbingan bagaiman cara mengembangkan ide yang sudah ada.

Mengikuti IWIC sama juga dengan mendapatkan teman baru, otomatis peserta nantinya akan mendapat networking karena bertemu dan diskusi langsung dengan dengan para founder dan penggiat startup. Lumayan banget sih nambah teman nambah ilmu dan juga nambah rezeki. Iya, nambah rezeki dong karena dengan mengikuti IWIC para investor bisa melihat bagaimana ide-ide peserta dan menjadi kesempatan untuk mendapatkan dana mengembangkan ide aplikasi peserta. 



Cara Ikutan IWIC 11

Nah, berminat ikutan? Harus dong, sayang kalau idenya nggak di explore. Nggak ada batasan umur buat peserta yang ingin ikutan. Kompetisi ini nggak cuma untuk developer profesional saja, siapa saja bisa ikutan selama punya ide. Mau anak-anak, orang tua, siswa, mahasiswa, karyawan, dsb. Jadi apapun ide nya bisa dituangkan di kompetisi IWIC 11 ini. Atau teman-teman yang punya saudara atau ponakan yang selama ini hobi dengan digital bisa juga loh didatarkan.

Cara ikutannya cukup tulis ide aplikasi di form, klik web http://bit.ly/iwic11 isi semua data yang diminta seperti nama lengkap, nomor telfon, alamat email, dll. Setelah di submit tunggu pengumuman apakah ide terpilih atau enggak. Kalau terpilih tentu saja peserta akan dihubungi dan mendapatkan hadiah. Mau tahu apa saja hadiahnya?



Hadiah Pemenang IWIC 11

Kalau ide kalian terpilih, kita akan mendapatkan hadiah uang tunai yang nantinya uang tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan ide aplikasi yang kita punya. Total hadiah sebesar 200 juta rupiah untuk 24 pemenang kompetisi IWIC 11. Wah kesempatan untuk jadi pemenang banyak nih guys. Tunggu apalagi jangan sampai terlewatkan ya.. Oh ya batas pendaftaran hanya sampai 20 November 2017 saja. Jika ada pertanyaan dan info yang lebih detail bisa langsung hubungi iwic@indosatooredoo.com atau ke web IWIC.








You Might Also Like

16 comments

  1. Ya ampun, Aku mupeng ama hadiahnya mba. Senang dengan adanya inovasi yang membuat kita jadi makin kreatif. Aih pengen ikutan aku mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semoga anak muda Indonesia semakin termotivasi ya :)

      Delete
  2. Wah asyik juga tuh, selain mengembangkan ide, juga bisa nambah ilmu dan networking, siapa tau rezeki juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak cuma menyalurkan ide bisa dapat hadiah lumayan banget kan hehe

      Delete
  3. jadi wadah untuk mengembangkan ide kreatif. aah jadi pengen kembali muda lagi. hehje

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak cuma anak muda saja mbak, kalo IWIC segala usia bisa karena sesuai kategori

      Delete
  4. Saya sudah ikutan IWIC 11. Hahaha numpang nambah ide aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaap, teh Okti kereen. Mudah-mudahan menang ya teh.

      Delete
  5. Cakeeep deh indosat mau mewadahi ide-ide inovatif yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga perusahaan-perusahaan lain mengikuti yaa biar semakin banyak wadahnya.

      Delete
  6. Wah kmrn ya terakhirnya? Lombanya menarik mbak, moga banyak ide aplikasi yg tgerkumpul dan bisa dieksekusi dgn baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga juga ide-ide pemenang nantinya bermanfaat buat masyarakat luas ya.

      Delete
  7. Ternyata lomba IWIC berbarengan waktunya dengan Hackaton ya mbak. Pasti seru nih kedua lomba ini.. Sayangnya aku mau daftar tapi udah lewat waktunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekalii...IWIC tahun depan ikutan jangan sampai terlewatkan kalau begitu :)

      Delete
  8. ooh aku pikir IWIC ini ya hackaton gitu. Beda ya tapi sama-sama keren lah bikin mobile apps

    ReplyDelete
  9. Jadi penasaran kayaka apa aplikasi yg menang nanti.

    ReplyDelete

Canva Magic Write